Logo untuk Sorotan Instagram, Bagaimana Cara Membuatnya?

highlight instagram

Bagi kamu yang juga memiliki akun di aplikasi ini, mungkin tak asing lagi dengan adanya cover atau logo untuk sorotan Instagram.

Logo pada sorotan atau highlight IG ini biasanya terletak di bagian atas konten pribadi dari pemilik akun. Umumnya, logo ini digunakan untuk memisahkan momen-momen penting serta mempercantik tampilan sorotan atau halaman profil Instagram. 

Selain itu, dengan adanya cover ini kamu dapat menyimpan berbagai momen penting dengan judul yang berbeda pula. Bahkan, tak sedikit para pengguna yang menjadikan logo untuk sorotan Instagram sebagai salah satu cara untuk menarik perhatian followers

Kendati demikian, ternyata tak sedikit pula para pengguna yang bertanya-tanya mengenai bagaimana cara membuat cover ini. Lalu, bagaimana cara buatnya?

Daftar Isi

Cara Membuat dan Memasang Logo untuk Sorotan Instagram

Instagram akan lebih terlihat keren dan modern jika kamu memiliki tampilan khusus untuk sorotan. Hanya saja mungkin kamu pun masih bingung dengan langkah-langkah pembuatannya dan cara memasangnya. Untuk membantu kamu, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Cara Membuat Logo untuk Sorotan Instagram dengan Canva

Penjelasan mengenai tata cara pembuatan cover sorotan kali ini menggunakan aplikasi gratis editing yaitu Canva. Aplikasi ini sudah lama pengguna manfaatkan dalam membantu proses pembuatan logo untuk sorotan IG. 

Selain fitur-fiturnya lengkap, kamu juga dapat memakainya secara mudah. Jadi, kamu tak harus punya skill khusus untuk mencobanya. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu ikuti:

  • Install aplikasi Canva melalui Play Store atau Google Play Store.
  • Tunggu sampai aplikasi terpasang sempurna di ponsel.
  • Bukalah aplikasi Canva.
  • Masukkan data untuk melakukan sign up atau login. Kamu juga bisa menggunakan akun Google atau Facebook agar lebih mudah.
  • Setelah berhasil masuk, cek bagian kolom pencarian dan masukkan kata kunci “Instagram Story Cover Highlight”. Secara otomatis, layar akan menampilkan beberapa template cover highlight.

ss 1

Source: bukugue.com

  • Scroll untuk mencari template yang sesuai dengan keinginanmu. Jika ingin menguji kreativitas, silakan buat sendiri desainnya menggunakan blank template.
  • Klik template tersebut agar kamu bisa memulai untuk melakukan editing.

ss 2

Source: bukugue.com

  • Pada halaman editing, kamu akan menemukan berbagai fitur yang dapat digunakan. Silakan gunakan elemen yang tersedia untuk memaksimalkan tampilan. Selain itu, kamu juga bisa menghapus beberapa elemen pada template bawaan.

ss 3

Source: bukugue.com

  • Untuk menambahkan ikon baru, silakan klik ikon tambah (+). Kemudian pilih “Illustration”. Selain ikon baru, kamu juga bebas menambahkan gambar, video, stiker, ataupun teks.

ss 4ss 5

Source: bukugue.com

  • Selanjutnya, silakan pilih salah satu ikon atau ilustrasi yang paling sesuai dengan kebutuhan. Apabila tidak ada ikon yang pas, cari saja melalui kolom pencarian.

ss 6

Source: bukugue.com

  • Ubah detailnya pada halaman pengeditan awal. Sesuaikan ukuran, kontras, orientasi, dan lain sebagainya.
  • Jika editan sudah selesai, kamu bisa lanjutkan untuk klik ikon panah ke bawah (Download). Secara otomatis, cover atau logo tersebut akan tersimpan ke galeri ponsel.

ss 7

Source: bukugue.com

2. Cara Memasang Logo untuk Sorotan Instagram

Setelah menyelesaikan tahapan pengeditan logo, kamu bisa melanjutkan ke proses berikutnya. Sebelumnya, silakan cek terlebih dahulu unduhan hasil desain yang kamu buat, lalu ikuti cara pasang logo highlight IGnya berikut ini:

  • Masuk ke aplikasi Instagram.
  • Klik ikon (+) yang terletak di bagian bawah bio akun kamu.

ss 8

Source: Nonanomad.com

  • Pilih stories yang ingin kamu masukkan ke bagian “Highlight”.

ss 9

Source: Nonanomad.com

  • Klik “Edit Cover” dan pilih ikon “Pictures” yang terletak di bagian kiri bawah untuk masuk ke galeri ponsel.

ss 10

Source: Nonanomad.com

  • Buat nama highlight sesuai dengan logo yang kamu tambahkan.
  • Klik “Add” untuk menyimpan highlight.

ss 11

Source: Nonanomad.com

  • Cek kembali untuk memastikan hasil editan cover kamu sudah tersimpan.

Cara Memilih Logo untuk Sorotan Instagram agar Terlihat Keren

Hanya mengetahui cara membuat dan memasang logo highlight Instagram, rasanya tidak cukup untuk kamu yang masih awam. Terlebih, banyaknya pilihan cover atau logo yang tersedia di aplikasi Canva pasti memunculkan rasa bimbang untukmu. Maka dari itu, berikut adalah ulasan tentang tips memilih logo yang baik dan estetik.

1. Pilih Desain yang Sesuai dengan Nama Highlight

Pernahkah kamu melihat ada sebuah highlight yang judulnya tidak sesuai dengan isinya? Sekilas memang bukan masalah yang berarti. Namun, kesalahan kecil ini bisa membuat tampilan Instagram kamu jadi kurang bagus. Pasalnya, orang yang melihat akan langsung berpikir kenapa namanya tidak disesuaikan saja dengan kontennya.

Untuk itu, apabila kamu ingin membuat tampilan akun Instagram semakin estetik, maka buatlah desain logo yang sesuai dengan namanya. 

Misalnya saja, kamu membuat judul “Thailand”, maka carilah ikon dari negara tersebut. Bisa bendera, gajah, bangunan-bangunan, dan lain sebagainya.

2. Gunakan Ikon yang Menarik

Saat membuat logo untuk sorotan Instagram, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah penggunaan ikon. Seperti pada pembahasan sebelumnya bahwa aplikasi Canva yang kamu gunakan menyediakan berbagai jenis ikon. Meski begitu upayakan untuk memilih satu saja ikon dengan desain yang menarik.

Ikon ini juga harus memiliki warna yang menyatu dengan backgroundnya. Jika kamu memilih background putih, maka logo atau ikon yang digunakan harus berwarna lebih cerah. Misalnya saja hitam, kuning, biru, merah, ataupun warna lain. Dengan begitu, antara logo dan background akan terlihat pas dan tidak bertentangan.

3. Buat Konsep yang Selaras

Memang tak wajib kamu harus bisa memiliki logo untuk sorotan Instagram yang selaras. Hanya saja, akan dengan adanya keselarasan warna, konsep, dan tema yang kamu gunakan dapat memberikan kesan yang rapi dan cantik. Percayalah orang-orang yang melihat tampilan halaman akun kamu akan langsung terpikat.

Setidaknya kamu bisa menarik perhatian followers untuk mengikuti akun karena tampilan sorotan ini. Tidak perlu desain yang terlalu meriah, buat saja desain yang simpel namun elegan. Padukan juga warna yang tidak terlalu bertentangan. 

Misalnya kuning dan orange atau hitam dengan abu-abu. Kombinasikan warna dengan baik agar tidak terlihat aneh.

4. Pilih Template yang Langsung Bisa Menjelaskan Isi Sorotan

Logo untuk sorotan Instagram atau cover highlight harus bisa menjelaskan isi atau konten secara langsung. Tujuannya adalah mempermudah followers untuk mengetahui konten apa yang kamu pasang di sorotan. Gunakan kata-kata yang pas agar tidak terjadi miss komunikasi dengan followers.

Selain itu, kamu bisa menggunakan template yang konsisten dengan tema sama. Kesan manis akan semakin terlihat saat kamu bisa melakukan editing dengan baik. Oleh sebabnya, saat tahap editing kamu harus mengeluarkan semua ide terbaikmu agar desainnya cantik.

Siap Membuat Logo Sorotan IG yang Menarik?

Selesai sudah penjelasan kali ini tentang cara membuat logo untuk sorotan Instagram, memasang template, dan memilih desain yang menarik.

Setelah ini, apakah kamu siap untuk langsung mempraktikkannya?

Jika iya, mari coba dan semoga berhasil!


Temukan inspirasi lainnya tentang social media influencer, Instagram influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password