Ketahui Ide Konten Instagram Reels Menarik Agar Dilirik Audiensmu!

konten instagram reels

Di era digital sosial media saat ini, konten Instagram reels menjadi salah satu media konten menarik untuk meningkatkan brand awareness dan audiens. Sejak awal peluncurannya di Indonesia, Konten-konten Instagram reels semakin populer dan digemari oleh para pengguna sosial media yang satu ini. 

Dalam proses pengerjaan konten, Instagram mempunyai beberapa fitur unggulan seperti  filter video, audio, dan tulisan. Tentunya penggunaan dari fitur tersebut sangat mudah. 

Hal ini juga membuat semakin banyak user yang bereksperimen dengan ide konten Instagram reels yang sangat out of the box dan kerap memunculkan tren-tren terbaru.

Ide Konten Instagram Reels Menarik, Wajib Kamu Coba!

Karena semakin banyaknya pengguna Instagram, pastinya setiap hari selalu ada ide-ide konten menarik baru untuk meningkatkan brand dan audiens kamu. Bahkan, kamu pasti sering melihat konten yang terkonsep rapi dan dieksekusi dengan sangat unik. 

Langsung saja ya, berikut adalah beberapa ide konten Instagram reels yang bisa kamu coba. Yuk langsung kamu simak!

1. Mengikuti Tren Terbaru

Pertama, yang bisa kamu lakukan untuk konten Instagram reels adalah mengikuti tren terbaru yang sedang viral. Setiap hari di Instagram pasti bakal bermunculan konten-konten viral yang tampil di beranda pencarian, maupun reels kamu. Kamu bisa meniru konsep tren tersebut dan menerapkannya dalam video reels kamu. 

Sebagai langkah awal, kamu bisa scroll halaman pencarian dan melakukan riset observasi terhadap apa yang menjadi tren dari reels saat ini. Kamu juga bisa membuat sebuah tren sendiri, lho. Misalnya membuat dance tertentu, challenge, atau hashtag yang unik. 

Perlu kamu ingat, Instagram adalah media untuk mencoba hal-hal yang baru. Jadi kamu jangan takut untuk menjadi yang unik dan berbeda. Selagi itu positif dan tidak merugikan orang lain, lakukan saja dengan penuh rasa percaya diri. 

2. Video Tutorial

Video tutorial merupakan ide konten Instagram reels yang berisi cara atau step by step dari pemakaian sebuah produk, melakukan suatu aktivitas, atau kegiatan tertentu dan bersifat mengajarkan audiens. Banyak ide-ide menarik dari video tutorial yang bisa memudahkan kamu untuk membuat konsep konten Instagram reels.

Baca Juga:   Manfaat Menjadi Influencer Yang Perlu Kamu Ketahui

Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam proses pembuatan ide konten Instagram reels ini. Kamu harus memperhatikan durasi video dan mempersingkat secara rinci informasi dari video yang kamu buat. Hal ini karena durasi waktu dari konten Instagram reels hanya sekitar 30-60 detik saja. 

Jadi, kamu perlu merangkum konten Instagram reels dengan durasi yang singkat. Namun, konten kamu juga harus berisi poin penting dan informasi yang detail tentang penjelasan dari video tutorial yang kamu buat. 

3. Konten Tips dan Trik

Singkatnya, ide konten yang satu ini hampir serupa dengan video tutorial. Namun, tips dan trik lebih berisi informasi untuk memecahkan suatu permasalahan tertentu dari para audiens. 

Kamu perlu melakukan observasi mengenai topik apa yang menjadi keresahan dari para target audiens kamu. Durasi adalah hal yang menjadi kendala dari konten Instagram reels ini. Dengan durasi 30-60 detik, kamu harus bisa memberi video pemecahan masalah dengan singkat dan jelas. 

4. Gunakan Kalimat yang Menarik

Maksud dari ide konten Instagram reels ini adalah kamu bisa menggunakan kalimat-kalimat yang berisi motivasi, atau istilah-istilah yang sedang tren. Ide konten ini terbilang sangat simpel dan mudah untuk kamu buat. 

Kamu bisa memulainya dengan memanfaatkan background video template sebagai latar belakang video dan diberi kalimat yang menarik sebagai isi konten. Untuk contoh video latar belakang, ada beberapa situs web yang menyediakan template menarik untuk pembuatan konten Instagram reels

5. Memiliki Unsur Komedi

Unsur komedi menjadi salah satu jenis konten Instagram yang disukai oleh pengguna Instagram. Komedi ringan dan absurd cenderung disukai oleh para audiens karena sifatnya menghibur. 

Menurut sebuah riset, sekitar 68% pengguna Instagram menyukai konten Instagram reels yang memiliki unsur komedi di dalamnya. 

Cara pembuatannya mungkin sedikit rumit. Namun, bila kamu sudah menemukan konsep video komedi yang pas sesuai dengan selera masyarakat, tentunya akun Instagram kamu akan banjir pengunjung. 

Kamu bisa melakukan observasi terkait video komedi sebagai langkah awal pembuatan konsepnya. Setelah itu, kamu perlu menulis script dengan menyesuaikan ide dan durasi konten kamu. 

6. Fashion

Penggemar tren gaya busana atau fashion enthusiast biasanya menjadikan konten Instagram reels sebagai media untuk memberikan ide-ide fashion mereka yang menarik. 

Baca Juga:   Apa itu CPA Marketing? Pengertian, Kelebihan, dan Tips Menjalaninya

Mulai dari video konten fashion OOTD atau busana sehari-hari, mix and match, sampai konten before and after menjadi ide konten Instagram reels yang mereka sajikan. Konten jenis ini banyak disukai karena menjadi referensi para pengguna Instagram dalam pemilihan style dan gaya busana yang trendi. 

Kamu bisa mencoba membuat konten ini dengan menggunakan ide fashion kamu sendiri, dan menjadikan kamu sebagai model video. Biasanya, para fashion enthusiast melakukan riset terkait gaya busana yang kekinian, casual, hingga style fashion klasik era 80-an sebagai bahan konten. 

7. Video Cover

Kalau untuk konten Instagram yang satu ini, kamu wajib mempunyai bakat dan passion di bidang musik. Jika kamu mempunyai kualifikasi tersebut, kamu bisa mencoba membuat cover lagu ataupun instrumen musik. 

Selain kamu wajib punya bakat musik, kamu juga harus punya gaya musik yang berbeda dan out of the box. Sebagai contoh, kamu bisa meng-cover lagu internasional menjadi sebuah lagu dangdut, atau sebaliknya. 

Pada intinya, kamu harus bisa tampil berbeda dan jangan hanya bermodalkan cover dan skill musik kamu saja. Kamu juga harus bisa menarik dan memiliki sebuah nilai jual khusus dari setiap konten kamu. 

Bukan cuma itu, musik cover juga bisa menjadi sarana kamu untuk berekspresi menyalurkan bakat musik kamu, lho. Tentunya itu bakal menjadi kepuasan tersendiri bagi pecinta musik. 

8. Review

Review adalah penyampaian pendapat jujur tentang suatu hal yang lazim juga bisa menjadi ide konten Instagram reels, lho. Kamu bisa memilih topik review seperti produk, buku, film, musik, tempat wisata, dan masih banyak lagi. 

Sebagai contoh, kamu bisa membuat review singkat tentang tempat wisata yang sedang hits di kalangan anak muda. Kamu harus menjelaskan review tersebut secara detail dan jujur tentang apa saja yang ditawarkan dari tempat wisata tersebut. 

Kamu juga bisa melakukan kombinasi dengan gaya bahasa, gestur, dan ekspresi tertentu sebagai nilai jual yang kamu tawarkan dari konten Instagram reels kamu. 

9. Postingan Kegiatan Sehari-hari

Konten User-generated (UGC) merupakan cara yang cukup ampuh untuk melibatkan audiens kamu. Jika kamu sedang tidak ada ide konten Instagram reels, kamu bisa mencoba konten user-generated dengan melibatkan kegiatan keseharian kamu. 

Kamu bisa membuat video yang menyoroti kegiatan komunitas, pekerjaan, ataupun aktivitas kamu. Misalnya, kamu bisa membuat video reels bersama dengan beberapa rekan kamu dan melakukan tag terhadap suatu gambar atau objek. 

Baca Juga:   Keuntungan dan Cara Daftar LinkedIn Premium yang Perlu Kamu Ketahui

Atau, kamu juga bisa benar-benar memakai video reels yang telah di-tag oleh komunitas kamu. 

Cara lain untuk membuat jenis konten ini, kamu juga bisa membuat gabungan dari review pelanggan atau karyawan yang mengandung unsur positif. Jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu sebelum share konten tersebut. 

Pilih ide yang menarik dan lakukan sorotan bersama rekan kerja. Misalnya, tanyakan kepada rekan kamu, apa latar belakang pendidikan mereka, atau bagaimana tanggapan mereka selama bekerja dalam perusahaan tertentu. 

Followers kamu mungkin akan menikmati konten reels yang seperti ini. Selain itu, kamu bisa membuatnya menjadi beberapa part atau series agar konten kamu selalu ditunggu oleh audiens. 

Sudah Siap Mengeksekusi Ide Konten Instagram Reels?

Sekian ulasan singkat tentang ide konten reels yang bisa jadikan akun kamu jadi lebih ramai. Seiring berjalannya waktu, nantinya pasti bakal muncul tren-tren baru dari para kreator berbakat yang akan membuat konten-konten unik dan menarik. 

Poin terpentingnya adalah, tetaplah menjadi diri sendiri, jangan takut menjadi berbeda, dan ciptakanlah ide konten Instagram reels dengan kreativitas kamu sendiri agar lebih original. Selama kamu konsisten menciptakan konten berkualitas dan bernilai, maka audiens tak akan ragu untuk mengikuti akun Instagram-mu.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya tentang Instagram influencer, social media influencer, marketing influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password