Instagram Vs TikTok, Mana yang Lebih Efektif untuk Promosi?

instagram vs tiktok

Di era digital seperti sekarang ini, sosial media menjadi platform yang tepat sebagai wadah promosi untuk menaikan brand awareness suatu produk. Cara kerja kampanye marketing dengan memanfaatkan sosial media seperti Instagram vs TikTok juga dinilai sangat mudah dan tepat sasaran, lho. 

Namun, kira-kira platform mana sih yang tepat agar brand yang kamu pasarkan mendapat jangkauan yang lebih luas?

Tentunya jangkauan pasar yang luas ini akan berakibat positif terhadap omzet penjualan.

Untuk mengetahui mana yang sesuai, yuk ketahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu!

Keunggulan Instagram

Saat ini, ada dua platform sosial media yang menjadi raja dengan peringkat teratas yang terbukti efektif untuk media promosi online. Instagram dan TikTok, kedua platform ini kini bukan hanya menjadi media sosial, bahkan telah menjadi gaya hidup masyarakat banyak.

Sebagai perbandingan ukuran keefektifitasan antara Instagram vs TikTok, simak beberapa kelebihan dari platform Instagram. Baca selengkapnya ya!

1. Memiliki Konten yang Beragam

Instagram adalah platform sosial media yang berisi berbagai jenis konten menarik. Bahkan, konten tersebut bukan hanya video namun, terdapat juga konten-konten menarik dalam bentuk gambar dan tulisan. 

Selain itu, platform ini juga terhubung dengan berbagai platform sosial media lain. Jadi, kamu bisa membagikan promosi brand kamu ke semua platform yang terhubung hanya dengan sekali klik.

2. Media Pengembangan Bisnis

Instagram juga memiliki fitur “Akun Bisnis” untuk membedakan antara akun pribadi dan akun yang bersifat komersial. Dalam fitur akun bisnis juga terdapat sebuah menu analisis data. Analisis data ini bisa kamu gunakan sebagai bahan evaluasi terkait promosi brand kamu.

Kamu juga bisa menargetkan target pasar yang ingin kamu tuju, lokasi yang dapat menjangkau brand kamu, serta mengelola siapa saja yang mengunjungi profil kamu. Tentunya, dengan pemilihan target pasar yang tepat, produk kamu akan menjangkau pelanggan yang sesuai dengan produk yang kamu pasarkan.

Baca Juga:   Seberapa Besar Pengaruh Endorse Selebgram Terhadap Minat Pembelian?

3. Pengguna yang Lebih Luas

Kelebihan selanjutnya dari platform sosial media ini adalah penggunanya yang mencakup banyak kalangan. Kalangan tersebut mencakup rentang usia dari semua lapisan masyarakat. 

Lebih tepatnya, brand apapun yang dipromosikan di Instagram akan berkembang bila media promosi serta kontennya menarik audiens. 

4. Banyak Fitur Menarik

Kamu mungkin sering melihat konten-konten baik itu foto, video, maupun tulisan yang menarik di Instagram. Hal ini karena Instagram mempunyai banyak fitur yang menarik, mulai dari edit foto, Instagram Reels, efek visual, hingga fitur Instagram video.

Fitur-fitur tersebut bisa kamu gunakan dengan mudah, dan tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan pihak ketiga sebagai media untuk edit konten.

Kekurangan Instagram

Selain mempunyai kelebihan, tentunya platform sosial media ini juga mempunyai kekurangan yang perlu kamu ketahui. Sebelum mengetahui perbedaan antara Instagram vs Tiktok, simak penjelasan ini terlebih dahulu.

1. Kualitas Unggahan Konten Rendah

Salah satu kekurangan Instagram adalah kualitas konten yang akan kamu unggah relatif rendah. Rendah di sini memiliki artian, ketika kamu mengunggah konten dengan resolusi file 16:9, maka ketika kamu unggah ke dalam platform ini akan berubah menurun menjadi 14:5. Kira kira begitu kalkulasi perhitungannya.

Selain itu, untuk fitur video Instagram Reels, kamu harus menyesuaikan konten kamu dengan durasi waktu yang relatif singkat. Hal ini tentunya menjadi permasalahan ketika kamu membuat konsep video. Jadi, kamu harus mempersiapkan konsep konten dengan durasi yang pas.

2. Pembaruan yang Terus Menerus

Selain kualitas unggahan konten yang rendah, kamu juga harus melakukan pembaruan aplikasi secara rutin untuk bisa menggunakan aplikasi ini dengan optimal. Bahkan, pembaruan ini kadang bisa dilakukan dua kali dalam seminggu. 

Hal ini tentu sedikit mengganggu para pengguna karena harus update aplikasi untuk performa yang maksimal.

3. Tidak Ada Fitur Belanja Langsung untuk Akun Bisnis

Instagram memang mempunyai sebuah fitur yang bernama Instagram Shop. Namun, dalam fitur tersebut pengguna tidak bisa langsung belanja dan memasukan produk ke dalam keranjang. 

Secara garis besarnya, Instagram hanya berfungsi sebagai media promosi saja. Selain itu, untuk bisa melanjutkan berbelanja produk, pengguna biasanya akan terhubung dengan situs produk atau toko online produk di platform lain.

Kelebihan TikTok

Selanjutnya sebagai pembahasan antara Instagram vs TikTok, kamu juga perlu mengetahui tentang kelebihan apa saja sih dari platform asal China ini. Simak penjelasannya!

Baca Juga:   Cara Download Gambar di Instagram PC, Gampang Banget!

1. Desain Tampilan yang Menarik

TikTok memiliki tampilan UI atau tampilan desain platform yang sangat menarik. Hal ini juga yang membuat para penggunanya betah berlama-lama untuk scroll TikTok. Tampilannya mempunyai ciri tersendiri dan memiliki nuansa yang simpel namun sangat terperinci.

Platform ini juga memberikan wadah bagi orang-orang yang memiliki kreativitas video yang tinggi untuk mengembangkan potensi diri. Potensi tersebut lah yang akhirnya memunculkan fenomena baru yaitu “Content Creator”.

2. Kualitas Unggahan Sangat Bagus

Berbeda dengan pesaingnya, TikTok memiliki kualitas unggahan video dengan resolusi tinggi. Kualitas unggahan inilah yang membuat para pengguna sosial media terutama konten video lebih menyukai TikTok karena hasil video yang tampil sangat jernih dan tajam. 

Selain itu, jika ingin unggahan kamu berada dalam resolusi standar, maka TikTok juga mempunyai fitur di mana kamu bisa memilih kualitas unduhan video sesuai kemauan kamu. 

3. Terdapat Fitur TikTok Shop untuk Belanja Langsung

Kelebihan terakhir dari platform asal negeri China ini adalah, terdapat fitur yang memungkinkan kamu bisa langsung berbelanja dalam aplikasi. Jadi, kamu bisa langsung memasukan produk yang kamu inginkan dan membayarnya langsung dalam aplikasi tersebut.

Metode pembayarannya pun beragam, mulai dari metode pembayaran E-Banking hingga fitur Cash On Delivery atau bayar di tempat. 

Kekurangan TikTok

Sama seperti Instagram, TikTok juga mempunyai kekurangan yang perlu kamu ketahui.

Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya!

1. Hanya ada Konten Video

Sebagai platform sosial media, TikTok dinilai kurang lengkap dari segi isi konten. Hal ini karena isi konten yang bisa hadir dalam platform ini hanyalah konten dengan format video. Jadi, jika kamu mempunyai konten landing page ataupun foto, kamu tidak bisa menguploadnya di aplikasi ini.

2. Konten yang Lebih Bebas

TikTok mempunyai kekurangan konten yang tidak terlalu terfiltrasi.

Dalam hal ini masih terdapat banyak konten-konten yang mengandung unsur pornografi.

Tentu sangat beresiko jika menargetkan audiens anak-anak.

Untuk peraturan privasi pembatasan ide konten, TikTok tidak mempunyai batasan tertentu pada pembuatan konten.

Hal ini justru dimanfaatkan oleh orang-orang dengan cara memberikan konten yang berbau pornografi untuk mendapatkan audiens dalam jumlah yang banyak.

3. Pengguna dengan Mayoritas Remaja

Rentang usia pengguna sosial media ini adalah kisaran 15 sampai 30 tahun sebagai mayoritas penggunanya. Meski TikTok mempunyai kebijakan tentang pengguna yang harus berusia di atas 17 tahun, namun pada kenyataannya masih banyak pengguna di bawah umur yang memainkan aplikasi ini.

Baca Juga:   SEO Pinterest: 10 Tips untuk Meningkatkan Traffic

Dengan mayoritas pengguna yang relatif remaja, akan menjadikan platform ini kurang efektif bagi pemilik bisnis yang punya target pasar usia dewasa. Meskipun, banyak juga terdapat pengguna dalam rentang usia dewasa yang memainkan aplikasi ini.

Jadi, Lebih Efektif Mana Instagram Vs TikTok?

Baik Instagram maupun TikTok, keduanya mempunyai tingkat efektivitas yang sama sebenarnya untuk perkembangan bisnis dan brand awareness. Kedua platform ini juga adalah platform sosial media teratas dengan pengguna mencapai angka ratusan juta di seluruh dunia.

Jadi, untuk menentukan tingkat efektivitas kedua platform sosial media ini, sebenarnya tergantung dari bisnis dan brand apa yang kamu tawarkan bagi pelanggan. Selain itu, kamu juga harus menentukan target pasar dan melakukan analisis marketing terkait kebiasaan pelanggan di platform sosial media.

Contohnya, jika kamu akan memasarkan produk dengan target pasar rentang usia antara 18 sampai 27 tahun, kamu mungkin bisa memilih TikTok sebagai media promosi. Namun, jika produk kamu memiliki target pasar rentang usia dewasa, mungkin Instagram lebih efektif sebagai media promosi.

Sekian pembahasan tentang Instagram vs TikTok, semoga pembahasan ini bisa menjadi referensi bagi kamu yang mau bingung untuk memilih platform apa yang sesuai untuk media promosi brand atau produk kamu. 


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, Instagram influencer, TikTok influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password