Karakter Pengguna Instagram Beserta Minatnya!

Karakter Pengguna Instagram

Instagram menjadi salah satu media sosial yang saat ini menarik untuk kamu pasangkan iklan. Namun, sebelum menentukan untuk memasang iklan milik kamu, kamu harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana saja karakter dari pengguna instagram itu sendiri.

Hal itu bisa kamu ketahui dengan mempelajari demografis pengguna instagram sebelumnya. Maka dari itu, langsung saja berikut pembahasan terkait demografis dari pengguna instagram. Simak selengkapnya!


Demografis Pengguna Instagram

Poin penting yang harus kamu ketahui sebelum masuk ke pembahasan terkait karakter pengguna instagram adalah demografis pengguna instagram. Berbicara mengenai demografis pengguna instagram, sudah pasti hal yang akan dibahas berkaitan erat dengan bagaimana perilaku dari sebagian besar pengguna instagram.

Berikut pembahasan lengkap demografis pengguna instagram yang wajib kamu simak!

Demografis Pengguna Instagram Secara Umum

Secara umum, pengguna instagram bisa kamu ketahui bagaimana demografisnya. Ini menjadi hal yang penting untuk kamu ketahui sebelum masuk ke karakter pengguna instagram itu sendiri.

Poin pertama yang akan kamu temukan adalah terkait fakta bahwa 9 dari 10 pengguna instagram, memilih untuk mengikuti paling tidak satu akun bisnis. Akun bisnis yang mereka ikuti ini biasanya sesuai dengan minat yang mereka miliki. Dengan begitu, mereka bisa menemukan minat mereka pada instagram.

Selanjutnya kamu juga akan menemukan fakta bahwa hampir setengah dari pengguna instagram juga merupakan pengguna aplikasi TikTok. Ini menandakan bahwa pengguna instagram rata rata menyukai konten dalam bentuk video.

Kemudian data statistik juga menunjukkan bahwa sekitar 3 dari 10 orang masih belum memahami bahwa Instagram dan Whatsapp berada di bawah Facebook. Ini menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna Instagram masih belum mengetahui bahwa Facebook sendiri merupakan pemilik dari instagram yang mereka gunakan.

Demografis Usia Pengguna Instagram

Demografis pengguna instagram yang harus kamu ketahui berikutnya sebelum masuk ke karakter adalah terkait demografis usia. Dalam hal ini, kamu juga bisa melihat berapa usia dari sebagian besar pengguna instagram. Tentunya dengan melihat data statistik yang sudah diambil sebelumnya.

Data statistik menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna instagram yang menghabiskan waktu paling banyak adalah pengguna dengan usia yang muda. Biasanya pengguna tersebut memiliki usia dengan kisaran antara 18 tahun hingga 24 tahun.

Ketika pengguna instagram tersebut memiliki usia yang muda, maka mereka akan membuka instagram lebih dari satu kali setiap harinya. Berbeda dengan yang sudah berumur. Biasanya mereka hanya membuka instagram sesekali saja untuk mendapatkan berita terkini.

Baca Juga:   Mengenal Apa Itu Social Media Officer dan Tugasnya

Selain itu, data statistik juga menunjukkan bahwa 11% orang tua di AS memiliki anak berusia antara 9 hingga 11 tahun yang sudah memiliki akun instagram. Padahal, berdasarkan kebijakannya, instagram mengharuskan penggunanya memiliki usia paling tidak 13 tahun ke atas.

Demografis Lokasi Pengguna Instagram

Kemudian demografis lokasi pengguna instagram juga perlu kamu ketahui sebelum membahas karakter pengguna instagram. Demografis lokasi dalam hal ini akan menunjukkan lokasi manakah yang biasanya terdapat paling banyak pengguna dari aplikasi instagram itu sendiri.

Berdasarkan data statistik yang ada, data tersebut menunjukkan bahwa pengguna instagram sebagian besar memiliki tempat tinggal di wilayah perkotaan. Hal itu merupakan kesimpulan dari data yang berasal dari AS. Data tersebut menunjukkan persebaran lokasi pengguna instagram.

Dengan melihat data statistik yang ada, kamu bisa menyimpulkan bagaimana persebaran pengguna instagram itu sendiri. Sekitar 46% pengguna instagram memiliki tempat tinggal di wilayah perkotaan. Kemudian 35% berlokasi di daerah pinggiran kota dan sekitar 21% memiliki tempat tinggal di pedesaan.

Demografis Gender Pengguna Instagram

Poin berikutnya yang penting untuk kamu ketahui adalah terkait demografis gender pengguna instagram. Sebelum masuk ke pembahasan terkait karakter pengguna instagram, kamu juga perlu mengetahui demografis yang satu ini agar lebih mudah memahaminya nanti.

Berbicara mengenai demografis gender dari pengguna instagram itu sendiri, data statistik mengatakan bahwa penggunanya mayoritas adalah wanita. Hal tersebut merupakan kesimpulan berdasarkan data statistik di AS. Kesimpulan tersebut tentunya diambil setelah menganalisa data statistik yang ada.

Berdasarkan data statistik, pengguna instagram wanita memiliki persentase sekitar 43% memiliki jenis kelamin wanita. Kemudian ada sekitar 31% yang mengklaim bahwa dirinya merupakan pengguna berjenis kelamin laki-laki. Sedangkan untuk sisanya memilih untuk tidak mengungkapkan jenis kelamin mereka.

Namun, hal itu berbeda dari pengguna di India yang menunjukan bahwa pengguna laki-laki lebih banyak. Hal ini terjadi karena sebagian besar wanita di India tidak menyadari dan tidak mengetahui adanya internet itu sendiri.

Demografis Minat Pengguna Instagram

Poin terakhir yang harus kamu ketahui sebelum membahas karakter pengguna instagram adalah terkait demografis minat. Pastikan kamu mengetahui demografis minat pengguna instagram agar kamu bisa mengetahui apakah kamu cocok memasarkan produk mu menggunakan instagram ini.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa sekitar 91% pengguna instagram memiliki akun instagram untuk menyalurkan minat mereka. Jumlah tersebut sangatlah besar sehingga penting untuk kamu benar-benar memahami hal yang satu ini.

Berdasarkan data statistik yang ada, sebagian besar pengguna instagram memiliki minat dalam dunia travelling. Hal itu merupakan kesimpulan dari data yang menunjukan terdapat 45% pengguna instagram menyukai travelling. Kemudian ada sekitar 44% menyukai dunia musik dan 43% menyukai bisnis kuliner.

Baca Juga:   Ukuran Foto Profil Instagram Ideal yang Perlu Kamu Perhatikan

Berbeda halnya dengan mayoritas pengguna yang berada di India. Mereka memiliki minat dalam dunia teknologi. Sedangkan untuk Argentina, Brazil, Korea dan Turki, rata rata penggunanya memilih film sebagai minat utama mereka saat menggunakan instagram ini.


Karakter Pengguna Instagram Beserta Minatnya

Kurang lebih seperti itulah demografis pengguna instagram. Selanjutnya, saatnya masuk ke pembahasan utama terkait karakter pengguna instagram. Langsung saja, berikut pembahasannya!

Paling Tidak Mengikuti Satu Akun Suatu Bisnis Tertentu

Karakter pengguna instagram yang pertama adalah penggunanya mengikuti paling tidak satu akun bisnis tertentu. Seperti yang sudah ada pada pembahasan demografis secara umum, data statistik menunjukan bahwa 9 dari 10 pengguna instagram mengikuti minimal satu akun bisnis.

Hal ini menunjukkan bahwa sebagian pengguna instagram memang menggunakan instagram untuk menyalurkan minat mereka. Hal ini penting untuk kamu perhatikan agar kamu tidak salah dalam memilih target pasar kamu. Pastikan kamu sudah mengetahui siapa saja yang sekiranya cocok untuk kamu jadikan target.

Dalam hal ini, contohnya jika ada suatu akun mengikuti sebuah akun bisnis di bidang teknologi, maka tidak sesuai untuk kamu jadikan target jika usahamu bergerak di bidang kosmetik. Kamu harus memilih pengguna yang mengikuti paling tidak satu akun bisnis di bidang kosmetik untuk menjadi target iklan dari produk mu itu.

Mayoritas Penggunanya Adalah Wanita

Karakter pengguna instagram yang selanjutnya adalah sebagian besar memiliki jenis kelamin wanita. Hal ini bisa kamu ketahui dari demografis gender pengguna instagram yang sudah ada pada pembahasan sebelumnya. Data statistik menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna instagram adalah wanita.

Melihat hal tersebut, kamu pasti bisa memahami bagaimana minat dari sebagian besar pengguna instagram ini. Karena sebagian besar adalah wanita, maka produk yang cocok untuk pengguna instagram ini adalah seputar fashion dan kosmetik. 

Ketika kamu memiliki usaha di bidang tersebut, akan sangat cocok jika kamu memanfaatkan iklan di instagram untuk bisnis milik kamu. Karena sebagian besar pengguna instagram adalah wanita, maka audiens mu juga akan merasa tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.

Dalam hal ini, tidak semua wanita menyukai fashion dan kosmetik. Maka dari itu, penting untuk kamu ketahui apa minat dari kebanyakan pengguna wanita tersebut. Bisa jadi mereka lebih suka teknologi karena terlihat menarik daripada fashion dan kosmetik yang sudah biasa bagi mereka.

Sebagian Besar Pengguna Instagram Memiliki Usia Produktif

Karakter pengguna instagram berikutnya adalah memiliki usia produktif. Ini terlihat dari demografis usia pengguna instagram yang sudah ada pada pembahasan sebelumnya. Terlihat bahwa sebagian besar pengguna instagram memiliki usia dalam masa produktif yaitu sekitar 18 hingga 24 tahun.

Baca Juga:   Podcast adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya

Melihat hal tersebut, tentunya kamu bisa menyadari bahwa pengguna instagram biasanya memiliki minat dalam hal pengembangan diri. Hal itu karena biasanya mereka sedang mencari jati diri di usia yang produktif ini.

Biasanya mereka akan sangat tertarik dengan hal-hal yang berbau pelatihan gratis dan sebagainya. Hal itu menarik karena di usia produktif ini, mereka bisa terus meningkatkan kemampuan milik mereka. Selain itu, mereka juga bisa mendapatkan kemampuan baru ketika mengikuti pelatihan semacam itu.

Biasanya Tinggal Di Daerah Perkotaan

Berdasarkan demografis lokasi pada pembahasan sebelumnya, kamu dapat mengetahui bahwa sebagian besar pengguna instagram memiliki karakter bertempat tinggal di daerah perkotaan. Hal ini terjadi karena biasanya lancarnya koneksi internet sehingga sangat nyaman untuk berselancar di instagram.

Dengan mengetahui hal itu, kamu bisa menyadari minat dari masyarakat perkotaan. Biasanya mereka akan tertarik dengan berbagai hiburan. Hal itu karena masyarakat perkotaan memiliki kesibukan yang sangat tinggi. Sehingga mereka seringkali merasa kurang istirahat dan kurang hiburan.

Untuk itu, sangat cocok bagi kamu ketika menawarkan berbagai layanan yang sekiranya bisa membantu masyarakat perkotaan dalam menghilangkan stress mereka. Kamu bisa memanfaatkan instagram untuk mempromosikan layanan milik kamu. Dengan begitu, akan banyak pengguna instagram yang merasa tertarik.

Sebagian Besar Menyukai Travelling

Karakter pengguna instagram yang terakhir adalah menyukai kegiatan travelling atau liburan. Berdasarkan demografis minat pengguna instagram, hal ini bisa kamu ketahui dengan sangat jelas. Terlihat bahwa sebagian besar pengguna instagram memiliki minat yang lebih tinggi pada dunia travelling.

Hal ini karena mereka biasanya menggunakan instagram untuk mengunggah momen momen mereka saat travelling atau liburan tersebut. Biasanya mereka akan memamerkan momen momen baik bersama keluarga, pasangan, maupun teman  dekat. Untuk itu, tidak aneh jika sebagian besar pengguna instagram memiliki ketertarikan di dunia travelling. 

Melihat hal tersebut, tentunya kamu bisa menawarkan layanan sejenis fotografer maupun editing kepada mereka. Melihat tingginya minat travelling tersebut, pengguna instagram pasti akan lebih nyaman ketika ada seorang fotografer yang bisa mengabadikan momen momen mereka ketika travelling.


Itulah Dia Karakter Pengguna Instagram Beserta Minatnya

Sudah paham bagaimana karakter pengguna instagram? Setelah memahaminya, pastinya kamu menjadi lebih mengerti strategi apa yang harus kamu lakukan untuk beriklan di instagram. Pastikan pelajari karakter tersebut dengan baik agar iklan yang kamu sajikan nanti bisa bekerja dengan optimal.


Dapatkan berbagai insight maupun tips seputar influencer, berita influencer, influencer marketing, hingga social media influencer tentunya hanya di influencer101.id.

Baca juga: 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password