Instagram Ads: Kelebihan dan Cara Beriklan di IG Ads

Instagram-ads-adalah-paltform-iklan-social-media

Selain sebagai media sosial, Instagram juga merupakan salah satu tempat yang menarik untuk berbisnis. Dengan banyaknya pengguna, maka tidak salah jika banyak orang yang menggunakan media ini untuk berbisnis. Instagram juga memiliki banyak fitur yang mendukung untuk bisnis. Instagram ads adalah salah satunya.

Apa itu Instagram Ads?

Instagram ads adalah salah satu platform yang bisa kamu gunakan untuk membuat iklan di meda sosial. Untuk kamu yang pernah membuat iklan menggunakan facebook Ads, maka penggunaan Instagram ads mungkin sudah cukup familiar.

Dengan banyaknya orang yang menggunakan media sosial saat ini, maka tidak heran jika menggunakan iklan di media sosial merupakan pilihan yang menarik. Semakin banyak pengguna tentu akan semakin menguntungkan. Salah satu alasannya adalah karena akan banyak orang yang melihat iklan yang kamu buat.

Bagaimana Membuat Instagram Ads?

Instagram ads adalah tempat yang tepat untuk kamu mempromosikan bisnis yang kamu punya. Dengan langkah yang tepat, maka ini bisa saja menjadi cara untuk kamu memperluas bisnis yang kamu punya. Berikut adalah cara membuat Instagram Ads yang bisa kamu lakukan.

1. Buka Facebook Ads Manager

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka facebook Ads Manager. Sejak bergabungnya dua media sosial ini, maka pembuatan iklan di Instagram pun akan menggunakan facebook, maka pastikan kamu sudah punya dan login ke akun facebook sebelumnya.

2. Pilih Pembuatan Iklan Terpadu

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk membuat Instagram Ads adalah masuk ke menu kampanye dan pilih Buat Iklan. Ada dua pilihan yang akan kamu dapatkan, yang pertama adalah pembuatan iklan cepat. Nantinya kamu akan diberi cara membuat iklan dengan cepat.

Dan yang kedua adalah pembuatan iklan terpadu. Pilihan inilah yang sebaiknya kamu pilih. Nantinya, kamu akan membuat iklan dengan lebih detail dan spesifik.

3. Tentukan Tujuan Pembuatan Iklan

Setelah memilih untuk pembuatan iklan terpadu, maka selanjutnya kamu perlu menentukan tujuan kamu membuat iklan. Inilah salah satu alasan mengapa kamu sebaiknya memiliki iklan terpadu pada langkah sebelumnya. Ini merupakan salah satu detail iklan yang kamu butuhkan.

Ada 3 pilihan untuk pembuatan tujuan iklan yang bisa kamu pilih. 3 pilihan tersebut adalah awareness, consideration, dan conversion. Berikut adalah tips untuk memilih tujuan iklan mana yang cocok untuk kamu

  • Awareness

    Pilihan ini jika kamu bertujuan untuk meningkatkan awareness terhadap bisnis kamu. Kamu bisa memilih ini jika tujuan kamu adalah meningkatkan brand awareness. Nantinya, iklan yang kamu buat akan menjangkau orang yang tertarik dengan bisnis kamu.

    Selain itu, ketika kamu memilih kategori ini maka iklan yang kamu buat akan muncul lebih luas. Jangkauan iklan yang kamu buat akan menjadi lebih maksimal. Untuk masalah jangkauan ini, maka akan tergantung dengan anggaran yang kamu punya. Semakin besar anggarannya maka akan semakin luas juga jangkauan iklan kamu.

  • Consideration

    Kategori tujuan iklan lainnya yang bisa kamu pilih adalah consideration atau pertimbangan. Jika kamu bertujuan untuk meningkatkan jumlah traffic pada bisnis kamu, maka ini merupakan pilihan yang tepat. Pada dasarnya tujuan iklan ini adalah membuat orang melakukan sebuah action.

    Untuk kamu yang membutuhkan interaksi, penggunaan CTA, atau pengumpulan data, maka pemilihan tujuan iklan dengan kategori ini bisa kamu lakukan.

  • Conversion

    Tujuan iklan lainnya yang bisa kamu pilih adalah conversion. Kategori ini bertujuan jika kamu ingin meningkatkan jumlah pembelian atau konsumen. Pada dasarnya, tujuan iklan ini adalah untuk merubah calon konsumen menjadi konsumen

Setelah memilih tujuan mana yang akan kamu buat, lalu selanjutnya pilih tujuan tersebut.

4. Pilih Jenis Iklan

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menentukan jenis iklan yang akan kamu buat. Dalam hal ini ada dua pilihan untuk kamu. Yang pertama adalah uji split. Pada pilihan ini maka kamu akan membuat dua iklan. Nantinya kedua iklan itu akan muncul pada dua target audience yang berbeda. Keuntungan dari pilihan ini adalah lebih banyak jangkauan yang akan tercapai namun kelemahannya adalah anggaran yang juga akan lebih mahal.

Dan pilihan yang kedua adalah pengoptimalan anggaran. Untuk kamu yang memilih budget anggaran terbatas, maka pilihan ini merupakan opsi yang cocok. Nantinya, jangkauan iklan akan menyesuaikan dengan anggaran yang kamu punya. Semakin besar anggarannya maka akan semakin luas juga jangkauannya.

5. Tulis Nama Iklan dan Tujuan Trafik

Selanjutnya, yang perlu kamu lakukan adalah memilih nama iklan yang akan kamu gunakan. Salah satu tujuan dari pemberian nama iklan ini adalah agar kamu mudah ketika akan mengecek performa iklan yang kamu buat.

Selain menambahkan nama, maka kamu juga perlu menuliskan tujuan traffic dari iklan yang kamu buat akan kamu arahkan ke mana. Kamu bisa memilih untuk mengarahkan ke website, messenger, WhatsApp, atau yang lainnya.

6. Tampilkan Promo

Jika ketika iklan dibuat kamu sedang memiliki promo pada bisnis kamu, maka jangan lupa untuk mencentang pilihan promo. Tujuannya adalah agar promo yang kamu punya muncul pada iklan.

7. Tentukan Target Audience

Salah satu keunggulan dari Instagram Ads adalah kamu bisa menentukan siapa saja yang bisa melihat konten iklan yang kamu buat. Dalam hal ini, maka kamu bisa menentukan target audience yang sesuai. Ada beberapa faktor yang bisa kamu pilih untuk menentukan target audience ini, beberapa faktor tersebut seperti:

  • Pemirsa Khusus

Ini merupakan faktor yang bisa kamu pilih untuk menentukan jangkauan iklan yang kamu buat. Nantinya, kamu bisa memilih akan mengarahkan iklan tersebut kepada siapa saja. Misalkan, kamu memilih untuk menampilkan iklan ke orang yang pernah mengunjungi website kamu.

  • Lokasi

Ini merupakan faktor yang akan menentukan iklan yang kamu buat akan muncul di mana saja. Dalam hal ini maka kamu bisa membuat iklan kamu muncul di lokasi mana saja. Contoh kamu hanya ingin iklan yang kamu buat muncul di halaman media sosial pengguna yang tinggal di Bandung. Dalam hal ini maka kamu bisa memilih berdasarkan wilayah, kode pos, kota, atau designated market, yaitu kamu bisa memilih untuk mengecualikan sebuah tempat.

  • Umur

Ini merupakan faktor yang perlu kamu pilih jika target audience kamu memiliki rentang usia tertentu. Misal jika kamu memilih range umur 18 – 30 tahun, maka iklan kamu hanya akan muncul di pengguna media sosial dengan rentang umur tersebut.

  • Jenis Kelamin

Faktor lain yang bisa kamu pilih adalah jenis kelamin. Nantinya, jika kamu hanya memilih salah satu, makna iklan tersebut juga hanya akan muncul pada pengguna dengan jenis kelamin tersebut.

  • Bahasa

Faktor bahasa juga merupakan hal yang bisa kamu pilih. Faktor ini biasanya digunakan ketika orang yang tinggal di suatu daerah tertentu tetapi tidak menggunakan bahasa umum daerah tersebut. Misal, kamu menargetkan orang berbahasa Prancis tetapi tinggal di Jakarta.

  • Penargetan Terperinci

Kehebatan lain dari Instagram Ads adalah kamu bisa membuat target terperinci untuk audience kamu. Dalam hal ini maka kamu bisa menentukan minat, perilaku, dan kategor lain untuk menyesuaikan dengan iklan kamu. Misal kamu memiliki bisnis jersey bola, maka kamu bisa memilih pengguna yang memiliki minat dengan sepak bola. Maka iklan kamu hanya akan muncul pada pengguna dengan minat yang relevan.

  • Koneksi

Fitur ini akan membuat iklan yang kamu buat hanya akan muncul pada halaman pengguna yang pernah berinteraksi dengan kamu. Baik itu pernah membeli, mengunjungi website, bertanya, atau hal lain. Tujuan utama dari fitur ini adalah mempersempit target audience.

8. Tentukan Penempatan

Penempatan yang dimaksud di sini adalah iklan yang kamu buat mau ditampilkan dimana. Jika kamu memilih penempatan otomatis, maka iklan yang kamu buat akan muncul di semua platform yang terafiliasi dengan facebook. Namun jika kamu hanya menginginkan Instagram Ads kamu muncul hanya di Instagram, maka pilih Edit Penempatan lalu centang Instagram

9. Pilih Jadwal

Selanjutnya yang perlu kamu pilih adalah berapa lama iklan yang kamu buat akan muncul. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Bisa hitungan hari, bulan, atau yang lainnya.

10. Hubungkan dengan Akun Instagram

Karena kamu akan membuat Instagram Ads, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menghubungkan iklan yang kamu buat dengan akun Instagram milik kamu. Dalam hal ini maka kamu bisa menggunakan Akun pribadi atau akun official bisnis kamu.

11. Pilih Format Iklan

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memilih format iklan. Yang perlu kamu, Instagram Ads memiliki lima format iklan, yaitu:

  • Carousel. Ini merupakan format iklan yang membuat kamu bisa menampilkan dua atau lebih gambar atau video yang bisa digeser.
  • Gambar tunggal. Ini merupakan format yang akan menampilkan iklan dengan 1 gambar
  • Video tunggal. Ini merupakan format yang akan menampilkan iklan dengan 1 video
  • Slideshow. Ini merupakan format yang mana bisa menampilkan maksimal 10 gambar atau video
  • Koleksi. Ini merupakan format yang menggabungkan gambar dan video.

12. Buat Teks

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan ketika membuat Instagram Ads adalah membuat teks. Teks ini bertujuan sebagai deskripsi dari iklan kamu. Untuk itu, buatlah teks dengan singkat dan menarik agar bisa mendapatkan perhatian audience

13. Buat Detail Iklan

Setelah membuat deskripsi, maka langkah selanjutnya adalah kamu perlu untuk membuat detail ila. Dalam hal ini maka kami bisa memilih gambar, judul iklan, ataupun tautan iklan tersebut.

14. Lakukan Pembayaran

Setelah semua langkah tersebut kamu lakukan maka langkah terakhir yang kamu perlukan adalah melakukan pembayaran. Setelah pembayaran ini kamu lakukan, maka facebook akan mereview iklan kamu, dan jika sudah memenuhi syarat dan tidak ada pelanggaran aturan maka iklan tersebut akan langsung tampil.


Kelebihan Instagram Ads

Instagram Ads adalah salah satu platform yang layak kamu coba untuk mempromosikan bisnis kamu. Berikut adalah beberapa kelebihan Instagram Ads yang perlu kamu ketahui;

1. Meningkatkan Brand Awareness

Instagram Ads adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan brand awareness. Ini tentu hal yang cocok untuk kamu yang memiliki bisnis baru. Ketika kamu akan membuat iklan, maka kamu akan memilih tujuan pembuatan iklan kamu.

Di sinilah kamu bisa memilih tujuan kamu yaitu meningkatkan brand awareness. Nantinya kamu juga bisa mengatur target audience yang bisa melihat konten kamu.

2. Target Iklan yang Lebih Spesifik

Hal lain yang juga menjadi keunggulan dari Instagram Ads adalah masalah target audience. Ini merupakan salah satu faktor yang membuat Instagram Ads memiliki banyak peminat. Target audience ini akan membuat konten iklan yang kamu buat akan muncul pada calon konsumen potensial.

Nantinya kamu bisa mengatur target audience ini dengan beberapa faktor seperti lokasi, usia, minat, pekerjaan, jenis kelamin, dan lainnya. Dengan mengatur target ini maka konten iklan kamu akan muncul di pengguna yang memiliki relevansi dengan faktor yang kamu buat.

Nantinya, dengan penargetan yang tepat ini maka akan membuat iklan kamu muncul pada pengguna yang tepat juga. Dalam hal ini, maka penentuan target audience ini juga akan berkaitan dengan seperti apa profil produk yang kamu punya. Semakin cocok dan detail maka akan semakin baik.

3. Meningkatkan Potensi Penjualan dan Keuntungan

Dengan jumlah pengguna yang sangat banyak, maka hal ini juga membuat Instagram menjadi pasar yang cukup menjanjikan. Dengan semakin banyak pengguna, maka kamu juga memiliki banyak calon pengguna. Dalam hal ini maka potensi penjualan yang kamu miliki juga akan meningkat.

Terutama ketika kamu bisa menemukan target pasar yang tepat. Maka ini juga akan menjadi salah satu cara untuk kamu meningkatkan keuntungan. Yang perlu kamu ketahui juga adalah ketika kamu membuat Instagram Ads maka kamu akan memiliki jangkauan yang luas.  Ini juga bisa menjadi cara untuk kamu memperluas pasar yang kamu punya.

4. Menaikan Traffic Website

Instagram Ads adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menaikan traffic website. ini merupakan cara organik yang bisa kamu lakukan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan traffic ini adalah dengan menggunakan CTA pada iklan kamu.


Tips Beriklan menggunakan Instagram Ads

Instagram Ads adalah salah satu cara untuk memperluas jangkauan bisnis kamu. Namun tentunya untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal ini kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal ini;

1. Memaksimalkan Instagram Stories

Salah satu fitur Instagram yang cukup menarik adalah Instagram Stories.  Ini merupakan salah satu fitur yang cukup simple, nantinya postingan video atau foto akan muncul selama 24 jam lalu setelah itu berakhir. Meskipun cukup sederhana, namun fitur ini cukup menjanjikan. Hampir semua pengguna di Instagram sangat tertarik dengan fitur ini.

Inilah alasan mengapa kamu juga perlu memaksimalkan Instagram Stories. Nantinya, diantara deretan Instagram stories yang ada maka iklan kamu bisa muncul diantara stories tersebut. Yang perlu kamu perhatikan ketika membuat iklan di Instagram Stories adalah pastikan tidak bertele-tele, hal ini karena durasi Instagram stories yang cukup pendek.

2. Gunakan Visual yang Menarik

Instagram merupakan media sosial yang membagikan foto atau video. Intinya, ini merupakan media sosial yang sangat mementingkan visual. Sehingga, ketika kamu membuat Instagram Ads satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah masalah visual.

Semakin menarik visual yang kamu buat, maka semakin mudah juga iklan yang kamu buat untuk mendapatkan perhatian dari pengguna. Visual menjadi kekuatan yang cukup kuat dalam beriklan di Instagram ini.

Itulah beberapa hal tentang Instagram Ads yang perlu kamu ketahui. Instagram Ads adalah platform yang cukup menarik untuk kamu coba. Selain jangkauan yang cukup luas, keuntungan lain dari menggunakan Instagram Ads target audience yang sangat spesifik. Kedua hal ini jika kamu manfaatkan dengan benar maka bisa mendatangkan calon konsumen yang sangat potensial.


Dapatkan insight baru instagram influencer, hingga marketing influencer hanya di influencer101.id.

Baca juga:

Baca Juga:   Bagaimana Cara Membuat Podcast yang Menarik untuk Pemula?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password