Membuat Insta Story Aesthetic untuk Brand, Begini Tipsnya!

insta story aesthetic

Bagi kamu yang hidup di era digital seperti saat ini, pasti sudah tidak asing dengan internet dan berbagai macam media sosial, bukankan? Kamu yang memiliki akun Instagram bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan membuat insta story aesthetic.

Karena, jika akun Instagram kamu punya banyak followers, maka kamu bisa memanfaatkannya untuk promosi. Kamu bisa mempromosikan produk jualanmu sendiri atau bahkan membuka promosi untuk brand lain, seperti yang dilakukan oleh selebgram.

Nah, karena fokus utamanya untuk promosi, tentu kamu harus membuat Insta story semenarik mungkin.

Terlebih karena di sini kamu bertanggung jawab untuk mempromposikan suatu brand.

Tampilan visual yang estetik akan memberikan kesan yang mendalam, sehingga followers pun akan antusias menantikan story yang kamu unggah.

Tips Membuat Insta Story yang Aesthetic

Cara membuat insta story aesthetic sebenarnya tidak sulit untuk menghasilkan tampilan visual yang keren.

Kamu bisa memanfaat beberapa fitur yang ada pada menu story Instagram tersebut.

Yuk, simak ide membuat story Instagram yang keren berikut ini!

1. Menggunakan Foto di Galeri

Jika kamu sudah memiliki kumpulan foto produk, maka bisa langsung mengunggahnya dan menambahkan beberapa sentuhan kreatifitas. Namun, jika belum mempunyai foto, bisa mengambil foto dengan angle dan background yang estetik terlebih dahulu. 

Pilih foto produk yang akan kamu promosikan, lalu upload.

Nah, supaya orang yang melihat bisa fokus pada gambar, kamu bisa menutup semua gambar dengan warna yang kamu kehendaki. Mengingat story wajib mengusung konsep estetik, maka gunakan warna-warna elegan seperti, cokelat, krem atau broken white.

Agar foto yang sudah kamu tutup dengan warna coklat bisa terlihat dan memiliki bentuk unik, hapus menggunakan fitur penghapus yang ada pada story. Kamu membuat bentuk bebas semaumu. Lanjut tambahkan dekorasi agar tidak kelihatan sepi.

Untuk menambahkan dekorasi agar insta story tampak aesthetic, bisa menggunakan fitur pensil. Pilih warna sesuai dengan background agar terlihat selaras. Kamu juga bebas mengkreasikan bentuk dekorasi. Sebaiknya jangan menggunakan garis tepi terlalu rapi pada dekorasi agar menambahkan tampilan yang unik.

Kamu bisa menambahkan garis dengan highlight supaya mempertegas gambar. Jangan lupa pula sertakan informasi sederhana dan padat, sehingga followers yang ingin membeli bisa mengunjungi toko yang kamu promosikan!

2. Template Aplikasi Desain

Sekarang ada banyak aplikasi desain yang bisa kamu gunakan secara gratis. Nah, kamu bisa memanfaatkan untuk membuat desain story Instagram dan menggunakan template yang sudah ada. Di bawah ini merupakan contoh story yang menggunakan aplikasi desain.

Baca Juga:   Instagram Bisnis: Pengertian, Kelebihan, dan Fitur Unggulannya

Kamu bebas memilih template yang mendukung dengan produk atau brand yang akan kamu tawarkan. Template di atas bisa kamu gunakan untuk mengetahui respon followers-mu dengan membuat kuis Q & A (question and answer) atau giveaway.

Ganti tulisan dengan pertanyaan mengenai produk atau brand yang dipromosikan. Selain itu, kamu juga bisa mengubah warna template, sehingga bisa memaksimalkan tampilan Insta story yang aesthetic. Agar tidak monoton dan datar, tambahan sentuhan dekorasi, namun jangan terlalu ramai. 

Jika membuat desain menggunakan aplikasi sudah selesai, simpan, lalu posting pada story Instagram milikmu. 

3. Aksen Layer Warna-warni

Inspirasi lain untuk membuat tampilan story Instagram tanpa aplikasi, yaitu menggunakan beberapa layer warna. Kamu bisa menggunakan layer beberapa persegi panjang dengan warna berbeda, namun masih satu tone seperti gambar dibawah ini.

Buatlah masing-masing persegi panjang dengan ukuran dan warna yang berbeda. Tambahan aksen seperti titik untuk mempermanis tampilan. 

Selanjutnya, kamu bisa menambahkan foto produk dan atur semenarik mungkin, agar memberikan kesan insta story aesthetic. Kamu juga perlu menambahkan sentuhan dekorasi sederhana, misalnya tanda panah untuk mengarahkan followers membeli produk tersebut.

Cari tanda panah pada fitur GIF supaya memberikan visual bergerak dan lebih menarik. 

Setelah menambahkan tulisan dan dekorasi GIF, kamu pun bisa mengunggah story. Untuk membuat desain seperti contoh di atas, sangat mudah dan tidak memerlukan waktu lama. Desain juga terlihat bersih, jelas, dan elegan.

4. Bingkai Foto Elegan dan Minimalis

Kamu yang masih pemula, bisa mencoba membuat story Instagram hanya dengan memberikan bingkai foto minimalis. Meskipun tidak banyak ornamen, namun desain ini justru akan membuat tampilan story lebih bersih dan elegan.

Langkah pertama, pilih warna background sesuai selera. Agar bisa menghadirkan kesan estetik, hindari memilih warna-warna yang terlalu mentereng. Unggah foto produk dari galeri smartphone, kemudian bingkai bagian tepi foto menggunakan fitur pensil atau brush. 

Kamu bisa menarik garis secara tidak beraturan, seperti gambar di atas agar menghasilkan tampilan insta story aesthetic

Supaya tidak terlalu monoton, kamu bisa menambahkan dua dekorasi persegi panjang kecil dengan warna yang berbeda. Kamu juga bisa memberikan aksen bentuk persegi panjang kecil pada masing-masing sudut bingkai, sehingga terlihat seperti tempelan selotip. 

Contoh insta story di atas menggunakan tambahan GIF panah yang mengarahkan perhatian viewers pada informasi harga produk. Kamu pun juga bisa menirunya dan mengkolaborasikan kreatifitasmu. Insta story aesthetic pun siap di post.

5. Aksen Garis Putus-putus

Hanya dengan sentuhan garis saja, kamu sudah bisa membuat tampilan story yang lebih keren dan menarik. Aksen garis ini bisa mengikuti bentuk produk yang kamu tawarkan. Untuk membuat garis, kamu bisa menggunakan fitur pensil dan pilih warna sesuai dengan produk.

Baca Juga:   Seberapa Penting Centang Biru pada Akun Instagram Influencer?

Jika produk memiliki warna dominan gelap, maka kamu bisa menggunakan warna yang bisa memberikan kontras, seperti putih, kuning cerah, pink, biru cerah, dan lain-lain. 

Kamu bisa mengambil foto produk menggunakan fitur kamera pada story Instagram. Jika sudah ada foto produk di galeri, kamu bisa langsung mengunggahnya. Tambahkan filter dengan menggeser layar ke kanan atau ke kiri untuk menemukan warna yang mendukung. 

Nah, sekarang cari gambar fitur pensil dan pilih warna yang kamu mau. Buat garis mengikuti sisi luar produk. Untuk membuat kesan garis putus-putus pada Insta story aesthetic, gunakan fitur menghapus. 

Kamu bisa menambahkan dekorasi bergerak dengan membuka GIF. Jika kamu tidak menemukan gambar yang kamu inginkan, bisa mengetikkan di kolom pencarian. Gambar di atas menunjukkan hasil akhir yang pastinya lebih menarik daripada hanya sekedar mengunggah foto saja. 

6. Menambahkan Bingkai Video 

Kamu juga bisa membuat konten video untuk story IG sehingga viewers bisa melihat produk dengan jelas. Sebaiknya, kamu merekam video terlebih dahulu agar lebih mudah untuk mengeditnya. Pastikan kamu mengambil video ditempat yang terang agar pencahayaan terlihat bagus.

Selain itu, perhatikan pula background saat mengambil video, karena akan mempengaruhi hasil video. Pilih background yang bersih dan memberikan kontras yang baik dengan produk yang kamu rekam.

Gunakan aplikasi desain lalu pilih template untuk Instagram story. Kamu bebas memilih background template seperti kertas, motif garis, bunga, dinding, dan lainnya. Ubah warna latar yang mendukung tampilan estetik. Jika sudah selesai memilih warna background kamu bisa lanjut step berikutnya.

Unggah video yang sudah kamu ambil dan letakkan sesuai selera. Agar tampilan video tidak terlalu minimalis, tambahkan video dari aplikasi desain tersebut.

Kemudian, pilih desain bingkai yang menurutmu bisa membuat tampilan video terlihat lebih menarik. Agar terlihat lebih rapi, atur ukuran bingkai agar terlihat dengan video. 

Tambahkan informasi tulisan singkat atau link agar viewer bisa langsung mengunjungi toko. Nah, video Insta story aesthetic pun siap untuk kamu unggah.

7. Video Foto

Agar unggahan foto story IG lebih menarik, kamu bisa membuatnya menjadi video foto. Cara ini memungkinkanmu untuk mempromosikan banyak produk dalam satu video sekaligus. Kerennya lagi, kamu bisa menambahkan latar musik agar lebih keren dan kekinian.

Pertama, siapkan beberapa foto yang akan kamu buat video. Selanjutnya, buka aplikasi desain lalu cari reels. Rasio reels ini sama dengan story IG, sehingga kamu bisa menggunakan video tersebut untuk keduanya.

Upload foto-foto produk yang akan kamu gunakan untuk insta story aesthetic pada aplikasi desain. Drag foto untuk mulai mengeditnya. Kamu bisa mengedit ukuran dan letak foto agar menghasilkan tampilan estetik. Tambah teks yang memuat keterangan produk secara singkat dan jelas. 

Baca Juga:   Karakteristik Produk yang Lebih Cocok Dipromosikan Melalui IG Story

Tambahkan foto berikutnya lakukan pengeditan seperti pada foto pertama. Agar tampilan visual lebih menarik, gunakan animasi pada foto dan juga teks. Kamu juga bisa mengatur durasi masing-masing foto.

Sebelum mengakhiri video, kamu bisa menambahkan foto yang menunjukkan ketertarikan untuk membeli. Tuliskan pula teks yang unik dan menarik, agar viewer juga merasa senang dan terhibur dengan promosi yang kamu buat. 

Nah, Pada akhir video kamu bisa memberikan informasi alamat toko baik online atau offline. Tambahkan pula kontak dan cara memesan agar mereka yang tertarik bisa langsung melakukan pemesanan.

Jika semua foto sudah kamu masukkan, maka bisa memeriksa kembali masing-masing foto. Selanjutnya, apabila semua foto dan teks sudah kamu tambahkan animasi yang menarik, bisa menambahkan musik latar. Gunakan musik yang sedang viral untuk meningkatkan viewers.

Apabila semua proses editing sudah selesai, kamu bisa mengunduhnya. Pindahkan pada smartphone, lalu unggah sebagai konten video Insta story aesthetic

Untuk membuat video foto, kamu juga bisa langsung menggunakan fitur reels yang ada di Instagram. Unggah foto satu per satu-satu, kemudian edit mulai dari durasi tayang, tulisan, dan juga tambahan dekorasi. Lanjutkan mengunggah foto berikutnya dan lakukan hal yang sama.

Jika kamu sudah mengunggah semua foto dan mengeditnya, lanjut tambahkan background musik. Kamu bisa mengatur bagian musik yang ingin kamu gunakan. Selanjutnya, kamu bisa langsung share atau mengunggahnya untuk story. 

Yuk, Buat Insta Story yang Aesthetic untuk Promosi Brand!

Itulah pembahasan mengenai tips membuat insta story yang aesthetic untuk promosi brand atau produk melalui platform media sosial Instagram. Kamu sekarang bisa mulai coba membuat konten story dengan tampilan menarik berdasarkan beberapa rekomendasi di atas. 

Jangan lupa untuk menambahkan kalimat copywriting, agar target audiens kamu semakin tertarik dengan konten kamu!

Yuk, segera coba dan siap-siap mendapatkan cuan!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, marketing influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password