Ketahui Macam-macam CMS yang Terbaik untuk Blogmu!

macam macam cms

Dalam pembuatan sebuah website atau blog, terdapat macam macam CMS yang bisa kamu gunakan dalam proses pengembangan web khususnya untuk desain. Singkatnya, CMS adalah sebuah tool atau paket khusus yang mempermudah seseorang untuk menyajikan desain dan template web secara simpel dan mudah.

Biasanya, penggunaan paket ini digunakan untuk keperluan web yang sifatnya komersial. Mengapa demikian? Hal ini karena pada proses pembuatan web komersial, para pengembang web tentu ingin mencari cara praktis dalam pembuatan desain web, namun dengan hasil yang memuaskan.

Apa Itu CMS?

Content Management System atau disingkat CMS adalah sebuah paket atau aplikasi yang fungsinya adalah untuk membangun, mengubah, dan mengelola sebuah konten web. Selain itu, macam macam CMS ini dapat memungkinkan banyak pengguna untuk melakukan kolaborasi guna keperluan pengelolaan konten web.

Secara garis besar, konten web ini tersimpan dalam satu database atau basis data dan untuk pengelolaannya menggunakan DBMS. Namun, pengelolaan melalui paket DBMS ini memerlukan sebuah pengetahuan tentang command atau perintah tertentu. Jadi, tidak semua pengembang web bisa menggunakan paket program ini.

Salah satu peran utama Content Management System ini yaitu menyajikan sebuah data yang sama seperti user interface (UI) dalam bentuk visual. Tujuannya, untuk lebih mempermudah proses pembuatan desain web, khususnya bagi pemula yang kurang paham tentang bahasa pemrograman dalam proses pembuatan website.

Berdasarkan peran penting dari Content Management System, maka secara kaidah CMS adalah sebuah paket program yang bertujuan untuk mempermudah beberapa pekerjaan terkait visual dari sebuah web

Selain itu, CMS juga membantu pemula dalam pembuatan web tanpa perlu pengetahuan detail tentang bahasa pemrograman.

Bagaimana Cara Kerja CMS?

Pada dasarnya, terdapat macam macam CMS yang berbeda tipikalnya dan pemanfaatannya dalam pembuatan website.

Namun, secara garis besar cara kerja dari Content Management System ini adalah mempermudah pengguna dalam pembuatan konten website yang bersifat visual.

Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Desain Tema

Cara kerja pertama dari CMS adalah berperan sebagai pembuat desain dalam proses pengembangan sebuah situs web. Dengan menggunakan Content Management System ini, kamu tidak perlu membuat desain dengan cara coding bahasa pemrograman HTML, lalu mengombinasikannya dengan CSS.

CMS akan memproses seluruh permintaan desain yang ingin kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan. Namun, beberapa platform penyedia layanan macam macam CMS mempunyai pakem tersendiri terkait desain tema yang mereka miliki.

2. User Interface (UI)

Selanjutnya, Content Management System juga berperan sebagai User Interface atau UI. UI adalah sebuah paket yang berisi tahapan-tahapan yang harus dilakukan pengguna atau user saat mengakses situs web. Jadi, Content Management System ini akan membuat UI desain sesuai dengan kebutuhan dari pengguna.

Singkatnya, kamu tidak perlu membuat desain baik itu dalam bentuk diagram maupun bahasa program. Kamu hanya perlu menyesuaikan kebutuhan User Interface dalam situs web yang kamu kelola sesuai dengan penggunaannya. 

3. Memproses Konten dan Informasi Website

Cara kerja terakhir dari Content Management System adalah memproses konten yang akan kamu unggah ke dalam situs website tersebut. Jadi, saat membuat konten, kamu tidak perlu membuatnya di aplikasi atau paket program lain. Dengan CMS, kamu bisa langsung membuat dan memproses konten di dalam situs web.

Selain itu, Content Management System akan menampilkan informasi detail yang tertera di dalam situs web

Informasi tersebut berupa pengisian formulir, perintah klik untuk melakukan aksi tertentu, bahkan mengalihkan langsung situs web menuju situs lainnya hanya dengan menggunakan metode sederhana yaitu hyperlink dan drag and drop label.

Apa Saja Manfaat CMS bagi Situs Website?

Setelah mengetahui apa itu CMS dan bagaimana cara paket program ini bekerja, tentu kamu penasaran apa saja sih fungsi dari Content Management System ini.

Langsung saja, berikut adalah beberapa fungsi utama Content Management System bagi sebuah website.

Yuk, simak!

1. Mempermudah Proses Mendesain Web

Manfaat utama dari Content Management System adalah untuk mempermudah pengguna dalam proses pembuatan web, khususnya untuk keperluan desain dan UI. Singkatnya, paket program ini akan menyajikan tampilan desain web yang menarik tanpa perlu membuatnya dalam bahasa program atau coding khusus. 

Jadi, seluruh keperluan situs web terkait desain dan user interface dapat kamu buat dengan mudah hanya dengan melakukan drag and drop. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan tema dengan kebutuhan berdasarkan macam macam CMS yang kamu gunakan dalam pengelolaan web.

2. Pengelolaan Konten Menjadi Lebih Mudah

Dengan menggunakan Content Management System ini, seluruh keperluan pengelolaan konten web dari mulai proses pembuatan konten blog, informasi. form, bahkan transaksi dapat kamu kelola dengan mudah. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan kebutuhan konten tanpa perlu membuatnya di platform aplikasi lain.

Ketika kamu hendak membuat konten web dalam bentuk apapun, kamu bisa langsung membuatnya dengan mudah di dalam web. Berbeda dengan web manual yang harus memakai bahasa program dalam pembuatan konten, dengan CMS ini, kamu bisa langsung membuatnya seperti saat mengetik surat dalam Microsoft Word.

3. Mempermudah Pengelolaan Bisnis

Dengan menggunakan Content Management System ini, bisnis yang kamu kelola akan lebih terstruktur jelas. Selain itu, CMS juga mempermudah kamu untuk melakukan promosi digital dan memberikan informasi kepada para audiens.

Terlebih lagi, saat ini bisnis online sedang sangat menjamur dan mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Hal ini tentu saja membutuhkan sebuah sistem digital yang simpel untuk mempermudah transaksi, branding, dan promosi. 

CMS menyediakan semua kebutuhan tersebut, dan merangkumnya dalam satu aktivitas saja. 

Rekomendasi Macam Macam CMS yang User Friendly

Setelah mengetahui apa itu CMS, cara kerja, serta fungsinya, berikut ini adalah rekomendasi macam macam CMS yang bisa kamu gunakan dalam proses pembuatan website yang user friendly.

1. WordPress

WordPress adalah sebuah aplikasi paket program CMS yang sifatnya open source. Jadi, semua pengguna bisa mengakses dan mengelola kode asalnya serta melakukan pengembangan aplikasi dan web sendiri berdasarkan referensi dari kode tersebut. 

Saat ini, platform ini merupakan jenis CMS yang paling populer dan menjadi pilihan terbaik dari para penggunanya di seluruh dunia.

Bahkan, sebanyak 40% dari seluruh jumlah website yang saat ini ada di dunia terbuat menggunakan platform WordPress. Selain itu, karena sifatnya yang open source, WordPress mempunyai banyak plugin yang fungsinya untuk memperkaya fitur dalam pengelolaan sebuah website.

Beberapa contoh fungsi dari plugin WordPress paling bermanfaat adalah tampilan website user friendly, backup konten otomatis, optimasi SEO untuk blog, dan lain sebagainya. 

Untuk dapat menggunakan platform WordPress ini, kamu perlu berlangganan CMS WordPress premium dan merogoh sedikit kocek untuk penyewaan web hosting. Lalu, kamu juga harus membeli domain untuk identitas website.

2. Joomla

Macam macam CMS terbaik selanjutnya adalah Joomla. Joomla sendiri merupakan salah satu layanan paket program terbaik dengan jumlah pengguna yang banyak setelah WordPress. Meskipun pengelolaan fiturnya tidak semudah WordPress, namun pada kenyataannya beberapa aspek Joomla terbilang lebih fleksibel.

Joomla mempunyai sebuah fitur ‘custom post type’. Jadi, Joomla sangat cocok untuk mengelola website yang fokusnya tidak 100% pada konten teks. Selain itu, Joomla juga menawarkan banyak sekali opsi yang terkait dengan pengelolaan dan juga manajemen user

Karena alasan ini juga lah, Joomla mungkin menjadi CMS terbaik ketika kamu hendak mengelola situs web yang berbasis membership.

Joomla juga memberikan bantuan lain berupa fitur multibahasa. Jadi singkatnya, kamu tidak perlu menginstall sebuah plugin dan ekstensi khusus guna menambahkan pilihan bahasa ke dalam situs. Selain itu, kamu juga bisa memakai banyak tema dan template sekaligus di dalam berbagai tipe konten.

3. Drupal

Drupal merupakan salah satu dari macam macam CMS yang bersifat open source terbaik. Meski popularitasnya tidak sebesar seperti Joomla dan WordPress, bukan artinya platform Drupal ini tidak layak untuk kamu gunakan, ya!

Dalam prosesnya, Drupal mempunyai keunggulan yang hampir serupa dengan Joomla. CMS ini menawarkan sebuah sistem yang fleksibel dalam mengelola custom post type

Selain itu, Drupal juga memberikan kontrol penuh terhadap user serta seluruh permissionnya. Bahkan, Drupal juga mampu menangani berbagai situs dengan fitur multibahasa.

Terdapat beberapa aspek utama yang membuat Drupal terlihat lebih unggul daripada pesaingnya tersebut. Contohnya, Drupal mempunyai sistem taksonomi yang lebih powerful. Selain itu, platform CMS ini juga dinilai sebagai platform yang aman dari retasan dan virus ketimbang pesaingnya WordPress dan Joomla.

4. Typo 3

Typo3 adalah macam macam CMS yang memiliki skalabilitas sebagai poin utamanya. Jadi, tak heran lagi jika platform ini khusus untuk website dalam skala level enterprise

Jika berbicara tentang kemudahan, mungkin Typo3 bukanlah platform CMS yang paling pertama masuk dalam daftar. Hal tersebut karena CMS ini lebih cocok bagi pengguna dengan tingkat keahlian tinggi dan kemampuan khusus dalam pengembangan web

Platform ini  juga bukan merupakan CMS yang tepat bagi website dengan skala kecil dan sederhana.

Selain itu, Typo3 mempunyai beberapa fitur keren, termasuk di dalamnya fitur multibahasa. Bahkan, CMS ini juga memungkinan kamu untuk dapat menjalankan banyak situs web hanya dengan satu proses instalasi saja. Jadi, waktu kamu tidak akan sia-sia terbuang untuk satu persatu menginstal fitur web.

5. Wix

Wix merupakan platform CMS yang menawarkan sebuah solusi all-in-one untuk pengelolaan dan proses pembuatan website.

Jika menggunakan WordPress, Joomla, atau Drupal, kamu perlu memiliki sebuah web hosting serta domain web dari pihak ketiga. Namun, jika kamu menggunakan Wix, kamu bisa memakai paket web hosting serta domain yang nantinya mereka tawarkan dalam satu paket.

Karena memiliki sifat terintegrasi, maka Wix juga memiliki popularitas terutama di kalangan personal dan bisnis yang membutuhkan solusi all-in-one dalam pengelolaan web. Bahkan, Wix saat ini telah digunakan untuk lebih dari 4,5 juta situs website di seluruh dunia.

Namun, jika kamu bandingkan biaya langganan dengan platform lainnya, biaya premium Wix bisa terbilang relatif lebih mahal karena fiturnya yang all-ini-one.

Sudah Tahu Apa Itu CMS dan Macam-Macamnya?

Nah, itu dia penjelasan tentang pengertian, cara kerja, fungsinya, dan macam macam CMS terbaik yang bisa kamu gunakan untuk membuat blog dan website.

Perlu kamu ketahui, jika kamu seorang pemula dalam dunia website, ada baiknya kamu menggunakan WordPress sebagai CMS karena lebih mudah.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar blogger influencer, influencer marketing dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password