Instagram untuk Affiliate: Pengertian, Tutorial dan Tips-Tips Jitu!

Instagram untuk affiliate marketing

Instagram untuk Affiliate – Aplikasi Instagram adalah aplikasi media sosial yang paling populer untuk mengirimkan momen-momen kamu. Memiliki pengguna lebih dari 1 miliar, membuat Instagram juga menjadi aplikasi terunggul untuk tempat kamu menjalankan bisnis. Nah, dari sekian banyak toko-toko online yang ada pada aplikasi pink-ungu ini, pastilah banyak pemilik toko tersebut yang menginginkan agar toko mereka semakin terkenal. Untuk itulah banyak orang yang memulai bisnis program khusus dalam bidang pemasaran yaitu, Instagram untuk affiliate.

Lalu, apa-apa saja yang perlu kamu ketahui sebelum memulai bisnis affiliate Instagram? Penulis juga akan memberikan beberapa tips jitu agar bisnis affiliate mu dapat segera menjadi pilihan terbaik oleh para toko-toko online yang ada.


Pengertian Instagram Untuk Affiliate

Instagram untuk affiliate adalah salah satu sistem pemasaran dan marketing dimana influencer bekerja sebagai promoter suatu produk atau layanan. Para influencer atau yang sering kita sebut sebagai selebgram akan mendapatkan komisi dari seberapa banyak peningkatan penjualan barang atau jasa layanan yang mereka hasilkan.

Bentuk-bentuk dari Instagram untuk Affiliate oleh para influencer adalah dengan kode diskon suatu barang yang khusus dari mereka. Hal ini dapat digunakan oleh para pengikut dan akan menghasilkan keuntungan untuk mereka jika banyak yang membeli barang tersebut menggunakan kode khusus tersebut. Affilasi juga bisa dalam bentuk apapun, baik itu post, story, reels, igtv, ataupun video.

Untuk komisi yang para influencer dapatkan, semua tergantung dengan kesepakatan mereka dengan brand jasa atau barang yang mereka promosikan. Biasanya berkisar antara 10% ke 20% dari total penjualan yang mereka hasilkan.

Baca juga: Cara Membuat Akun Instagram dengan Cepat dan Mudah


Keuntungan Menggunakan Instagram untuk Affilate Program bagi Bisnis

Jika kamu seorang pebisnis yang menggunakan jasa para influencer kamu bisa menjangkau lebih banyak orang untuk mengenal ataupun membeli produk yang kamu tawarkan. Mungkin kamu bisa saja membangun toko onlinemu tanpa bantuan para influencer, namun hal tersebut hanya akan berakhir dengan pemahaman orang tentang brand yang kamu punya dan apa-apa saja produk yang kamu jual. 

Baca Juga:   Apa Itu Instagram Reels dan Manfaatnya untuk Bisnis

Akan tetapi jika para influencer membuat konten yang dapat menjamin produk dari kamu (review), terlebih jika yang mempromosikan barangmu adalah influencer yang terkenal akan “honest review”, produk kamu tentunya akan melejit pesat.

Jika kamu seorang influencer, kamu tentunya juga mendapat keuntungan selain komisi yang kamu dapat dari penjualan yang kamu lakukan. Keuntungan tersebut adalah kamu mendapat barang atau jasa dengan gratis tanpa harus membayar karena tujuanmu adalah mengiklankan produk tersebut.


Cara Instagram Mempermudahkanmu Melakukan Affiliate

Untuk memudahkan proses affiliasi, Instagram membuat fitur khusus yang ada bagi setiap penggunanya. Program tersebut bernama instagram for affiliate atau instagram untuk affiliate. Dengan memakai fitur ini, kamu akan menerima pembayaran komisi berdasarkan pada total penjualan yang kamu hasilkan. Selain itu, kamu juga bisa melacak kinerja affiliate kamu di tab insights.

Baca juga: Waktu Terbaik Posting Instagram (Prime Time) yang Wajib Dicoba


Langkah-Langkah Memakai Instagram Untuk Affiliate

Hal pertama yang harus kamu cek adalah dengan melihat apakah kamu berhak untuk bisa memakai fitur affiliate dari Instagram. Caranya adalah pastikan kamu tidak pernah melanggar Peraturan Instagram. Hal ini tentunya sangat penting karena jika Instagram mendeteksi kamu pernah melanggar peraturan, iklan yang akan kamu buat tidak akan mempunyai performa baik.

Setelah kamu memastikan hal tersebut, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Pada profil mu, buka “Professional Dashboard” dan pilih “Affiliate”
  2. Pilih toko yang kamu ingin affiliasi dan pilih juga produk yang kamu ingin promosikan
  3. Saat kamu ingin mengunggah suatu post atau story, kamu bisa menandai produk tersebut di postingan yang kamu buat.
  4. Jika kamu memenuhi syarat untuk melakukan affiliasi, pada postingan milikmu tentang produk tersebut, kamu akan melihat tulisan “Eligible For Commision” yang ada di bawah username mu.

Untuk kamu yang mempromosikan banyak barang sekaligus, penulis mempunyai trik yang dapat kamu pakai. Yaitu dengan memakai beberapa tools yang bisa membantu para pengikutmu untuk mengklik kedalam link yang kamu beri.

Baca Juga:   IG Story atau Post: Manakah yang Menghasilkan Engagement Terbaik?

Berikut beberapa tools yang bisa kamu pakai untuk semakin menaikkan performa instagram untuk affiliate kamu.

  • Linktree

Berisi sebuah halaman yang bisa kamu personalisasi dengan mengirimkan beberapa tautan yang kamu ingin para pengikutmu cari.

  • Linkin.bio

Jika kamu sering mendengar para influencer berkata “Link di bio ya”, nah tidak mungkin semua link akan mereka cantumkan tercantum di bio mereka. Mereka pasti menggunakan halaman khusus seperti linkin.bio untuk menyimpan link-link tersebut.

  • Milkshake

Halaman web yang akan tampil pada website milkshake ini akan tampil seperti kartu

  • Beacons

Sering menjadi alat untuk analytics sosial media, namun banyak juga para influencer yang memakainya untuk menyimpan link-link affiliate yang mereka miliki dari Instagram.

Baca juga: 7 Cara Menambah dan Mendapatkan Followers Instagram (IG)


Tips-Tips Jitu Instagram Affiliate yang Bisa Kamu Lakukan

Untuk bisa mendapat banyak profit dari affiliate instagram ini, tentunya kamu perlu mengetahui beberapa tips-tips berikut.

1. Buat Halaman Situs Milik Kamu Sendiri

Seperti yang penulis katakan sebelumnya, membuat sebuah halaman khusus yang memuat semua link atau produk affiliate yang kamu sedang promosikan tentunya menjadi cara terbaik untuk kamu si influencer untuk mendapatkan atensi penuh dari pengikutmu. Jika instagram kamu berisi konten yang dapat membuat banyak orang penasaran dan melihat profilmu, halaman penuh link yang kamu tampilkan pada bio milikmu tentunya akan semakin menarik perhatian.

Selain itu, jika kamu memiliki cukup banyak pengikut, kamu bisa membujuk mereka untuk membeli produk yang telah kamu pakai.

2. Kode Diskon Milikmu

Pada hakikatnya, banyak sekali orang yang mengincar potongan harga atau diskon untuk suatu produk. Jika kamu menginginkan banyak pembelian yang terjadi untuk produk yang kamu promosikan atau jual, gunakan kode kupon khusus milikmu sendiri. Kode kupon tersebut biasanya dibuat oleh para brand khusus untuk pengikut suatu akun influencer.

Contoh dari kupon khusus ini seperti “BretmanRock untuk mendapat diskon 10 %”. Tentunya kupon tersebut tidak hanya menguntungkan brand tersebut, tapi juga menguntungkan sang influencer. Semakin banyak orang yang memakai kupon khusus miliknya, maka keuntungan yang mereka dapat akan semakin banyak pula

Baca Juga:   10 Tips Supaya Postingan Masuk Explore Page Pada Aplikasi Instagram!

3.  Beri Tahu Pengikutmu

Menggunakan instagram untuk affiliate artinya kamu siap dengan lonjakan pengunjung setiap hari yang mengklik profilmu. Usahakan untuk tetap mengupdate produk yang kamu jual agar para pengikut barumu tidak akan ketinggalan berita apapun.

4.  Seringlah Tag Produknya

Untuk meningkatkan penjualan kamu terhadap suatu produk, hal pertama dan utama yang perlu kamu lakuan adalah sering mencantumkan tag yang akan mengarahkan pengunjung atau pengikutmu kepada toko yang kamu promosikan. Cantumkan juga tag milikmu sendiri misalnya #belanjabersama(namamu) atau tag khusus lainnya.

Semakin sering pengikutmu melihat tag khusus milikmu tersebut, semakin banyak brand yang akan memakaimu untuk mempromosikan barang mereka

5. Gunakan Insights

Instagram mempunyai fitur yang bisa memudahkanmu untuk melihat seberapa banyak pengikutmu yang telah mengetuk link promosi yang kamu cantumkan. Nah, informasi ini dapat kamu gunakan sebagai panduan sukses tentang apa-apa saja yang bisa kamu lakukan dalam meningkatkan profil instagram untuk affiliate kamu.

 6. Jadilah Otentik

Sebagai seorang influencer, kamu tentunya wajib menjaga vibes yang kamu punya. Banyak influencer yang tidak menjaga ke otentikan atau kejujuran mereka dalam me-review suatu barang hanya karna mereka mempromosikan barang tersebut. Belajarlah kata-kata promosi yang bisa membuat para pengikutmu tetap mempercayaimu tanpa kamu perlu berbohong kepada mereka.

7. Gunakan Highlights

Kamu juga bisa menggunakan produk highlights yang tampil pada biomu. Gunakan fitur tersebut untuk menyimpan beberapa story promosi kamu agar para pengikutmu tidak akan melewatkan promosi tersebut karena seperti yang kamu ketahui, sebuah story instagram hanya mempunyai waktu 24 jam sebelum terhapus otomatis.

Baca juga: Apa itu Instagram Influencer dan Manfaatnya untuk Bisnis?


Siap Memajukan Bisnismu Dengan Instagram Affiliate?

Nah, setelah melihat tips-tips beserta pengertian dan langkah-langkah dalam menggunakan instagram untuk affiliate, apakah kamu bersedia untuk memulai bisnis affiliate milikmu sendiri? Jika iya, semoga artikel yang kami beri dapat membantumu menentukan langkah demi langkah yang bisa kamu ambil dalam mencapai keuntungan. Semoga beruntung!


Dapatkan berbagai informasi terbaru seputar berita influencer ,influencer marketing dan social media influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password