Manfaat Membuat Konten Bahasa Inggris Bagi Influencer

Mengapa harus membuat konten bahasa Inggris?

Bahasa Inggris adalah bahasa ibu untuk lebih dari 400 juta orang di seluruh dunia.

Selain itu, ada lebih dari setengah sumber informasi penting yang ada di internet menggunakan bahasa Inggris.

Ayo, cari tahu berbagai manfaatnya!

Daftar Isi

Manfaat Membuat Konten Bahasa Inggris Bagi Influencer

Menggunakan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya dalam konten yang kamu buat, tentunya akan membawa banyak manfaat positif.

Tidak perlu berlama-lama lagi, inilah manfaat membuat konten menggunakan bahasa Inggris:

1. Menambah Pengetahuan

Memiliki skill bahasa asing yang mumpuni, artinya kamu dapat mengakses berbagai sumber informasi dari manapun dengan mudah. Karena pada kenyataannya, 60,4% situs web di internet adalah website yang menggunakan bahasa Inggris.

Karena itu, kamu dapat mengakses lebih banyak informasi di internet untuk kebutuhan pembuatan kontenmu. Setelah itu, kamu dapat menggunakan informasi yang beragam tersebut guna membuat konten yang lebih lengkap dan menarik untuk menambah wawasan para audiens.

Kemungkinan besar kontenmu bisa menjangkau lebih banyak audiens dan memberikan manfaat ke lebih banyak audiens pula. Sehingga, tidak hanya kamu saja yang mendapatkan pengetahuan, tetapi mereka yang menyimak kontenmu juga dapat mendapatkannya.

2. Membuat Konten Lebih Up-to-date

Manfaat konten bahasa Inggris selanjutnya adalah kamu menjadi berwawasan luas untuk menghasilkan konten yang lebih segar atau up-to-date. Entah dari platform berita, buku, jurnal, forum, maupun social media internasional. Kamu bisa lebih cepat menyerap informasi dan mengubahnya menjadi konten yang berguna.

Sehingga, audiens akan merasa kalau kontenmu membawa berbagai manfaat bagi mereka. Tambahan lagi, kontenmu kemungkinan besar akan menjadi rujukan mereka untuk mendapatkan informasi yang baru.

3. Memudahkan Penyampaian Informasi dan Komunikasi

Awal mula terbentuknya bahasa memang bertujuan untuk komunikasi antara manusia satu dengan manusia lainnya. Sehingga, manusia dapat menyampaikan isi hati dan pikirannya tanpa menimbulkan kesalahan penafsiran maksud yang lain.

Sederhananya, kamu bisa menggunakan bahasa universal tersebut untuk mempermudah penyampaian informasi dan komunikasi dengan para audiens. Apalagi kebanyakan masyarakat lokal telah menggunakan bahasa yang universal ini di keseharian mereka.

4. Memperluas Jaringan

Era globalisasi telah membuang batasan antara masyarakat lokal dengan masyarakat internasional. Banyak pemilik brand lokal telah berlomba-lomba untuk menjangkau pasar internasional. Di sisi lain, pemilik brand luar negeri juga berlomba-lomba untuk mengenalkan produk mereka pada masyarakat lokal.

Bukankah kesempatan ini akan sangat menguntungkan kamu sebagai influencer? Selain peluang kerjasama dengan brand, kamu juga bisa menggunakan konten bahasa Inggris untuk menggaet atensi masyarakat luas.

Jadi, akan sangat disayangkan apabila kemampuan berbahasa Inggris kamu masih terbatas. Sangat disayangkan pula, kalau kamu harus kehilangan relasi skala nasional maupun internasional.

5. Meningkatkan Kredibilitas

Sudah bukan sebuah rahasia lagi kalau menggandeng influencer menjadi hal yang menjanjikan bagi para business owner. Sebagai influencer, kamu pun harus membuktikan kalau value kamu bukan hanya sekedar angka seperti jumlah followers dan nilai engagement saja.

Melalui pembuatan konten menggunakan bahasa Inggris, kamu dapat meningkatkan kredibilitas kontenmu. Sehingga, para business owner dan masyarakat luas tidak akan meragukan kompetensimu lagi. Semakin bagus konten, semakin banyak orang yang yakin dengan informasi yang kamu bawa.

6. Menyaring Audiens

Membuat konten dengan memanfaatkan kemampuan berbahasa Inggris dapat membantu kamu dalam memilah target audiens. Penggunaan bahasa dan bahasan tertentu, secara tidak langsung akan menyaring siapa yang bakal menikmati isi konten.

Alasanya pun sederhana, karena hanya orang yang mengerti saja yang bisa memahami isi konten media sosial yang kamu buat. Sehingga, tidak perlu bekerja ekstra untuk memilih target atau mengurus audiens yang tidak kamu harapkan. Karena mereka akan tereliminasi dengan sendirinya.

7. Memperlihatkan Sisi Profesionalitas

Manfaat membuat konten menggunakan bahasa Inggris selanjutnya adalah memperlihatkan sisi keprofesionalitasanmu pada audiens dan business owner di satu waktu. Konten berbahasa Inggris lebih terkonsep, rapi, dan kredibel daripada konten yang asal-asalan.

Selain itu, kalau kamu berbicara menggunakan bahasa asing di dalam konten, kemungkinan besar audiens lebih tertarik untuk berhenti sejenak dan memperhatikan lebih saksama.

Penggunaan bahasa asing pada konten tentunya dapat membuat record pencapaianmu terlihat lebih profesional dan meyakinkan. Sehingga, orang lain yang berniat mengajakmu kerjasama akan menilai citramu lebih baik daripada kandidat lainnya.

8. Lebih Dihargai Audiens

Tidak jarang nama influencers di luar sana melejit karena kontroversi yang mereka buat. Mereka memilih jalur cepat untuk mendongkrak popularitas, tanpa memikirkan value dan dampaknya. Sebaiknya, kamu jangan tergoda dengan popularitas semu semacam itu.

Buktikan kalau dirimu berbeda dan pantas mendapatkan kesuksesan yang lebih baik daripada orang yang menggunakan cara curang. Caranya, kamu harus mempertimbangkan setiap konten yang kamu buat sampai kamu unggah ke internet. 

Melalui cara tersebut, audiens akan mengingat namamu, karena prestasi gemilang yang telah kamu raih. Poin plusnya lagi, kamu tidak akan mendapatkan komentar pedas yang fokus pada kesalahanmu, tetapi kritikan yang bisa membangun dirimu agar lebih baik lagi.

9. Meningkatkan Kecerdasan

Peningkatan karier tidak lepas dari kemampuan berpikir kognitif yang baik. Biasanya, kamu akan kesulitan pada awal pembuatan konten bahasa Inggris. Namun, lama-kelamaan kamu akan terbiasa karena seringnya merencanakan, menerima, dan menyusun informasi di luar bahasa ibu kamu sendiri.

Sebagai akibat kebiasan tersebut, kamu akan cenderung mudah menyesuaikan diri dalam pembuatan konten yang beragam dan terkadang berubah-ubah. Kesimpulannya, softskill seperti ini sangat berguna dalam dunia kerja sebagai influencer.

10. Sarana Mengekspresikan Diri

Terkadang orang mengekspresikan diri mereka dengan cara membuat konten yang menggunakan bahasa asing. Entah full atau sebagian saja, mereka menggunakan bahasa tersebut bukan tanpa alasan.

Banyak orang yang merasa lebih puas dan aman ketika mengekspresikan diri mereka menggunakan bahasa yang tidak mudah diketahui orang di sekitarnya. Selain itu, orang lain dapat menilai kontenmu lebih unik daripada yang lainnya.

11. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Seringkali para influencer merasa minder atas pencapaian satu sama lain. Mereka lebih sering melihat dan mendengar cerita kesuksesan orang lain tanpa mau melihat sisi kelam di baliknya. Akibatnya, rasa insecure atau minder terus menyelimuti diri mereka.

Beda halnya saat kamu percaya diri dengan konten yang kamu buat dan pekerjaan yang kamu lakukan. Konten berbahasa Inggris, akan membuat audiens memandang kamu memiliki intelektual yang tinggi. Maka dari itu, kepercayaan diri kamu otomatis akan meningkat.

Sudah Termotivasi untuk Membuat Konten Bahasa Inggris?

Setelah mengetahui berbagai uraian manfaat di atas, apakah kamu termotivasi untuk belajar atau membuat konten bahasa Inggris? Tak dapat dipungkiri lagi kalau bahasa Inggris telah menjadi kebutuhan yang krusial bagi masyarakat era globalisasi saat ini.

Selain bermanfaat bagi dirimu sendiri, ternyata pembuatan konten memberikan dampak positif pada orang lain. Karena itu, jangan sampai kamu lelah untuk selalu meningkatkan kemampuan dan menginspirasi orang lain!

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password