Karakter Pengguna TikTok Beserta Minatnya

Karakter Pengguna Tiktok

Karakter pengguna TikTok bisa kamu lihat dari fakta yang biasa dilakukan oleh para pengguna TikTok, terutama untuk pengguna Indonesia. 

Pasalnya, fakta-fakta ini bisa kamu jadikan sebagai insight bagi para pemasar yang memang ingin memanfaatkan aplikasi TikTok sebagai media komunikasi untuk brandnya. 

Setelah 2 tahun berkiprah di Indonesia, sederet prestasi pun sudah berhasil diraih. Salah satunya adalah dengan menjadi aplikasi hiburan nomor 1 pada App Store Indonesia. 

Selain itu, aplikasi TikTok ini juga menerima penghargaan dari Google Play sebagai sebuah aplikasi paling menghibur dan aplikasi terbaik. 

Mengenal TikTok

TikTok merupakan sebuah platform video berdurasi pendek terdepan di dunia. Misi dari pembuatan aplikasi TikTok ini adalah untuk menginspirasi dan menambah pengalaman dari para penggunanya. 

Nah, melalui TikTok ini tentunya kamu bisa menggunakannya untuk mengekspresikan kreativitas, pengalaman asli, sekaligus memberikan informasi positif untuk orang lain yang melihatnya. 

Perlu kamu ketahui juga, bahwa setiap pengguna media sosial, tanpa terkecuali TikTok memiliki karakternya masing-masing. 

Head of Content and User Operations dari Tiktok Indonesia, Angga Anugrah Putra sendiri mengungkapkan bahwa penonton TikTok dari Indonesia bisa menonton lebih dari 100 video per harinya. 

Jika berbicara mengenai karakteristik pengguna, apa saja sih fakta dan karakteristik dari aplikasi TikTok yang perlu kamu ketahui? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!


Karakter Pengguna TikTok Beserta Minatnya

Tentunya memang sudah bukan rahasia lagi jika banyak respon negatif tentang TikTok. Penilaian ini entah berasal dari orang yang sudah membuat akun atau memang hanya sekedar ikut apa kata orang lain saja. 

Untuk itu, berikut ini ada beberapa karakter pengguna TikTok yang perlu kamu ketahui. Tujuannya adalah agar bisa kamu jadikan sebagai insight dalam komunikasi brand. 

Baca Juga:   Fitur Collaboration Instagram: Cara Menggunakan dan Manfaat.

Hanya 29 Menit

Para pengguna aplikasi TikTok yang berasal dari Indonesia memang rata-rata akan menghabiskan waktu selama 29 menit untuk tidak hanya menonton video TikTok saja. 

Namun, para pengguna ini juga ikut menciptakan, menemukan, dan berbagi video pada platform tersebut. Itu artinya, bahwa para pengguna aplikasi TikTok yang berasal dari Indonesia ini bisa menonton lebih dari 100 video per harinya. 

Hal ini tentunya memang tidak bisa kamu jadikan sebagai patokan. Namun, memang rata-rata pengguna TikTok akan menghabiskan waktu 29 menit tersebut. 

Bahkan, waktu itu bisa lebih, tergantung dengan kebutuhan dan keinginan dari para penggunanya sendiri. Karena memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini semua hal bisa didapatkan dengan mudah melalui internet. 

Memiliki 3 Kategori 

Selain rata-rata waktu penggunaan aplikasi TikTok adalah 29 menit, ternyata ada fakta lain yang perlu kamu ketahui mengenai karakteristik dari para penggunanya. 

Pada aplikasi TikTok sendiri telah menyediakan 3 kategori yang bisa kamu pilih. 3 kategori ini bisa kamu gunakan untuk kategori pembuatan konten nantinya. 

3 kategori yang dimaksudkan diantaranya adalah sebagai berikut. 

  • Fashion. 
  • Makanan. 
  • Komedi. 

Ketiga kategori ini merupakan konten yang paling disukai oleh para pengguna TikTok di Indonesia. Meskipun sebenarnya aplikasi TikTok ini memberikan penawaran yang cukup beragam atas jenis kontennya. 

Ada juga hal menarik yang perlu kamu ketahui mengenai karakter pengguna TikTok terkait algoritma yang digunakan Youtube, merupakan algoritma yang juga digunakan pada aplikasi Tiktok. 

Dengan begitu, maka ketika kamu menyukai konten mengenai makanan, maka video makanan yang lainnya pun akan banyak dilihat juga. 

Artinya, semakin sering para pengguna Tiktok ini menonton konten kesukaannya tersebut, maka akan ada lebih banyak rekomendasi yang sudah dipernalisasikan. 

Baca Juga:   Begini Cara Kerja Algoritma TikTok. Wajib Tahu!

Banyak Konten

Video yang memang banyak disukai oleh para pengguna TikTok di Indonesia adalah video yang menawarkan beragam konten di dalamnya. 

Hal ini terbukti dengan perjalanan TikTok selama 2 tahun terakhir. Video terpopuler dari TikTok Indonesia yang cukup populer adalah tentang bagaimana cara membuat Risoles dari Yackikuka. 

Video ini bahkan sudah sangat terkenal dengan lebih dari 750 ribu likes. Sementara itu, video yang Anna Queen yang merupakan seorang penata make up juga sukses meraih banyak likes. 

Dalam video tersebut terlihat bahwa Anna Queen sedang menunjukkan salah satu acara make up atas seorang pelanggannya. Dari video tersebut, Anna Queen berhasil mendapatkan lebih dari 900 ribu likes. 

Dengan Mengikuti Berbagai Tantangan

Orang Indonesia memang kebanyakan tidak akan menyukai tantangan. Namun, ternyata orang Indonesia memiliki karakter pengguna Tiktok terhadap tontonan video yang berisikan tantangan. 

Seperti halnya pada tantangan dengan hashtag #EkspresiMerdeka yang bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Konten video ini bahkan sudah mendapatkan 4,9 juta viewers. 

Sementara itu, untuk konten dengan hashtag #ColorfulMedan yang berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kota Medan sendiri sudah mampu meraih 24,3 juta viewers. 

Angka ini merupakan salah satu pencapaian yang cukup baik dan dapat membuktikan bahwa memang orang Indonesia sendiri lebih senang melihat video dengan konten tantangan, daripada harus menjalani tantangan itu sendiri. 

Filter TikTok

Meskipun memang ada beberapa orang yang merasa bahwa menua itu mengerikan. Maka, bagi para pengguna Tiktok yang ada di Indonesia sendiri sangat penasaran melihat dirinya di 10 hingga 20 tahun kedepan. 

Rasa penasaran ini ternyata bisa kamu coba dengan sebuah filter TikTok yang bernama grown old. Filter ini ternyata menjadi salah satu filter TikTok yang paling populer. 

Selain filter grown old ini sangat menarik untuk kamu coba, masih ada filter lain yang tidak kalah menariknya. Filter yang cukup populer bagi para pengguna TikTok Indonesia adalah flower ring. 

Baca Juga:   Highlight Instagram: Pengetian, Manfaat, dan Cara Mengoptimalkannya

Filter flower ring ini akan menjadikan wajah para penggunanya terlihat lebih cantik. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan hiasan berupa bunga pada bagian kepala. 

Payung Hukum TikTok

Selain beberapa fakta yang sudah disebutkan diatas mengenai karakter pengguna TikTok, tentu ada fakta lain yang perlu kamu ketahui. 

Aplikasi TikTok ini ternyata sudah memiliki hukum tersendiri yang akan memayunginya. Hukum yang mengatur tentang TikTok ini sudah tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019. 

Peraturan tersebut berisikan tentang penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik. Pihak pendiri dan pengembang TikTok pun sudah memastikan bahwa akan selalu mematuhi segala bentuk peraturan dari pemerintah tersebut. 

Berdasarkan PP 71, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sendiri akan memberikan denda sebesar 100 juta per kontennya kepada pihak penyelenggara sistem elektronik yang terbukti menyiarkan konten pornografi pada platformnya tersebut. 

Terlepas dari peraturan tersebut, pihak TikTok juga memang tidak memperbolehkan adanya konten yang berisikan pornografi pada platformnya tersebut.


Kesimpulan

Itulah beberapa karakter pengguna TikTok beserta minatnya yang perlu kamu ketahui. Dengan karakteristik pengguna ini tentunya akan lebih memudahkan pihak pengembangg untuk terus melakukan optimasi terhadap platform tersebut. 

Selain itu, dari pemisahan pengguna TikTok berdasarkan karakteristiknya ini juga bisa lebih memudahkan untuk membaca kebutuhan pengguna dan apa yang sedang populer menjadi kesukaan pengguna.


Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, marketing influencer, hingga social media influencer tentunya hanya di influencer101.id.

Baca juga: 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password