10 Konsep Podcast yang Menarik, Digemari, dan Recommended!

konsep podcast yang menarik

Menentukan konsep podcast yang menarik merupakan salah satu tantangan ketika kamu hendak mulai membuat konten podcast. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena pembahasan berikut ini akan membedah berbagai topik podcast menarik yang berbobot dan juga digemari. 

10 Rekomendasi Konsep Podcast yang Menarik

Umumnya, audiens tertarik dengan topik yang dekat dengan keseharian atau relevan dengan pengalaman hidupnya. Oleh sebab itu, berikut adalah daftar rekomendasi konsep podcast yang menarik, agar kamu dapat menentukan topik pembahasan yang tepat:

1. Horor dan Thriller

Konten bertema horor dan thriller memiliki penikmat multi platform dan dengan jumlah yang besar. Nah, fakta ini dapat kamu lihat, misalnya pada jejeran film horor yang memiliki jumlah penonton terbanyak. Dengan demikian, kamu dapat memilih topik ini, karena sudah memiliki penikmat setia dengan jumlah penikmat yang banyak.

Umumnya, topik horor dan thriller lewat podcast dapat kamu sajikan dengan menceritakan pengalaman atau cerita menyeramkan. Namun, topik ini dapat juga berupa cerita menegangkan, kriminal, atau teori konspirasi.

2. Komedi

Konsep podcast yang menarik selanjutnya adalah komedi. Sebagai media entertainment, podcast adalah sarana hiburan dan melepas stres untuk setiap pendengarnya. Oleh sebab itu, tema atau topik komedi dalam podcast adalah konsep yang berperan amat besar untuk menarik setiap pendengarnya.

Konsep komedi dapat kamu gunakan sebagai gaya bicara atau cara membawakan cerita dalam podcast. Oleh sebab itu, jika hendak menggunakan konsep ini, maka kamu membutuhkan pembahasan tertentu yang dibalut dengan komedi.

3. Olahraga

Selanjutnya, topik podcast menarik ini secara spesifik membahas berbagai tema tentang dunia olahraga. Dahulu, para penikmat olahraga dapat menikmati topik ini dari program televisi, radio, atau rubrik khusus di media cetak.

Namun, setelah digitalisasi menjadi semakin berkembang, podcast adalah salah satu platform paling tepat untuk menyajikan pembahasan tentang olahraga.

Tentunya, jika tertarik membawakan podcast dengan pembahasan olahraga, kamu perlu menentukan niche yang tepat. Contohnya, ingin membahas olahraga secara umum atau memilih salah satu bidang olahraga saja.

4. Keluarga dan Hubungan

Konsep podcast yang menarik umumnya memiliki tema pembahasan yang dekat atau relevan dengan pendengarnya. Oleh sebab itu, podcast dengan tema keluarga dan hubungan selalu memiliki pendengar setia, karena memiliki pembahasan yang dekat dengan pendengar.

Jika hendak pembawakan konsep ini, kamu dapat melakukan eksplorasi topik lebih rinci. Misalnya, hubungan dengan ayah, ibu, dan anak. Selain itu, dapat juga hubungan dengan pacar atau pasangan.

5. Pop Culture

Selanjutnya, tema pop culture adalah pembahasan menarik dengan eksplorasi pembahasan yang cukup luas. Misalnya film, musik, seni, sastra, dan lain sebagainya. Nah, serupa dengan tema olahraga, kamu dapat memilih untuk membahas pop culture secara umum atau memilih satu pembahasan spesifik.

Misalnya, ketika memilih pembahasan tentang film, kamu dapat mengisi podcast dengan review atau opini film.

6. Teknologi dan Bisnis

Pembahasan seputar dunia teknologi dan bisnis adalah konsep podcast yang menarik selanjutnya. Umumnya, pembahasan ini memiliki pendengar dari kalangan pebisnis atau bahkan pelajar yang memiliki minat dengan topik ini.

Nah, jika tertarik dengan topik teknologi dan bisnis, kamu dapat memulai podcast dengan pembahasan yang ter-update dari topik ini. Tentunya, pendengar dengan minat tinggi dengan tema ini, akan mencari berbagai sumber atau referensi yang dapat ditemukan di internet.

Selain itu, topik ini juga memiliki potensi eksplorasi yang luas. Misalnya, pembahasan seputar tips bisnis pada industri tertentu atau teknologi di masa depan yang sedang dikembangkan.

Tentunya, setiap orang yang memiliki minat dengan topik teknologi dan bisnis, dapat memilih topik pembahasan ini sebagai konsep podcast-nya. Namun, jika kamu memiliki pengalaman dalam dunia teknologi dan bisnis, maka podcast milikmu akan memiliki potensi yang lebih besar.

7. Video Game

Tahukah kamu? Jika secara global, industri game itu lebih besar ketimbang industri film dan musik. Tentunya, fakta ini dapat terlihat dari biaya produksi serta profit pada industri game yang lebih besar dibanding film dan musik.

Dengan demikian, ketika kamu memilih podcast dengan pembahasan seputar video game, tentu topik ini telah memiliki basis penggemarnya sendiri.

Secara umum, topik video game dapat kamu bahas dari berbagai hal. Misalnya, pengalaman bermain, rekomendasi game, wawancara professional gamer, dan lain sebagainya.

8. Komunitas

Selanjutnya, pembahasan tentang komunitas juga merupakan konsep podcast yang menarik, karena menawarkan konten dengan niche khusus. Dalam hal ini, setiap komunitas memiliki tema atau kegemarannya masing-masing.

Oleh sebab itu, niche khusus akan terbentuk, mengikuti berbagai kegemaran unik dan spesifik dari masing-masing komunitas.

Nah, topik ini dapat kamu eksekusi dengan melakukan wawancara tokoh berbagai komunitas yang memiliki keunikan. Misalnya, wawancara dengan komunitas Agus Agus Bersaudara (AAB), yaitu sebuah komunitas yang anggota-anggotanya bernama Agus atau memiliki unsur ‘Agus’.

9. Berita dan Politik

Umumnya, politik dinilai sebagai tema pembahasan yang sulit dipahami dan cenderung berat. Namun, dewasa ini, topik bertema politik memiliki peminat yang semakin bertambah. 

Tentunya, dengan dukungan digitalisasi yang semakin memudahkan perputaran berita dan politik, tema ini semakin mudah dijangkau oleh setiap peminatnya.

Selain itu, tema ini juga semakin banyak dicari, karena pengetahuan dan wawasan tentang dunia politik menjadi suatu kebutuhan saat ini.

Nah, jika tertarik membawakan podcast dengan tema ini, kamu perlu mengemasnya dengan lebih menarik dan bahasa yang mudah dipahami.

10. Edukasi

Konsep podcast yang menarik selanjutnya adalah edukasi atau pengetahuan. Tentunya, tema ini tidak sebatas pembahasan tentang pelajaran formal. Namun, kamu juga dapat membawakan berbagai pembahasan yang memiliki bobot edukasi atau pengetahuan.

Misalnya, pembahasan tentang mempelajari berbagai bahasa asing, review buku-buku inspiratif, dan lain sebagainya.

Tips Menentukan Konsep Podcast

Sebelum memilih konsep podcast yang menarik dengan tepat, kamu dapat menyimak terlebih dahulu bagaimana cara atau tips dalam menentukan konsepnya.

1. Pilih Topik Sesuai Minat

Tentu, jika memilih podcast dengan topik sesuai minat, kamu mampu menjalankannya sepenuh hati, karena menyukai proses membuatnya. Selain itu, membuat podcast merupakan proses panjang dan membutuhkan konsistensi. Harapannya, topik sesuai minat tersebut dapat membuatmu konsisten untuk terus mengembangkan konten.

2. Tampilkan Sesuatu yang Berbeda

Saat ini, sudah banyak podcast dengan berbagai topik pembahasan. Oleh karena itu, ketika kamu menampilkan sesuatu yang berbeda, kontenmu dapat muncul ke permukaan diantara begitu banyak konten podcast lainnya.

3. Relevan dengan Pendengar

Relevansi begitu penting untuk konten podcast. Nah, untuk menjadi relevan, kamu dapat mulai dengan hal-hal yang dekat dengan masyarakat Indonesia. Selain itu, konten relevan dapat berarti konten dengan topik yang banyak dialami oleh para pendengar atau masyarakat Indonesia.

4. Riset dan Analisis Konten

Terakhir, jangan lupa untuk melakukan riset dan analisis konten podcast di luar sana yang memiliki kesamaan dengan topik yang kamu pilih. Tentu saja, kamu dapat menemukan berbagai insight penting melalui riset dan analisis.

Nah, insight tersebut dapat berupa keunikan atau kelebihan podcast tertentu yang dapat kamu tiru dan modifikasi.

Tertarik Mencoba Konsep Podcast yang Mana?

Demikianlah pembahasan tentang 10 konsep podcast yang menarik. Semoga informasi tersebut berguna untukmu yang saat ini tertarik untuk membuat podcast. Kalau begitu, tunggu apa lagi? Segera persiapkan podcast-mu dengan matang, ya!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, marketing influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password