Perbedaan Impression dan Reach di Sosial Media

Perbedaan Impression dan Reach di Sosial Media

Bagi sebuah bisnis yang sudah menjalankan strategi marketing terutama digital marketing maka sangat penting untuk mengetahui tentang impression dan reach. Apakah kamu sudah mengetahui perbedaan impression dan reach tersebut?

Secara umum kedua hal tersebut adalah sebuah parameter yang akan memberikan kamu informasi tentang seberapa besar keberhasilan strategi marketing yang sedang dijalankan. Untuk lebih mengetahui tentang keduanya, perbedaan impression dan reach, manfaatnya serta mana yang lebih penting, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apa itu Reach?

Reach atau jangkauan secara umum adalah parameter yang menunjukan seberapa banyak orang yang melakukan suatu tindakan terhadap iklan pemasaran yang kamu pasang dan mereka lihat.

Tindakan atau konversi terhadap iklan tersebut bisa beragam bentuknya, seperti like, komen dan juga sampai ke seberapa banyak followers atau pengikut yang bertambah dari iklan yang tayang tersebut.

Apa itu Impression?

Impression atau tayangan adalah sebuah parameter yang menunjukan seberapa sering iklan yang sedang kamu jalankan dilihat oleh orang-orang. Berbeda dengan reach, sebuah iklan bisa menghasilkan impression ketika iklan tersebut tayang tanpa harus adanya tindakan terhadap iklan tersebut.

Sebagai contoh, apabila ada sebuah iklan terlihat namun tidak ada tindakan terhadap iklan tersebut, maka iklan tersebut akan menghasilkan impression namun tidak menghasilkan reach atau tidak adanya tindakan terhadap iklan tersebut.

Perbedaan Impression dan Reach

Impression dan reach paling sering digunakan ketika menjalankan iklan di sosial media. Dengan mengetahui kedua hal tersebut, maka kamu akan mengetahui apakah iklan pemasaran sosial media kamu sudah termasuk ke dalam kategori baik dan juga hal apa saja yang perlu diperbaiki untuk menjalankan iklan selanjutnya.

Baca Juga:   Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok untuk Pemula! Gampang Banget!

Untuk mengetahui perbedaan dari kedua hal tersebut pada beberapa sosial media, berikut ini adalah beberapa perbedaan keduanya pada beberapa sosial yang sering digunakan oleh banyak orang.

1. Perbedaan Impression dan Reach di Facebook

Facebook yang kini sudah berganti nama menjadi Meta merupakan salah satu sosial media paling besar di dunia dan paling sering digunakan oleh banyak orang. Hal tersebut membuat Facebook merupakan tempat pemasaran iklan yang sangatlah efektif.

Untuk perbedaan impression dan reach pada Facebook terbagi menjadi tiga kategori, yaitu organic, berbayar atau paid, dan viral. Organic reach seberapa sering iklan kamu ditampilkan secara gratis di newsfeed Facebook. Untuk organic impression adalah seberapa sering iklan kamu tampil di newsfeed atau page kamu.

Paid reach adalah seberapa sering banyak orang yang melihat iklan berbayar atau Facebook Ads kamu. Sementara untuk paid impression adalah seberapa sering konten atau iklan berbayar kamu ditampilan oleh Facebook.

Terakhir adalah viral reach dan viral impression. Viral reach adalah seberapa sering orang melihat iklan kamu dalam cerita orang lain dan melakukan sebuah tindakan. Sementara untuk viral impression adalah seberapa banyak iklan yang kamu buat tampil dalam cerita seseorang. 

2. Perbedaan Impression dan Reach di Instagram

Media sosial kedua yang sangat penting adalah Instagram. Hampir sama dengan Facebook, Instagram juga memiliki perbedaan tersendiri terhadap kedua hal tersebut.  Kedua hal tersebut bisa kamu gunakan untuk mengetahui efektivitas dari iklan yang kamu buat.

Untuk impression dalam instagram adalah seberapa sering orang-orang melihat iklan yang kamu buat. Sementara untuk reach adalah berapa banyak orang-orang yang mengambil tindakan seperti like, komen, atau tindakan terhadap iklan kamu yang mereka lihat.

Baca Juga:   10 Tips Supaya Postingan Masuk Explore Page Pada Aplikasi Instagram!

3. Perbedaan Impression dan Reach di Twitter

Media sosial terakhir yang akan dibahas adalah media sosial yang juga sudah cukup lama digunakan oleh banyak orang yaitu Twitter. Berbeda dengan kedua media soal sebelumnya, Twitter hanya mengukur atau melacak impression saja tanpa mengukur atau melacak reach pada sebuah iklan.

Impression atau tayangan iklan di Twitter diukur dengan berdasarkan seberapa sering iklan tersebut terlihat ketika seseorang menggunakan Twitter. Hal tersebut juga termasuk tindakan lainnya seperti komen, retweet dan like.

Manfaat Mengetahui Impression dan Reach

Setelah mengetahui pengertian dan perbedaan impression dan reach ada beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan dengan mengetahui kedua hal tersebut. Berikut ini adalah beberapa manfaat mengetahui kedua hal tersebut yang perlu kamu ketahui.

1. Meningkatkan Performa Iklan

Manfaat mengetahui impression dan reach yang pertama adalah meningkatkan performa iklan kamu selanjutnya. Hal tersebut dapat terjadi dengan mengetahui efektivitas dari iklan yang sudah kamu pasang sebelumnnya.

Kamu juga dapat melakukan testing dengan melakukan beberapa iklan sekaligus dengan pola yang berbeda seperti penargetan target pasar yang berbeda mulai dari area jangkauan iklan, sampai umur target iklan kamu dan melihat bagaimana performa dari masing-masing iklan tersebut.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat mengetahui impression dan reach yang kedua adalah meningkatkan brand awareness. Dengan melihat performa dari keduanya, maka kamu dapat mengetahui seberapa banyak orang yang sudah mengetahui tentang bisnis kamu.

Dengan menggunakan dan memanfaatkan kedua hal tersebut maka kamu juga dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan akan semakin meningkatkan brand awareness orang lain terhadap bisnis atau apa yang kamu tawarkan kepada mereka.

3. Menambah dan Membangun Ikatan dengan Audiens

Manfaat mengetahui kedua hal tersebut yang selanjutnya adalah bisa menambah audiens dan membangun ikatan dengan audiens terhadap bisnis kamu. Hal tersebut sangat mungkin untuk dilakukan ketika semakin baiknya performa dari iklan-iklan yang terus kamu buat untuk mereka.

Baca Juga:   Ukuran Foto Profil Instagram Ideal yang Perlu Kamu Perhatikan

Dengan meningkatnya audiens dan semakin banyaknya orang yang percaya terhadap bisnis kamu melalui iklan-iklan yang kamu buat, tentunya bisnis kamu juga akan semakin berkembang. 

Mana yang Lebih Penting? Impression atau Reach

Setelah mengetahui beberapa informasi penting seperti tentang apa itu impression dan reach, perbedaan impression dan reach,  sampai manfaatnya, lalu maka manakah yang lebih penting?

Jawabannya adalah keduanya sama-sama penting. Dengan mengetahui performa dari keduanya maka kamu dapat menentukan performa dari iklan kamu dan juga memiliki strategi untuk iklan selanjutnya.

Dengan mengetahui performa dari impression dari sebuah iklan maka kamu dapat mengetahui seberapa sering orang-orang melihat iklan kamu. Jika performa impression dari iklan kamu sebelumnya kurang baik, maka kamu dapat memperbaiki mulai dari tampilan iklan sampai dengan penargetan iklan kamu.

Sementara dengan mengetahui performa dari reach dari sebuah iklan maka kamu dapat menentukan apakah isi dari iklan kamu tersebut apakah sudah menarik atau belum bagi orang-orang yang melihatnya. Jika reach dari sebuah iklan memiliki performa yang kurang baik, maka kamu dapat membuat isi iklan yang lebih menarik untuk iklan selanjutnya.

Sedikit tips tambahan untuk meningkat kedua hal tersebut adalah bisa kamu lakukan dengan cara mengenali target pasar dan juga audiens kamu terlebih dahulu melalui hasil impression dan reach pada iklan-iklan sebelumnya. 

Kamu juga bisa membuat tampilan atau infografis dan juga isi iklan yang lebih menarik untuk meningkatkan performa iklan kamu. Itulah beberapa informasi penting mengenai impression dan reach yang perlu kamu ketahui.

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, social media influencer, hingga marketing influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password