Ide Konten Instagram Bisnis untuk Pemula, Wajib Dicoba!

konten instagram bisnis

Salah satu strategi digital marketing yang paling ampuh untuk dikembangan adalah dengan membuat konten Instagram bisnis.

Tercatat bahwa hampir 80% penduduk Indonesia adalah pengguna sosial media Instagram aktif, sehingga memasarkan produk melalui sosial media Instagram adalah langkah yang sangat tepat. Untuk memasarkan produk melalui sosial media, kamu membutuhkan adanya ide konten Instagram bisnis yang menarik.

Contoh Konten Instagram Bisnis yang Menarik Audiens

Membuat sebuah konten menarik yang dapat mengundang atensi publik adalah suatu hal yang menantang bagi pelaku bisnis. Untuk itu, kamu membutuhkan trend yang up to date dan kreasi konten menarik agar menghasilkan engagement yang tinggi. 

Berikut ini adalah beberapa ide konten Instagram untuk keperluan pemasaran yang dapat kamu kembangkan:

1. Foto dan Video Produk

Salah satu jenis konten Instagram yang paling banyak digunakan adalah foto dan video. Para pebisnis biasanya mengunggah foto atau video produk bisnis yang akan mereka jual. 

Meskipun bukan termasuk gebrakan konten Instagram bisnis yang baru dan inovatif, namun foto dan video ini justru merupakan konten yang paling banyak audiens cari.

Hal ini karena, sebelum membeli suatu produk, pelanggan akan cenderung mencari tahu detail dari produk tersebut melalui foto dan video secara visual. Untuk itu, kamu perlu membuat konten yang apik dan menarik untuk foto serta video produk bisnis milikmu. Berikut adalah tips membuat foto dan video produk yang menarik:

  • Gunakan kamera profesional seperti DSLR atau mirrorless camera.
  • Gunakan atribut pendukung dan latar yang bagus. Misalnya, untuk produk makanan ringan, kamu dapat menambahkan bumbu utuh seperti cabai dan garam sebagai atribut foto.
  • Gunakan properti pendukung fotografi seperti lighting, reflector, tripod, dan sebagainya.
  • Edit hasilnya menggunakan aplikasi editing seperti Photoshop dan Adobe Illustrator untuk hasil yang lebih menarik.

2. User Generated Content

Jenis user generated content merupakan salah satu ide konten Instagram bisnis yang juga banyak menarik atensi audiens. User generated content seringkali dikenal dengan istilah testimoni. Testimoni merupakan ulasan atau review tentang suatu produk bisnis oleh konsumen atau pelanggan yang telah membeli dan menggunakannya.

Namun, untuk membuat konten testimonial terkadang memerlukan trik tersendiri. Hal ini karena tidak semua pelanggan mau dan bersedia memberikan testimoni produk. Berikut adalah beberapa trik yang dapat kamu lakukan agar konten testimonimu dapat berjalan dengan baik:

  • Menerapkan sistem diskon bagi pengguna yang memberikan testimoni. Kamu dapat memberikan diskon untuk pembelian selanjutnya bagi pelanggan tersebut.
  • Menggunakan jasa endorse influencer dan menggunakan konten endorsement tersebut sebagai konten testimoni.
  • Meningkatkan brand awareness dan kualitas produk sehingga pelanggan akan memberikan testimoni secara sukarela.

3. Behind the Scene

Belakangan ini, konten Instagram bisnis berkonsep behind the scene menjadi sangat populer dan mampu mendapatkan banyak penonton. Konten yang baru dan segar ini menjadi sorotan publik karena audiens memiliki rasa penasaran terkait apa yang terjadi dibalik suksesnya sebuah bisnis.

Konten behind the scene yang perlu kamu buat dapat berupa keseharian yang kamu lakukan bersama tim dalam mengelola bisnis. Selain itu, kamu juga bisa menayangkan video dibalik layar pemotretan dan pengambilan video produk, hingga tingkah tingkah lucu karyawan dan tim selama menjalankan bisnis.

Meskipun tidak secara langsung menyoroti produk yang kamu jual, konten behind the scene terbukti mampu meningkatkan brand awareness di berbagai produk mulai dari skala UMKM hingga skala industri. 

4. Mini Games

Mini games atau permainan sederhana menjadi referensi ide konten Instagram untuk bisnis selanjutnya. 

Sudah sewajarnya kalau audiens akan merasa bosan apabila kamu hanya mengeluarkan konten promosi dan gambaran produk saja. Ada saatnya, kamu perlu menggunakan sosial media bisnismu dengan gebrakan konten lain, yaitu permainan.

Melalui permainan, selain kamu dapat menarik atensi audiens, kamu juga dapat sekaligus mempromosikan produk yang kamu jual secara tidak langsung. Berikut adalah beberapa rekomendasi permainan yang dapat kamu jadikan konten menarik:

  • Mencari kata. Kamu dapat meletakkan beberapa huruf acak dan menyelipkan suatu istilah yang berkaitan dengan bisnismu di antara deretan kata yang ada. Lalu, buatlah permainan untuk mencari istilah tersembunyi tersebut.
  • Mencari perbedaan. Kamu dapat menempatkan dua gambar produkmu dengan salah satu gambar yang telah di-edit untuk memunculkan perbedaan. Kamu dapat menginstruksikan audiens untuk menebak ada berapa item berbeda dari gambar tersebut.

5. Giveaway

Konten giveaway merupakan salah satu konten Instagram bisnis yang paling banyak menarik atensi publik daripada jenis konten lainnya. Inti dari konten giveaway adalah kamu memberikan hadiah berupa produk atau hadiah lainnya secara gratis kepada orang yang beruntung dan memenuhi syarat.

Konten giveaway ini terbukti mampu meningkatkan brand awareness serta menambah jumlah followers secara signifikan. Untuk membuat konten giveaway, kamu perlu membuat beberapa persyaratan untuk menguntungkan bisnis yang kamu jalankan. Berikut adalah beberapa rekomendasi persyaratannya:

  • Wajib follow akun bisnis yang berkaitan.
  • Wajib memberikan komentar pada unggahan konten yang ditentukan. 
  • Mention pada kolom komentar ke 3 orang teman dengan akun real bukan akun yang tidak aktif.
  • Melakukan repost dan share postingan giveaway ke story atau feed Instagram pengguna.
  • Melakukan spam likes pada akun bisnis terkait.

Kamu juga dapat memodifikasinya sesuai dengan persyaratan lain yang kamu inginkan. Pastikan persyaratan tersebut tidak merugikan bisnis mu, ya!

6. Tutorial Content

Ide konten Instagram bisnis selanjutnya adalah konten tutorial. Pada kebanyakan bisnis, produk yang dijual adalah jenis produk yang perlu diaplikasikan secara tepat atau perlu diolah kembali sebelum bisa benar-benar digunakan. 

Misalnya saja, produk makanan instan yang perlu dimasak sebelum dikonsumsi, atau produk skincare yang harus digunakan secara tepat.

Di sinilah konten tutorial tersebut berperan untuk memberi edukasi pada pelanggan dan calon pelanggan. Sebaiknya, kamu membuat konten tutorial berupa video dengan voice over agar audiens dapat memahami tutorial dengan lebih mudah.

7. Konten Informasi

Jenis konten terakhir yang dapat kamu jadikan sebagai ide konten bisnis Instagram adalah konten informasi. 

Konten informasi di sini dapat berupa fakta menarik mengenai produk yang kamu jual. Atau, kamu juga bisa menyajikan fakta perbandingan produk yang kamu jual dengan produk konvensional lainnya, namun bukan milik kompetitor.

Misalnya saja, kamu menjual beras shirataki untuk diet penurunan berat badan. Maka kamu dapat membuat konten mengenai berapa kalori satu porsi beras shirataki dan perbandingannya dengan beras pada umumnya.

Yuk Buat Konten Instagram untuk Bisnis dengan Menarik!

Sekian penjelasan mengenai beberapa ide konten Instagram untuk bisnis yang sedang kamu kembangkan.

Selain membaca ulasan di atas, kamu juga perlu terus mengupdate konten sesuai dengan tren yang berkembang saat ini.

Terus semangat untuk mengembangkan bisnis melalui konten Instagram, ya!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, Instagram influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password