Ini Kekurangan TikTok Shop dan Tips Memaksimalkan Penjualan!

kekurangan tiktok shop

Siapa sih yang tidak mengenal TikTok. Platform berbagi konten yang satu ini mempunyai pengguna dari berbagai belahan dunia. Platform yang mulanya khusus menyajikan konten video pendek, kini mempunyai fitur shop untuk jualan. Sebelum menggunakannya, ada baiknya mengetahui kekurangan TikTok Shop terlebih dahulu.

Fitur shop pada aplikasi asal China ini mulai banyak dilirik karena memberikan peluang yang sangat menjanjikan. Kondisi ini lantaran TikTok sedang digandrungi oleh berbagai lapisan usia. Di Indonesia, jumlah penggunanya mencapai lebih dari 90 juta akun, loh. Supaya memperluas pemahamanmu, yuk simak ulasan artikel di bawah ini.

Kelemahan TikTok Shop

Di bawah ini merupakan sejumlah kelemahan fitur shop yang sering dikeluhkan oleh penggunanya:

1. Proses Approval Lama

Cara mendaftarkan akun TikTok Shop sangat mudah dan sederhana karena kamu hanya perlu melalui tiga tahapan saja. Namun, hal yang menjadi keluhan adalah proses menunggu approval yang lumayan lama. Tim pengelola aplikasi memberikan tenggat waktu selama 7×24 jam.

Nah, apabila sudah melebihi masa tenggat namun belum juga mendapatkan approval, kamu bisa langsung menghubungi layanan customer service. Alasan calon pengguna fitur shop harus menunggu proses approval cukup lama adalah karena saat ini banyak yang mendaftarkan akun TikTok Shop.

Supaya proses tunggunya tidak bertambah lama, kamu sebaiknya mulai menghubungi pihak CS atau pihak lain yang bersangkutan.

2. Publishing Produk Lama

Kekurangan TikTok Shop berikutnya yang juga sering bikin geregetan penggunanya yaitu publishing produk lama. Hal ini sangat berbeda ketika kamu mengunggah produk di marketplace yang bisa langsung publish setelah mengisi semua informasi yang diperlukan. 

Cara mengunggah produk di TikTok memang jauh lebih simpel dan cepat. Hanya saja yang membuat lama yaitu harus melalui proses approval dari pihak pengelola aplikasi sehingga  proses menunggu publishing produk ini bahkan bisa mencapai berhari-hari. 

Nah, supaya barang yang kamu jual tidak ketinggalan trend, pastikan kamu lebih up-to-date untuk mendapatkan barang tersebut dan segera mengunggahnya. Alhasil, setelah produkmu berhasil publish, produk tersebut masih dalam suasana viral sehingga banyak yang menginginkannya.

3. Hasil Penjualan Tidak Langsung Masuk Saldo

Kekurangan TikTok Shop lainnya yang wajib kamu tahu yaitu hasil penjualan tidak langsung serta-merta masuk saldo. Jadi, jangan heran atau bingung jika nanti barang sudah diterima pembeli namun hasil penjualan belum masuk saldo.

Lagi-lagi pengguna fitur shop harus sabar karena perlu menunggu berhari-hari hingga hasil penjualan tersebut masuk ke saldo. Namun demikian, kamu nggak usah khawatir berlebihan karena kamu pasti akan mendapatkan uang penjualan tersebut. 

Atau, kamu bisa membaca kembali panduan khusus pada fitur shop maupun meminta bantuan kepada pihak layanannya supaya mendapat jalan keluar yang terbaik.

4. Proses Pindah Saldo ke Rekening Lama

Hal ini penting bagi pemilik shop ketahui (terutama yang masih memiliki modal terbatas) bahwa proses pemindahan saldo ke rekening kamu terbilang cukup lama. Aplikasi ini akan memproses pemindahan saldo hasil penjualan ke rekening selama kurang lebih 7×24 jam. 

Nah, setelah mengetahui proses pencairan dana yang cukup lama, kamu pun bisa lebih bijak dalam mengelola modal agar tetap bisa menjalankan bisnis online ini dengan baik. Dari kekurangan ini, kamu jadi bisa menemukan cara mengelola modal dengan lebih efektif.

5. Beban Biaya Admin

Kekurangan TikTok Shop yang kurang menguntungkan bagi pengguna fitur shop yaitu akan terkena beban admin yang cukup mahal. Penjual harus bersedia membayar biaya admin sebesar Rp2.000,00 untuk setiap penjualan. Hal ini tentu akan terasa berat dan kurang menguntungkan untuk produk dengan margin keuntungan yang tipis.

Lantas, bagaimana cara jualan di TikTok Shop agar tetap untung? Kamu bisa mencari supplier yang memberikan harga lebih murah sehingga tetap bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan meskipun harus membayar biaya admin. Selain itu, kamu bisa memprioritaskan produk dengan margin keuntungan yang lumayan tinggi.

6. Harga Bersaing

Alasan orang-orang lebih memilih belanja online adalah karena bisa mencari harga yang lebih murah tanpa harus repot. Namun, hal ini tampaknya menjadi tantangan tersendiri untuk seller. Persaingan harga pasar di TikTok Shop juga sangat ketat sehingga kamu harus pandai mematok harga standar.

Jika kamu ingin sedikit menaikan harga jual agar mendapatkan keuntungan, maka bisa mengimbanginya dengan mengemas produk semenarik mungkin. Tidak dipungkiri jika memberikan layanan dan pengemasan yang menarik sangat ampuh untuk membuat konsumen tergelitik ingin membeli.

Cara ini memang cukup efektif untuk bisa bersaing dengan pemilik shop yang lain. Meski begitu, beberapa kelemahan TikTok Shop tidak semuanya bisa kamu atasi karena sudah jadi wewenang dari pihak penyedia layanannya. 

Namun, kamu bisa meminimalisir dampak dari kelemahan tersebut dengan melakukan beberapa tips menaikkan pendapatan di TikTok Shop.

Cara Atasi Kelemahan dan Tingkatkan Penjualan di TikTok Shop

Setelah mengetahui beberapa kekurangan TikTok Shop, kamu bisa simak beberapa tips jitu untuk mendongkrak penjualan dan semangat mengelola toko di bawah ini:

1. Mengoptimalkan Katalog Produk

Saat belanja online, konsumen tidak bisa melihat barang secara langsung namun bisa mengetahuinya dari katalog. Supaya konsumen merasa tertarik dan yakin dengan produk yang kamu jual, maka optimalkan tampilan katalog dengan membuat desain khas dan menarik. Pastikan pula kamu memberikan identitas toko seperti logo.

Selain itu, berikan deskripsi sesuai dengan karakter produk agar konsumen dapat mengetahui informasi lengkapnya. Semakin detail informasi yang kamu berikan, maka akan semakin baik pula untuk menggaet calon pembeli.

Baca juga:

2. Bujuk Audiens ke TikTok Shop

Dalam rangka mengatasi kekurangan TikTok Shop yang telah dipaparkan pada poin-poin di atas, kamu bisa memaksimalkan penjualan dengan cara mengarahkan audiens agar mengunjungi laman belanja. 

Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara membuat konten dengan menyertakan CTA (Call to Action) dan link menuju laman tersebut. Pastikan CTA yang kamu buat bersifat persuasif tanpa terkesan terlalu memaksa.

Usahakan membuat konten yang kreatif, menarik, dan menggunakan sound yang sedang viral. Jika kamu memegang pedoman tersebut, kemungkinan besar konten bisa masuk FYP. Nah, apabila konten tersebut viral, tentu akan semakin banyak pengguna TikTok yang mengunjungi tokomu.

Alhasil, makin besar juga peluang mereka membeli produk jualanmu. Semakin banyak yang beli maka semakin besar juga keuntungan yang akan kamu raih. Jadi, beban biaya admin tidak terlalu memengaruhi jumlah keuntunganmu.

3. Gencar Melakukan Promosi

Promosi adalah sebuah keharusan bagi setiap pemilik usaha agar produk tersebut bisa dikenal luas. Supaya produk lebih mudah mendapatkan perhatian masyarakat, khususnya pengguna TikTok, tentu kamu harus lebih gencar mempromosikannya.

Sebaiknya, kamu membuat jadwal rutin untuk membuat unggahan konten promosi. Kamu juga wajib mengetahui prime time di platform ini supaya bisa mendapatkan banyak viewers. Jika gencar melakukan promosi, maka kekurangan TikTok Shop tidak akan menjadi masalah yang berarti untuk jualanmu.

4. Menggandeng Influencer

Meningkatkan penjualan juga bisa kamu lakukan dengan menjalin kerja sama bersama influencer terkenal. Supaya tepat sasaran, kamu perlu memilih influencer yang sudah memiliki banyak followers. 

Pertimbangan lain yang perlu kamu perhatikan saat akan menjalin kerja sama yaitu memilih influencer yang sesuai dengan produkmu. Apabila kamu menjual produk makanan atau alat masak, tentu akan lebih tepat menggandeng influencer dengan konten masakan. 

Namun, jika kamu menawarkan produk kecantikan atau skincare, maka bisa memilih influencer yang gemar membuat konten review kosmetik atau produk kecantikan dan perawatan lainnya.

Sudah Tahu Cara Mengatasi Kekurangan TikTok Shop?

Demikian ulasan mengenai kelemahan TikTok Shop dan tips jitu untuk meningkatkan penjualan.

Pada dasarnya, setiap platform jualan online mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Jika kamu bisa lebih fokus pada hal positif, kekurangan ini bisa menghasilkan ide dan solusi kreatif agar mampu mendongkrak penjualan.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password