Instagram Marketing Tren di Tahun 2022 yang Wajib Dicoba

instagram marketing tren

Sebagai salah satu sosial media dengan banyak pengguna, memang tidak salah jika banyak orang yang menggunakan Instagram sebagai media marketing. Penggunaan instagram sebagai tempat marketing memang cukup efektif, terutama ketika kamu menggunakan cara yang tepat. Lalu bagaimana instagram marketing tren yang akan terjadi tahun ini?

Instagram Marketing Tren

Meskipun terbilang efektif, namun ada banyak yang perlu kamu perhatikan ketika akan mengoptimalkan proses marketing di Instagram. Salah satunya adalah dengan memperhatikan Instagram marketing tren. Tren ini akan menunjukan apa saja yang sedang ramai orang gunakan. Selain itu, tren ini juga akan menunjukan mana cara yang efektif dan mana yang tidak. 

Beberapa Instagram marketing tren yang bisa kamu coba lakukan antara lain:

1. Otomatisasi Percakapan via DM

Salah satu Instagram marketing tren yang bisa kamu optimalkan adalah otomatisasi DM. DM atau direct message merupakan sebuah cara interaksi secara personal di Instagram. Biasanya fitur ini akan digunakan untuk menanyakan informasi yang lebih detail. Semakin besar bisnis yang kamu punya maka mungkin saja akun bisnis kamu tersebut akan kebanjiran banyak DM. 

Inilah yang perlu kamu perhatikan, dengan banyaknya DM yang masuk maka mungkin akan merepotkan jika kamu harus membalasnya satu per satu secara manual. Padahal, kecepatan waktu membalas DM ini merupakan salah satu indikator performa dari bisnis kamu. Memperhatikan hal tersebut maka tidak heran jika banyak bisnis yang saat ini mulai mengoptimasi DM secara otomatis.

Selain mempercepat proses balas-membalas pesan,  cara ini juga efektif dan bisa menghemat biaya, tenaga, dan juga waktu dari tim support. Biasanya, otomatisasi DM ini akan menjawab beberapa pertanyaan umum yang sering orang tanyakan. Seperti masalah harga, ukuran, stok, ataupun pengiriman.

2. Membuat Instagram Sebagai Tempat Berbelanja

Instagram marketing tren lainnya yang juga akan naik adalah menjadikan Instagram sebagai tempat berbelanja. Jika sebelumnya Instagram hanyalah tempat untuk berbagi foto, maka seiring perkembangan Instagram juga kini menjadi salah satu tempat untuk berbelanja.

Baca Juga:   Fitur Collaboration Instagram: Cara Menggunakan dan Manfaat.

Kini, fungsi dari Instagram sudah selayaknya marketplace. Hal ini juga yang perlu untuk kamu persiapkan. Tren penggunaan Instagram sebagai tempat belanja langsung membuat kamu harus mempersiapkan materi promosi. Dalam hal ini, kamu juga perlu mengoptimalkan konsep dan tampilan yang ada pada akun Instagram kamu.

3. Pemasaran Lewat Influencer Marketing akan Meningkat

Tren marketing lainnya yang juga diperkirakan akan mengalami peningkatan adalah dengan menggunakan jasa influencer. Cara ini dinilai cukup cepat untuk memperkenalkan produk dan juga brand yang kamu punya. Saat ini, ada banyak influencer yang bisa kamu ajak bekerja sama. Bahkan saat ini juga sudah ada banyak influencer dengan berbagai niche yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu.

Yang perlu kamu perhatikan ketika bekerja sama dengan influencer adalah pastikan jika orang yang kamu ajak kerja sama tersebut memang bisa mewakili brand kamu. Dalam hal ini, maka influencer tersebut akan menjadi wajah dari brand kamu. Maka sangat wajar jika kamu perlu memastikan influencer tersebut sesuai atau tidak dengan bisnis yang kamu punya.

Penggunaan influencer yang tepat memang bisa menarik banyak pembeli. Sebagai promotor, influencer memang bisa meningkatkan daya kepercayaan dan minat beli dari banyak orang. Namun hal ini juga akan kembali lagi ke pemilihan influencer yang tepat. Meskipun Instagram marketing tren penggunaan influencer akan meningkat, namun jika kamu salah memilih influencer maka hasilnya akan buruk bagi bisnis yang kamu punya.

4. Mengembangkan Konten pada Instagram Live

Saat ini, salah satu fitur yang juga cukup menarik di Instagram adalah Instagram Live. Dengan adanya fitur ini membuat pemilik akun bisa berinteraksi secara real time dengan para followers. Konsepnya adalah live streaming dengan komunikasi dua arah.

Fitur ini cukup menguntungkan dan bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan promosi. Dengan penggunaan Instagram Live ini maka kamu bisa melakukan promosi dengan jauh lebih menarik. Yang perlu kamu pikirkan untuk memaksimalkan konten ini adalah bagaimana mengembangkanmateri promosi yang kamu punya.

Baca Juga:   Cara Menambahkan Cover Foto Instagram Reels dengan Mudah

Dengan materi promosi yang baik, maka proses marketing dengan fitur ini juga akan jauh lebih optimal. Salah satu indikator dari berhasil atau tidaknya proses marketing lewat fitur ini, selain jumlah pembelian, adalah banyaknya penonton yang menyaksikan live streaming kamu. Semakin banyak penonton, maka semakin berhasil cara kamu untuk melakukan promosi.

Instagram Live ini juga memungkinkan komunikasi dua arah. Sehingga cara ini juga bisa kamu manfaatkan untuk menaikan interaksi dengan calon konsumen kamu. Cara ini juga cukup efektif untuk menaikan engagement dari akun bisnis kamu. Pola interaksi ini juga bisa kamu gunakan untuk mendapatkan konsumen baru.

5. Optimalisasi Instagram Polls

Instagram marketing tren yang akan naik memang tidak lepas dari fitur-fitur baru yang ada di Instagram. Selain Instagram Live, fitur lainnya yang juga bisa kamu optimalkan untuk melakukan marketing adalah menggunakan Instagram Polls.

Secara singkat, fitur ini akan membuat kamu memberikan pilihan kepada followers. Nantinya, followers akan memilih antara pilihan A atau B, selayaknya polling pada umumnya. Cara ini dinilai bisa memberikan kamu engagement dan juga feedback dari customer dalam waktu bersamaan.

Selain itu, pengoptimalan cara ini juga bisa kamu manfaatkan untuk melihat apa yang sebenarnya konsumen kamu inginkan. Dengan memberikan pilihan ini, maka kamu juga bisa melihat tren seperti apa yang akan terjadi. Itulah salah satu bentuk pemanfaatan dari Instagram polls. 

Selain itu, penggunaan fitur ini juga memungkinkan kamu untuk meningkatkan interaksi dengan followers kamu. Selain bisa melihat apa yang konsumen kamu inginkan, kamu juga bisa melihat bagaimana respon dari followers untuk setiap produk yang kamu upload.

6. Optimalisasi Konten Video Pendek

Jika sebelumnya Instagram merupakan tempat untuk berbagi foto, maka kini tidak hanya foto namun Instagram juga bisa kamu gunakan untuk berbagi video. Penggunaan video ini juga merupakan cara yang tepat untuk kamu melakukan promosi. Namun, yang kamu perlu perhatikan adalah Instagram ini memiliki tren yang unik dalam urusan video.

Baca Juga:   Cara Live di TikTok Dengan Mudah Untuk Menarik Banyak Penonton

Ketimbang menonton video dengan durasi panjang, pengguna Instagram ini lebih suka video dengan durasi yang singkat. Penggunaan video durasi singkat ini juga yang akan menjadi salah satu Instagram marketing tren yang akan banyak orang gunakan. Instagram memang memiliki banyak sekali fitur yang mendukung penggunaan video singkat ini.

Dari mulai Instagram stories sampai reels. Rata-rata orang yang membuat video di Instagram hanya dengan durasi hitungan detik, dan tidak sampai 1 menit. Ini yang membuat kamu perlu memperhatikan konten dengan lebih baik. Karena membuat video dengan durasi yang pendek tentu akan lebih sulit dari membuat video dengan durasi panjang.


Seberapa Penting Instagram untuk Tempat Marketing?

Mungkin masih banyak yang bertanya seberapa penting memahami Instagram marketing tren ini? Maka Jawabannya tentu saja cukup penting. Selain fakta jika jumlah pengguna Instagram yang sangat banyak, sehingga membuat platform ini menjadi tempat yang ideal untuk berjualan. Hal lain yang juga cukup penting adalah karena Instagram, saat ini sudah seperti marketplace.

Tidak hanya sekedar berbagi foto dan video, Instagram juga sudah memungkinkan kamu untuk langsun berbelanja di platform tersebut. Hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa kamu perlu memahami tren penjualan di Instagram ini.

Selain itu, masih banyak orang yang juga mencari barang di Instagram sebelum akhirnya membeli melalui marketplace. Hal ini membuktikan jika Instagram masih merupakan tempat pilihan banyak orang untuk mencari referensi. Inilah juga yang menjadikan alasan kamu perlu membuat konten semenarik mungkin untuk menarik banyak minat pengguna Instagram.

Namun dari semua itu, alasan paling penting mengapa kau perlu memahami Instagram marketing tren adalah karena ini merupakan bagian dari digital marketing. Saat ini, hampir semua proses marketing dilakukan secara digital dalam dunia online. Memahami pemasaran lewat Instagram ini bisa menjadi salah satu upaya kamu untuk bisa menaikan jumlah penjualan dengan menjangkau pasar digital. Keuntungannya adalah jangkauan yang lebih luas dna kemungkinan pembeli juga akan semakin banyak.

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, social media influencer, marketing influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password