Pengertian Industri Kreatif yang Harus Dipahami Influencer

Pada masa kini, industri kreatif di Indonesia telah tumbuh pesat dan dilakoni oleh banyak orang. Kalangan influencer pun mendapat tantangan untuk bisa meningkatkan mutu dan kuantitas bidang usaha baru ini. Agar kamu lebih paham tentang pengertian industri kreatif, baca artikel ini hingga tuntas.
Daftar Isi
Pengertian Industri Kreatif
Definisi paling sederhana dari industri kreatif adalah proses kerja di mana seseorang mengolah ide, gagasan, dan kreativitas sehingga menjadi suatu karya. Dalam bidang usaha ini, si pembuat karya tersebut bisa mengolah segala macam sumber daya alam secara langsung maupun tidak langsung.
Sementara itu, pengertian industri kreatif yang lebih luas adalah bidang usaha yang menggunakan macam-macam ilmu, kreativitas, dan sumber daya untuk menciptakan karya. Fokus utama industri ini yaitu daya cipta yang kemudian diberdayakan sebagai lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat.
Kalangan influencer yang jumlahnya tumbuh pesat di zaman modern berperan penting dalam menumbuhkan bidang industri kreatif. Mereka bisa ikut melakoni bisnis-bisnis tersebut atau menyebarkan informasi mengenai usaha kreatif supaya masyarakat menjadi lebih paham.
Jenis Industri Kreatif
Kamu sudah mempelajari tentang pengertian industri kreatif di bagian sebelumnya, serta peran influencer dalam menumbuhkannya. Sekarang, kamu pun harus tahu juga macam-macam atau jenis dari bidang usaha tersebut yang kaum influencer sukai:
1. Content Creator
Inilah jenis industri kreatif yang paling influencer gemari, sebab pekerjaan ini punya pangsa pasar yang luas. Secara singkat, istilah content creator merujuk kepada para pengusaha kreatif yang menciptakan karya berupa hiburan. Bisa berupa video, iklan, musik, dan bahkan acara podcast di internet.
Idenya adalah hiburan itu tidak selalu datang dari perusahaan TV yang ternama saja. Masyarakat luas pun dapat memberi kontribusi secara langsung dalam bidang entertainment tanpa harus menghamburkan uang. Oleh karena itu, bisnis content creator bisa tumbuh lebih cepat ketimbang bisnis hiburan biasa.
2. Fashion Designer
Fashion atau busana merupakan sektor industri yang pertumbuhannya cenderung cepat di negeri kita. Kaum influencer pun bisa menjadikan sektor usaha ini untuk mengembangkan industri kreatif. Contohnya seperti busana batik, busana muslim, dan pakaian-pakaian bermotif sablon.
Bahkan, sekarang ini sudah tumbuh usaha-usaha fashion kreatif seperti pakaian untuk pengantin dan seragam kerja formal. Sebagian pengusaha industri kreatif juga berani berkreasi dalam busana untuk anak-anak, serta kostum yang terinspirasi oleh karakter dari film-film.
3. Jasa Percetakan
Siapa bilang kalau bidang usaha kreatif harus melulu berupa karya seni saja? Bisnis percetakan pun bisa juga kamu andalkan untuk menciptakan karya-karya bernilai jual tinggi. Sesuai pengertian industri kreatif diatas, jasa percetakan mampu mewujudkan ide, gagasan, dan bakat menjadi karya yang laris manis.
Rata-rata buku dan karya tulis yang tergolong dalam industri kreatif tersebut biasanya berupa novel, komik, puisi, dan majalah. Ada juga percetakan berbentuk online yang menyediakan buku dengan format PDF untuk konsumen unduh, baik secara gratis atau langganan.
4. Pameran Seni Budaya
Bagi sebagian besar masyarakat, pameran seni budaya kemungkinan merupakan bidang usaha kreatif yang cukup populer dan berkelas. Bagaimana tidak? Para seniman yang memamerkan hasil karyanya akan mendapat lebih banyak perhatian dari masyarakat dan kaum influencer.
Contoh karya yang dapat dipamerkan di hadapan umum ialah lukisan, seni grafis, serta pahatan dari batu atau kayu. Pada beberapa kesempatan, fotografi dan film-film pendek pun dapat dipamerkan kepada publik yang kemudian influencer promosikan kepada masyarakat luas.
5. Pertunjukan Budaya Lokal
Meskipun pengertian industri kreatif di bagian sebelumnya tampak menekankan pada karya seni rupa dan seni terapan, bukan berarti kamu harus terpaku pada itu saja. Seni pertunjukan pun dapat kamu jadikan sebagai bidang usaha kreatif yang mampu memajukan masyarakat lokal.
Pertunjukan budaya itu bisa berbentuk tarian-tarian tradisional, drama balad, dan bahkan panggung wayang. Ada pula contoh lainnya seperti pagelaran musik lokal serta kolaborasi antara kesenian lokal dan modern.
6. Musik Independen
Selanjutnya, ada jenis industri kreatif berupa pembuatan musik secara mandiri atau independen. Dalam hal ini, musisi yang bersangkutan akan memproduksi dan menjual musik tanpa perlu menjalin kontrak dengan perusahaan rekaman apapun.
Bagi kamu yang pandai bermain musik, namun tak sanggup bergabung dengan perusahaan rekaman, ini bisa kamu jadikan sebagai ladang berkarya. Pastikan agar musik yang kamu buat secara mandiri itu sudah memiliki tanda hak cipta supaya tak menjadi korban plagiarisme.
7. Jasa Programming
Kemajuan teknologi di zaman sekarang membuat gawai-gawai canggih menjadi primadona orang-orang, terutama golongan muda. Hanya saja, gawai-gawai itu butuh perangkat lunak dan belum tentu semua orang sanggup menciptakan karya berupa program untuk gawai.
Inilah letak potensi usaha pada industri kreatif di nomor tujuh, yaitu jasa programming yang sifatnya mandiri. Para influencer dalam bidang programming bisa membuat, mengelola, dan memperbaiki perangkat lunak tanpa harus menjalin kontrak dengan perusahaan gawai apapun.
8. Kuliner Kekinian
Mungkin pengertian industri kreatif tersebut tidak menyebutkan bahwa kuliner bisa menjadi lapangan pekerjaan yang bersifat kreatif. Namun nyatanya, sudah banyak orang yang menjual makanan dan minuman yang resep dan rasanya unik. Inilah kuliner kekinian yang sanggup meraup untung berlimpah.
Ingin tahu apa saja contoh bisnis kuliner kreatif itu? Untuk makanan kekinian, ada corndog, rice box, pizza mini, ayam goreng crispy, dan makanan beku siap saji. Sedangkan contoh bisnis minuman kekinian ialah seperti es teh Boba, Thai tea, cincau, green tea, hingga kopi cold brew.
9. Marketing
Bukan hanya perusahaan besar saja yang harus tahu cara melakukan marketing atau pemasaran produk dan jasanya. Bisnis UMKM dan golongan influencer juga bisa menjalani aktivitas marketing sebagai bidang usaha kreatif.
Kamu para influencer juga bisa ikut memasarkan suatu produk atau jasa dengan dua metode. Cara pertama adalah dengan mendaftarkan diri menjadi agen afiliasi terhadap suatu perusahaan. Sedangkan cara kedua ialah membuat review yang lengkap dan mendetail mengenai produk atau jasa pilihanmu.
Manfaat Industri Kreatif untuk Influencer
Selain mengetahui pengertian industri kreatif dan beragam jenisnya, kamu perlu memahami apa manfaat yang bidang usaha ini berikan untuk influencer. Manfaat-manfaat penting yang bidang bisnis kreatif bawakan kepada masyarakat dan para influencer adalah seperti di bawah ini:
- Membuka lapangan kerja baru yang inovatif dan menguntungkan.
- Menghasilkan karya-karya yang mempunyai nilai jual tinggi.
- Menggugah rasa penasaran masyarakat akan hal-hal baru.
- Menjadi sumber ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi banyak orang.
- Mendorong perkembangan dalam sektor ekonomi, teknologi, dan budaya.
- Memberikan sarana berkompetisi yang sehat dan wajar.
- Menginspirasi para pelihatnya agar ikut menciptakan karya kreatif.
Sudah Paham dengan Pengertian Industri Kreatif?
Itulah artikel yang membahas tentang definisi dari bidang industri baru ini. Sekarang, apakah kamu tertarik untuk mencoba berbisnis dalam bidang usaha kreatif tersebut? Kamu sebaiknya pandai-pandai memilih jenis usaha dan melihat pangsa pasar agar bisa mendulang untung besar!