Jenis Konten Instagram yang Paling Menarik Perhatian Audiens

Jenis Konten Instagram

Instagram adalah salah satu platform yang kerap kali menjadi pilihan bagi para pebisnis untuk memperkenalkan produk atau layanan yang mereka tawarkan. Jadi, tidak heran jika akun bisnis Instagram kini sangat banyak. Apalagi ada berbagai jenis konten Instagram yang dapat memperluas jangkauan marketing bisnis.

Fitur-fitur yang terdapat dalam sosial media Instagram memang sangat menarik untuk dieksplorasi lebih jauh. Beberapa fitur yang harus kamu ketahui fungsi dan manfaatnya antara lain Instagram Feed, Story, Highlight, IGTV, dan yang terbaru adalah fitur Reels. 

Fitur inilah yang nantinya akan membantu kamu dalam mengembangkan ide-ide konten. Permasalahan yang sering kali membuat akun Instagram suatu bisnis tidak berkembang adalah konten yang terlalu monoton dan tidak memanfaatkan fitur dengan optimal. 

Akibatnya engagement akun tersebut tidak berkembang dan cenderung menurun. Untuk itu, memiliki banyak ide konten sangat penting dalam sebuah akun bisnis.


16 Jenis Konten Instagram yang Dapat Menarik Perhatian Audiens

Nah, untuk kamu para pemilik bisnis yang sedang mencoba mengembangkan akun Instagram bisnis, simak 16 jenis konten Instagram yang dapat menarik perhatian audiens berikut ini.

Buat Instagram Guide

Fitur guide ini membuat kamu dapat dengan bebas membuat konten mengenai tips dan trik, rekomendasi, dan hasil kurasi lainnya kepada followers Instagram bisnis. Biasanya konten-konten tersebut akan dikemas seperti artikel atau majalah khusus dengan ciri khas tersendiri dari brand kamu.

Kamu bisa mengintip akun Instagram dari brand fashion Everlane yang sering membuat konten-konten serupa dan merekomendasikan postingan terkini melalui fitur Guide. Jika tidak ingin membuat konten baru, maka kamu bisa menggunakan foto lama melalui fitur Guide ini.

Posting Tutorial Singkat pada Fitur Feed

Jenis konten Instagram selanjutnya adalah posting tutorial secara singkat pada feed. Kamu bisa mengunggah tutorial dalam bentuk karusel ataupun video tutorial singkat. Cara ini terbukti dapat meningkatkan engagement akun Instagram bisnis karena audiens lebih tertarik dengan konten-konten seperti ini.

Konten tutorial dalam bentuk video memang memiliki peminat yang jauh lebih banyak dari karusel. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk kamu menciptakan beberapa konten video tutorial. Akan tetapi, pastikan jika kualitas audionya jernih dan memiliki resolusi terbaik, ya.

Baca Juga:   Ini Ukuran Postingan di Facebook yang Perlu Kamu Perhatikan

Unggah Konten Informasi Melalui Karusel

Meskipun akun tersebut digunakan untuk mempromosikan produk bisnis, namun bukan berarti kamu tidak bisa memberikan konten-konten yang penuh informasi. Sesekali kamu juga bisa mengunggah konten informasi yang masih berkaitan dengan produk atau brand bisnis melalui fitur karusel yang tersedia.

Kini sudah ada banyak sekali akun bisnis yang telah memanfaatkan fitur ini. Dengan mengaplikasikan konten seperti ini, maka nantinya akan mempermudah marketing campaign yang kamu lakukan terkait dengan produk brand bisnismu. Kemudian kamu juga bisa memanfaatkan fitur penjadwalan untuk mengunggah konten ini.

Konten Behind The Scene

Faktanya banyak audiens yang penasaran bagaimana kegiatan produksi di balik layar suatu brand bisnis. Maka dari itu, tidak ada salahnya kamu membagikan konten behind the scene melalui feed, story, maupun reels. 

Dengan begitu, maka audiens akan lebih mengenali produk dan brand bisnis sekaligus meningkatkan citra bisnis.

Biasanya akun-akun bisnis akan memberikan konten behind the scene dalam bentuk cerita perjalanan bisnis tersebut, proses pembuatan suatu produk, hingga tour keliling kantor dan memperkenalkan para karyawan yang bekerja di kantor tersebut.

Manfaatkan Instagram Reels

Reels adalah fitur terbaru dari Instagram yang wajib kamu manfaatkan untuk menunjang keperluan branding bisnis. Jenis konten Instagram seperti ini memang masih cukup baru. Akan tetapi, bukan berarti kamu jadi tidak berminat untuk membuat konten video reels.

Justru dengan adanya fitur ini, maka kamu bisa lebih mudah memperkenalkan produk dan bisnis kamu kepada audiens melalui video dengan durasi yang lebih panjang. Berbeda halnya dengan video pada feed yang hanya dapat memuat durasi selama 60 detik saja.

Beberapa ide video yang bisa kamu coba antara lain adalah tutorial, cerita di balik layar, proses produksi, dan lain sebagainya. Pastikan kamu mengunggah video yang berkualitas agar audiens tertarik untuk menontonnya.

Perkenalkan Tim atau Karyawan

Selain mengunggah konten di balik layar, kamu juga bisa membuat konten perkenalan tim yang terlibat pada setiap proses pembuatan produk maupun tim lainnya. Hal ini akan membuat audiens tidak merasa bosan karena konten hanya berisi promosi produk dan sejenisnya.

Kamu harus bisa mengajak audiens agar lebih mengenal anggota tim yang telah bekerja keras dalam menjalankan bisnis tersebut. Dengan begitu, maka secara tidak langsung akan tercipta hubungan yang lebih personal antara brand kamu dengan audiens.

Maksimalkan Bagian Bio Profil Instagram

Bio profil memang terlihat cukup sepele. Namun, sebenarnya bio profil merupakan kunci penting bagi seseorang untuk tertarik membuka ataupun mengikuti akun Instagram bisnis kamu. 

Oleh karena itulah, pada bagian bio kamu harus mencantumkan nama produk, tagline, alamat website, dan penjelasan singkat tentang bisnis kamu.

Baca Juga:   Bagaimana Cara Menjadi Beauty Vlogger Professional?

Agar tidak terkesan terlalu formal dan kaku, kamu juga bisa menambahkan emoji atau simbol tertentu yang relevan dengan penjelasan tersebut. Cara ini tentunya dapat meningkatkan branding bisnis yang sedang kamu jalani.

Manfaatkan Fitur Highlight

Fitur story memang hanya bisa terlihat selama 24 jam saja. Maka dari itu, sebaiknya kamu meletakkan setiap story yang sudah dibuat ke dalam fitur highlight. Jadi, nantinya audiens bisa lebih mudah mendapatkan informasi tertentu dan tidak merasa ketinggalan karena terlambat melihat story yang kamu unggah.

Story yang sudah kamu masukkan ke highlight bisa diakses kapan saja secara permanen, kecuali kamu menghapus highlight tersebut. Supaya terlihat lebih menarik, kamu juga bisa memberikan nama dan cover untuk setiap highlight di akun Instagram bisnis.

Melakukan Instagram Takeover

Jenis konten Instagram ini memang sedang banyak dilakukan oleh para pebisnis. Tujuannya adalah mendorong kolaborasi dan membuat audiens lebih mengenal bisnis kamu melalui influencer atau orang yang diajak berkolaborasi. Tips yang satu ini sudah terbukti ampuh dapat meningkatkan pengenalan brand.

Sistematika ide konten ini adalah pihak influencer akan mengunggah story ke pengikut akun Instagram bisnis kamu selama sehari. Nantinya pihak influencer akan menunjukkan bagaimana biasanya ia menggunakan produk kamu dan menceritakan keunggulan atau manfaat dari produk tersebut.

Kamu bisa memaksimalkan peluang ini untuk membantu meningkatkan kredibilitas bisnis sekaligus mendapatkan audiens yang lebih besar. Ide konten yang seperti ini cenderung win-win solution sehingga kedua belah pihak akan merasa diuntungkan.

Kolaborasi dengan Influencer Melalui Fitur IGTV

Masih melibatkan influencer, jenis konten Instagram ini cenderung lebih fleksibel karena durasinya yang lebih panjang. Dengan melakukan kolaborasi bersama influencer, maka bisnis kamu akan memiliki daya tarik tersendiri bagi audiens. Apalagi jika influencer tersebut relevan dengan produk bisnis yang kamu tawarkan.

Maka dari itu, sangat penting untuk kamu mengundang influencer yang mempunyai reputasi baik. Selain itu, konten yang diunggah juga harus informatif, relevan, dan dapat memberikan manfaat bagi target audiens.

Live Instagram dengan Tamu Spesial

Saat ini sudah banyak brand bisnis yang mengundang tamu spesial saat sedang melakukan live Instagram. Konsepnya sama seperti acara TV yang menghadirkan tamu undangan. Kamu juga bisa berperan sebagai presenter yang memandu jalannya live tersebut.

Sebelum itu, kamu perlu memikirkan topik yang sekiranya menarik untuk dibahas, memilih influencer yang sesuai, serta sudah menyiapkan keperluan live dengan baik. Jangan lupa untuk memperhatikan kelancaran jaringan internet karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kualitas video saat melakukan live Instagram.

Membagikan Fakta Menarik dan Statistik

Bagi akun bisnis, tidak ada salahnya untuk memamerkan pencapaian penjualan produk ataupun pencapaian lainnya. Namun, sebaiknya konten tersebut dikemas dengan cara yang berbeda. Kamu bisa membagikan fakta menarik dan statistik dari produk-produk tersebut.

Baca Juga:   17 Social Media Metrics yang Penting untuk Diperhatikan

Selain terlihat lebih rapi dan menarik, audiens juga dapat lebih mengerti isi dari konten tersebut. Jenis konten Instagram ini dapat membantu untuk mendiversifikasi konten pada akun bisnis kamu. Apabila konten ini dapat membuat audiens terpesona, maka kamu telah berhasil meningkatkan brand awareness pada bisnismu.

Membagikan Testimoni Pelanggan

Testimoni menjadi hal penting yang tidak boleh kamu lupakan. Ulasan pelanggan setelah melakukan pembelian dapat meyakinkan audiens lainnya untuk mengetahui bahwa produk yang kamu tawarkan berkualitas dan banyak orang yang menyukainya.

Secara tidak langsung, konten ini akan membuat audiens terdorong untuk ikut serta membeli produk tersebut. Konten testimoni bisa kamu bagikan secara rutin agar semakin banyak audiens yang merasa tertarik dengan produk tersebut.

Membagikan User-Generated Content

User-Generated Content atau UGC adalah konten yang dibuat oleh pengguna. Cara ini dapat membantu untuk membangun branding bisnis kamu. Jadi, sesekali kamu bisa membuat konten UGC yang diambil dari pelanggan yang sudah menggunakan produk bisnis kamu.

Secara tidak langsung, konten UGC dapat membantu membangun kredibilitas suatu bisnis dan menunjukkan bahwa akun bisnis kamu selalu melibatkan audiens sehingga terjalin komunikasi dua arah.

Membuat Kuis dan Polling

Memaksimalkan fitur yang tersedia di Instagram menjadi sebuah keharusan bagi sebuah akun bisnis. Salah satu konten yang bisa kamu buat adalah konten terkait kuis dan polling. Fitur tersebut juga dapat membantu kamu untuk melakukan riset dengan cara yang cepat dan dalam waktu singkat.

Kamu bisa mendapatkan umpan balik secara langsung dari audiens. Beberapa ide konten yang bisa kamu unggah antara lain adalah konten yang mengarah pada pemahaman mengenai produk dan hal-hal lainnya yang relevan.

Mengadakan Giveaway

Giveaway menjadi salah satu konten terpopuler yang masih menjadi strategi marketing unggulan bagi sebuah bisnis. Konten ini akan menunjukkan bahwa bisnis kamu sangat menghargai kehadiran audiens yang sudah mendukung perkembangan bisnis tersebut.

Biasanya konten giveaway diadakan saat merayakan pencapaian tertentu. Jadi, pastikan jika kamu mengadakan giveaway pada momen yang tepat, ya.


Kesimpulan

Itulah 16 jenis konten Instagram yang bisa menjadi ide untuk akun bisnis kamu sehingga dapat meningkatkan engagement. Jangan ragu untuk melakukan eksplorasi terhadap fitur-fitur Instagram yang tersedia karena fitur tersebut nantinya akan membantu bisnis kamu dalam meningkatkan brand awareness dan citra bisnis.


Dapatkan berbagai insight maupun tips seputar influencer, berita influencer, influencer marketing, hingga social media influencer tentunya hanya di influencer101.id.

Baca juga: 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password