Langkah-langkah Membuat Artikel, Blogmu Semakin Profesional!

langkah-langkah membuat artikel blog

Sebagai pemula, pasti pernah terpikir bagaimana langkah-langkah membuat artikel blog yang tepat.

Kamu bisa menulis berbagai artikel dalam blog, mulai dari cerita sehari-hari, pengalaman, tips dan trik, personal branding, serta pemasaran bisnis.

Yuk, ketahui langkah-langkah membuat artikel dalam blog yang bisa kamu ikuti di sini!

Bagaimana Langkah-langkah Membuat Artikel Blog yang Tepat?

Jika kamu ingin membuat konten di blogmu semakin profesional, berikut ini adalah langkah-langkah membuat artikel blog yang harus kamu perhatikan.

1. Tentukan Konsep Blog

Langkah-langkah membuat artikel di blog yang pertama harus kamu lakukan adalah menentukan konsep blog yang akan kamu bangun terlebih dahulu. Ada berbagai macam konsep blog yang bisa kamu gunakan, seperti konsep review, cerita perjalanan, dan isu sosial.

Konsep review blog juga bisa bermacam-macam. Kamu dapat menulis review tentang buku, film, drama, gadget, game, makeup, fashion, dan masih banyak lagi. Kemudian, ada juga konsep blog cerita perjalanan yang berisi tentang pengalaman kamu selama melakukan kunjungan atau perjalanan ke suatu tempat. 

Kamu bisa menuliskan transportasi yang kamu gunakan, biaya yang kamu habiskan, dimana tempat kamu menginap, dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan selama perjalanan. Ada juga konsep blog isu sosial yang isinya membahas tentang fenomena dan isu-isu sosial yang sedang hangat dan banyak dibicarakan.

Selain itu, kamu juga bisa menulis hasil karya tulis pribadimu, seperti puisi, sajak, pantun, lagu, dan lain-lain di dalam blog. Dengan menentukan konsep dan scope yang jelas untuk blog, maka konten blog kamu akan lebih terarah dan mudah untuk dikelola.

2. Buat Rencana Penulisan Artikel

Setelah menentukan konsep blog yang akan kamu bangun, langkah selanjutnya adalah membuat rencana penulisan artikel. Buat rencana konten apa yang akan kamu posting di blog dan kapan waktu kamu akan mempostingnya.

Sebagai contoh, kamu berencana untuk memposting artikel di blog 3 kali dalam seminggu, yaitu pada hari Senin, Rabu, dan Jumat. Dalam waktu tersebut, kamu harus merencanakan konten apa saja yang akan kamu posting pada hari Senin, Rabu, dan Jumat.

Jangan sampai artikel yang akan kamu tulis, sudah pernah kamu posting sebelumnya. Hal itu akan menimbulkan double content, sehingga membuat blogmu jadi kurang menarik dan konsisten.

3. Jaga Konsistensi Penulisan dan Waktu Posting

Setelah kamu membuat rencana posting blog, maka langkah selanjutnya adalah jaga konsistensi penulisan dan waktu posting artikel di blog. Kamu bisa mengatur konsistensi kamu menggunakan jadwal yang berisi tanggal posting dan jenis artikel yang akan kamu posting.

Jadwal tersebut harus kamu jalankan dengan konsisten, agar pembaca blog kamu dapat mengingat kapan waktu kamu memposting artikel di blog. Selanjutnya, jika pembaca kamu sudah menjadi pembaca setia, maka para pembaca tersebut akan selalu menantikan artikel yang akan kamu posting di blog.

4. Perhatikan Gaya Penulisan

Langkah-langkah membuat artikel dalam blog selanjutnya adalah memperhatikan gaya penulisan artikel. Gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan konsep blog yang kamu bangun. 

Jika konsep blog kamu adalah review, maka buat gaya bahasa yang santai dan informatif. Namun, jika konsep blog kamu adalah pembahasan isu sosial, maka gunakan gaya bahasa naratif yang informatif dan semi baku.

Perhatikan juga aspek EYD atau ejaan yang kamu gunakan! Hindari typo pada artikel! Selalu cek artikel yang kamu buat, sebelum kamu mempostingnya ke dalam blog. Penulisan yang tepat dan sesuai dengan konsep blog, akan membuat pembaca betah untuk membaca tulisanmu.

5. Perhatikan Format Artikel

Dalam menulis artikel di blog, kamu juga harus memperhatikan format atau hirarki penulisan. Jangan asal menulis artikel tanpa mengetahui format penulisan artikel yang benar! 

Secara umum, format penulisan terdiri dari 3 bagian utama, yaitu pembuka, isi konten, dan penutup. Namun, perlu kamu ingat, jika artikel blog adalah suatu platform tulisan yang tidak memiliki tingkat konsentrasi sepanjang buku, novel, atau media cetak lainnya.

Usahakan kamu bisa menarik perhatian pembaca pada paragraf awal artikel kamu. Gunakan kata-kata yang persuasif, quote, pertanyaan, fakta, atau data yang dapat menarik perhatian pembaca dengan cepat.

6. Hindari Plagiarisme

Plagiarisme adalah salah satu aspek penulisan artikel yang harus kamu hindari. Karena plagiarisme adalah suatu tindakan mengambil atau meniru artikel milik orang lain dan menjadikannya sebagai artikel milik sendiri.

Tindakan plagiarisme merupakan tindakan yang tidak terpuji. Kamu boleh meniru artikel milik orang lain, tapi usahakan kamu merubah tata bahasa atau melakukan parafrase pada artikel yang kamu tiru.

Untuk mengecek tingkat plagiarisme dari artikel kamu, kamu bisa menggunakan berbagai tools plagiarisme online, seperti Duplichecker, Plagiarism detector, Small SEO tools, dan masih banyak lagi.

7. Tambahkan Gambar yang Menarik

Langkah membuat artikel dalam blog selanjutnya adalah kamu bisa menambahkan gambar atau konten visual yang menarik. Aspek visual merupakan salah satu aspek yang dapat menarik perhatian pembaca dengan cepat.

Kamu bisa menambahkan konten berupa gambar atau video yang berhubungan dengan topik pembahasan dalam artikel kamu. Kamu bisa mengambil contoh gambar atau video dari berbagai sumber, seperti Unsplash, Freepik, Pixabay, YouTube, Instagram, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa mencantumkan gambar atau video hasil jepretan kamu sendiri. Namun, jangan lupa untuk menambahkan sumber gambar atau video jika kamu mengambilnya dari luar blogmu!

8. Atur Tampilan Layout Blog

Jika kamu memiliki anggaran dana yang lebih dan ingin mengembangkan blogmu lebih bagus lagi, kamu bisa mempertimbangkan untuk investasi pada desain atau tampilan blog. Apalagi jika blog kamu berbasis WordPress.

Saat ini kamu bisa menemui berbagai macam situs penyedia jasa kustomisasi desain tampilan blog berbasis WordPress. Namun, jika kamu memiliki budget yang pas-pasan, kamu bisa menggunakan Blogger untuk mengatur tampilan layout blog kamu. Blogger memiliki desain layout yang lebih mudah untuk diatur dan juga gratis.

9. Lakukan Riset atau Blogwalking Secara Rutin

Agar kamu bisa menulis artikel di blog secara konsisten dan lebih baik lagi, kamu bisa melakukan riset atau blogwalking. Riset atau blogwalking bisa kamu lakukan dengan cara melakukan kunjungan ke blog lain.

Dengan melakukan riset dan kunjungan ke blog lain, maka kamu akan mendapatkan inspirasi dan tambahan wawasan tentang topik yang sedang banyak dibicarakan saat ini.

Dalam melakukan kunjungan atau blogwalking, kamu juga bisa memberikan komentar atau feedback di blog yang kamu kunjungi tersebut. Memberikan komentar atau feedback juga akan memancing pemilik blog tersebut untuk mengunjungi blog kamu dan melakukan hal yang sama.

10. Buat Konten Bersama dengan Guest Blogger

Langkah-langkah membuat artikel di blog selanjutnya adalah membuat konten bersama dengan guest blogger. Guest blogger adalah pemilik dari blog lain yang kamu minta untuk menuliskan sesuatu dalam artikel blog kamu.

Kamu bisa membuat konten bersama guest blogger jika kamu sudah mengenal blogger tersebut sebelumnya. Oleh karena itu, penting sekali untuk membangun relasi dan komunikasi dengan blogger lain melalui proses blogwalking.

11. Ikut Event Blog Lain

Para blogger biasanya juga memiliki komunitas tertentu yang digunakan sebagai ajang untuk berbagi informasi dan berkomunikasi antar penulis blog atau blogger. Dalam komunitas tersebut, biasanya juga ada postingan rutin. seperti Wishlist Wednesday dan Top Ten Tuesday.

Event atau acara-acara tersebut biasanya terbuka untuk semua kalangan blogger. Kamu juga bisa ikut berpartisipasi dalam acara tersebut dan mencantumkan link blog atau artikel postinganmu di blog host. Link yang kamu cantumkan tersebut berpotensi untuk dilihat oleh puluhan bahkan ribuan blogger lain.

Dengan mengikuti event atau acara di blog lain tersebut, maka akan meningkatkan persentase potensi kunjungan ke blog kamu.

12. Promosi Melalui Media Sosial

Langkah-langkah membuat artikel di blog yang terakhir, yaitu melakukan promosi melalui media sosial. Kamu bisa memberitahukan kepada para pengikut atau followers kamu jika kamu baru saja menulis artikel baru di blogmu.

Gunakan beberapa media sosial yang populer, seperti Instagram, Facebook, atau Twitter untuk memberitahukan kepada para pengikut atau follower kamu! Jangan lupa cantumkan link artikel tersebut! Agar pengikut kamu mudah untuk mengakses artikel yang kamu tulis.

Yuk, Coba Langkah-langkah Membuat Artikel Blog di Atas!

Itu dia langkah membuat artikel di blog di atas yang bisa kamu gunakan untuk mulai menulis artikel pertama kamu.

Jangan lupa untuk selalu menulis artikel hasil karya kamu sendiri dan hindari plagiarisme!

Tulis artikel secara konsisten agar blogmu selalu aktif dan rutin mendapatkan kunjungan.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar blogger influencer, social media influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password