Manfaat Blog dalam Kehidupan Sehari-hari yang Jarang Diketahui

Manfaat Blog dalam kehidupan sehari-hari

Blog adalah salah satu platform media yang menyediakan banyak informasi. Segala tulisan atau gambar yang sebuah blog unggah memiliki tujuan dan target audiens masing-masing. Tulisan yang mereka unggah pun bermacam-macam, termasuk informasi pendidikan, hobi, bahkan bisa jadi bisnis. 

Memiliki blog berarti ada interaksi khusus antara penulis dan pembaca. Maka dari itu blog dapat kamu manfaatkan untuk banyak hal. Tulisan yang kamu unggah tidak hanya dibaca, namun bisa juga menghasilkan uang. Apa saja manfaat blog yang belum masyarakat ketahui dalam kehidupan? Yuk simak artikel di bawah ini.


Manfaat Blog Untuk Bisnis

Mengembangkan bisnis memerlukan banyak inovasi sekaligus ide, terutama dalam pembuatan produk. Sesaat setelah produk terbentuk, kamu akan mendistribusikan produk yang perusahaanmu buat. Kamu memerlukan strategi pemasaran yang baik agar produk bisa sampai ke konsumen. 

Namun tidak semua pebisnis memiliki pengetahuan yang cukup dalam memasarkan produk buatannya. Beberapa bahkan tidak peduli sehingga tidak memasarkan produk dengan baik. Hal ini dapat memicu kebangkrutan perusahaan. 

Disinilah blog akan berguna untuk bisnis. Beberapa manfaat blog untuk bisnis adalah: 

1. Tempat Memanfaatkan Promosi Produk Bisnis

Strategi pemasaran yang saat ini cepat menyebarkan produk adalah menggunakan media. Blog adalah salah satu media yang dapat kamu gunakan untuk mempromosikan produkmu dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan menulis artikel terkait informasi produk yang kamu jual. 

Apabila ingin melebarkan pasar, kamu dapat menggunakan jasa penulisan artikel yang memuat testimoni produk. Pastikan artikel tersebut menarik dan berisi gambar produk. Kamu juga bisa menggunakan teknik copywriting untuk meningkatkan penjualan.  

2. Tempat Informasi Terbaru dari Produk

Manfaat blog yang kedua untuk bisnis adalah untuk memberikan informasi terbaru dari produk yang kamu jual. Manajemen dalam blog bisa kamu atur dengan unggahan-unggah terbaru tentang produkmu. 

Kamu bisa memberikan informasi seperti platform marketplace mana yang menjual produk, event-event terbaru yang berisi diskon atau promo bagi para konsumen, hingga informasi harga dan testimoni para konsumen. 

Pastikan kamu menggunakan teknologi Search Engine Optimization atau SEO dalam artikel yang kamu unggah. Sebab artikel dengan SEO yang baik dapat menempati urutan atas dalam mesin pencarian internet. 

3. Tempat Menarik Pelanggan Baru

Melakukan promosi bisnis melalui blog akan sangat membantu penjualan produk sekaligus menarik pelanggan baru. Di zaman yang modern ini, para pembeli akan sangat sensitif akan barang yang akan mereka beli. 

Baca Juga:   13 Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog dengan Mudah

Untuk memastikan produk asli dan memiliki rating yang baik, para pelanggan akan mencari testimoni. Beberapa ada yang mencari di marketplace, namun lebih banyak lagi pelanggan yang mencari melalui mesin pencari di internet. Maka dari itu manfaatkanlah blogmu dengan baik dalam menulis testimoni agar dilirik pelanggan.


Manfaat Blog Untuk Pendidikan

Tidak hanya berguna untuk melakukan bisnis sekaligus promosi untuk menaikkan penjualan, blog juga bermanfaat bagi dunia pendidikan. Berikut adalah manfaat blog untuk pendidikan:

1. Tempat Menyimpan Data Murid atau Mahasiswa

Dalam dunia pendidikan. baik sekolah maupun universitas pasti memiliki jumlah murid atau mahasiswa yang banyak. Mendata satu-persatu akan sangat melelahkan, blog bermanfaat untuk menampung data murid dan mahasiswa dalam dunia pendidikan. 

Data yang staf sekolah atau universitas unggah harus sama dengan informasi yang asli. Kevalidannya harus terjaga karena apabila ada kesalahan, akan menyusahkan semua pihak yang terlibat. Termasuk staf dan pemilik data tersebut. 

2. Tempat Membagikan Informasi Terbaru Terkait Studi

Dalam dunia pendidikan, informasi akan sering datang. Terutama di saat pandemi yang tidak dapat membuat semua orang belajar secara tatap muka di sekolah. Informasi terkait pembelajaran dapat staf pendidikan unggah melalui blog. 

Manfaat blog dalam dunia pendidikan memang dasar saja, namun informasi yang diunggah sama sekali bukan informasi dasar. Informasi yang berhubungan dengan dunia pendidikan terutama universitas akan sangat bermanfaat apabila diunggah di blog. 

Hal ini karena tidak semua mahasiswa bertempat tinggal dekat dengan universitas. Banyak juga mahasiswa yang sedang berada di rumah masing-masing yang bisa saja berada di luar kota bahkan luar provinsi. Singkatnya, blog berperan besar dalam dunia pendidikan untuk menyebarluaskan informasi terbaru mengenai studi. 

3. Manfaat Blog Mempromosikan Instansi Pendidikan

Dalam dunia pendidikan harus ada murid dan guru, apabila dua pelaku utama pendidikan ini tidak ada maka tidak akan ada proses belajar dan mengajar. Dengan menggunakan blog, instansi pendidikan dapat mempromosikan lembaganya dalam mencari murid baru.

Selain itu blog juga berguna dalam menyebarluaskan lowongan kerja yang instansi pendidikan butuhkan. Lowongan kerja dalam dunia pendidikan tidak hanya tentang guru ataupun dosen, instansi juga membutuhkan staf-staf lain seperti staf administrasi, staf IT, dll. 


Manfaat Blog Untuk Perusahaan

Blog memiliki segudang manfaat bagi para penggunanya, begitu pula dengan perusahaan. Tidak peduli perusahaan mana yang dimaksud, blog akan tetap berguna terutama apabila pengguna atau staf perusahaan dapat mengoptimalkan penggunaan blog.

Berikut adalah manfaat yang dapat blog berikan untuk sebuah perusahaan:

1. Manfaat Blog untuk Mengenalkan Perusahaan

Sekarang ini, mesin pencari di internet memudahkan kita dalam mencari sebuah informasi. Salah satunya adalah informasi tentang perusahaan. Apabila perusahaan tersebut benar adanya, maka mesin pencari akan menampilkan hasil mengenai perusahaan tersebut. 

Baca Juga:   Apa yang dimaksud dengan Blog, Blogging dan Blogger ?

Kamu sebagai staf perusahaan dapat memanfaatkan blog untuk mengenalkan perusahaanmu. Tidak peduli perusahaanmu telah besar atau masih perusahaan rintisan, kamu harus menjelaskan atau mengenalkan perusahaan kepada khalayak ramai agar masyarakat tidak memandang perusahaan milikmu fiktif belaka. 

Informasi yang bisa kamu sebarkan dalam web adalah pengenalan singkat perusahaan, alamat perusahaan, dalam bidang apa perusahaan bergerak, hingga kontak informasi terkait. 

2. Tempat Berbagi Informasi Terkait Perusahaan

Manfaat blog yang kedua untuk perusahaan adalah sebagai tempat berbagi informasi. Dimana informasi tersebut dapat berupa ketentuan baru, produk baru yang diluncurkan, atau bahkan informasi lowongan kerja. 

Lowongan kerja akan sangat dibutuhkan bagi para jobseeker. Namun tidak semua lowongan kerja informasinya valid, lebih banyak yang fiktif. Apabila perusahaan memiliki lowongan kerja, unggahlah lowongan tersebut dalam blog agar para jobseeker mendapat informasi yang valid. 

3. Tempat Menarik Pelanggan Hingga Meningkatkan Penjualan

Yang ketiga, blog juga bermanfaat bagi perusahaan untuk promosi produk yang mereka jual. Saat ini strategi pemasaran yang paling cepat berhasil adalah promosi melalui internet. Promosi tersebut dapat melalui sosial media atau artikel yang diunggah dalam sebuah blog.

Kamu dapat mengunggah artikel mengenai produk yang perusahaan hasilkan melalui web dengan tambahan testimoni para konsumen. Jangan lupa untuk melakukan riset kata kunci terlebih dahulu sekaligus gunakan SEO dalam artikel. 

Karena artikel yang menggunakan SEO akan menempati ranking tinggi dalam mesin pencarian. Dengan artikel yang kebenarannya dapat tervalidasi pula para pelanggan akan tertarik dan datang untuk mengunjungi blog. Traffic blog tinggi, konsumen pun akan datang sendiri.


Manfaat Blog Untuk Pribadi 

Kamu sudah mengetahui manfaat yang blog berikan untuk bisnis, perusahaan, hingga pendidikan. Namun fungsi dari blog tidak berhenti hanya sampai situ saja, blog pun dapat memberikan dirimu manfaat. Berikut adalah manfaat blog bagi diri sendiri:

1. Tempat Memanfaatkan Kemampuan Menulis

Memiliki kemampuan menulis adalah sebuah anugerah. Terutama bagi mereka yang kurang memiliki sensibilitas sekaligus kurang ekspresif. Mengeluarkan uneg-uneg atau pikiran bisa kamu salurkan melalui menulis. Menulis akan membuatmu lega dan mengurangi pikiran-pikiran negatif.

Setiap orang memiliki gaya tulisan sendiri-sendiri. Mengunggah tulisan di blog akan membantumu mengasah kemampuan menulis. Tulisanmu dapat dibaca orang, dan kamu pun bisa mendapat saran ataupun kritik yang berkaitan dengan tulisan yang kamu unggah. 

Cara ini termasuk efektif sebab tidak semua orang suka menunjukkan tulisannya secara langsung. Namun dalam blog kamu dapat menggunakan anonim yang berarti orang tidak akan tahu siapa penulisnya. Manfaat blog bagi penulis artikel pribadi sangat besar. 

Meskipun tidak mengerti sang penulis, orang-orang tetap memiliki akses untuk menulis kesan dalam membaca tulisan dalam blog. Kamu juga bisa menjalin koneksi dengan orang-orang yang menulis komentar dan mendapatkan teman baru dengan hobi yang sama. 

Baca Juga:   Apa itu Guest Post dan Manfaatnya untuk Blog Kamu?

2. Tempat Blog Sebagai Portofolio Online

Selain mengasah kemampuan menulis, kamu juga dapat memanfaatkan blog sebagai portofolio online. Membuat portofolio yang dapat dicetak memang penting, namun akan menghabiskan banyak kertas. Sedangkan portofolio online akan lebih ringkas dan mudah diakses dimanapun kamu berada.

Menambah postingan terbaru pun tidak memerlukan banyak waktu. Cukup buka blogmu, login, dan unggah postingan atau tulisan terbarumu. Maka portofolio sudah terbaharui. Portofolio online juga berguna saat kamu melamar kerja yang berhubungan dengan pekerjaan yang membutuhkan skill menulis. 

Biasanya perusahaan akan meminta portofolio untuk mengetahui seberapa profesional kamu dalam menulis. Manfaat blog satu ini dapat kamu gunakan kapanpun kamu ingin mengunggah tulisan terbaru.

3. Tempat Bermanfaat yang Menghasilkan Uang

Manfaat terakhir yang dapat blog berikan dalam hidup adalah menghasilkan uang. Siapa sih yang tidak membutuhkan pekerjaan? Blog akan membantumu untuk mendapat pekerjaan yang dapat menghasilkan uang.

Saat ini memiliki blog akan membuatmu mengasah kemampuan sekaligus mendapat uang. Caranya adalah bekerjasama dengan beberapa pihak tertentu yang membutuhkan artikel untuk keperluan promosi penjualan. Kamu bisa menjadi pihak yang dapat mempromosikan produk mereka dan mendapatkan uang. 

Cara kedua adalah menjadi content writer. Kamu yang sudah terbiasa menggunakan blog pasti tidak asing dengan fitur-fitur yang ada dalam blog. Kamu dapat memanfaatkan blog untuk menjadi content writer.

Sebenarnya banyak perusahaan atau startup yang mencari content writer, namun lebih banyak juga yang meminta content writer yang sudah familiar menggunakan web atau blog. Sebab mereka yang sudah familiar akan dengan mudah mengunggah artikel dalam blog.

Jangan lupa untuk mempelajari Search Engine Optimization (SEO) agar artikel buatanmu memiliki traffic tinggi dan menguntungkan perusahaan yang memilihmu sebagai pekerja.


Siapkah Memanfaatkan Blog Secara Maksimal?

Kamu telah mengetahui manfaat blog yang dapat kamu optimalkan. Blog sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Namun belum banyak orang yang menggunakan manfaat tersebut dengan maksimal. 

Tidak hanya untuk keperluan bisnis atau perusahaan sebagai organisasi yang besar, namun blog juga berguna dalam dunia pendidikan. Selain mengumpulkan data murid dan guru, blog juga bisa instansi pendidikan gunakan untuk memberikan pengetahuan terkait Pembelajaran Tatap Muka maupun Pembelajaran Jarak Jauh. 

Sedangkan khusus untuk diri sendiri, mengasah kemampuan menulis dapat membuatmu lebih ahli, Usahakan untuk membuat artikel yang bagus dan baik, pastikan sudah menggunakan SEO agar traffic blog tinggi dan dapat memberikan hasil yang maksimal. 

Blog telah memberi fitur-fitur terbaik yang dapat kamu manfaatkan. Yuk manfaatkan blogmu dalam kehidupan sehari-hari!


Dapatkan berbagai macam tips menarik seputar influencer marketing, strategi influencer, blogger influencer, social media influencer dan berita influencer lainnya hanya di influencer101.id

Baca juga:

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password