Konten TikTok Viral dan Cara Mengoptimalkannya untuk Bisnismu

konten tiktok viral

Sarana media sosial memang banyak terpakai untuk strategi marketing.

Salah satunya, Tiktok dengan banyak trend baru yang dihasilkan pada media sosial ini yang tentunya dapat kamu gunakan untuk kesempatan mengembangkan bisnismu.

Yuk, cari tahu cara memanfaatkan konten Tiktok viral sebagai strategi marketing kamu!

Di Indonesia sendiri, pengguna Tiktok mulai bertambah sejak 2018 karena salah satu konten Tiktok viral dari akun pengguna bernama Bowo dan Nurrani.

Saat ini, pengguna aktif Tiktok di Indonesia sudah mencapai angka 99,1 juta orang dan diperkirakan akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Karena Tiktok memiliki banyak pengguna aktif setiap harinya, maka tidak sedikit orang yang menjadikan Tiktok sebagai sarana branding bisnis yang tepat.

Fitur-Fitur Unggulan yang Dimiliki Oleh Tiktok

Tiktok sendiri memiliki beragam fitur unggul yang berguna untuk branding bisnis atau dirimu. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

1. Editing Video Sederhana

Pada awalnya, Tiktok bertujuan untuk mempermudah orang untuk mengedit atau membuat video sederhana. Karena itu, banyak fitur editing seperti pemangkasan video, penambahan text, maupun penambahan efek seperti slow motion dan zoom in and out yang dapat kamu gunakan.

2. Penambahan Music

Selain membuat sebuah video pendek, Tiktok juga memiliki fitur penambahan music ke dalam video milikmu. Ada beragam jenis music yang trending setiap harinya yang dapat kamu masukkan secara cepat sebagai background video.

Selain itu, musik yang tersedia di Tiktok sudah memiliki izin dari pemilik lagu. Sehingga kamu tidak perlu khawatir akan terkena copyright, asalkan video tersebut masih ada dalam aplikasi Tiktok.

3. Efek

Fitur unggulan lainnya yang seringkali ada pada konten Tiktok viral adalah efek-efek yang dibuat serealistis mungkin. Ada 5 kategori efek yang bisa kamu coba antara lain:

  • Efek visual
  • Stiker
  • Efek Transition pada Video
  • Efek Split Video
  • Waktu

4. Auto Caption

Tiktok juga menyediakan fitur auto caption dimana aplikasi ini akan secara otomatis membuat subtitles untuk video kamu. Cara ini cenderung lebih mudah, karena kamu tidak perlu secara manual membuat dan menambah subtitle text.

Baca juga: Cara Melihat Analisis TikTok, Lengkap untuk Pemula!

Manfaat Tiktok untuk Bisnis

Nah, dari segala fitur-fitur unggul yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Berikut ini kamu dapat melihat apa saja manfaat Tiktok untuk perkembangan bisnis kamu:

1. Engagement Tiktok Cukup Besar

Strategi digital marketing yang berhasil ditandai oleh engagement yang bertambah terhadap akun media sosial milik suatu bisnis. Nah, jika kamu berfokus kepada engagement, Tiktok adalah pilihan yang tepat untukmu.

Menurut Ignite Visibility, pengguna aktif Tiktok rata-rata menghabiskan waktu 52 menit per hari untuk mengakses aplikasi ini. Artinya, dengan waktu sebesar itu, maka kesempatan iklan kamu terekspos oleh banyak orang cukup tinggi.

2. Konten Iklan Cepat Viral

Keuntungan lain untuk berpromosi di Tiktok adalah cepat viral. Hingga sekarang sudah banyak konten Tiktok viral yang di share ke media sosial lain. Sehingga, kamu hanya perlu mencari tahu cara mengembangkan bisnis dengan konten viral tersebut.

3. Fitur Iklan yang Banyak

Tiktok memiliki fitur iklan yang cukup banyak untuk kamu. Beberapa diantaranya adalah:

  • Top View Ads

Top View ini adalah iklan yang akan muncul pertama kali selama 5 detik saat pengguna membuka aplikasi. Kamu dapat menampilkan video pendek dengan durasi 60 detik dengan fitur daftar putar otomatis.

  • In Feeds Ads

Iklan jenis ini akan muncul pada halaman for you page atau rekomendasi pada setiap akun pengguna yang memiliki minat yang sama denganmu. Dengan durasi video 9 sampai 15 detik, kamu dapat menambahkan CTA yang kamu inginkan.

  • Brand Takeover Ads

Hampir sama dengan Top View Ads, ini adalah iklan yang ditampilkan pada awal membuka aplikasi. Namun, iklan ini tidak bisa pengguna skip dan harus ditonton sampai selesai.

  • Brand Hashtag Challenge

Sesuai namanya, fitur iklan ini memungkinkan pengguna Tiktok lain untuk berpartisipasi membuat konten seputar bisnis kamu sehingga memaksimalkan branding. Harga memakai fitur iklan di Tiktok ini adalah sekitar Rp3.000,00 per CTA dan minimal anggaran per campaign adalah sekitar Rp5.000.000,00.

Tips Mengoptimalkan Konten Tiktok Viral

Nah, cara memanfaatkan konten viral yang ada di Tiktok untuk dapat mengembangkan bisnis kamu dapat kamu lakukan dengan berbagai tips berikut ini:

1. Buat Konten yang Serupa dengan Jenis Konten Viral

Di Tiktok sendiri, banyak konten challenge yang dapat kamu ikuti. Melalui konten tersebut, biasanya konten akan memiliki kesempatan besar untuk mendapat engagement dari banyak orang. Contoh konten Tiktok viral 2022 yang dapat kamu lakukan antara lain:

  • Proses Packaging

Banyak brand bisnis yang membuat video tentang proses packaging mereka. Selain banyak orang yang menyukai video satisfying ini, kamu juga dapat menjadikan konten ini untuk memberitahu seberapa aman proses packaging barang yang kamu jual.

Pastikan kamu menggunakan bubble wrap dan mengutamakan kebersihan dengan memakai sarung tangan atau hand sanitizer terlebih dahulu. Sehingga menambah nilai plus di mata audiens.

  • Day In The Life

Konten “Day In the Life” ini akan menceritakan kehidupan bisnis kamu setiap harinya. Kamu dapat memberikan gambaran kamu sebagai karyawan atau pemilik dari membuka toko sampai menutup toko. Selain itu, kamu juga dapat membuat konten berbenah toko maupun produk dan sebagainya.

Konten ini akan memberikan experience ke penonton tentang bagaimana suasana bisnis kamu sehari-hari. Serta dapat menumbuhkan rasa familiar kepada audiens.

  • Produk

Konten produk memang terkesan biasa saja, namun kamu dapat mengemas konten produk ini dengan comedy yang menghibur banyak orang. Contohnya video parody behind the scene Hand and Shoulders dengan Joe Taslim.

2. Memanfaatkan Kreator Viral

Selain membuat kontenmu sendiri, kamu juga dapat memanfaatkan kreator viral untuk mempromosikan produk milikmu. Beberapa selebgram Tiktok yang terkenal akan konten iklannya yang dikemas secara menarik adalah Jonathan Abe dan Dilan Janiyar.

3. Pakai Music dan Hashtag yang Sedang Viral

Pemilihan musik dan hashtag juga salah satu hal yang cukup krusial dalam mengoptimalkan agar konten bisnismu masuk ke jajaran viral content. Contoh hashtag konten Tiktok viral 2022 saat ini adalah:

  • #DidYouYawn
  • #FlexEveryAngle
  • #fyp
  •  #fypシ 

Selain hashtag, contoh musik yang sedang populer belakangan ini adalah:

  • Meghan Trainor, Made You Look
  • The King’s Singer, Hush Little Baby, Don’t Say a Word

Sudah Tahu Tips Memanfaatkan Konten Tiktok Viral?

Itulah beberapa penjelasan tentang tips pengoptimalan konten tiktok viral yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan akun bisnis.

Ingatlah untuk selalu aktif dan konsisten dalam membuat konten agar kesempatan viral semakin besar.

Semoga membantu!

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password