Ide Konten 17 Agustus, Menarik untuk Hari Kemerdekaan!

konten 17 agustus

Memeriahkan hari kemerdekaan dengan berbagai acara yang menyenangkan menjadi sebuah hal yang rutin masyarakat Indonesia lakukan. Ada berbagai acara seperti lomba-lomba, konser musik, dan lain sebagainya yang pastinya terselenggara. Di saat itulah menjadi peluang untuk membuat konten 17 Agustus.

Ada banyak tempat yang bisa kamu jadikan sasaran membuat konten yang menarik mengenai tanggal bersejarah bagi Indonesia ini. Mulai dari lingkungan masyarakat, lingkungan perkantoran, hingga lingkungan pendidikan menjadi tempat yang bisa kamu soroti kemeriahannya.

Tips Membuat Konten 17 Agustus

Sebelum memutuskan membuat ide konten seperti apa untuk memeriahkan momen 17 Agustus, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk memaksimalkan konten tersebut.

Apa sajakah tips tersebut? Berikut pembahasannya.

1. Gunakan Atribut Merah dan Putih

Salah satu hal yang sangat identik dengan momen 17 Agustus di Indonesia adalah warna yang serba merah dan putih. Warna merah putih menjadi dasar dari bendera kebangsaan Indonesia. Oleh karena itu, setiap hari kemerdekaan akan banyak atribut berwarna merah putih tersebut.

Kamu sendiri juga harus memaksimalkan kedua warna tersebut untuk membuat properti saat membuat konten kemerdekaan. Bukan hanya sebagai pelengkap, akan tetapi warna ini harus menjadi jiwa dari konten kamu. Misalnya, di dalam konten tersebut ada banyak orang, coba dresscode-nya memakai warna merah dan juga putih.

2. Libatkan Komunitas 

Hari kemerdekaan harus kamu rayakan dengan sebanyak mungkin orang. Karena momen ini identik dengan kemeriahan dari perayaan. Maksudnya, banyak orang yang bisa kamu ajak untuk merayakan. Baik bersama keluarga, maupun warga sekitar rumah, seperti tingkat RT, RW, hingga desa.

Ketika membuat konten inilah, keterlibatan semua orang yang ada di sekitar kamu menjadi kuncinya. Semakin banyak orang, maka kesan dari kemeriahannya bisa sampai kepada para penonton yang melihat konten kamu.

Baca Juga:   Algoritma YouTube: Bagaimana Supaya Video Dapat Banyak Views?

Jika kamu bekerja di kantor, maka teman-teman kantormu bisa diajak untuk berpartisipasi dalam konten tersebut. Begitu juga kalau setting lokasinya di rumah, maka kamu bisa mengajak adik, kakak, saudara, atau orang tua.

3. Membuat Konten yang Informatif

Konten yang menghibur memang bisa menarik penonton konten 17 Agustus yang kamu buat. Akan tetapi, pastinya sudah banyak yang membuat konten semacam itu. Oleh karena itu, coba juga buat konten yang tidak hanya menghibur, tapi memiliki nilai informatif.

Contoh konten yang segar, menarik, dan informatif yang bisa memberikan pengetahuan kepada masyarakat yang bisa kamu kamu buat, seperti daftar fakta-fakta mengenai kemerdekaan Indonesia. Maka dari itu, bacalah referensi juga saat membuat konten tersebut.

Rekomendasi Konten 17 Agustus 

Setelah mendapatkan tips dalam membuat konten 17 Agustus di atas, berikut adalah rekomendasi ide konten yang bisa kamu buat.

Simak bersama, ya!

1. Konten Give Away Kemerdekaan

Tanggal 17 Agustus memang menjadi momen yang seksi untuk bisa kamu kontenkan. Bagi kamu yang berprofesi sebagai content creator, momen ini harus kamu manfaatkan dengan baik. Apalagi jika kamu memiliki follower yang banyak.

Ketika follower sudah memberikan kamu kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari mereka, maka ada kalanya kamu berbagi dengan mereka. Membuat konten give away untuk mengapresiasi perhatian mereka menjadi salah satu alternatif yang cukup menarik.

Tidak hanya semata berbagi, pastinya para followers atau subscriber akan tambah tertarik mengikuti konten kamu itu. Selain itu, konten ini juga bisa menjadi pancingan bagi para penonton lainnya untuk tetap bertahan di channel kamu.

Beberapa channel yang berorientasi profit menjadikan konten giveaway ini sebagai salah satu strategi marketing mereka. Karena masyarakat Indonesia akan cepat bergerak dan sangat senang untuk mengikuti, lalu menonton konten bagi-bagi hadiah semacam ini.

2. Konten Lomba Tujuh Belasan

Konten 17 Agustus selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah mengenai lomba-lomba tujuh belasan di daerah-daerah. Kegiatan semacam ini menjadi bahan konten yang cukup menarik. Pasalnya, tidak hanya meriah, biasanya masyarakat akan terhibur meskipun melihatnya hanya dari hasil karya bukan secara langsung.

Baca Juga:   Aplikasi Edit Video TikTok Tanpa Watermark Gratis!

Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti kemarin, saat semua orang tidak boleh berkerumun dan berkumpul di luar rumah dalam jumlah besar, konten semacam ini menjadi pelipur lara. Sebab, orang-orang tidak dapat pergi keluar rumah dan pasti merindukan momen seperti itu. 

Meskipun hanya lewat konten, pastinya masyarakat akan bisa terhibur dan juga merasakan kemeriahan dari hari kemerdekaan. Seperti halnya saat sebelum pandemi Covid-19 mulai menjangkit orang-orang di Indonesia.

3. Baca Puisi

Apa yang kamu bayangkan dari tanggal 17 Agustus? Pastinya adalah jiwa nasionalisme dan patriotisme. Lalu, apa yang bisa kamu lakukan agar bisa ikut mewujudkan rasa cinta tanah air dan perjuangan bangsa Indonesia?

Salah satu alternatifnya adalah dengan membuat konten membaca puisi. Puisi bisa menjadi salah satu media untuk berekspresi dan menyalurkan emosi. Termasuk di dalamnya menyalurkan semangat nasionalisme dan patriotisme. Kreasi semacam ini terbilang banyak penontonnya.

Terlebih jika kamu bisa benar-benar membaca puisi secara maksimal. Sudah cukup banyak puisi yang cocok untuk kamu bawakan di depan kamera untuk membuat konten semacam ini. Kamu juga bisa membuat karya puisi sendiri, lalu membawakannya untuk konten milik kamu tersebut.

Ingatlah untuk benar-benar menghayati ketika membacakan puisi di depan kamera, karena nantinya akan banyak orang yang melihat kamu. Siapa tahu dengan melihat konten baca puisi kemerdekaan milik kamu itu, banyak orang yang tergugah hatinya dan semakin mencintai Indonesia.

4. Tiktok Informatif Kemerdekaan

Tiktok menjadi salah satu platform yang saat ini sangat masyarakat Indonesia gandrungi. Tidak hanya sebagai pemakai dan penonton setia, warga Indonesia banyak juga yang berkreasi lewat Tiktok. 

Banyak sekali influencer yang akhirnya lahir dari platform ini. Tidak sedikit pula yang bisa menghasilkan pendapatan dari mengelola konten di media Tiktok.

Namun sayangnya, kini justru Tiktok mendapatkan citra sebagai platform yang hanya untuk menonton goyang-goyang seksi saja. Ini karena memang banyak orang ingin terkenal lewat Tiktok hanya dengan bermodalkan menunjukkan kemolekan tubuhnya. Ini membuat munculnya stigma negatif dari sebagian masyarakat.

Baca Juga:   Apa Itu Engagement Rate Dalam Social Media, Influencer Wajib Tahu

Hal ini justru menjadi peluang bagi kamu untuk mencoba menciptakan karya dengan media penyebarannya menggunakan Tiktok. Kamu bisa mengangkat konten 17 Agustus yang informatif lewat platform yang satu ini.

Kamu bisa memuat karya apapun selagi positif. Misalnya saja, fakta-fakta unik mengenai hari kemerdekaan atau coba buat konten tebak tokoh-tokoh pahlawan Indonesia. 

Hal ini tidak hanya memberikan hiburan bagi masyarakat Indonesia, tetapi juga bisa mengajak semua orang yang melihat konten Tiktok kamu untuk lebih mencintai Indonesia luar dan dalam.

5. Konten Lagu Bertema 17 Agustus

Selain konten baca puisi, berkreasi untuk menunjukkan semangat hari kemerdekaan Indonesia bisa lewat berbagai saluran. Salah satunya adalah melalui lagu dengan tema kemerdekaan. 

Lagu, bagi sebagian orang memang cocok untuk meningkatkan rasa semangat. Karena lagu bisa mempengaruhi suasana hati seseorang dengan lebih mudah.

Kamu bersama bisa membangitkan nasionalisme dengan cara mengcover lagu, misalnya “Bendera”. Tentu saja lagu yang satu ini akan sangat cocok dengan momen tujuh belasan.

Tidak hanya mengcover lagu, kamu yang memiliki kemampuan dalam membuatnya, cobalah untuk menghasilkan karya baru yang orisinil.

Ciptakanlah lagu yang memiliki lirik penuh semangat dan cinta terhadap Tanah Air Indonesia. 

Rekam dan selanjutnya coba untuk upload di media sosial yang kamu miliki.

Jika punya channel Youtube, bisa jadi lebih baik.

Pastikan untuk merayakan hari kemerdekaan tersebut dengan rasa suka cita dan bangga terhadap Indonesia.

Sudah Terbayang Ide Konten 17 Agustus?

Bagi kamu yang belum ada ide konten 17 Agustus, kamu bisa mencoba salah satu rekomendasi di atas. Jangan lupa untuk membuat konten dengan tampilan visual yang berkualitas dan mudah dipahami! 

Selain itu, jadikanlah momen tujuh belasan ini untuk berlomba membuat karya yang positif demi mengharumkan nama bangsa. 

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, marketing influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password