Seberapa Besar Pengaruh Endorse Selebgram Terhadap Minat Pembelian?

Pengaruh Endorse Selebgram Terhadap Minat Pembeli

Ada banyak cara untuk melakukan promosi. Salah satu yang banyak dilakukan saat ini adalah dengan menggunakan jasa selebgram. Pertanyaan besarnya adalah seberapa besar pengaruh endorse selebgram untuk menaikan minat beli? Lalu seperti apa selebgram yang bisa kamu ajak kerja sama?


Pengaruh Endorse Selebgram

Tren penggunaan selebgram sebagai salah satu cara melakukan promosi memang mulai banyak digunakan ketika pengguna media sosial juga semakin banyak. Singkatnya, ketika seseorang memiliki banyak followers maka apapun yang ia lakukan akan ada banyak orang yang melihat. Hal inilah yang brand gunakan sebagai alasan untuk menggunakan jasa mereka,

Pengaruh endorse selebgram juga cukup tinggi untuk menaikan penjualan, beberapa alasannya seperti:

1. Produk Review

Salah satu alasan pengaruh endorse selebgram menjadi tinggi adalah karena review yang tampak menarik. Misalkan, ketika ada selebgram menggunakan baju A dan terlihat bagus maka akan banyak orang yang tertarik untuk membelinya.

2. Meningkatkan Kepercayaan

Hal ini akan berkaitan dengan pengalaman. Misalkan, ada seorang selebgram yang pergi wisata menggunakan tour & travel A, maka hal tersebut akan membuat banyak orang percaya jika tour & travel A cukup nyaman dan baik. Alasannya tentu saja karena sudah pernah digunakan jasanya oleh seorang selebgram.

3. Reputasi

Pengaruh endorse selebgram juga akan sangat berkaitan dengan masalah reputasi. Semakin baik reputasi dari selebgram tersebut maka pengaruhnya juga akan semakin baik. Masalah reputasi ini juga akan berpengaruh dengan bagaimana konsumen melihat barang yang diiklankan.

Baca Juga:   Cara Meningkatkan Followers Pinterest, Cepat dan Efektif!

Bagaimana Memilih Selebgram yang Berpengaruh

Pengaruh endorse selebgram memang cukup tinggi dan baik. Namun hal tersebut juga akan sangat berkaitan dengan bagaimana kamu memilih selebgram yang pas. Dengan kata lain, tidak semua selebgram juga bisa mendatangkan keuntungan.

Beberapa tips untuk memilih selebgram yang bisa memiliki pengaruh ketika kamu endorse antara lain:

1. Jumlah Followers atau Subscribers

Ketika akan memilih selebgram untuk endorse maka poin pertama yang akan kamu perhatikan adalah jumlah followers atau subscribers nya. Selain karena mudah untuk melihatnya, hal ini juga berkaitan dengan asumsi semakin banyak jumlah pengikut maka akan semakin banyak yang melihat produk kamu. Dengan kata lain makin banyak followers atau subscribers maka akan semakin tinggi juga jangkauannya.

2. Engagement

Hal yang lebih penting yang perlu kamu perlu kamu perhatikan selain jumlah followers atau subscribers adalah bagaimana tingkat engagement selebgram tersebut. Engagement merupakan tingkat interaksi antara selebgram tersebut dengan pengikutnya.

Semakin tinggi engagement rate nya maka semakin tinggi juga pengaruh endorse selebgram tersebut. Engagement rate sendiri akan berhubungan dengan berapa banyak orang yang mungkin akan melihat konten yang selebgram tersebut post. 

3. Representasi

Dengan menggunakan selebgram maka itu artinya kamu akan membuat selebgram tersebut sebagai ‘wajah’ bagi brand kamu. Untuk itu, kamu tentunya tidak mau memilih selebgram dengan asal. Maka pastikan selebgram yang kamu pilih tersebut benar-benar merepresentasikan brand kamu. Representasi yang sesuai juga bisa meningkatkan kepercayaan dari konsumen.

4. Reputasi

Hal lainnya yang juga tidak kalah pentingnya adalah masalah reputasi. Bagaimana reputasi selebgram tersebut juga akan berpengaruh dengan brand kamu. Misalkan, jika kamu menggunakan selebgram yang pernah terkena kasus, maka bisa saja kasus tersebut juga akan melekat pada brand kamu.

Masalah reputasi ini juga termasuk apakah selebgram tersebut pernah bekerja sama dengan brand pesaing atau tidak. Hal ini juga perlu kamu perhatikan karena jangan sampai selebgram yang kamu pilih identik dengan brand yang lain.

Baca Juga:   Tips Menggunakan Video Pinterest untuk Promosi, Ternyata Mudah!

5. Profesionalitas

Ini juga merupakan salah satu aspek yang perlu kamu perhatikan. Kamu bisa melihat bagaimana kerja dari selebgram tersebut dengan melihat postingan yang ada pada feed. Atau kamu juga bisa menanyakan pada orang lain yang pernah menggunakan jasa selebgram tersebut. Hal ini perlu kamu lakukan sebagai sebuah background check sebelum akhirnya memutuskan untuk kerja sama.


Bagaimana Melakukan Endorsement yang Efektif?

Dengan pengaruh endorse selebgram yang cukup kuat membuat cara promosi ini menjadi banyak orang lakukan. Di lain sisi, ini juga membuat harga dari para selebgram menjadi sedikit lebih mahal. Itu juga menjadi alasan mengapa kamu perlu membuat strategi khusus ketika akan menggunakan selebgram sebagai media promosi kamu.

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk membuat endorsement menjadi efektif antara lain:

1. Perhatikan Budget Promosi

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah berapa budget yang kamu punya untuk melakukan promosi? Setelah itu, maka kamu bisa mencari selebgram mana yang rate nya sesuai dengan budget yang kamu punya.

Yang perlu kamu ingat adalah banyak selebgram dengan rate murah namun memiliki jumlah followers yang banyak dan tingkat interaksi tinggi. Untuk itu, kamu tidak perlu memaksakan menggunakan selebgram mahal dengan budget terbatas.

2. Sesuaikan dengan Target Pasar Kamu

Hal lain yang juga perlu kamu perhatikan agar pengaruh endorse selebgram menjadi efektif adalah sesuaikan selebgram yang akan kamu pilih dengan target pasar kamu. Misalkan, kamu ingin memasarkan produk olahraga, maka pilihlah selebgram yang memang cukup terkenal di kalangan komunitas olahraga.

Penyesuaian ini juga akan berpengaruh dengan tingkat kepercayaan dari calon konsumen. Tidak mungkin konsumen percaya produk olahraga kamu berkualitas jika yang menggunakan adalah orang yang tidak pernah terlihat olahraga.

Baca Juga:   Cara Memilih Influencer yang Sesuai dengan Brand

3. Buat Perjanjian dengan Baik

Bagaimanapun hubungan antara kamu dengan selebgram adalah hubungan business to business. Maka sebaiknya kamu memiliki perjanjian yang jelas tentang hak dan kewajiban dari kedua belah pihak. Perjanjian ini dibuat untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dari kedua belah pihak di masa yang akan datang.

Masalah perjanjian ini juga menjadi cukup penting, hal ini guna memastikan masing-masing pihak tahu apa yang harus mereka lakukan. Misalkan, selebgram tahu bagaimana konsep endorse yang harus ia lakukan, bagaimana targetnya, kapan harus post, dan lain-lain. Termasuk ia juga akan tahu berapa bayaran yang akan didapatkan.

Di lain sisi, kamu sebagai orang yang menggunakan jasa juga akan tahu apa saja yang kamu dapatkan. Dan juga kamu juga tahu harus bayar berapa dan bagaimana proses pembayaran tersebut kamu lakukan.

4. Catat Hasil Penjualan Setelah Endorse

Ada baiknya setelah kamu melakukan endorse maka catat berapa hasil penjualan yang kamu dapatkan. Hal ini untuk mematikan berapa besar pengaruh endorse selebgram terhadap bisnis kamu. Selain itu, ini juga untuk menilai apakah campaign yang kamu lakukan sudah berhasil atau belum.
Itulah beberapa hal tentang seberapa besar pengaruh endorse selebgram terhadap kenaikan minat beli. Asalkan strategi yang kamu gunakan maka pemilihan selebgram merupakan jawaban yang pas untuk promosi kamu. Selain itu, pemilihan selebgram yang cocok juga perlu kamu jadikan perhatian lebih. Bagaimanapun faktor siapa selebgramnya akan sangat berpengaruh dengan bagaimana produk kamu terjual atau tidak.


Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, marketing influencer, hingga social media influencer tentunya hanya di influencer101.id.

Baca juga: 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password