7 Media Sosial Terpopuler untuk Meningkatkan Popularitasmu

7 Media Sosial Terpopuler untuk Meningkatkan Popularitasmu

Siapa yang tak kenal media sosial? Semua golongan masyarakat di era modern ini sudah sangat akrab dengan yang namanya media sosial, apalagi para anak muda. Siapa yang ingin menjadi populer, dia pasti akan menggunakan aplikasi medsos sebagai batu tumpuannya. Dari sekian banyak medsos yang ada di dunia, berikut ini ialah 7 media sosial terpopuler yang dapat kamu pakai demi mendulang ketenaran.

Macam-Macam Media Sosial Terpopuler

Ada aplikasi medsos yang berbasis teks, maupun yang memakai gambar dan foto, namun ada juga yang dapat mengunggah video. Mau tahu apa saja aplikasi-aplikasi media sosial tersebut? Ini dia penjelasannya.

1. Facebook / Meta

Inilah dia media sosial terpopuler nomor satu! Facebook adalah sebuah situs berkomunikasi jarak jauh yang dibuat di Amerika Serikat pada tahun 2005. Situs Facebook ini dulunya hanya tersedia di komputer dan laptop saja, tetapi seiring perkembangan teknologi, akhirnya bisa masyarakat akses melalui smartphone. 

Kamu wajib tahu jika pengguna Facebook sempat mencapai 2 miliar orang dari seluruh dunia! Kendati ada yang akunnya tidak lagi aktif, namun tetap saja, Facebook merajai internet sebagai medsos yang paling banyak manusia gunakan. 

Baca Juga : 15 Facebook Metrics yang Perlu Kamu Tahu Sebagai Influencer

Jika kamu suka berkenalan dengan ribuan orang-orang baru di internet, Jangan ragu untuk membuka akun di Facebook. Silakan kamu saling bertukar teks, gambar, maupun video, Facebook menyediakan fitur-fitur tersebut demi kemudahan interaksi dunia maya kamu. 

Sebagai catatan, pada tahun 2021 silam Facebook telah mengganti namanya menjadi Meta. Untungnya layanan situs ini tetap mulus seperti biasa.

2. Twitter

Di tempat kedua, sebagai pesaing utama Facebook / Meta, ada media sosial Twitter. Bentuk komunikasi dalam Twitter ini sering disebut dengan “cuitan” oleh para penggunanya. 

Baca Juga:   Cara Lengkap Membuat Instagram Reels dengan Mudah

Cuitan-cuitan ini dapat berisi berita, unek-unek, guyonan, maupun meme yang sekiranya relevan dengan situasi di lingkungan sekitar. Jika kamu merasa perlu menambahkan sesuatu, Twitter juga menyediakan fitur tautan gambar, video, atau alamat suatu laman. 

Di Indonesia saja, pemerintah dan lembaga-lembaganya sampai mengadopsi Twitter sebagai sarana berinteraksi dengan warganya. Kalau pemerintah saja bersedia menggunakan Twitter, kamu tentunya lebih siap dan percaya diri untuk menjadi terkenal lewat media sosial ini, bukan?

3. YouTube

Tahukah kamu jika YouTube juga sebetulnya merupakan salah satu dari media sosial terpopuler di dunia? Jangan lupa, karena laman berbagi video ini penggunanya sudah lebih dari satu miliar jiwa, lho! 

YouTube yang dulu berdiri pada awal tahun 2000 ini sekarang sudah berkembang hingga menjadi medsos tempat orang saling berbagi video. Mau itu video lucu, video heboh, video berita, bahkan video pengetahuan, semua ada di sini. 

Kalau kamu hendak mencari subscriber dalam jumlah banyak lewat bermacam-macam video menarik, YouTube adalah media sosial terbaik untukmu. Laman ini sekaligus memberikan layanan livestream dan video sharing jikalau kamu mau membagikan video di YouTube di medsos lainnya.

Baca Juga: Algoritma Google – Bagaimana Supaya Video YouTube Banyak Views?

4. WhatsApp

Aplikasi media sosial terpopuler di nomor empat diduduki oleh WhatsApp. Ini merupakan aplikasi bertukar pesan dan panggilan yang memberikan sistem enkripsi demi menjamin keamanan para penggunanya. 

Melalui sistem enkripsi pesan, kamu tak perlu takut komunikasi kamu disadap oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Dalam WhatsApp, panggilan yang kamu lakukan dapat berupa panggilan suara atau panggilan video / video call

Ada pula fitur-fitur tambahan seperti emoji, GIF, stiker, dan voice recorder andaikata kamu ingin menghiasi percakapanmu dengan kontak di aplikasi tersebut. Tahukah kamu jika pada saat ini, ada lebih dari 2 miliar orang di seluruh dunia yang sudah menggunakan WhatsApp?

Baca Juga:   Apa itu Tiktok Shop? Inilah Cara Membuat Tiktok Shop!

5. Instagram

Untuk kamu yang suka berfoto ria, ada media sosial terpopuler yang cocok untukmu. Inilah dia Instagram, sebuah aplikasi smartphone dimana kamu dapat mengambil, menyunting, dan mengunggah beragam jenis foto sesuka hatimu. 

Foto-foto tersebut dapat kamu bagikan baik ke halaman utama Instagram atau ke medsos lainnya. Instagram menyediakan beberapa fitur dalam penyuntingan foto, seperti kecerahan gambar, kontras warna, dan pengubah ukuran foto. 

Baca Juga: Instagram Marketing Tren di Tahun 2022

Ada lagi fitur-fitur semacam hashtag, following dan follower, juga sinkronisasi akun kamu ke media sosial yang lain. Dengan fitur following, kamu bisa melihat aktivitas pengguna lain yang kamu ikuti. Fitur follower membantu kamu mengetahui siapa saja yang menyukai foto-fotomu.

6. TikTok

Mau mengunggah video-video heboh di media sosial tanpa harus bolak-balik antara medsos dan aplikasi pengambil video? Solusinya adalah media sosial yang bernama TikTok. Ini ialah aplikasi untuk berbagi video yang sedang trending di masyarakat Indonesia saat ini. 

Kamu bisa mengambil, menyunting, dan mengunggah puluhan hingga ratusan video-video pendek atau shorts lewat aplikasi TikTok. Dalam medsos ini, kamu akan menemukan beragam fitur untuk mengedit video kamu. 

Antara lain ada opsi penambah suara, penambah musik, pengatur kecerahan foto, stiker-stiker, dan lain sebagainya. Kamu bisa mengunggah video kamu dari TikTok ke YouTube untuk menggapai lebih banyak subscriber!

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Live TikTok dengan Mudah

7. Line

Media sosial terpopuler di nomor tujuh yaitu Line. Mungkin kamu bertanya, mengapa Line termasuk dalam daftar medsos populer? Itu karena aplikasi ini memberimu ratusan hingga ribuan stiker-stiker dan GIF lucu dan menggemaskan sebagai pelengkap komunikasi kamu dengan teman-temanmu. 

Baca Juga:   8 Peranan Desain Grafis yang Menarik untuk Konten Instagram

Betul, medsos Line mungkin lebih banyak mengandalkan teks daripada foto atau video, tetapi bukan berarti dia kalah beken. Ada banyak sekali tema dan gaya untuk setiap stiker yang kamu gunakan dalam Line, jadi kamu tak usah khawatir kalau-kalau kamu merasa bosan.

Mana Media Sosial Terpopuler yang Kamu Gunakan?

Media sosial merupakan salah satu cara untuk mendulang kepopuleran. Dari sekian banyak medsos di dunia, ada kurang lebih 7 yang paling terkenal.

Pertama ialah Facebook, yang berdiri pada tahun 2005 dan memiliki pengguna sebanyak 2 miliar jiwa atau lebih. Dalam Facebook, kamu bisa berinteraksi melalui teks, gambar, dan video. 

Pada tahun 2021 silam, nama Facebook berubah menjadi Meta. Di nomor dua adalah Twitter, dengan cuitan-vuitannya yang bisa berisi berita, unek-unek, guyonan, dan meme. Berikutnya ialah YouTube, situs berbagi video yang isinya bisa macam-macam, ditambah fitur livestream dan video sharing.

Di nomor empat adalah WhatsApp yang bisa kamu gunakan untuk berkirim pesan tertulis maupun melakukan panggilan video. Media sosial terpopuler nomor lima yaitu Instagram bagi kamu yang suka mengambil dan membagikan foto-foto dan album hasil editan. 

Untuk nomor enam, ada aplikasi TikTok, tempatnya membuat dan mengedit video-video pendek atau shorts untuk nanti kamu bagikan. Yang terakhir adalah Line, sebuah aplikasi media sosial yang fitur utamanya adalah stiker-stiker lucu serta GIF.

Demikianlah artikel ini membahas tentang 7 media sosial terpopuler serta kegunaannya. Apakah kamu sudah menentukan mau pakai aplikasi yang mana? Pastikan kamu sudah mengerti cara menggunakannya ya, agar nanti kamu cepat populer. Terima kasih atas perhatiannya!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips terkait influencer, marketing influencer, influencer media sosial, hingga berita influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password