Jenis-Jenis Konten YouTube Menarik yang Sering Orang Tonton 

Jenis Jenis Konten Youtube menarik sering ditonton

Sejak dirilis pada tahun 2005, YouTube telah menjadi platform berbagi sekaligus menonton video yang paling banyak orang akses. Kamu akan menemukan jenis-jenis konten YouTube dari berbagai genre, mulai dari konten edukasi hingga hiburan. 

Kamu bisa menonton milyaran video berkat orang-orang dari berbagai background (bisnis atau perseorangan) membuat dan mengupload video buatannya ke YouTube. Apabila kamu punya banyak waktu luang hanya untuk menonton YouTube, bagaimana kalau pertimbangkan untuk mulai membuat konten?


Jenis-Jenis Konten YouTube Terpopuler 2022

Nah, apabila kamu baru saja memutuskan membuat konten YouTube, ketahui berbagai jenis konten YouTube yang paling penonton minati di tahun 2021 ini.

1. Review Produk

Jenis konten ini sangat berguna bagi orang yang ingin mencari informasi terkait barang yang akan ia beli dari berbagai sudut pandang. Reviewer (orang yang membuat video review) akan menjelaskan informasi umum produk yang harus calon pembeli tahu, pengalaman menggunakannya, hingga akan merekomendasikan barang tersebut atau tidak.

Hingga saat ini sudah banyak jenis video review bisa kamu tonton dari berbagai jenis produk, misalnya produk kecantikan, barang elektronik, hingga kendaraan otomotif. 

Jika kamu tertarik membuat jenis konten YouTube ini, tentukan jenis produk yang akan kamu review sesuai niche bisnis serta target penonton yang kamu harapkan.

2. Sketsa Komedi

Setiap orang punya caranya tersendiri untuk mencari sumber hiburan. Dan banyak orang yang punya kelebihan atau memang berprofesi sebagai penghibur atau dalam tanda kutip “komedian” memanfaatkan platform YouTube untuk membuat konten komedinya.

Walau terdengar remeh, tapi jangan salah karena banyak channel komedi yang malah viral dan mendatangkan banyak views serta subscriber. Tak hanya sekedar untuk sajian tontonan yang ringan dan menghibur, tapi jenis konten YouTube ini bisa kamu manfaatkan untuk tujuan marketing brand dan promosi.

3. Panduan Tata Cara

Seperti namanya, konten panduan tata cara menyajikan informasi panduan penggunaan suatu barang atau langkah-langkah dalam melakukan sesuatu. Konten ini menjadi salah satu dari sekian banyak jenis-jenis konten YouTube populer yang pasti penonton cari setiap harinya.

Baca Juga:   Cara Meningkatkan Traffic Website dari Instagram dengan Cepat

Keuntungan membuat jenis konten ini adalah tidak adanya batasan informasi jenis panduan tata cara apa yang bisa kamu sajikan ke penonton. Asalkan video panduan yang kamu buat bermanfaat bagi penonton sehingga mereka merasa terbantu dan suka dengan konten kamu. Misalnya, video cara memperbaiki printer, atau cara membersihkan sepatu putih, dan konten panduan lainnya.

4. Konten Game

Kamu jago bermain game? Daripada bakat itu kamu simpan sendiri, mending coba buat jenis konten YouTube game. Terlebih jika kamu masih punya banyak waktu luang yang terkadang membuat kamu bingung harus beraktivitas apa lagi selain bermain game. 

Jenis game yang bisa kamu buat konten pun juga tak terbatas genre, bisa game survival, simulasi, action, dan game lainnya.

Kamu bisa menyajikan video ketika kamu bermain game sekaligus memberikan tips seputar game. Atau masih berkaitan dengan poin sebelumnya, kamu juga bisa menyelipkan review game baru yang jenisnya sesuai dengan target penonton kamu. 

Jenis-jenis konten YouTube game ini akan menguntungkan dua pihak sekaligus, yaitu diri kamu sendiri dan pihak pengembang game yang terbantu atas konten promosi “tak langsung” dari kamu.

5. Vlog

Kebanyakan pengguna internet saat ini mungkin sudah familiar dengan jenis konten YouTube bernama Vlog atau versi video dari blog. Vlog adalah video yang mengadaptasi konsep reality show tapi bersifat informal dan lebih santai. Dibandingkan jenis-jenis konten YouTube sebelumnya, Vlog berfokus pada aspek kehidupan si pembuat vlog (vlogger).

Konten ini cocok untuk kamu yang suka melakukan banyak aktivitas, bisa berupa kehidupan sehari-hari atau momen penting yang ingin dibagikan ke khalayak luas. 

Contohnya, vlog liburan, kulineran, hingga bahkan rutinitas umum seperti bersekolah, berkuliah, ataupun bekerja. Untuk membuat sebuah vlog juga tidak harus punya banyak peralatan khusus, cukup dengan alat perekam seperti kamera atau handphone dan aplikasi pengedit video untuk mempercantik tampilan video.

Baca Juga:   Yuk, Ketahui Arti Buzzer dan Influencer! Apa Perbedaannya?

6. Video Resep dan Memasak

Jika kamu punya hobi memasak dan suka mengkreasikan makanan, tak ada salahnya untuk sekalian membuat channel YouTube resep dan tutorial memasak. 

Peluang konten kamu dapat banyak views semakin besar karena kini orang-orang mencari referensi resep secara digital daripada membaca buku resep. Membuat konten memasak juga tergolong mudah karena kamu hanya perlu memasak seperti biasa dan sedikit menjelaskan di beberapa tahapan.

Hal inilah yang membuat video resep dan memasak adalah salah satu dari jenis-jenis konten YouTube yang paling banyak tersedia dan penonton akses setiap harinya selain konten panduan. 

Selain karena lebih mudah diakses, video resep dan cara memasak lebih interaktif sehingga penonton akan lebih paham dalam mengikuti instruksi memasak.

7. Konten Edukasi

Tercermin dalam namanya, tujuan dari konten edukasi adalah untuk menginformasikan sekaligus mendidik penonton dengan berbagai macam informasi dari berbagai bidang ilmu. 

Misalnya, konten edukasi untuk siswa sekolah dan mahasiswa hingga ilmu umum seperti kesehatan, pertanian, bisnis, teknologi, dan lain sebagainya.

Peluang ini sangat bagus untuk kamu coba karena banyak orang lebih menyukai konten pendidikan secara audiovisual daripada pembelajaran auditori konvensional. 

Jenis konten YouTube ini kebanyakan tak akan lekang oleh waktu dan malah akan terus bertambah selama YouTube ada di tengah-tengah hidup kita.

8. Musik

Sejak kemunculan YouTube, banyak musisi dari seluruh dunia mengunggah video musiknya kesana disamping membuat album musik. YouTube juga sangat berguna bagi siapapun yang bukan dari kalangan musisi untuk memasukkan konten musik buatannya. 

Bahkan jenis-jenis konten YouTube ini bisa menjadi peluang bagus bagi kamu yang memang berbakat di industri musik untuk semakin dikenal banyak orang. Sebut saja penyanyi Isyana Sarasvati yang melebarkan karir menyanyinya di Indonesia berkat konten video covernya di YouTube beberapa tahun silam.

9. Tutorial Makeup

Selama 10 tahun ke belakang, konten makeup dan kecantikan menjadi jenis konten YouTube yang paling kaum wanita sukai selain konten memasak. Biasanya para pembuat konten jenis ini akan membahas seputar tutorial makeup dengan berbagai tema serta rekomendasi produk makeup dan skin care.

Baca Juga:   Pengertian Social Media Management dan Tips Melakukannya

Hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mantap membuat konten tutorial makeup adalah bahwa kamu harus selalu peka dengan perkembangan mode dan juga pintar menganalisis tren yang sedang berkembang di tengah masyarakat. 

Dengan begitu, bagi kamu yang tertarik sekaligus berbakat di bidang kecantikan, kamu bisa berkesempatan menjadi beauty vlogger seperti Tasya Farasya atau Suhay Salim yang dapat menginspirasi wanita lainnya.

10. Film dan Animasi

Pembuat film dan animator tak perlu khawatir karena pasar industri kreatif di YouTube sudah sangat terbuka untuk film dan animasi. Sebab banyak penonton lebih banyak memilih menonton konten animasi dari YouTube dengan alasan kualitas dan aksesibilitas yang mumpuni. 

Lihat saja konten animasi buatan anak Indonesia, Nussa, yang sukses menembus industri perfilman Indonesia berkat perjalanan suksesnya dari YouTube.

Namun, channel dengan jenis-jenis konten YouTube ini belum banyak tersedia. Jadi, bagi kamu yang menggeluti pembuatan film dan animasi sangatlah worth it untuk menggunakan YouTube sebagai media publikasi hasil karyanya. Harapannya, Indonesia punya lebih banyak konten animasi yang keren sekaligus mendidik anak bangsa seperti yang dilakukan animasi Nussa.

11. Olahraga

Jenis konten YouTube olahraga terbagi jadi dua yaitu tutorial workout dan pertandingan olahraga. Konten olahraga yang banyak orang buat adalah tutorial workout yang mana sangat berguna bagi penontonnya yang hanya sempat olahraga dari rumah. 

Konten olahraga ini juga membuat stigma baru bahwa olahraga bisa kamu lakukan di luar tempat khusus olahraga dengan waktu fleksibel. Jika kamu seorang body builder, kamu juga bisa kok memanfaatkan YouTube untuk berbagi informasi seputar olahraga dan kesehatan tubuh.


Yuk Segera Buat Jenis-Jenis Konten YouTube!

Dari daftar jenis-jenis konten YouTube di atas, mana yang “kamu” banget? Maksudnya adalah pilihlah jenis konten YouTube yang kamu sukai sehingga selalu antusias setiap kali membuat konten dan tak merasa terbebani. 

Dengan begitu, hasil konten lebih berkualitas dan channel YouTube kamu bakalan kebanjiran viewers dan subscriber yang menyukai konten-konten kamu. Kami tunggu hasil karya terbaik kamu ya!


Dapatkan berbagai tips influencer, berita influencer, blogger influencer dan social media influencer hanya di Influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password