Apa itu LinkedIn? Pengertian, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

Linkedin Adalah - Pengertian, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

LinkedIn adalah suatu platform yang sangat familiar di kalangan pelajar atau mahasiswa, pencari kerja, pekerja, pelaku bisnis, dan pemangku kepentingan lainnya. 

Di saat seseorang hendak terjun ke dunia kerja, mereka tentu akan berusaha untuk mencari kesempatan baru demi membangun karir. Tak jarang, mereka akan menggali informasi seputar dunia kerja di suatu platform khusus pencari kerja salah satunya adalah LinkedIn. 

Secara umum, LinkedIn lebih lazim dikenal sebagai platform pencari kerja oleh kebanyakan orang. Padahal, manfaat LinkedIn sejatinya lebih dari sekedar kanal biasa untuk menawarkan dan mencari informasi lowongan kerja. 

Lalu, apa itu LinkedIn dan apa saja manfaatnya? Selengkapnya, silakan kamu simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu LinkedIn?

LinkedIn adalah jaringan profesional terbesar di dunia internet. LinkedIn merupakan platform media sosial yang dapat kita gunakan untuk menjangkau informasi dan target audiens dalam kancah profesional.

Jika mengutip dari laman resmi LinkedIn, jaringan profesional ini merupakan wadah yang dapat digunakan bagi semua orang yang ingin membangun, memajukan, dan mengembangkan karir atau kemampuan kerja secara profesional.

Secara umum, kebanyakan orang menjadikan platform ini sebagai tempat untuk menemukan pekerjaan atau kesempatan magang, membangun dan memperkuat koneksi dengan para profesional di bidang ilmu yang mereka minati, hingga mempelajari banyak wawasan lain untuk mencapai tujuan karir tertentu.

Selain digunakan untuk membangun karir dan terhubung dengan kalangan profesional, platform ini juga kerap orang-orang pergunakan untuk mengembangkan suatu bisnis agar cakupannya menjadi lebih luas. 

Untuk dapat menikmati layanan dari LinkedIn, kamu dapat mengaksesnya melalui berbagai media mulai dari desktop, aplikasi seluler, web seluler, hingga versi aplikasi lite (LinkedIn Lite Android).

Pada dasarnya, LinkedIn adalah salah satu media sosial yang fungsinya tak jauh berbeda dengan platform media sosial lainnya. Namun, kamu tidak bisa mengunggah atau menemukan suatu informasi yang sifatnya tidak profesional. Mengapa demikian? 

Hal ini karena LinkedIn adalah platform yang digunakan khusus untuk berjejaring dan berbagi segala hal hanya dalam lingkup profesional. Ibaratnya, orang yang memposting informasi yang sifatnya ‘tidak serius’ akan dianggap ‘melanggar’ fungsi utama dari platform profesional ini.

Baca Juga:   Konten Strategi LinkedIn: Bagaimana Cara Membuatnya?

Dengan kata lain, kamu tidak akan menemukan orang-orang yang memposting cerita liburan, keluh kesah masalah pribadi, foto outfit-of-the-day, memes, atau sejenisnya selama menjelajah platform LinkedIn. Tujuan dari setiap konten yang ada di platform ini murni untuk menciptakan kemajuan karir maupun bisnis.

Manfaat LinkedIn

Sebelum terjun ke jaringan profesional terbesar ini, kamu perlu membangun profil LinkedIn secara lengkap agar kamu dapat terhubung dengan kalangan profesional lainnya. 

Seorang Personal Career Coach bernama Sarah Rycraft pernah mengungkapkan bahwa LinkedIn dapat memberikan kesan pertama bagi rekruter ketika dirinya tengah mencari kandidat baru untuk perusahaannya.

Para rekruter akan menemukan kesan yang menarik berdasarkan profil, keahlian, rekomendasi, dan koneksi secara profesional.

Oleh karena itu, kamu juga dapat menampilkan berbagai informasi seputar pendidikan, pengalaman kerja, pengalaman volunteer, keterampilan, prestasi, riwayat sertifikasi, hingga memposting cerita-cerita profesional agar dapat dibaca oleh pengguna lainnya.

Selama menjelajah di platform ini, kamu akan mendapatkan banyak jenis manfaat LinkedIn untuk kepentingan pengembangan diri, karir, maupun bisnis. Berikut adalah sederet manfaat yang akan kamu dapatkan dari menggunakan LinkedIn, antara lain:

1. Meningkatkan Peluang Mendapatkan Pekerjaan

Salah satu syarat agar kamu bisa menemukan kesempatan pekerjaan yang sesuai adalah kamu perlu memiliki suatu nilai diri yang layak dan mumpuni. Dengan begitu, pihak rekruter akan berkenan untuk melirik dan menganggap profil dirimu menarik untuk menjadi calon kandidat potensial bagi suatu perusahaan.

Pada dasarnya, profil diri di LinkedIn bertindak sama layaknya sebuah CV yang berisikan informasi seseorang secara profesional. Sama halnya dengan melihat CV, para rekruter dapat menilai kelayakan seseorang untuk menjadi calon kandidat potensial melalui informasi profil LinkedIn.

Oleh karena itu, kamu perlu membangun profil LinkedIn dengan baik agar kamu bisa dilirik dan dinilai layak oleh para rekruter potensial. Profil yang baik akan dapat meningkatkan harga jual kamu sebagai seorang kandidat.

Baca Juga: Algoritma Linkedin – Cara Kerja dan Tips Supaya Mendapatkan Banyak Audiens

2. Menunjukkan Keahlian dan Kredibilitas

Di dalam platform ini, kamu dapat memberikan dan meminta rekomendasi kepada koneksi profesional yang pernah terlibat dalam suatu projek atau organisasi tertentu bersama dengan kamu.

Baca Juga:   Keuntungan dan Cara Daftar LinkedIn Premium yang Perlu Kamu Ketahui

Dari koneksi dan rekomendasi ini, profil LinkedIn kamu akan memiliki nilai tambah tersendiri yang dapat menjelaskan kredibilitas dan keahlian kamu dalam suatu bidang tertentu.

Dengan begitu, para rekruter maupun pengguna lainnya akan memandang sebagai orang yang terampil, kredibel, dan bertalenta.

3. Untuk Mencari Profil Perusahaan 

Apa itu LinkedIn? Platform ini tidak hanya digunakan untuk mencari informasi lowongan pekerjaan ataupun calon kandidat potensial saja. LinkedIn juga bisa menjadi tempat terpercaya yang bisa kamu gunakan untuk mencari informasi perusahaan dengan sebenar-benarnya.

Di samping itu, platform jejaring profesional ini juga menunjukkan siapa saja orang-orang yang sedang bekerja di perusahaan tersebut sehingga kamu dapat menggali seluk beluk perusahaan dari orang tersebut.

Kamu dapat menanyai profil  suatu perusahaan kepada karyawannya secara langsung atau melihat bagaimana orang tersebut mendeskripsikan tempat kerjanya melalui deskripsi kerja atau konten postingannya.

Jika kamu akan melakukan wawancara kerja di perusahaan tersebut, kamu juga bisa meneliti perekrut, pewawancara, karyawan dengan posisi yang kamu lamar, hingga pimpinan perusahaan tersebut. 

4. Dapat Terhubung dengan Orang-Orang Hebat

Manfaat LinkedIn yang berikutnya adalah kamu memiliki kesempatan untuk terhubung dengan orang-orang hebat sesuai bidang ilmu yang kamu tekuni. Bahkan, kamu juga bisa mengikuti entitas organisasi ternama maupun tokoh-tokoh penting dari seluruh dunia setelah menjadi pengguna LinkedIn.

Dengan begitu, kamu memiliki kesempatan untuk menggali sebanyak mungkin wawasan dan update informasi yang akan dibagikan oleh orang atau entitas tersebut.

Jika kamu ingin bekerja di suatu perusahaan impian, kamu dapat mencari dan membangun koneksi dengan karyawan yang sedang bekerja di sana untuk ditanyai sesuatu. 

Setelah berhasil terhubung, kamu dapat menanyakan berbagai pertanyaan profesional seperti ketersediaan kesempatan kerja, cara agar bisa keterima di perusahaan tersebut, atau sekedar saling berbagi wawasan untuk kemajuan karirmu kedepan.

5. Tergabung dalam Komunitas

Manfaat yang berikutnya adalah kamu memiliki kesempatan untuk menjadi anggota dari suatu komunitas. Di dalam komunitas online ini, kamu akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan atas bidang profesional yang sama, karir yang sama, atau bekerja di industri yang sama.

Baca Juga:   Bagaimana Cara Menggunakan LinkedIn Story untuk Bisnis?

Melalui grup komunitas ini, kamu akan mendapatkan wawasan dan kesempatan untuk terlibat dalam diskusi seru yang membahas mengenai topik yang kamu sukai dan kuasai. Dengan begitu, kamu bisa berbagi pengetahuan kepada orang lain dan juga menggali ilmu baru dari anggota lain.

Cara Menggunakan LinkedIn

Setelah kamu mengetahui apa itu LinkedIn beserta manfaatnya, kini saatnya kita melangkah ke pembahasan tentang cara menggunakan platform profesional ini, antara lain:

1. Cara Membuat Akun/ Profil

Sebelum menjelajah platform media sosial ini, langkah pertama adalah membuat akun LinkedIn pribadi dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka halaman pendaftaran LinkedIn
  • Masukkan informasi yang diperlukan seperti nama (depan dan belakang), alamat email, dan kata sandi akun. Usahakan gunakan nama asli yang sebenarnya, bukan nama pena, nama gaul, nama kecil, atau nama samaran lainnya.
  • Setelah itu, masukkan foto profil dan gambar banner yang terlihat profesional
  • Selanjutnya, isi data diri seperti latar belakang pendidikan, pengalaman kerja/ organisasi/ volunteer, hingga keterampilan yang kamu kuasai. Informasi ini bertujuan untuk memudahkan perusahaan atau rekruter dalam menilai kepribadian dan keahlian kamu.
  • Ikuti step-step lanjutan yang diminta
  • Selesai

2. Cara Terhubung dengan Pengguna LinkedIn

Pada dasarnya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk terhubung dengan pengguna lainnya, yakni melalui:

  • Profil anggota, klik tombol “Connect” atau “Sambungkan” di halaman profilnya
  • Hasil pencarian, klik tombol “Sambungkan” yang terletak di sebelah kanan informasi profil anggota
  • Orang yang mungkin Anda kenal, dengan cara klik tombol “Sambungkan” pada bagian bawah nama profil
  • Impor kontak menggunakan alamat email
  • Menerima undangan yang masuk

3. Cara Memposting Konten

Setelah memiliki akun dan koneksi, kamu bisa memulai membagikan konten kepada pengguna LinkedIn yang lain dengan cara:

  • Klik tombol “Mulai Posting” untuk membagikan postingan
  • Klik ikon “Kamera” untuk membagikan konten foto
  • Ketuk ikon “Video” untuk membagikan konten video
  • Ketuk ikon “Dokumen” untuk memposting file dokumen
  • Klik tombol “Tulis Artikel” untuk menerbitkan artikel buatanmu

Berikut adalah penjelasan seputar apa itu LinkedIn dan manfaatnya? Dari penjelasan di atas, apakah kamu sudah siap membangun jejaring profesional di LinkedIn?

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, social media influencer, berita influencer, dan lainnya hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password