Instagram Shopping: Pengertian, Cara Kerja, dan Cara Mengaktifkannya

apa itu instagram shopping

Mayoritas pengguna internet di Indonesia memiliki setidaknya satu akun Instagram. Terbukti dari jumlah pengguna Instagram di Indonesia yang sangat banyak, yaitu mencapai 90 juta lebih per Juli 2021. Bertumbuhnya angka pengguna tidak lepas dari perkembangan fitur menarik dari Instagram, salah satunya Instagram Shopping.

Sejak beberapa tahun lalu, pengguna Instagram memang tidak hanya terbatas pada mereka yang ingin membagikan karya visualnya, namun juga untuk berbisnis. Melihat potensi terkait hal ini, Instagram menghadirkan beragam fitur untuk mendukung.

Setelah tiga tahun lalu rilis pertama kali di beberapa negara, Oktober 2020 lalu, fitur ini hadir untuk pengguna Instagram di Indonesia. Jika kamu memiliki bisnis, sebaiknya kamu mulai mencoba menggunakan fitur ini.


Apa Itu Instagram Shopping?

Instagram Shopping merupakan fitur terbaru dari Instagram yang memungkinkan sebuah bisnis memiliki etalase digital pada akun Instagram. Tampilan etalase digital ini seperti e-commerce atau situs web.

Sebenarnya, calon konsumen juga bisa langsung berbelanja melalui aplikasi Instagram. Seperti memasukkan ke dalam keranjang hingga checkout dan membayar menggunakan Facebook Payment. Sayangnya hal ini belum bisa untuk pengguna Instagram di Indonesia.

Untuk saat ini, biasanya pengguna fitur Instagram Shopping mengarahkan calon konsumennya untuk berbelanja di situs web mereka. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan jika kedepannya, proses berbelanja bisa sepenuhnya dilakukan melalui aplikasi Instagram.

Meskipun belum bisa menikmati layanan penuh dari fitur ini, kamu tetap bisa memanfaatkannya dengan baik. Sebab, melalui Instagram Shopping kamu bisa menggunakan fitur terbaru yang sangat kamu butuhkan sebagai pemilik bisnis online.

Seperti misalnya, kamu bisa memasang tag harga pada foto atau video produk yang kamu unggah. Selain itu, ada fitur katalog yang memungkinkan kamu mengelompokkan produk sejenis sehingga calon konsumen dapat dengan mudah menemukan produk yang mereka inginkan.

Intinya, meskipun memang proses belanja belum bisa sepenuhnya konsumen lakukan melalui Instagram, tersedia banyak fitur lain yang bisa meningkatkan minat belanja calon konsumen di toko onlinemu.


Manfaat Instagram Shopping

Lebih dari 80% pengguna Instargram mengikuti setidaknya satu akun bisnis. Hal ini menunjukkan betapa besarnya jumlah pengguna Instagram yang tidak ragu untuk bertransaksi dengan toko online di Instagram.

Oleh karenanya, kamu harus memanfaatkan dengan maksimal semua fitur Instagram terkait bisnis termasuk Instagram Shopping. Berikut beberapa manfaat menggunakan Instagram Shopping.

1. Memudahkan Calon Konsumen untuk Menemukan Produk

Untuk meningkatkan engagement rate (ER) akun, biasanya pemilik bisnis di media sosial tidak hanya mengunggah konten mengenai apa yang mereka jual. Mereka juga menyuguhkan konten yang menyenangkan dan bermanfaat untuk audiens.

Aktivitas tersebut memang penting, namun sayangnya menyulitkan calon konsumen untuk menemukan produk yang ingin mereka beli. Sebab konten terkait produk tercampur dengan berbagai jenis konten lainnya.

Pada kasus ini lah, Instagram Shopping berperan besar. Dengan menggunakan Instagram Shopping, toko online kamu akan memiliki etalase atau katalog produk yang bisa calon konsumen akses melalui profil akun bisnismu.

Baca Juga:   5 Tips Instagram Story untuk Meningkatkan Reach dan Engagement

Caranya pun sangat mudah, calon konsumen hanya perlu menekan tombol “View Shop” yang terletak di bawah bio akun.

engan kata lain, perjalanan calon konsumen untuk membeli produk dari toko onlinemu akan menjadi lebih sederhana. Tentu saja ini bisa meningkatkan performa penjualan toko online mu.

2. Menyampaikan Informasi Produk ke Konsumen Tanpa Ribet

Saat calon konsumen tertarik dengan produk yang kamu pajang di Instagram, maka mereka akan mencari tahu lebih lanjut mengenai detail produk. Seperti misalnya harga, bahan baku produk, masa kadaluarsa (jika ada), atau bahkan membandingkan dengan produk sejenis.

Tanpa Instagram Shopping, pemilik bisnis biasanya mencantumkan semua detail produk pada bagian caption. Namun ada juga yang memilih untuk tidak meletakkannya di caption, melainkan di situs web atau toko mereka di marketplace.

Pada akhirnya, calon konsumen harus keluar dari aplikasi hanya untuk mencari informasi detail barang yang belum tentu mereka beli. Proses ini akan terasa panjang bagi calon konsumen yang tidak ingin ribet.

Namun dengan Instagram Shopping, kamu bisa memberikan detail produk pada calon konsumen tanpa harus meminta mereka meninggalkan aplikasi Instagram. Pada bagian fitur katalog, kamu bisa menuliskan deskripsi produk yang lengkap serta harga produk.

3. Membuat Caption jadi Lebih Menarik

Ada kalanya, pemilik bisnis tidak ingin merepotkan calon konsumen dengan mencari detail informasi produk di situs web atau bahkan harus menghubungi pihak toko.

Sehingga tidak sedikit pemilik bisnis yang menyertakan detail produk bersamaan dengan seluruh konten produk. Tujuannya agar calon konsumen dengan mudah mengetahui informasi mengenai produk tersebut.

Padahal tidak semua audiens kontenmu adalah mereka yang memang siap untuk membeli (hot market). Sebagian besar dari mereka mungkin belum merasa benar-benar butuh produk toko online mu.

Sehingga caption konten produk yang berisi penjelasan detail produk tidak membuat mereka jadi tertarik. Bahkan seringkali terlihat terlalu panjang karena memuat informasi yang begitu banyak mengenai produk.

Namun demikian, masalah ini akan selesai ketika kamu menggunakan fitur shopping tags pada Instagram Shopping. Dengan fitur shopping tags, kamu bisa mengarahkan calon konsumen yang memang sudah tertarik dengan suatu produk tertentu untuk langsung menuju katalog.

Sehingga untuk bagian caption, kamu memiliki kesempatan untuk membuat yang lebih menarik alih-alih hanya penjelasan mengenai produk. Kamu bisa menggunakan trik copywriting tertentu seperti storytelling atau sejenisnya.

4. Memperluas Jangkauan Calon Konsumen

Pihak Instagram tampaknya memang serius untuk membuat aplikasi ini menjadi platform yang ramah pada pebisnis online. Terbukti dengan menjadikan Instagram Shopping sebagai salah satu menu utama setiap pengguna.

Pengguna Instagram hanya perlu mengetuk ikon tas yang ada di sebelah tombol Reels. Sejumlah produk dari berbagai toko online akan langsung muncul. Untuk pengguna, menu ini disebut “Shop”.

Hal ini menunjukkan bahwa kamu sebagai pemilik bisnis online memiliki kesempatan untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen melalui fitur ini. Sebab katalog produk mu di Instagram Shopping bisa muncul pada bagian Shop pengguna yang bahkan belum mengikuti akunmu.

Pihak Instagram tidak mengumumkan bagaimana algoritma fitur ini bekerja. Namun kamu dapat memperhatikan bahwa produk yang muncul pada bagian Shop adalah produk dari akun yang kamu ikuti atau produk yang mungkin akan kamu sukai dilihat dari berbagai aktivitasmu di Instagram.

5. Meningkatkan Closing Rate Saat Bekerjasama dengan Influencer

Salah satu fitur unggulan dari Instagram Shopping adalah Instagram Shopping for Creators. Fitur ini memungkinkan influencer yang sedang mempromosikan produk mu melakukan tag langsung ke katalog produk tersebut.

Baca Juga:   Berapa Rata-rata Harga Endorse Influencer di Instagram?

Sehingga audiens dari influencer yang tertarik dengan produk tersebut hanya perlu menekan tombol tag dan dapat langsung menemukan detail produk. Tentu ini akan meningkatkan angka closing rate karena kemudahan calon konsumen untuk berbelanja.

Selain itu, sebagai pihak pemilik bisnis, kamu juga akan dapat mendapatkan hasil insight konten iklan tersebut. Sehingga kamu bisa menganalisis apakah kampanye iklan yang kamu lakukan dengan influencer tersebut berhasil.

Fitur ini bisa digunakan hanya oleh influencer yang menggunakan akun khusus creator atau bisnis. Sejauh ini, Instagram masih dalam proses uji coba menggunakan fitur ini sehingga mungkin kedepannya akan terdapat beberapa perubahan syarat dan ketentuan.

6. Iklan dengan Menggunakan Shopping Tags

Shopping tags memang fitur sederhana namun inovatif bagi sebuah media sosial. Sehingga fitur ini kemudian menjadi andalan bagi banyak pemilik bisnis online di Instagram.

Saat ini, shopping tags bisa kamu gunakan saat menggunakan iklan berbayar di Instagram. Sehingga audiens konten iklan mu dapat langsung menuju ke halaman detail produk.

7. Meningkatkan Penjualan Produk Baru

Saat menggunakan Instagram Shopping kamu bisa mengumumkan agenda peluncuran porduk baru dan meminta pengikutmu di Instagram untuk memasang pengingat waktu peluncuran tersebut.

Setiap pengguna yang memasang pengingat tersebut akan mendapatkan notifikasi saat mendekati waktu peluncuran produk. Sehingga meskipun mereka sedang tidak membuka aplikasi, mereka akan segera ingat bahwa produkmu akan segera rilis.

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan tingkat penjualan yang tinggi saat hari peluncuran produk baru.

8. Fitur Menyimpan untuk Konsumen yang Sedang Sibuk

Tidak semua orang membuka aplikasi Instagram karena memiliki waktu luang. Sebagian dari mereka mengecek sebentar untuk melepas kejenuhan rutinitas dan mungkin akan segera kembali ke aktivitas mereka.

Dengan kata lain, mereka tidak memiliki waktu yang banyak untuk melihat-lihat produk lalu melakukan proses transaksi. Untungnya, saat ini mereka bisa memanfaatkan fitur menyimpan produk.

Fitur ini akan muncul jika pemilik bisnis online menggunakan Instagram Shopping. Nantinya setiap produk yang mereka simpan akan masuk ke grup “Wishlist” yang ada di menu “Saved”.

Setiap produk dari toko online Instagram Shopping yang disimpan oleh pengguna akan masuk ke grup tersebut sehingga tidak tercampur dengan konten simpanan lainnya.

Dengan demikian, kamu hanya perlu menunggu mereka memiliki waktu luang untuk segera mengecek kembali produk tersebut.


Cara Kerja Instagram Shopping

Instagram Shopping sebenarnya menyerupai marketplace, yang mana konsumen dan pemilik bisnis dapat melakukan jual beli langsung melalui platform ini. Namun sayangnya proses transaksi saat ini belum tersedia bagi pengguna di Indonesia.

Namun kamu bisa memanfaatkan fitur lain, seperti memasang katalog dan menggunakan shopping tags. Sehingga pengguna Instagram akan dengan mudah menemukan produk dari toko mu.

Menariknya, fitur pada Instagram Shopping juga memungkinkan influencer yang bekerjasama dengan bisnis mu melakukan tag produk langsung ke katalog mu. Sehingga ini akan memudahkan calon konsumen dari influencer tersebut jika ingin melakukan pembelian.


Cara Mengaktifkan Instagram Shopping

Instagram Shopping hadir untuk mendukung setiap bisnis yang ada di platform ini dapat berkembang melalui berbagai fitur yang ditawarkan. Sebelum mengaktifkan Instagram Shopping, pastikan bisnis kamu sudah mematuhi kebijakan perdagangan dan perjanjian pelapak.

Membuat Akun Bisnis dan Halaman Facebook

  1. Pertama, kamu harus memiliki akun khusus bisnis lalu membuat halaman Facebook. Buka bagian profil lalu klik ikon tiga garis yang ada di kanan atas.
  2. Lalu pilih “Settings” dan “Account”.
  3. Gulir ke bawah dan klik “Swith to Professional Account” dan pilih bidang bisnismu.
  4. Lalu pilih “Business” dan klik “Next”.
  5. Isi data dan klik “Next”, saat ini akun mu telah beralih menjadi akun bisnis.
  6. Selanjutnya hubungjan akun Instagram ke halaman Facebook. Buka profil dan klik “Edit Profil”.
  7.  Kemudian pilih “Halaman” yang ada di bagian “Informasi Bisnis Publik” dan pilih halaman Facebook dari bisnismu.
  8.  Apabila sebelumnya kamu belum memiliki halaman Facebook, maka pilih “Buat Halaman Facebook Baru”.
Baca Juga:   Apa Itu PPC? Pengertian, Kelebihan, dan Cara Pembuatannya

Setelah berhasil, sebaiknya kamu segera membuat katalog untuk memaksimalkan fitur ini.

Cara Membuat Katalog di Instagram Shopping

Terdapat dua cara untuk membuat katalog. Pertama, mengintegrasikan katalog dari ecommerce yang telah bersertifikasi seperti BigCommerce dan Shopify. Kedua, membuat katalog secara manual.

Dengan asumsi kamu tidak memiliki toko online di BigCommerce maupun Shopify, maka kamu harus membuat katalog secara mandiri melalui Facebook. Berikut caranya.

  1. Buka Commerce Manager dan klik “Create a Catalog”.
  2. Pilih “E-commerce” lalu klik “Next”.
  3. Kemudian pilih metode mengunggah produk yaitu “Upload Product Info”.
  4. Selanjutnya kamu harus mengisi setiap kolom yang ada seperti nama katalog lalu klik “Create”.
  5. Kamu akan kembali ke halaman utama Commerce Manager. Klik katalog yang sudah kamu buat lalu klik “Add Items”.
  6. Kemudian pilih “Add manually” dan klik “Next”.
  7. Unggah foto produkmu, pastikan kamu menggunakan foto yang menarik dan tidak pecah.
  8. Masukkan nama, deskripsi, dan informasi detail lainnya. Kamu bisa menggunakan kata kunci tertentu untuk memudahkan calon konsumen menemukan produkmu.
  9. Klik “Next” dan isi setiap detail yang dibutuhkan.
  10. Apabila sudah lengkap, pilih “Finish”. Klik “Add Another Item” saat kamu ingin mengunggah katalog lainnya.

Langkah Terakhir Mengaktifkan Akun

Setelah membuat katalog sebaiknya kamu segera mengajukan peninjauan akun. Sebab biasanya pihak Instagram membutuhkan beberapa detail untuk konfirmasi, seperti konfirmasi kepemilikan domain situs web binis yang kamu input ke katalog. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka “Settings” dan daftar untuk Shopping.
  2. Akan muncul langkah-langkah untuk mengajukan peninjauan akun. Ikuti setiap langkah tersebut.

Proses peninjauan biasanya memerlukan waktu lebih dari 24 jam. Untuk mengecek status tinjauan, kamu selalu bisa melihatnya di bagian “Settings” lalu pilih “Shopping”.

Setelah itu aktifkan fitur belanja, berikut caranya.

  1. Buka “Settings” lalu  klik “Business”
  2. Klik “Shopping” dan ilih katalog produk yang ingin kamu hubungkan.
  3. Selanjutnya klik “Selesai”.

Jika tidak bisa, kemungkinan akun mu belum selesai ditinjau atau ada beberapa hal yang harus kamu selesaikan untuk mendapatkan verifikasi. Apabila sudah mendapatkan verifikasi, saat ini akun mu sudah memiliki toko online resmi di Instagram Shopping.


Siap Memasarkan Produk dengan Instagram Shopping?

Demikian penjelasan lengkap mengenai Instagram Shopping yang baru diluncurkan di Indonesia tahun lalu. Meskipun terdapat fitur penting yang belum bisa kamu gunakan, namun kamu tetap bisa memanfaatkan fitur lainnya dengan maksimal.

Dengan memanfaatkan setiap fitur dari Instagram Shopping, bisnis online mu di platform ini semakin terlihat kredibel. Selain itu kamu juga memudahkan calon konsumen saat sedang mempretimbangkan transaksi dengan toko onlinemu.

Sebab mereka dapat dengan mudah menemukan detail produk. Sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa penjualanmu akan meningkat saat memanfaatkan fitur ini.

Terlebih kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk menikmati beragam fitur yang ada di Instagram Shopping. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya saat memutuskan untuk menggunakan iklan.


Dapatkan berbagai insight maupun tips seputar influencer, berita influencer, influencer marketing, hingga social media influencer tentunya hanya di influencer101.id.

Baca juga: 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password