Jenis Layanan Hosting dan Tips Memilih Layanan yang Tepat

jenis jenis layanan hosting

Untuk kamu yang sudah atau ingin memiliki sebuah website, mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata hosting. Namun apakah kamu sudah mengetahui jenis layanan hosting apa saja yang tersedia saat ini, dan manakah yang paling cocok untuk kamu?

Secara umum hosting adalah sebuah layanan yang nantinya bisa kamu gunakan untuk menempatkan domain atau website di dalamnya. Umumnya juga dalam sebuah jenis layanan hosting, kamu juga bisa menempatkan atau membuat beberapa website di dalamnya sesuai dengan jenis layanan hosting seperti apa yang kamu pilih.

Pemilihan hosting yang tepat sesuai dengan kebutuhan, merupakan langkah awal yang perlu kamu perhatikan agar nantinya kamu tidak terkendala beberapa hal seperti keterbatasan ruang hosting, masalah server, dan beberapa kendala lainnya.

7 Jenis Layanan Hosting

Saat ini umumnya terdapat beberapa jenis layanan hosting yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu mulai dari akses server, kapasitas, sampai dengan tingkat keamanannya. Berikut ini adalah jenis-jenis layanan hosting yang bisa kamu pilih.

1. Shared Hosting

Jenis layanan hosting yang pertama adalah shared hosting. Shared hosting adalah pilihan utama yang biasanya paling sering ditawarkan oleh para penyedia layanan hosting karena cocok untuk orang-orang yang masih pemula dan belum memiliki pengalaman dalam hal membuat dan menjalankan sebuah website.

Jenis layanan hosting ini juga merupakan pilihan yang sangat cocok untuk kamu yang memiliki sebuah website baru dan belum memiliki jumlah kunjungan yang cukup tinggi. Shared hosting ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang perlu kamu ketahui.

Kelebihan dari shared hosting adalah memiliki sifat fully managed yang artinya untuk  segala yang berkaitan dengan server mulai dari pengelolaan dan konfigurasi menjadi tanggung jawab pihak penyedia layanan hosting. Untuk pengelolaan juga sangat mudah karena kamu sudah terbantu dengan kehadiran cPanel yang bisa kamu gunakan. Selain itu untuk harga shared hosting juga sangat terjangkau.

Kekurangan dari shared hosting adalah dari sisi sumber daya yang dapat kamu gunakan cukup terbatas. Sesuai dengan namanya, untuk server kamu akan berbagai dengan pengguna lainnya. Selain itu shared hosting ini memiliki keterbatasan jika kamu ingin melakukan konfigurasi server yang ingin kamu lakukan.

2. Cloud Hosting

Jenis layanan hosting yang kedua adalah cloud hosting. Cloud hosting hampir serupa dengan shared hosting. Beberapa kelebihan, keunggulan dan kemudahan dari shared hosting juga hadir di cloud hosting. Perbedaannya cloud hosting dengan shared hosting terletak pada keunggulan dari cloud hosting ini sendiri.

Keunggulan cloud hosting adalah ada pada mekanisme penyimpanan data-data website kamu. Data-data website kamu akan tersimpan pada beberapa server yang dimiliki oleh penyedia layanan hosting. 

Karena hal tersebut, jika terjadi suatu masalah pada sebuah server yang saat ini kamu gunakan, maka tidak akan mengganggu website kamu karena website akan menggunakan server lainnya.

Kekurangan dari cloud hosting adalah dari sisi harga tentunya akan lebih mahal jika membandingkannya dengan jenis layanan hosting yang sebelumnya yaitu shared hosting.

Baca Juga:   Apa itu CPC? Pengertian dan Cara Mengoptimalkanya!

3. VPS Hosting

Jenis layanan hosting yang berikutnya adalah VPS hosting atau disebut juga dengan Virtual Private hosting. VPS hosting hampir serupa dengan shared hosting dimana kamu akan berbagi server dengan pengguna lainnya, hanya saja terdapat perbedaan dari sisi server yang bisa kamu nikmati.

Beberapa kelebihan dari VPS hosting yang tersedia dari sisi server adalah seperti kamu bebas untuk memilih sistem operasi server dan menentukan jenis panel kontrol. Kamu juga diberikan kebebasan melakukan root access serta kamu akan mendapatkan dedicated IP.

Kelemahan atau kekurangan dari VPS hosting tentunya adalah dari segi harga akan lebih mahal. Selain hal tersebut, karena kamu mendapatkan akses ke server, maka kamu perlu memiliki pengetahuan dalam beberapa hal tentang server seperti pengaturan server dan pengetahuan teknis lainnya yang berkaitan dengan server.

4. Dedicated Hosting

Jenis layanan hosting yang bernama dedicated hosting ini adalah pilihan tepat untuk kamu yang sudah memiliki sebuah website yang memiliki jumlah kunjungan website yang cukup tinggi. 

Dedicated hosting ini adalah layanan yang akan memberikan kamu server tersendiri yang hanya khusus untuk kamu sehingga kamu tidak lagi berbagi server dengan pengguna lainnya.

Kelebihan dari dedicated hosting selain server yang hanya khusus untuk kamu seorang adalah tersedianya kapasitas yang cukup besar yang bisa kamu gunakan. Selain itu juga layanan hosting ini juga memiliki keunggulan seperti VPS hosting yaitu mulai dari kebebasan untuk memilih sistem operasi server, jenis layanan panel kontrol, root access, dan dedicated IP.

Kekurangan dari dedicated hosting adalah dari segi harga yang terbilang paling mahal jika membandingkannya dengan layanan hosting sebelumnya. Selain hal tersebut, kamu juga tentunya harus memiliki pengetahuan tentang server seperti pengaturan dan hal-hal teknis lainnya.

5. WordPress Hosting

Layanan hosting yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang membuat website dengan menggunakan WordPress. Jenis layanan hosting ini bersifat berbagi server yang khusus untuk pengguna WordPress.

Kelebihan dari WordPress hosting ini adalah karena menggunakan WordPress, maka untuk mengelola website akan jauh lebih mudah kamu lakukan. Kamu dapat menggunakan alat bantu atau plugin yang tersedia yang akan membantu kamu dalam banyak hal mulai dari segi keamanan sampai membantu meningkatkan performa website.

Kekurangan WordPress hosting ini adalah kamu akan berbagi server dengan pengguna lainnya yang dimana bisa saja terjadi overload atau gangguan bersama. Selain hal tersebut kamu juga tidak akan mendapatkan akses ke server.

6. Managed WordPress

Jenis layanan hosting berikutnya yang juga cocok untuk kamu yang membuat website dengan menggunakan WordPress adalah managed WordPress. Perbedaan managed WordPress dengan WordPress hosting adalah kamu akan menggunakan server yang khusus hanya untuk WordPress.

Kelebihan dari managed WordPress adalah lebih mudah untuk kamu gunakan dan sangat cocok untuk kamu yang masih baru dalam hal pembuatan dan pengelolaan website. 

Tersedia juga berbagai macam alat bantu atau plugin yang dapat membantu kamu. Selain hal tersebut, website kamu juga akan secara otomatis ter-back up setiap hari sehingga kamu tidak perlu khawatir kehilangan data.

Kekurangan dari managed WordPress adalah dari segi harga cukup mahal jika membandingkannya dengan yang lainnya. Selain hal tersebut juga kamu memiliki keterbatasan dalam hal pengaturan teknis.

7. Email Hosting

Jenis layanan hosting yang terakhir berbeda dengan yang telah disebutkan sebelumnya. Layanan hosting ini bernama email hosting. Email hosting ini khusus hanya untuk kebutuhan email secara profesional saja.

Baca Juga:   Perbedaan SEO dan SEM, dan Manakah yang Paling Terbaik

Kelebihan dari email hosting adalah dimana untuk server yang digunakan akan terpisah dengan web hosting. Hal tersebut akan meningkatkan performa email kamu. Selain hal tersebut ada juga kelebihan lainnya seperti backup mingguan, aman dari email spam, bahkan kamu juga dapat mengirimkan ribuan email setiap harinya.

Kekurangan dari email hosting adalah mulai dari kapasitas penyimpanan tergantung dari jenis paket yang kamu pilih. Selain hal tersebut, kamu juga hanya dapat menggunakan satu nama domain saja sebagai nama email kamu dan tidak dapat menggunakan nama sub domain.


Tips Memilih Jenis Layanan Hosting

Setelah mengetahui beberapa jenis layanan hosting mulai dari pengertian, kelebihan dan kekurangannya, kamu juga perlu mengetahui beberapa tips yang akan membantu kamu menentukan mana yang tepat untuk kamu gunakan. Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilihnya.

1. Tentukan Kebutuhan Website

Tips memilih jenis layanan hosting yang pertama adalah dengan menentukan kebutuhan website kamu. Jika website kamu adalah sebuah website yang masih baru dan juga kamu masih seorang pemula, maka sebaiknya kamu menggunakan shared hosting, atau WordPress hosting jika website kamu menggunakan WordPress.

Saat kamu sudah mempunyai website yang cukup besar seperti website perusahaan, toko online, atau portal berita dan tidak ingin terjadi kendala terkait server, maka kamu dapat menggunakan cloud hosting, VPS hosting atau jika kamu menggunakan WordPress kamu juga dapat menggunakan managed WordPress hosting.

Dan pada saat website kamu sudah sangat besar dan membutuhkan kapasitas yang lebih, maka kamu dapat menggunakan dedicated hosting. Dedicated hosting ini akan memberikan akses penuh ke server serta layanan dimana server yang hanya khusus hanya untuk website kamu.

2. Pastikan Kualitas Server

Tips memilih jenis layanan hosting selanjutnya adalah dengan memastikan kualitas server yang akan kamu gunakan. Hal ini penting agar nantinya kamu tidak ada kendala dalam hal server yang bisa mengganggu performa website kamu.

Ada beberapa cara untuk mengetahui kualitas server pada sebuah layanan hosting. Beberapa cara tersebut adalah seperti dengan mengetahui lokasi server dan juga beberapa spesifikasi server seperti teknologi server, kecepatan processor, kapasitas RAM dan harddisk, dan juga network speed dari server tersebut.

3. Pastikan Memiliki Customer Support yang Siap Membantu

Tips berikutnya juga cukup penting untuk kamu ketahui dan pertimbangkan, yaitu pastikan penyedia layanan hosting tersebut memiliki tim customer support yang selalu siap membantu kamu apabila kamu memiliki kesulitan atau berbagai hal lainnya.

Perhatikan cara apa yang bisa kamu gunakan untuk menghubungi tim customer support tersebut. Kamu juga perlu memastikan tim customer ini bisa membantu kamu menyelesaikan masalah kamu karena tentunya dalam mengelola sebuah website tidak akan selalu mudah.

4. Cek Harga Paket

Selanjutnya adalah dengan mengecek harga paket yang disediakan oleh sebuah penyedia layanan hosting. Kamu dapat membandingkan harga paket yang disediakan oleh beberapa penyedia layanan hosting sebelum memutuskan akan menggunakan layanan hosting apa yang tepat untuk kamu.

Pastikan juga rincian apa saja yang akan kamu terima ketika menggunakan layanan hosting tersebut. Sebagai tips tambahan sebaiknya jangan langsung memilih karena harga yang ditawarkan cukup murah, karena belum tentu dengan harga yang murah kamu akan mendapatkan banyak keuntungan.

5. Ketahui Fitur Tambahan yang Ditawarkan

Tips yang selanjutnya adalah kamu harus mengetahui apa saja fitur tambahan yang ditawarkan oleh penyedia layanan hosting. Ada beragam fitur tambahan yang biasanya ditawarkan oleh penyedia layanan hosting.

Baca Juga:   Mengenal Apa Itu SEO On Page untuk Blogger Pemula

Beberapa fitur tambahan tersebut adalah seperti fitur keamanan, apakah nantinya website kamu akan aman dari spam atau apakah nantinya server kamu akan aman dari serangan malware maupun hacker. Selain dari fitur keamanan, bisa juga fitur tambahan hadir dari segi kemudahan dalam membuat sebuah website.

6. Ketahui Jumlah Website yang Akan Kamu Butuhkan

Tips berikutnya adalah dengan dengan mengetahui jumlah website yang kamu butuhkan kedepannya. Umumnya semua jenis layanan hosting memungkinkan untuk mempunyai beberapa website dalam satu buah hosting.

Dengan kemampuan untuk memiliki beberapa website dalam sebuah hosting, kamu juga harus memutuskan berapa banyak website yang nantinya akan kamu gunakan. Hal ini sangat penting karena masing-masing dari jenis layanan hosting tersebut memiliki kapasitasnya masing-masing yang bisa kamu pilih dan sesuaikan.

7. Bertanya Kepada Web Developer

Selanjutnya adalah tips yang cukup penting dan bisa membantu kamu dalam membuat dan mengelola sebuah website, yaitu bertanya dengan web developer. Seorang web developer tentunya akan lebih paham mengenai sebuah website, kamu dapat bertanya mana yang cocok untuk kamu.

Dengan bertanya kepada web developer kamu juga akan menjadi lebih paham mengenai bagaimana mengelola website kamu nantinya. Seorang web developer juga tentunya akan memberikan saran terbaik untuk kamu dengan mengedepankan kualitas dan manfaat yang bisa kamu terima nantinya.

8. Meminta Rekomendasi dari Orang Lain

Tips yang berikutnya adalah dengan meminta rekomendasi dari orang lain. Kamu bisa meminta rekomendasi dari orang-orang terdekat kamu yang sudah lebih dahulu menggunakan sebuah layanan hosting.

Selain dari orang terdekat, kamu juga dapat mencari informasi dari orang-orang lain tentang penyedia layanan hosting yang nantinya akan kamu gunakan. Informasi tersebut dapat kamu temukan dengan mudah melalui internet seperti informasi dari sebuah forum atau yang lainnya.

Kamu juga dapat mencari informasi mengenai penyedia layanan hosting yang akan kamu gunakan melalui review dari berbagai pihak yang telah menggunakan jasa penyedia layanan hosting yang nantinya akan kamu gunakan.

Tertarik Menggunakan Jenis Layanan Hosting yang Mana?

Itulah informasi lengkap mengenai jenis layanan hosting dan juga tips memilih jenis layanan hosting yang tepat untuk kamu. Memilih layanan hosting yang tepat merupakan langkah awal yang sangat penting yang harus kamu lakukan dengan baik.

Hal tersebut karena nantinya bisa mencegah kamu dari berbagai hal yang bisa merugikan kamu dan bisa menyita waktu kamu. Menggunakan penyedia layanan hosting yang tepat juga akan membantu efisiensi anggaran karena kamu nantinya tidak perlu melakukan hal-hal seperti memindahkan domain atau website kamu ke jenis layanan hosting lainnya.

Hal lain yang perlu kamu ingat adalah harga bukanlah suatu hal yang harus kamu utamakan. Hal tersebut karena belum tentu dengan harga yang murah, kamu nantinya akan mendapatkan kualitas yang bagus dan terhindar dari berbagai masalah yang bisa muncul di kemudian hari.

Utamakan untuk memilih sesuai dengan kebutuhan kamu dan tepat untuk website kamu. Perhatikan juga beberapa hal seperti kapasitas, keamanan dan juga dari sisi server yang akan kamu terima saat menggunakan salah satu dari jenis layanan hosting tersebut.

Sudah siap untuk membuat sebuah website? Semoga informasi mengenai jenis-jenis layanan hosting dan juga tips memilih layanan hosting tersebut dapat membantu kamu dalam menentukan jenis layanan hosting seperti apa yang tepat untuk website kamu.


Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, blogger influencer, marketing influencer, hingga social media influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password