Mengenal Apa Itu Social Media Officer dan Tugasnya

social media officer adalah

Di zaman yang sudah sangat canggih seperti sekarang ini, kamu tentunya tahu bahwa sosial media adalah tempat utama yang dapat kamu pakai untuk pengembangan bisnis dan profil kamu. Social media officer adalah salah satu pekerjaan yang berhubungan dengan media sosial yang sering dicari banyak perusahaan sekarang ini.

Apa Itu Social Media Officer?

Akun sosial media perusahaan sebagai platform pengembangan bisnis, tentunya memerlukan seorang penanggung jawab yang memiliki pengetahuan tentang ilmu pemasaran untuk mengelola akun tersebut.

Nah, social media officer adalah salah satu pekerjaan yang sangat berkaitan erat dengan hal tersebut. Tentunya, sebagai bentuk pemasaran, para penanggung jawab sosial media haruslah dapat memikirkan bagaimana teknik yang tepat untuk mengambil banyak interaksi positif dari pengguna internet.

Cara paling pasti untuk melakukan hal itu adalah dengan memberikan konten-konten kreatif, inovatif, dan interaktif yang dapat viral dan menarik banyak penonton. Inilah yang menjadi peranan penting seorang social media officer.

Profesi ini nantinya akan menganalisa, merancang, melakukan pengujian, dan mengoptimalkan strategi marketing untuk dapat mendapat brand awareness dari pengguna internet.

Seringnya, media sosial yang dianalisis oleh seorang social media officer adalah media-media sosial yang cukup besar serta memiliki banyak sekali pengguna. Seperti Youtube, Instagram, Tiktok, ataupun Facebook.

Tanggung Jawab Social Media Officer

Melihat begitu pentingnya peranan social media officer untuk akun media sosial perusahaan, tentunya ada beberapa tanggung jawab yang diemban oleh seseorang yang ada pada posisi ini. Berikut ini adalah beberapa tanggung jawabnya:

1. Membuat Konten

Tanggung jawab pertama seorang social media officer adalah membuat konten. Pastinya, jika kamu mendengar konten media sosial, kamu berharap akan menyaksikan sebuah konten kreatif dengan kata-kata, ilustrasi dan gambar yang imajinatif. Selain itu, konten tersebut juga harus menarik dan sesuai dengan ciri khas produk bisnis.

Baca Juga:   20 Lagu TikTok Viral Tahun 2022 Bisa Langsung FYP!

Bila ingin membuat konten yang menarik seperti itu, tidak dapat terjadi dalam satu hari saja. Pembuatan konten umumnya membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 1 sampai 2 minggu (ada juga yang berbulan-bulan), tergantung tingkat kesulitannya.

Membuat konten yang sempurna juga memerlukan banyak analisa, seperti analisa pasar, analisa SEO (Search Engine Optimization) ataupun hashtag dan caption yang melibatkan banyak tools. Supaya bisa mendapatkan banyak interaksi dari para pengguna internet.

Selain itu, perlu kamu ingat bahwa setiap media sosial memiliki ciri khasnya masing-masing. Jadi, tugas social media officer adalah mencocokkan ciri khas setiap media sosial tersebut dengan ciri khas yang perusahaan miliki, sehingga menciptakan ciri khas dari brand tersebut.

2. Brainstorming Campaign

Tugas kedua dari social media officer adalah brainstorming campaign. Brainstorming campaign adalah sebuah teknik yang sering digunakan oleh penganggung jawab sosial media untuk mengumpulkan ide-ide kampanye atau pemasaran yang baik.

Tentunya, campaign digital ini tidak hanya menjadi tugas dari seorang social media officer, namun juga menjadi tugas dari anggota penanggung jawab digital marketing.

Rumusan yang ada pada campaign ini berbentuk kegiatan yang akan dilakukan perusahaan demi menunjang keberhasilan dari campaign tersebut, biaya yang harus perusahaan keluarkan, dan lain-lain.

3. Menentukan Prime Time

Pernahkah kamu menyadari sebuah media sosial bisnis pasti memiliki jam upload tertentu? Nah, teknik ini memang sering ada pada akun media sosial berbentuk bisnis. Kamu bisa menemukannya pada menu insight dan jam upload tersebut dinamakan prime time atau waktu optimal untuk mengunggah konten.

Menentukan kapan mengirim konten ke akun media sosial adalah pekerjaan selanjutnya dari social media officer. Sosial media officer ini harus menganalisa dan mengetahui algoritma yang dipakai oleh media sosial yang ia pakai untuk dapat mengetahui kapan prime time dari akun media sosial milik perusahaan.

Tentunya, setiap akun media sosial memiliki perbedaan waktu prime time, karena perbedaan algoritma dan karakteristik followers yang akun tersebut miliki.

4. Berkomunikasi dengan Para Pengikut

Social media officer juga memiliki tugas untuk membangun komunikasi yang baik dengan para pengikut maupun pemakai internet. Agar menimbulkan kesan “familiar” dan baik kepada para pengikut, sehingga mereka akan tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang produk bisnis yang kamu tawarkan.

Baca Juga:   Pengertian dan Cara Membuat Buyer Persona dalam Bisnis

5. Melakukan Report

Tugas social media officer selanjutnya adalah melakukan report atau laporan untuk hasil maupun ketercapaian suatu target yang diberikan oleh perusahaan. Sama seperti posisi-posisi lainnya, report ini nantinya akan dianalisis oleh perusahaan untuk mengetahui bagaimana kinerja mereka dalam periode tertentu.

Laporan yang dilakukan oleh pengelola media sosial biasanya berkaitan dengan nilai impresi, engagement rate pada akun media sosial perusahaan, ataupun kenaikan pengikut pada suatu periode tertentu.

Kamu sebagai pengelola media sosial juga harus mengetahui postingan konten mana yang memiliki engagement rate yang paling tinggi. Sehingga dapat berpengaruh pada pengambilan strategi untuk periode selanjutnya.

Skill Social Media Officer

Melihat beberapa tugas yang menjadi tanggung jawab seorang pengelola media sosial, tentunya jika kamu mengincar posisi ini, maka kamu harus memiliki beberapa skill tertentu. Berikut ini adalah skill yang perlu kamu miliki dan asah:

1. Memahami Ilmu Advertising

Skill paling utama yang perlu kamu miliki sebelum melamar pada posisi social media officer adalah pemahaman ilmu advertising atau ilmu periklanan yang baik. Seperti yang kamu ketahui, tujuan utama posisi ini adalah mengoptimalkan marketing perusahaan sehingga meningkatkan brand awareness dan engagement rate.

Maka dari itu, penting untuk kamu mengetahui ilmu-ilmu marketing, khususnya digital marketing. Agar dapat mengoptimalkan akun media sosial perusahaan yang kamu pegang.

Tentunya, skill ini akan berhubungan erat dengan jurnalistik, media dan komunikasi, ataupun hubungan masyarakat. Kamu juga diharapkan fasih dengan skill copywriting yang baik.

2. Pengetahuan Tentang Tools yang Akan Membantumu

Ada banyak tools yang sering digunakan dalam pekerjaan digital marketing. Tools-tools ini berfungsi untuk membantu kamu dalam menganalisa performa konten yang sudah kamu kirim ke akun media sosial perusahaan.

Apabila pengetahuan kamu tentang beberapa tools tersebut masih minim, sebaiknya kamu asah lagi dan cari tahu lebih dalam. Agar kamu bisa menggunakan tools-tools tersebut secara maksimal ketika kamu sedang melakukan tugasmu.

3. Multitasking

Tidak hanya pengelola media sosial saja, sekarang ini sudah banyak perusahaan yang menuntutmu untuk mempunyai skill multitasking atau keahlian dalam melakukan lebih dari satu tugas. Sebagai seorang yang bertanggung jawab untuk mengelola akun media sosial perusahaan, kamu harus mampu mengatur jalannya sebuah konten.

Baca Juga:   9 Skill yang Harus Dimiliki Content Creator agar Cepat Sukses

Kamu juga harus bisa mengarahkan tim kamu yang terbagi atas tim copywriting, tim visual, dan lain-lain. Sehingga, kamu perlu memiliki keahlian dan pengetahuan dalam berbagai bidang yang berhubungan dengan pemasaran.

4. Punya Trend Knowledge

Seorang pengelola media sosial harus mempunyai skill trend knowledge, yang mana kamu paham dan mengetahui apa trend yang sedang terjadi pada platform media sosial. Semakin kamu memahami trend yang booming tersebut, maka konten yang akan kamu buat akan semakin baik.

5. Kemampuan Customer Service yang Baik

Sama halnya dengan public relation, skill selanjutnya yang harus ada pada seorang social media officer adalah memiliki kemampuan customer service yang baik.

Pada hakikatnya, posisi inilah yang akan menjadi “jembatan” untuk perusahaan dan masyarakat luas. Artinya, kamu sebagai seorang pengelola media sosial harus menjaga sikap dan perilaku untuk dapat disukai oleh pengguna internet.

Seorang “admin” media sosial yang baik akan membawa pengaruh yang baik pula untuk brand yang kamu pegang. Kamu harus cepat dalam memberikan feedback untuk para masyarakat tentang keluhan, pujian, maupun pertanyaan yang mereka lontarkan.

Gaji Social Media Officer

Masalah gaji, tentunya hal ini adalah sebuah kebijakan yang tertulis dan berlaku pada masing-masing perusahaan. Pastinya akan ada perbedaan nominal gaji social media officer pada perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain.

Namun, normalnya untuk pengalaman kerja 1 sampai 2 tahun, khususnya fresh graduate, gaji seorang pengelola media sosial adalah7 sampai 8 juta rupiah. Tetapi, jika kamu memiliki pengalaman lebih, kamu dapat memiliki gaji dengan nominal mencapai 9 sampai 10 juta lebih.

Tertarik untuk Menjadi Social Media Officer?

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang social media officer, tugas maupun skill yang harus kamu miliki sebelum melamar pekerjaan ini.

Karena pengaruh media sosial yang sangat dominan sekarang ini, proses seleksi dan lowongan untuk profesi ini juga akan semakin meningkat. Oleh sebab itu, persiapkanlah dirimu mulai sekarang!


Temukan inspirasi tentang social media influencer, influencer marketing, dan yang lainnya hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password