Inspirasi Konten Edukasi Instagram untuk Influencer Pendidikan

konten edukasi instagram

Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuka banyak jalan untuk menyebarkan pengetahuan secara luas, salah satunya adalah lewat konten edukasi instagram.

Jangkauannya yang luas dan aksesnya yang mudah membuat banyak orang mulai tertarik memanfaatkan Instagram untuk kegiatan pendidikan.

Ide Konten Edukasi Instagram yang Bisa Kamu Coba

Inilah inspirasi konten edukasi di Instagram menarik yang bisa kamu coba untuk memulai karirmu dalam bidang influencer pendidikan.

Yuk, simak!

1. Konten Video Pembelajaran

Lewat video pembelajaran menarik, kamu bisa membagikan materi pembelajaran dengan cara yang unik, kreatif, serta tidak membosankan. Manfaatkan fitur-fitur yang sudah tersedia dari Instagram untuk mengedit video.

2. Informasi Beasiswa

Beasiswa biasanya sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang ingin melanjutkan sekolah atau butuh biaya penelitian gratis. Kamu bisa membagikan informasi terbaru terkait beasiswa kepada para followers dengan cara terus update perkembangan informasi beasiswa yang ada.

Selain informasi pendaftaran beasiswa, kamu juga bisa membagikan tips dan trik sukses mendapatkan beasiswa. Misalnya, kamu membagikan tips menulis essay beasiswa LPDP, cara mengurus dokumen persyaratan, dan lain sebagainya.

Kamu bisa menyimak contoh video dari @nadhiraafifa atau seperti @scholars.ig yang seringkali membagikan informasi terkait beasiswa yang banyak dibutuhkan.

3. Tips dan Trik Pendidikan

Kamu juga bisa membuat konten tips sukses lolos SNMPTN, tips sukses mengerjakan soal SBMPTN bagi calon mahasiswa yang membutuhkan, atau bahkan tips mengelola keuangan untuk para fresh graduate.

Tidak hanya itu, kamu bisa membagikan tips bagaimana cara memenangkan suatu lomba atau cara cepat mengerjakan soal bagi siswa yang sering merasa kesulitan saat menghadapi ujian. Berikan sajian konten edukasi Instagram yang ringan, pembahasan mendalam, namun tetap mudah dipahami oleh penonton.

Salah satu influencer Instagram yang suka membagikan tips dan trik mengatur dan mengelola keuangan adalah @pritaghozie dan @sherlyannavita dengan konten edukasi yang cocok untuk anak muda. Kamu bisa mengikuti jejak mereka dengan membuat konten yang terpercaya sesuai bidang keilmuanmu.

4. Tokoh Inspiratif

Nah, jika kamu sedang tidak ada ide untuk membuat konten harian, kamu bisa menggunakan tema tentang tokoh-tokoh inspiratif yang mengedukasi untuk penontonmu.

Tokoh-tokoh yang bisa kamu angkat kisahnya ini seperti Maudy Ayunda, Tasya Kamila, B.J Habibie, Jerome Polin, Nadiem Makarim, dan Cinta Laura.

Kamu bisa menceritakan perjuangan mereka dalam hal pendidikan hingga pencapaian-pencapaian yang sudah mereka dapatkan. Cara ini menjadi cara alternatif, agar kamu tidak berhenti untuk membuat konten edukasi.

5. Kuis dan Giveaway

Cara ini adalah termasuk strategi marketing agar konten edukasi Instagram kamu semakin banyak penontonnya. Dengan cara ini juga kamu bisa lebih interaktif berkomunikasi dengan followers.

Kamu bisa membuat kuis atau giveaway yang berkaitan dengan hal-hal edukasi. Misalnya saja, kuis pengetahuan umum atau materi yang sudah pernah kamu bahas dalam konten sebelumnya. Kamu bisa memberikan hadiah atau giveaway pada followers, bisa berupa buku, voucher belanja buku, atau uang tunai.

Baca juga: Inspirasi Konten Instagram Makanan, Cocok untuk Kreator Pemula!

6. Konten Tutorial

Kamu bisa juga membuat video tutorial yang edukatif, seperti tutorial mengoperasikan microsoft word, membuat desain dengan Canva, mengedit video Tiktok, membuat reels Instagram, atau tutorial yang lain.

Video-video ini akan ramai dan dibutuhkan, karena terkadang masih banyak orang yang belum memahami dan menggunakan teknologi yang sudah ada. Nah, kamu yang punya skill mengoperasikan teknologi, bisa banget membagikan pengetahuanmu kepada orang banyak dengan membuat konten.

7. Rekomendasi Buku Bagus

Ide konten edukasi Instagram lainnya adalah konten dengan tema rekomendasi buku bagus yang layak dan wajib dibaca oleh followers-mu. Kamu bisa membagikan kelebihan dan kekurangan buku, sedikit menceritakan isinya yang menarik kepada pembaca, hingga harga jual buku yang kamu rekomendasikan.

Agar kontenmu berkualitas, kamu harus betul-betul membaca buku tersebut sebelum mereviewnya dalam konten. Dengan cara itu, followers akan mudah tertarik dan penasaran terhadap buku tersebut.

Contoh akun yang kerapkali membagikan konten review buku adalah @bukumojok, @bukuakik, dan @akubacacom. Ketiga akun tersebut biasa membagikan informasi buku lewat cuplikan isi buku yang menarik dan recomended untuk followers.

8. Konten Edukasi Agama

Berkembangnya teknologi membuat informasi semakin mudah didapatkan, lebih praktis, serta cepat. Keuntungan inilah yang membuat banyak orang ketagihan untuk mencari informasi secara instan, terutama dalam hal yang berkaitan tentang agama.

Kebutuhan untuk mendapat jawaban tentang agama inilah bisa kamu manfaatkan untuk membuat konten edukasi yang berkualitas dan terpercaya. Kamu bisa memanfaatkan keilmuan yang kamu punya terkait agama untuk memberikan pengetahuan kepada orang banyak.

Salah satu contoh selebgram dan youtuber yang menggeluti bidang ini adalah Habib Husein Ja’far dalam akun @husein_hadar. Melalui akunnya, beliau membagikan keilmuan agama dengan cara yang santai, asik, serta terpercaya.

Jika kamu ingin mengikuti jejak Habib Husein, pastikan kamu memiliki kompetensi yang terpercaya dan mendalam. Tujuannya agar apa yang kamu sampaikan kepada followers bisa dipertanggungjawabkan.

Baca juga: Ide Konten Instagram Bisnis untuk Pemula, Wajib Dicoba!

9. Konten Tentang Kesehatan

Bagi kamu seorang tenaga kesehatan yang ingin sekali membagikan pengetahuan kepada khalayak luas, kamu bisa banget membuat konten yang berkaitan dengan keilmuanmu.

Kamu bisa membuat konten edukasi Instagram dengan tema kesehatan mental, kesehatan reproduksi, tips menjaga kebugaran tubuh saat masa pandemi, hingga pengetahuan tentang kesehatan anak.

Ada beberapa referensi konten yang membahas tentang kesehatan yang bisa kamu lihat, misalnya @inezkristanti dan @dr.haekalanshari yang sering membahas tentang kesehatan reproduksi dan seksualitas. 

Kemudian, @jiemiardian dan @dr.ndreamon tentang kesehatan mental. Serta @drtanshotyen yang membagikan konten tentang gizi anak.

Kamu bisa melihat konten-konten tersebut sebagai referensi. Jika ingin membuat konten kesehatan, pastikan menggunakan keilmuan yang bisa dipertanggungjawabkan dan terpercaya, agar tidak menyesatkan para followers.

10. Parenting

Contoh konten edukasi di Instagram terakhir yang bisa kamu buat adalah konten parenting. Banyak orang, terlebih orang yang sudah memiliki anak biasanya sangat membutuhkan edukasi parenting yang cepat dan mudah diakses.

Kamu bisa memanfaatkan kebutuhan mereka dengan membagikan pengetahuan terkait mengasuh anak kepada banyak orang melalui Instagram. Konten ini bisa kamu sajikan lewat foto dan caption sederhana, namun isi mendalam atau dengan video singkat.

Pembahasan tema parenting biasanya terkait bagaimana mengatasi anak ketika tantrum, tips mengatasi anak yang susah makan, atau ciri-ciri anak yang siap sekolah. 

Selain itu, bisa juga membuat konten tentang metode pengasuhan terbaik untuk tumbuh kembang anak hingga tentang pengasuhan untuk anak berkebutuhan khusus.

Ada beberapa akun Instagram yang mengunggah video tentang parenting, yakni @rabbitholeid, @drtanshotyen, @citra_amelinda, dan lain sebagainya. Kamu bisa melihat akun-akun tersebut, setelah itu bagikan pengetahuan yang kamu miliki dalam konten edukasi Instagram

Yuk, Coba Buat Ide Konten Edukasi Instagram Sekarang!

Itulah ide konten edukasi di Instagram yang bisa jadi inspirasi buatmu. Mulai dari video pembelajaran, tips dan trik pendidikan, kuis dan giveaway, rekomendasi buku, hingga ilmu parenting.

Buatlah konten sebagus dan sekreatif mungkin, agar followers juga bisa mengambil manfaat dari konten yang kamu unggah.

Selamat mencoba!

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password