8 Peranan Desain Grafis yang Menarik untuk Konten Instagram

peranan desain grafis

Konten instagram yang menarik adalah salah satu alat promosi bisnis yang cukup penting di era digital seperti saat ini. Nah, untuk membuat konten instagram yang menarik, kamu juga membutuhkan peranan desain grafis yang juga menarik.

Supaya orang-orang tertarik untuk mengikuti akun Instagram milikmu dan tidak bosan menikmati setiap konten yang kamu unggah. Hal ini memberikan peluang yang cukup besar untuk meningkatkan angka penjualan bisnis kamu.


Peranan Desain Grafis untuk Konten Instagram

Berikut ini beberapa manfaat desain grafis yang menarik untuk setiap konten instagram kamu, yaitu:

1. Mempercantik Tampilan Konten

Umumnya orang-orang akan mengunjungi suatu tempat yang memang tampak menarik sebagai background foto. Oleh karena itu, foto yang mereka ambil sudah pasti tampak menarik dan keren.

Namun, sebagian besar tempat yang memiliki desain dan tampilan yang bagus lokasinya cukup jauh dan susah dijangkau. Selain itu, juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Memanfaatkan desain grafis yang menarik pada konten Instagram kamu akan membuat konten tampak lebih cantik, berkualitas, dan bernilai tinggi. Sehingga, tidak jauh berbeda dengan foto yang diambil dari lokasi tersebut.

2. Mempermudah Menyampaikan Pesan

Peranan desain grafis yang menarik selanjutnya adalah bisa mempermudah penyampaian pesan dari konten kamu. Karena, biasanya tampilan flyer atau poster akan lebih mudah menempel di memori netizen. Sebab, saat ini orang-orang sulit untuk berkonsentrasi ketika melihat tulisan pada konten kamu.

Nah, dengan adanya desain grafis yang menarik, kamu dapat membuat konten yang dapat dinikmati sekilas oleh netizen. Namun, mereka bisa langsung paham akan pesan atau maksud yang ingin kamu sampaikan pada konten tersebut. Sehingga, netizen jauh lebih mudah untuk menikmati konten yang kamu buat.

Baca Juga:   Tips Convert YouTube to MP3 dengan Mudah dan Cepat

3. Meningkatkan Engagement

Engagement Instagram adalah jumlah interaksi yang terjadi pada akun Instagram kamu. Misalnya, likes, share, repost, comment, dan views. Desain grafis konten instagram yang menarik membuat followers atau orang yang melihat konten kamu menjadi tidak mudah bosan.

Sehingga, mereka tidak akan buru-buru meninggalkan konten kamu tanpa menekan tombol like, share, repost, atau memberikan komentar. Sebab, mereka tertarik dengan tampilan visual yang kamu sajikan melalui konten instagram kamu.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menggunakan desain grafis yang menarik agar perhatian masyarakat dapat tertuju pada konten tersebut. Karena sejatinya sebuah konten seperti tayangan hiburan bagi masyarakat. Apabila tampilan visual konten kamu menarik, masyarakat secara tidak langsung akan terhibur dan tidak segan-segan membantu untuk meningkatkan engagement rate akun Instagram milikmu.

4. Membuat Branding

Peranan desain grafis yang menarik, membantu kamu untuk branding bisnis atau akun Instagram kamu melalui konten. Branding adalah bentuk pencitraan untuk diri sendiri, bisnis, produk, maupun akun instagram kamu.

Tentunya, tujuan dari branding adalah membangun reputasi dan citra positif akun kamu di mata netizen atau pengguna Instagram. Salah satunya dengan menonjolkan desain grafis berkualitas bagus dan menarik pada konten Instagram kamu.

Sehingga, netizen lebih mudah mengenal dan mengingat brand atau akun Instagram kamu dalam waktu yang lama. Karena konten yang memiliki tampilan visual yang menarik akan cepat melekat di memori netizen daripada konten polos tanpa tambahan desain grafis yang menarik.

5. Meningkatkan Conversion Rate

Desain grafis yang menarik pada konten Instagram kamu seperti magnet yang menarik banyak orang untuk mengunjungi akun Instagram milikmu. Sehingga, secara tidak langsung akan meningkatkan conversion rate.

Baca Juga:   Karakteristik Produk yang Lebih Cocok Dipromosikan Melalui IG Story

Conversion rate adalah persentase jumlah orang yang mengunjungi akun Instagram kamu dan melakukan tindakan yang membawa dampak positif bagi akunmu. Jadi, tidak semua konten yang dapat menarik perhatian banyak orang masuk ke dalam conversion rate

Karena ada beberapa konten yang pengunjungnya banyak, tetapi meninggalkan kesan negatif pada akun media sosial tersebut. Misalnya, memberikan komentar negatif atau melakukan banned terhadap akun Instagram tersebut.

Namun, konten Instagram yang memiliki desain grafis yang menarik pastinya akan memberikan kesan positif dan meningkatkan conversion rate. Asalkan, konten tersebut original, bukan plagiat. 

6. Menambah Jumlah Followers

Manfaat desain grafis yang menarik bagi konten Instagram kamu berikutnya adalah mampu menambah jumlah followers. Sebagian besar netizen akan melihat konten kamu selama 2 detik. Apabila menurut mereka konten tersebut tidak menarik, mereka akan langsung meninggalkannya begitu saja.

Tentunya kamu tidak mau bukan hal itu terjadi pada konten Instagram milikmu? Kamu pasti menginginkan netizen untuk berlama-lama bahkan berulang kali untuk menikmati konten tersebut dan menekan tombol follow. Supaya angka follower akun instagram kamu bertambah. Tidak stuck di angka yang sama atau menurun.

Maka dari itu, kamu perlu menambahkan desain grafis menarik dan tepat pada konten tersebut. Agar netizen betah untuk menikmati konten kamu dalam waktu yang lama dan tidak mengabaikannya.

7. Bersaing dengan Kompetitor

Seiring perkembangan teknologi dan berjalannya waktu, grafik kompetisi di platform Instagram juga semakin tinggi. Semakin banyak yang bermain Instagram menjadikan akun kamu mempunyai kompetitor tersendiri.

Kamu harus mempunyai bekal tempur yang matang untuk bisa bersaing dengan kompetitor di Instagram. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan alat tempur kamu, yakni desain grafis konten Instagram.

Baca Juga:   Cara Menggunakan Pinterest untuk Bisnis Agar Semakin Berkembang

Demi menarik perhatian netizen, kamu harus mampu menyajikan konten dengan desain grafis yang menarik bagi netizen. Kejelian kamu saat menggali kelebihan brand dan mengeksplorasi akun Instagram kompetitor sangatlah penting. Supaya kamu bisa menyajikan konten yang berbeda, berkualitas, menarik, dan sesuai dengan selera pengguna Instagram.

8. Meningkatkan Angka Penjualan

Peranan desain grafis yang menarik pada konten Instagram kamu yang terakhir adalah bisa meningkatkan angka penjualan bisnis online milikmu. Bagi kamu yang membuat akun Instagram dengan tujuan promosi bisnis, desain grafis sangatlah penting.

Karena saat ini persaingan antar penjual online sangat ketat. Jika memanfaatkan desain grafis, kamu bisa membuat brand atau promo menarik di mata konsumen. Kamu dapat membuat poster, flyer, atau pamflet yang eye catching untuk mata konsumen bisnis kamu.

Sehingga, mampu menambah rasa ketertarikan pembeli terhadap produk yang sedang kamu tawarkan. Tentunya mereka juga tidak akan ragu untuk melakukan transaksi pembelian dengan kamu, karena melihat konten produk yang menarik.


Pentingnya Desain Grafis yang Menarik untuk Konten Instagram

Baik, itulah tadi 8 peranan penting dari desain grafis yang menarik terhadap konten Instagram kamu. Semoga bisa membuat kamu lebih menyadari betapa pentingnya menambahkan desain grafis yang menarik dan berkualitas pada konten Instagrammu.

Karena menghasilkan dampak yang cukup fantastis. Tidak hanya terhadap konten tersebut. Namun, juga berdampak kepada akun Instagram, reputasi kamu, dan perkembangan bisnis milikmu. 

Oleh sebab itu, bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan banyak uang dari konten-konten dengan desain grafis yang menarik tersebut. Selamat mencoba!


Dapatkan informasi maupun tips strategi seputar influencer, marketing influencer, maupun social media influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password