Instagram Bisnis: Pengertian, Kelebihan, dan Fitur Unggulannya

Instagram Bisnis - Pengertian, Kelebihan, dan Fitur Unggulannya

Instagram tidak hanya menjadi tempat berinteraksi antar satu pengguna dengan pengguna lainnya, namun juga menjadi platform bagi pemilik bisnis menjangkau calon konsumen. Bahkan saat ini ada Instagram Bisnis yang merupakan bukti dukungan dari pihak Instagram ke setiap pemilik bisnis online.

Berikut penjelasan lengkap mengenai Instagram Bisnis, kelebihan serta fitur unggulan yang akan membuatmu ingin segera memanfaatkannya.

Apa Itu Instagram Bisnis?

Melansir dari Data Instagram, sekitar 90% pengguna mengikuti setidaknya satu akun bisnis atau merek. Selain itu 2 dari 3 orang tidak menyangkal kemungkinan akan berinteraksi dengan akun bisnis di Instagram.

Data tersebut menunjukkan bahwa Instagram adalah platform potensial bagi setiap pemilik usaha. Terlebih saat ini hadir Instagram Bisnis yang bisa membantu mu untuk melakukan branding usaha hingga pemasaran di platform ini.

Instagram Bisnis adalah salah satu jenis akun khusus untuk mengembangkan sebuah usaha online di Instagram yang pertama kali rilis pada tahun 2014. Pembaharuan ini merupakan inovasi dari Instagram untuk menjadikan aplikasi tersebut ramah terhadap pemilik usaha.

Dengan akun jenis ini, kamu dapat menggunakan berbagai macam fitur untuk mendukung aktivitas bisnis mu di Instagram. Menariknya, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memanfaatkan beragam fitur tersebut, kecuali Instagram Ads.

Kamu tidak perlu khawatir apabila bisnis mu masih kecil atau bahkan baru kamu mulai. Sebab, Instagram Bisnis bisa digunakan oleh semua pemilik usaha dengan mudah.

Kelebihan Instagram Bisnis

Aktivitas yang serba digital mendorong setiap pemilik bisnis untuk menghadirkan bisnisnya secara online. Berikut beberapa kelebihan Instagram Bisnis jika kamu berpikir untuk segera membuka usaha mu di platform ini.

1. Terlihat Profesional

Coba kamu bandingkan profil sebuah akun pribadi dengan akun Instagram Bisnis. Maka akan nampak bagaimana sebuah akun bisnis akan terlihat lebih profesional.

Terdapat beberapa tombol yang dapat membantu kebutuhan calon konsumen, seperti “contact” dan “order food”. Selain itu ada juga alamat yang bisa terhubung langsung ke Google Maps.

Calon konsumen akan dengan mudah menjangkau layanan yang kamu berikan sehingga kamu sebagai pemilik bisnis terlihat siap untuk melayani mereka.

2. Jangkauan Luas

Saat Instagram meluncurkan Instagram Bisnis, tidak sedikit pemilik usaha pada platform ini khawatir nasib akun mereka akan sama dengan Facebook Business Page. Sebab Instagram berada di bawah otoritas Facebook.

Jangkauan halaman bisnis pada Facebook merosot atau kecil jika membandingkannya dengan profil biasa, meskipun jumlah penyuka halaman sudah banyak.

Namun ternyata kekhawatiran ini tidak terbukti pada Instagram Bisnis. Kamu tetap bisa menjangkau banyak pengguna Instagram ketika menggunakan jenis akun ini. Bahkan kamu bisa menjangkau pengguna dengan jumlah lebih banyak dari jumlah pengikut di setiap konten mu.

Tentu saja hal tersebut membutuhkan strategi yang tepat dari hasil analisis data. Namun intinya, mengalihkan akun menjadi akun bisnis tidak membuat mu kehilangan banyak jangkauan.

3. Banyak Fitur Unggulan

Instagram mendesain akun bisnis dengan beragam fitur yang dapat menunjang aktivitas pemasaran mu di platform tersebut. Sehingga tidak mengherankan terdapat sekitar 25 juta akun bisnis per tahun 2020. Banyak pemilik usaha tertarik untuk mengembangkan bisnisnya di Instagram.

Fitur Unggulan Instagram Bisnis

Sebuah penelitian menemukan bahwa akun bisnis di Instagram mendapatkan penambahan jumlah followers rata-rata 1.46% per bulannya.

Tentu banyak faktor yang bisa menentukan jumlah kenaikan, namun yang pasti angka kenaikan yang besar bisa kamu capai jika memaksimalkan fitur Instagram Bisnis. Berikut fitur unggulannya.

1. Auto Reply dan Quick Reply

Kamu adalah satu dari sekian banyak orang yang memutuskan untuk membuka lapak di Instagram Bisnis. Bahkan mungkin banyak yang menjual produk serupa denganmu dan menjadi kompetitor bisnis.

Dengan kata lain, bukan menjadi masalah bagi calon konsumen apabila mereka tidak jadi membeli produk di tempatmu. Mereka memiliki banyak pilihan di luar sana dan hanya perlu menggunakan jari untuk beralih ke toko lain.

Perginya calon konsumen dari toko online mu bisa jadi karena mereka terlalu lama menunggu jawaban saat menghubungi bisnismu melalui direct message (DM). Padahal, calon konsumen yang sudah berada di tahap ini adalah calon konsumen yang potensial.

Oleh karenanya, akun ini hadir dengan fitur auto reply untuk setiap pesan yang masuk ke DM. Melalui fitur ini, kamu bisa memberitahu bahwa admin bisnis mu sedang dalam keadaan tidak dapat membalas dan akan segera membalas pada jam aktif, misalnya.

Setidaknya, melalui pesan tersebut, calon konsumen bisa berekspektasi kapan pertanyaan mereka akan terjawab.  Selain itu, ada juga fitur quick reply yang memungkinkan kamu menyimpan format jawaban agar dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan sejenis.

2. Instagram Shopping

Fitur yang baru rilis untuk pengguna Instagram di Indonesia adalah Instagram Shopping. Fitur ini bekerja menyerupai marketplace, yang mana kamu sebagai pemilik usaha dapat membuat katalog di Instagram dan melakukan proses transaksi dengan konsumen di platform ini.

Sayangnya, proses transaksi saat ini hanya bisa berlaku di Amerika Serikat. Namun demikian, fitur Instagram Bisnis ini tetap menguntungkan bagi pemilik usaha online.

Dengan Instagram Shopping, kamu bisa menambahkan shopping tags ke setiap konten produk yang kamu bagikan di feed maupun story. Sehingga setiap audiens yang melihat konten tersebut dan tertarik dengan produkmu dapat segera mengetahui informasi detail mengenai produk itu.

Mereka hanya perlu mengetuk shopping tags tersebut dan akan langsung menuju katalog produk. Oleh karenanya, penting untuk kamu memberikan informasi yang lengkap di katalog jika menggunakan fitur ini.

3. Schedule Post

Salah satu tips untuk meningkatkan engagement rate (ER) akun adalah dengan konsisten mengunggah konten. Namun seringkali pemilik bisnis lupa atau terlewat untuk mengunggah dari jadwal yang telah ia tentukan sendiri.

Hal ini juga bisa terjadi padamu, terutama jika kamu belum memiliki admin media sosial khusus. Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan fitur Instagram Bisnis untuk menjadwalkan unggahan konten.

Penjadwalan bisa kamu lakukan melalui Facebook Business Suite and Business Manager Overview. Dengan fitur ini, kamu hanya perlu mengunggah secara langsung semua konten yang ingin kamu bagikan di akun bisnis kamu dan mengatur jadwalnya.

Lalu nantinya konten tersebut akan secara otomatis terunggah ke akun bisnis mu sesuai dengan jadwal yang sudah kamu tentukan. Dengan demikian, kamu tidak akan terlewat lagi untuk membagikan konten baru yang tepat sesuai jadwal.

4. Alamat dan Niche Bisnis

Profil akun Instagram Bisnis adalah wajah dari sebuah usaha online. Oleh sebab itu, sangat penting untuk membuatnya menarik, salah satu caranya dengan merapikan bagian bio.

Dengan beralih ke akun bisnis, kamu bisa meletakkan alamat bisnis mu di profil yang langsung terhubung ke Google Maps. Sehingga calon konsumen akan dengan mudah menemukan lokasi bisnis mu.

Terutama untuk kamu yang memiliki target pasar masyarakat lokal dan memang menarik calon konsumen untuk datang langsung ke tempat bisnis mu, seperti misalnya restoran, maka fitur ini akan sangat bermanfaat.

Selain itu, dengan menggunakan akun bisnis, kamu juga bisa langsung memberi tahu niche bisnismu pada setiap audiens yang mampir ke profilmu. Niche tersebut tertulis tepat di bawah nama akun.

5. Partnership Tag

Influencer marketing merupakan salah satu pemasaran yang banyak pelaku bisnis lakukan di era serba online ini. Sebab hasilnya pun sangat mengesankan bila kamu merencanakan strategi kampanye dengan maksimal.

Menurut penelitian, nilai return of investment (ROI) influencer marketing 89% lebih baik membandingkannya dengan channel pemasaran online lainnya. Tentu ini juga mendapat perhatian khusus dari pihak Instagram Business.

Selain memberikan lapak khusus yaitu Instagram for Creators, Instagram juga sangat terbuka pada kerjasama yang dilakukan oleh pemilik bisnis di Instagram dengan para influencer tersebut.

Hal tersebut dapat kita lihat dari bagaimana influencer dapat melakukan partnership tag dengan sebuah akun bisnis. Mungkin kamu juga sering melihat tag ini, yaitu tulisan “Paid Partnership with…” yang ada di bawah persis username.

Dengan partnership tag tersebut, kamu sebagai pemilik bisnis dapat melihat insight konten kampanye iklan influencer secara real time. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah menilai keberhasilan kampanye kerjasama dengan influencer tersebut.

6. Food Delivery dan Gift Card

Akibat pandemi, tidak sedikit pemilik bisnis gulung tikar. Terutama pada tahun 2020 lalu, ketika situasi dan kondisi sulit diprediksi.

Menghadapi hal tersebut, Instagram meluncurkan fitur baru dengan harapan akan membantu para pemilik bisnis untuk tetap bertahan di situasi sulit tersebut, yaitu gift card dan food delivery. Fitur ini hanya bisa kamu pakai jika menggunakan akun Instagram Bisnis atau kreator.

Keduanya merupakan stiker pada bagian story yang dapat mengarahkan audiens untuk membeli voucher atau membeli makanan dari resto lokal. Seiring berjalannya waktu, stiker tersebut bahkan saat ini dapat muncul sebagai sebuah tombol di bagian profil toko online mu.

Di Indonesia, Instagram bekerjasama dengan Support Local Brand untuk layanan gift card. Sedangkan untuk food delivery, ada Grabfood dan Gofood.

Sehingga jika kamu merupakan pebisnis kuliner, maka kamu harus bermitra dengan dua aplikasi tersebut untuk bisa memanfaatkan fitur Instagram Bisnis yang satu ini.

7. Facebook Ads

Fitur unggulan berbayar Instagram Bisnis adalah Facebook Ads. Melalui fitur ini, kamu bisa memasang iklan dengan biaya yang terbilang murah. Apabila mengatur strategi kampanye iklan dengan baik, maka kamu bisa mendapatkan hasil ROI yang mengesankan.

Saat memasang iklan melalui Facebook Ads, kamu sudah harus tahu target pasar dari bisnismu. Facebook akan membantumu untuk menampilkan iklan yang kamu pasang ke target audiens yang kamu minta. Gunakan A/B Testing untuk mengetes iklan seperti apa yang berhasil.

8. Instagram Live

Tidak hanya di akun biasa, kamu bisa menggunakan fitur Instagram Live saat kamu mengalihkan akunmu menjadi Instagram Bisnis. Dengan Instagram Live kamu bisa berkomunikasi langsung dengan pengikutmu sehingga dapat meningkatkan engagement.

Banyak pebisnis di Instagram memanfaatkan fitur ini untuk menjual produk secara terbatas saat live berlangsung. Ada juga yang mengaktifkan Instagram Live untuk mengadakan diskusi dengan influencer untuk menarik pengikut baru.

9. Instagram Reels

Beberapa waktu lalu, Instagram baru saja merilis Reels yang ternyata sangat berguna untuk pemilik bisnis menjangkau calon konsumen lebih luas. Reels merupakan fitur yang memungkinkan kamu sebagai pengguna membuat video berdurasi pendek.

Video tersebut nantinya akan Instagram distribusikan ke pengguna lain yang bahkan tidak atau belum mengikuti akun Instagram Bisnis mu. Dengan kata lain, menggunakan Reels membuat akunmu dapat menjangkau banyak orang.

Algoritma Reels bekerja menampilkan video ke pengguna sesuai dengan minat mereka. Sehingga misalnya kamu memiliki bisnis fashion dan membuat konten Reels mengenai fashion, maka video tersebut akan bisa tampil ke setiap pengguna yang memiliki minat di bidang fashion.

Sehingga dengan fitur Instagram Bisnis ini, kamu menjangkau calon konsumen yang potensial. Menariknya, fitur ini sama sekali tidak berbayar. Kamu hanya perlu membuat konten yang bagus untuk mendapatkan banyak view.

10. Instagram Story

Story merupakan fitur yang bisa kamu gunakan baik saat menggunakan akun pribadi maupun Instagram Bisnis. Untuk sebuah bisnis, Story mendatangkan banyak manfaat.

Pertama, kamu bisa berkomunikasi langsung dengan pengikutmu melalui beragam stiker interaktif seperti polling, questions, dan sebagainya. Menggunakan stiker tersebut dapat meningkatkan engagement rate akun.

Oberlo menyebutkan bahwa di tahun 2018, sekitar 500 juta pengguna Instagram secara aktif menggunakan Instagram Story, baik mengunggah maupun menonton. Dan sepertiga dari Story dengan jumlah view terbanyak berasal dari akun Instagram Bisnis.

Kedua, melalui Story pemilik bisnis dapat menunjukkan sisi humanis mereka. Sebab, fitur yang hanya menampilkan konten selama 24 jam ini, dinilai cocok untuk membagikan raw content seperti behind the scene pembuatan suatu produk tanpa editan tertentu.

Ketiga, kamu dapat menggunakan fitur ini saat menjalankan iklan berbayar. Penelitian menemukan bahwa iklan di Story menghasilkan 35% impresi dari total impresi yang sebuah bisnis dapatkan ketika memasang iklan di Instagram.

Terlebih baiya cost per mille iklan di Instagram Story rata-rate lebih rendah membandingkannya dengan iklan berbayar lainnya. Sehingga fitur ini merupakan fitur yang sebaiknya kamu manfaatkan saat menjalankan sebuah bisnis di Instagram Bisnis.

Kapan Harus Menggunakan Instagram Bisnis?

Instagram merupakan media sosial dengan pengguna terbanyak ketiga di Indonesia setelah Youtube dan WhatsApp. Per tahun 2021, pengguna aktif telah mencapai 90 juta lebih. Kurang lebih 50% dari total pengguna internet di negara ini.

Angka ini tentu akan terus berkembang kedepannya mengingat Instagram terus mengembangkan beragam fitur inovatif, seperti yang terbaru yaitu Instagram Reels.

Oleh karenanya, sebagai pemilik bisnis, waktu yang tepat untuk menggunakan Instagram Bisnis adalah sekarang. Membangun kredibilitas akun di Instagram membutuhkan waktu sehingga lebih cepat untuk memulai tentu akan lebih baik.

Pastikan kamu memiliki strategi untuk membangun branding dan mengembangkan akun Instagram Bisnis mu. Kamu bisa mempekerjakan seorang ekspert di bidang media sosial jika memungkinkan.

Siap untuk Mengembangkan Bisnis di Instagram?

Demikian penjelasan lengkap mengenai Instagram Bisnis. Instagram menyediakan platform yang ramah untuk setiap pemilik bisnis dengan menghadirkan beragam fitur yang menunjang aktivitas bisnis mu secara digital.

Mengetahui bagaimana fitur itu bekerja dan cerdas membaca data adalah kunci untuk merancang setiap strategi branding dan pemasaran di akun bisnis. Tidak sedikit pemilik bisnis yang bahkan memulai bisnisnya di platform ini dan berkembang pesat menjadi bisnis yang besar.

Temukan berbagai insight di dunia influencer, social media influencer, berita influencer, hingga marketing influencer tentunya hanya di influencer101.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password