Mengenal Social Media Evaluator dan Bagaimana Cara Kerjanya

social media evaluator adalah

Sosial media merupakan salah satu media yang cukup penting saat ini. Karena hal tersebut, kini ada beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan sosial media, seperti salah contohnya adalah social media evaluator. Jika kamu tertarik pada bidang pekerjaan yang satu ini, simak informasi selengkapnya berikut ini!

Apa Itu Social Media Evaluator?

Sekarang ini ada beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan media sosial. Salah satunya, yakni social media evaluator. Social Media Evaluator atau SME adalah orang yang memberikan feedback atau evaluasi yang berkaitan dengan media sosial. 

Orang-orang yang bekerja pada bidang ini akan memberikan review dan feedback dengan tujuan agar konten-konten yang telah ada bisa memiliki performa lebih tinggi. Alasannya, pekerjaan ini berhubungan langsung dengan media sosial yang bisa diakses secara online, maka sebagian besar para pekerja SME bekerja dari rumah.

Gaji Social Media Evaluator

Umumnya gaji seorang social media evaluator tergantung dari seberapa banyak pekerjaan yang dapat kamu lakukan. Oleh karena itu, sebagian besar orang yang bekerja pada bidang ini, menjadikannya sebagai pekerjaan tambahan, bukan pekerjaan tetap. 

Besaran pendapatan yang dapat kamu terima bila bekerja pada bidang ini, setiap bulannya berkisar di angka Rp 2.000.000,-. Semua tergantung kepada di mana tempat kamu bekerja dan juga pengalamanmu.

Tentu saja bekerja atau mendapatkan proyek pekerjaan pada bidang ini tidaklah mudah. Terlebih karena kamu harus bersaing dengan banyak orang yang juga memiliki profesi sama denganmu. 

Keahlian Social Media Evaluator

Bagi kamu yang tertarik bekerja pada bidang ini, ada beberapa keahlian yang harus kamu miliki, seperti di bawah ini.

1. Menguasai Internet

Keahlian social media evaluator pertama yang harus kamu miliki adalah menguasai internet. Internet merupakan hal paling penting saat bekerja pada bidang pekerjaan yang satu ini.

Sebab, ketika kamu berprofesi sebagai seorang SME tidak akan terlepas dari penggunaan internet. Maka, kamu harus bisa memanfaatkan internet, seperti menggunakan tools, jaringan, dan lain sebagainya.

2. Memiliki Analisa yang Baik

Kemampuan atau keahlian kamu dalam melakukan analisis haruslah cukup baik. Bagaimana tidak? Pekerjaan satu ini memiliki tugas untuk melakukan analisa hasil terhadapa performa dari konten-konten yang sudah dijalankan sebelumnya. 

Hasil dari analisa tersebut nantinya dapat menjadi acuan kamu untuk melakukan strategi lainnya atau mengetahui hasil dari performa pekerjaan kamu.

3. Disiplin dan Teliti

Sama seperti bidang pekerjaan pada umumnya, tentunya kamu juga diharuskan memiliki tingkat disiplin yang sangatlah baik dan haruslah teliti. Contoh bentuk disiplin yang harus kamu miliki, seperti menjalankan tugas yang telah diberikan dan selesai tepat waktu.

Sedangkan ketelitian dalam bekerja sebagai seorang social media evaluator juga sangat penting, terutama bila kamu bekerja sebagai freelancer. Teliti dalam mencari peluang yang ada sehingga kamu bisa terus bekerja dan mendapatkan pekerjaan.

4. Lisan dan Tulisan yang Baik

Keahlian berikutnya yang kamu perlukan ketika bekerja sebagai seorang SME adalah memiliki lisan dan tulisan yang baik. Ketika kamu bekerja dalam bidang ini, kamu juga harus dituntut untuk membuat laporan atas hasil kerja kamu.

Lisan dan tulisan yang baik tidak terbatas hanya pada bahasa Indonesia saja, tetapi juga bahasa asing seperti bahasa Inggris. Karena untuk saat ini, lebih banyak perusahaan asing yang membutuhkan orang-orang yang bekerja pada bidang ini. 

5. Mengikuti Tren dan Melihat Peluang

Keahlian terakhir yang harus kamu miliki sebagai social media evaluator adalah mengikuti tren. Bekerja dalam bidang sosial media tentunya membuat kamu harus selalu dapat mengikuti tren atau hal terbaru yang sedang dicari atau dilihat oleh banyak orang.

Selain itu, kamu juga dituntut harus bisa melihat berbagai peluang yang bisa kamu dapatkan ketika bekerja dalam bidang ini. Terutama jika kamu bekerja sebagai seorang pekerja lepas.

Peran Social Media Evaluator

Ketika bekerja sebagai seorang social media evaluator, maka kamu memiliki beberapa peran yang akan membawa nama perusahaan tempat kamu bekerja. Berikut ulasannya.

1. Menganalisa Citra Sebuah Brand

Citra sebuah brand merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Hal ini dikarenakan akan berkaitan dengan tingkat kepercayaan orang-orang terhadap sebuah brand atau perusahaan.

Ketika bekerja sebagai SME, kamu dapat mengetahui bagaimanakah citra sebuah brand atau perusahaan bagi banyak orang. Apakah citra brand atau perusahaan tersebut positif atau sebaliknya melalui opini atau pendapat banyak orang.

2. Menganalisa Kompetitor

Peran selanjutnya bagi seorang SME adalah menganalisa kompetitor. Seorang SME haruslah dapat menganalisa sosial media dari pesaing atau kompetitor yang berada dalam bidang yang sama dengan perusahaan atau tempat kamu bekerja.

Pada saat menganalisa kompetitor, maka kamu akan mengetahui kelebihan dan kelemahan dari kompetitor. Sehingga, perusahaan dapat menemukan peluang-peluang baru untuk mengembangkan sayap bisnisnya.

3. Menganalisa Customer

Peran terakhir adalah menganalisa customer atau pelanggan. Analisa pelanggan sangat penting dalam sebuah bisnis. Salah satunya untuk membangun kedekatan dengan customer atau pelanggan dan mengembangkan bisnis perusahaan.

SME harus mampu melihat bagaimanakah tingkat kepercayaan yang telah dibangun suatu perusahaan terhadap para pelanggannya. Hal tersebut dapat diketahui oleh seorang SME melalui interaksi dari berbagai postingan konten sosial media dari perusahaan tertentu.

Tertarik Menjadi Social Media Evaluator?

Itulah beberapa informasi penting mengenai social media evaluator yang perlu kamu ketahui mulai dari pengertian, gaji, keahlian yang diperlukan, sampai dengan peran atau tanggung jawabnya. Berdasarkan berbagai informasi penting tersebut, apakah kamu tertarik untuk bekerja dalam bidang ini?


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, marketing influencer dan influencer lainnya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password