Jenis Jenis Blog dan Contohnya yang Bisa Menginspirasi

Jenis jenis blog

Blog merupakan salah satu konten yang saat ini banyak di internet. Selain sebagai media penyebaran informasi, blog juga berguna sebagai salah satu cara untuk menghasilkan uang. Bahkan saat ini sudah ada banyak jenis-jenis blog yang bisa kamu. Jenis blog ini biasanya akan dibedakan berdasarkan konten pada blog tersebut.

Jenis-Jenis Blog

Untuk kamu yang ingin mencoba untuk membuat blog, maka hal pertama yang perlu kamu tentukan adalah jenis blog yang akan kamu buat. Jenis-jenis blog ini nantinya juga akan menentukan isi dari blog kamu.

Selain itu, dengan menentukan jenis-jenis blog ini maka kamu juga akan menentukan siapa target pengunjung yang ingin kamu tuju. Adapun jenis-jenis blog yang bisa kamu pilih antara lain:

1. Personal Blog

Diantara semua jenis-jenis blog yang ada, ini mungkin yang paling populer. Sesuai namanya, blog ini berfungsi sebagai catatan pribadi. Hampir semua orang pernah memiliki personal blognya sendiri.  Biasanya blog jenis ini akan banyak berisi tentang sharing apa yang dipikirkan oleh pemiliknya.

Blog jenis ini juga biasanya tidak terlalu memikirkan tentang monetization ataupun strategi bisnis yang lainnya. Biasanya pemilik blog hanya ingin berbagi tentang apa yang mereka punya. Pengunjung dari blog ini juga kebanyakan datang secara organik karena mereka memang tertarik dengan isi blognya.

Personal blog juga banyak digunakan sebagai jurnal online bagi sebagian orang. Biasanya, mereka akan mengisi blognya dengan berbagai catatan penting agar mereka bisa mengakses catatan tersebut dengan mudah dari manapun dan kapanpun.

2. Bisnis Blog

Sesuai namanya, maka blog jenis ini merupakan blog yang tujuannya untuk mendapatkan keuntungan. Diantara jenis-jenis blog yang ada, jenis ini biasanya digunakan untuk berjualan atau memperkenalkan sebuah produk. Hal ini cukup beralasan, karena dengan menggunakan blog maka jangkauan pemasaran menjadi sangat luas.

Dengan menggunakan blog, maka hal ini memberikan cara yang efisien untuk mengkomunikasikan bisnis yang kamu punya dengan para pelanggan. Blog menjadi cara yang mudah dan murah untuk memberikan banyak hal baru yang bisnis kamu punya ke pelanggan. 

Salah satu alasannya, karena blog tidak memiliki batasan jumlah kata. Hal ini membuat kamu bisa menjelaskan produk yang kamu punya dengan sangat detail.

Saat ini juga banyak perusahaan yang menggunakan jenis blog ini untuk berbagai kebutuhan. Dari mulai untuk membuat pengumuman, memberikan update proyek yang mereka kerjakan, memberi info update tentang produk baru yang mereka punya,dan lainnya. 

Baca Juga:   Apa itu Domain? Pengertian, Cara Kerja, dan Tips Memilihnya

3. Profesional Blog

Jenis-jenis blog lainnya adalah blog untuk personal branding. Jenis blog ini merupakan gabungan antara personal blog dengan blog untuk bisnis. Blog ini merupakan milik perseorangan namun dalam penggunaannya, maka pemilik berusaha untuk mendapatkan keuntungan.

Meskipun bersifat pribadi, namun biasanya penggunaan blog jenis ini juga akan memikirkan bagaimana strategi untuk menghasilkan uang, membuat perencanaan konten, melakukan analisis, dan lainnya. Singkatnya ini merupakan blog personal yang pada prakteknya dilakukan secara profesional.

Biasanya, blog jenis ini juga memiliki niche tertentu yang sangat spesifik. Niche ini tentunya merupakan hal yang sesuai dengan minat dari pemilik blog. Misalkan, jika pemilik blog memiliki minat pada dunia otomotif, maka blognya pun akan memuat semua hal tentang otomotif.

4. Fashion Blog

Salah satu topik yang cukup hangat untuk selalu diperbincangkan adalah tentang fashion. Dan jika kamu memiliki minat tentang hal ini, maka tidak ada salahnya kamu mencoba membuat fashion blog. Ini juga merupakan salah satu jenis blog yang bisa menarik banyak pengunjung.

Jenis-jenis blog seperti ini mungkin akan menjadi referensi banyak orang selain majalah. Nantinya, kamu bisa memberikan banyak informasi dan inspirasi berkaitan dengan fashion yang sedang dan akan populer. Selain itu, fashion blog juga bisa membahas pakaian seperti apa yang cocok untuk suatu kondisi.

Selain cukup bisa menarik pengunjung, fashion blog juga cukup menjanjikan dari segi uang. Kamu bisa bekerja sama dengan sebuah produk fashion untuk membuat artikel atau membahas tentang fashion item tertentu.

5. Lifestyle Blog

Jenis-jenis blog lainnya yang juga bisa kamu coba buat adalah lifestyle blog. Sesuai namanya, maka blog ini akan membahas segala sesuatu tentang gaya hidup. Kamu bisa mencoba membahas tentang gaya hidup sehat, gaya hidup hemat, dan lainnya.

Kamu juga bisa memberikan tips tentang gaya hidup yang bisa kamu bagikan kepada pengunjung blog kamu. Tentunya, kamu bisa membagikan tips seperti cara mudah melakukan sesuatu, cara cepat mengerjakan suatu hal, cara efektif melakukan pekerjaan tertentu, atau yang lainnya.

Lifestyle blog ini sendiri akan menjadi blog dengan niche yang sangat spesifik. Namun biasanya, kamu akan memiliki pengunjung setia yang akan terus menunggumu update blog kamu secara berkala.

6. Travel Blog

Untuk kamu yang suka jalan-jalan, maka tidak ada salahnya jika kamu membuat travel blog. Ini merupakan jenis blog yang akan banyak orang cari ketika mereka baru akan pergi ke suatu tempat. Kamu bisa mengisi blog kamu ini dengan pengalaman ketika kamu mengunjungi suatu tempat dan menceritakan apa saja hal menarik yang ada di sana.

Baca Juga:   12 Theme WordPress Gratis Terbaik yang Cocok untuk Blog

Diantara jenis-jenis blog lainnya, mungkin ini merupakan salah satu blog yang sedikit membutuhkan modal. Hal ini karena kamu perlu melakukan riset tempat mana yang menarik, lalu kamu juga perlu pergi ke tempat tersebut. 

Tidak hanya berwisata, namun kamu juga perlu paham tentang budaya yang ada daerah tersebut. Selain itu, kamu juga perlu mengenal banyak hal menarik agar membuat blog kamu menjadi berbeda.

Meskipun sedikit membutuhkan modal, namun membuat blog seperti ini cukup menyenangkan. Yang mana kamu bisa jalan-jalan ke banyak tempat dan mendapatkan berbagai pengalaman baru. Selain itu, untuk kamu yang suka jalan-jalan, kamu juga bisa melakukan hobi kamu sekaligus mendapatkan uang dari hobi kamu tersebut.

7. Food Blog

Mirip dengan traveli blog, namun jenis blog ini khusus untuk kamu yang gemar makan dan mencoba banyak makanan baru. Jika ini merupakan hobi kamu, maka tidak ada salahnya kamu membuat food blog. Ada banyak hal yang bisa kamu bagikan ketika kamu membuat food blog ini.

Jenis-jenis blog ini merupakan blog yang akan banyak orang cari ketika mereka mencari referensi. Misalkan, mereka mencari tempat makan enak di Bandung, atau tempat makan murah di sekitar Pantai Kuta. Ini merupakan salah satu konten blog yang bisa kamu buat.

Atau, kamu juga bisa membuat konten seperti review makanan yang menurut kamu enak. Kamu bisa membagikan tempat makanan yang sudah sangat terkenal atau bahkan tempat yang belum banyak orang tahu.

8. Affiliate Blog

Diantara jenis-jenis blog lainnya, ini merupakan jenis blog yang tujuannya benar-benar untuk mendapatkan uang. Ini merupakan blog yang cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari blog.

Affiliate blog ini akan mirip dengan media marketing dan promosi. Nantinya, kamu akan mempromosikan sebuah barang, dan jika ada orang yang tertarik dan membeli barang tersebut dengan menggunakan link yang kamu berikan, maka kamu juga akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.

Biasanya konten dari blog ini akan banyak berisi tentang review dari sebuah produk. Misalkan, kamu menjadi affiliate untuk penjualan produk teknologi. Maka kamu bisa memberikan informasi tentang keunggulan dan kekurangan dari produk yang kamu jual. 

Selain itu, kamu juga bisa membuat konten dengan mereview atau membandingkan antara dua atau beberapa produk.

9. Multimedia Blog

Mungkin ini salah satu jenis blog yang cukup berbeda. Jika jenis-jenis blog biasanya berisi tulisan atau artikel, maka pada multimedia blog ini konten kamu kebanyakan akan berisi foto atau video. Ini merupakan jenis blog yang cocok untuk kamu yang suka fotografi atau membuat video.

Baca Juga:   Cara Daftar AdSense untuk Blog dan Syarat Lengkapnya

Tema dan niche dari blog ini juga cukup beragam. Misalkan, kamu suka nonton konser, maka kamu bisa membuat multimedia blog yang isinya adalah foto-foto saat kamu menonton konser. Ini juga merupakan salah satu jenis blog yang bisa memberikan pengalaman berbeda bagi pengunjungnya.

10. News Blog

Jenis blog lainnya yang juga bisa kamu pilih adalah membuat news blog. Ini merupakan jenis blog yang membuat kamu harus terus update dengan berita yang ada di sekitar kamu. 

Biasanya konten dari blog ini kebanyakan akan berisi tentang apa yang sedang ramai orang bicarakan, kejadian apa yang baru terjadi. Atau juga akan ada hal apa di kemudian hari.

News blog juga merupakan salah satu konten blog  yang memiliki banyak peminat. Hal ini tentu saja membuat jenis blog ini juga akan banyak mendapatkan pengunjung. Terutama jika berita yang kamu berikan cukup update dan menarik. Selain itu, blog jenis ini juga bisa menjadi salah satu blog yang bisa menghasilkan uang.

11. Tips and Trick Blog

Jenis lainnya yang juga bisa kamu buat adalah blog yang banyak memberikan tentang tips dan trik tentang suatu hal. Mungkin terlihat sederhana, namun tentu saja ini merupakan salah satu niche yang banyak orang cari. Hal ini juga karena masih banyak orang yang kebingungan ketika akan melakukan sesuatu.

Kamu bisa memberikan tips dan trik untuk hal yang sederhana sampai untuk hal yang rumit. Misalnya, kamu membagikan tips dan trik mencuci baju dengan cepat. Atau kamu juga bisa membagikan tips dan trik tentang cara berhemat untuk anak kost. Informasi tentang tips dan trik ini juga bisa kamu dapatkan dari banyak sumber.

Itulah beberapa jenis-jenis blog yang bisa coba kamu buat. Untuk menentukan jenis blog mana yang cocok untuk kamu maka hal pertama yang perlu kamu pahami adalah mana yang paling sesuai dengan minat kamu. Selain itu, kamu juga bisa melihat mana jenis blog yang sesuai dengan keahlian yang kamu miliki.

Ketika kamu membuat blog yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu, maka setidaknya kamu akan paham tentang konten apa yang akan kamu buat. Hal terpenting ketika kamu akan membuat blog adalah masalah konsistensi. 

Ini juga merupakan salah satu cara untuk membuat blog kamu memiliki banyak pengunjung dan kamu bisa mendapatkan uang dari blog. Selamat mencoba!


Dapatkan berbagai macam tips menarik seputar influencer marketing, strategi influencer, blogger influencer, social media influencer dan berita influencer lainnya hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password