Kapan Waktu Terbaik Posting Blog? Ketahui Primetime-nya di Sini!

waktu terbaik posting blog

Waktu terbaik posting blog menjadi salah satu hal penting yang perlu kamu ketahui, supaya jumlah pengunjung blog milikmu banyak.

Lantas, kapan sih waktu yang tepat untuk mengunggah konten di blog?

Untuk menjawab rasa penasaran kamu, simak artikel berikut ini, yuk!

Pembagian Waktu Terbaik Posting Blog

Mengunggah posting-an di blog harus dilakukan di waktu yang tepat. Namun, kenyataannya tidak semua pemilik blog tahu kapan waktu terbaik posting blog, sehingga jumlah pengunjung yang didapatkan tidak mencapai target.

Nah, jika kamu juga mengalami masalah tersebut, berikut pembagian waktu yang tepat.

1. Waktu Terbaik Posting Blog untuk Pageviews Maksimal

Pageviews merupakan salah satu istilah dalam website atau blog yang cukup populer. Istilah ini merujuk pada jumlah halaman pada blog milikmu yang dibuka oleh pengunjung.

Perhitungan jumlah pageviews ini cukup sederhana, Misalnya, pengunjung membuka halaman blog milikmu satu kali, maka jumlah pageviews blog milikmu berjumlah satu. Namun, jika pengunjung tersebut melakukan re-fresh atau membuka konten lain di blog milikmu, maka jumlah pageviews pun akan ikut bertambah.

Nah, untuk meningkatkan jumlah pageviews ini, kamu perlu mempertimbangkan kapan waktu terbaik posting blog yang bisa kamu lakukan. Menurut Dan Zarrella, waktu terbaik mengunggah konten supaya mendapatkan jumlah pageviews yang banyak adalah pagi hari sekitar jam 9.

Alasan mengapa waktu tersebut sangat ideal untuk membagikan konten adalah orang-orang masih belum terlalu sibuk dengan rutinitasnya saat bekerja. Misalnya, beberapa orang akan cenderung membuka media online sambil menunggu pekerjaan yang masuk.

Usahakan posting-an blog tersebut kamu unggah di weekdays atau hari-hari sibuk. Misalnya, hari Senin sampai hari Jumat. Namun, idealnya untuk meningkatkan traffic pada blog milikmu adalah hari Senin. 

Sedangkan hari Selasa hingga Jumat orang-orang cenderung fokus menyelesaikan pekerjaan agar bisa menikmati weekend.

Nah, momen luang inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk mengunggah konten di blog milikmu supaya mendapat jumlah pageviews yang memuaskan. Supaya menarik jumlah pengunjung, pastikan konten yang akan kamu unggah menarik, ya.

Misalnya, blog milikmu fokus dengan tema lifestyle. Buatlah headline atau judul yang menarik sesuai dengan tema tersebut. Contoh judul blog yang bisa kamu buat adalah “5 Tips Mencapai Work Life Balance Ini Bisa Bikin Kamu Makin Happy”.

Jika permasalahan judul atau headline sudah menarik, maka buatlah time schedule untuk mengunggah posting-an tersebut ke blog milikmu. Karena fokus utama kamu adalah ingin mendapatkan jumlah pageviews yang banyak, sehingga waktu terbaik posting blog yang bisa kamu pilih adalah hari Senin pukul 9 pagi.

Usahakan untuk konsisten mengunggah posting-an tersebut di hari Senin pukul 9 pagi setiap minggunya. Maka, dalam satu bulan kamu harus mengunggah 4-5 posting-an di blog.

2. Waktu Terbaik untuk Mendapatkan Banyak Komentar

Jika blog milikmu ingin mendapatkan banyak komentar, tentu saja kamu juga harus mempertimbangkan kapan waktu terbaik posting blog.

Jika waktu terbaik posting blog untuk mendapatkan jumlah pageviews yang banyak adalah sekitar pukul 9 pagi. Maka, waktu terbaik untuk mendapatkan banyak komentar di blog milikmu idealnya sekitar pukul 8 pagi sampai pukul 11 siang.

Lakukanlah publishing konten di hari weekend, seperti Sabtu dan Minggu. Biasanya di hari weekend ini orang-orang lebih santai dan memiliki banyak waktu untuk membuka media online sekaligus memberikan respon atau tanggapan mereka terhadap konten yang mereka lihat.

Sebaiknya, hindari mengunggah konten lebih dari jam 11 siang. Sebab, target audiens cenderung akan bepergian atau menyusun rencana untuk berkumpul di akhir pekan bersama teman atau keluarga. Sehingga, akan mempengaruhi jumlah komentar yang kamu dapatkan nantinya.

Selain mendapatkan banyak komentar, blog milikmu juga berpeluang mendapatkan pageviews yang banyak, lho. Oleh karena itu, jadikanlah weekend sebagai waktu terbaik posting blog milikmu.

Kamu bisa mem-publish konten di hari Sabtu atau Minggu. Bahkan, kamu juga bisa mem-posting secara bersamaan, yaitu di hari Sabtu dan Minggu, tentu saja dengan pembahasan yang berbeda.

Contoh, hari Sabtu pukul 9 pagi kamu mem-posting konten tentang “7 Kebiasaan Buruk di Usia 25 yang Harus Kamu Tinggalkan”. Kemudian, di hari Minggu kamu kembali mem-posting konten dengan tema yang sama, tapi beda pembahasan. Misalnya, “Dapat Menurunkan Produktivitas, Begini Cara Mudah Atasi Stress”.

Semakin menarik judul dan isi yang kamu buat, maka semakin banyak pula komentar dan pengunjung blog milikmu. Tetaplah konsisten membuat dan mem-publish konten di blog mengikuti jadwal waktu terbaik posting blog yang sudah kamu buat.

3. Waktu Terbaik untuk Mendapatkan Inbound Link

Inbound link juga termasuk salah satu istilah dalam website atau blog yang populer. Inbound link atau istilah lainnya backlink merupakan sebuah link yang berada di blog atau website pihak ketiga dan akan mengarah pada blog milikmu. Jika pengunjung melakukan aksi berupa klik link.

Memasukkan inbound link atau backlink ini juga bermanfaat untuk meningkatkan jumlah pengunjung sekaligus komentar di blog milikmu. Dalam hal ini, kamu perlu menjalin kerja sama dengan pihak ketiga yang memiliki reputasi bagus sekaligus memiliki pembaca setia yang cukup banyak.

Selain bekerja sama dengan pihak ketiga, kamu juga bisa menyisipkan atau menempatkan inbound link di salah satu posting-an blog milikmu.

Contoh, kamu menempatkan link seputar “7 Kebiasaan Buruk di Usia 25 yang Harus Kamu Tinggalkan” di posting-an “5 Tips Mencapai Work Life Balance Ini Bisa Bikin Kamu Makin Happy”.

Lantas, kapan waktu terbaik posting blog tersebut? Jawabannya adalah weekdays, yaitu mulai dari hari Senin hingga Kamis pukul 7 pagi. Kamu tidak disarankan untuk mem-posting konten di hari Jumat, meski hari tersebut masih masuk ke dalam kategori weekdays.

Alasannya sangat sederhana, yaitu hari Jumat adalah penghujung hari masuk kerja sebelum memasuki hari libur. Tentu saja para pekerja akan memanfaatkan hari Jumat untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Artinya, mereka lebih fokus menyelesaikan pekerjaan ketimbang membuka media online, apalagi di pagi hari.

Jadi, inilah kenapa hari Senin hingga Kamis pukul 7 pagi mendapatkan istilah the most inbound link on. Oleh karena itu, jika kamu ingin menyisipkan backlink atau inbound link, pilihlah waktu terbaik posting blog di hari Senin atau Kamis pukul 7 pagi, ya.

Yuk, Tentukan Waktu Terbaik untuk Posting Blog Milikmu!

Mengembangkan situs blog memang tidak mudah. Namun, jangan jadikan ini sebagai masalah atau penghalang kamu untuk sukses menjadi blogger terkenal.

Selain terus belajar bagaimana membuat konten-konten blog yang menarik, kamu juga perlu mengetahui kapan waktu terbaik posting blog yang tepat.

Kamu bisa menyusun time schedule mem-posting blog sesuai dengan pembagian waktu terbaik yang sudah dijelaskan di atas.

Dengan mengikuti pembagian waktu tersebut, maka jumlah pageviews blog milikmu pun akan banyak.


Temukan inspirasi lainnya seputar blogger influencer, marketing influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id 

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password