Inspirasi Konten Instagram Makanan, Cocok untuk Kreator Pemula!

inspirasi konten instagram makanan

Sebagai influencer kuliner pemula, mungkin kamu memutuhkan inspirasi konten Instagram makanan.

Kamu harus mampu menghadirkan konten yang lebih unik dan memiliki ciri khas, agar dapat menarik perhatian pecinta kuliner lainnya.

Yuk, coba intip beberapa ide berikut untuk inspirasi konten Instagrammu!

Inspirasi Konten Makanan untuk Instagram

Di bawah ini adalah sederet ide yang bisa kamu coba sebagai pemula untuk meramaikan feed Instagram agar tidak monoton dan dapat membangkitkan antusias para followers.

1. Menu Signature Dish

Kamu pasti akan mendapati banyak pilihan menu makan dan minuman ketika mengunjungi restoran atau rumah makan. Nah, supaya followers-mu antusias dan tertarik untuk mengikuti unggahanmu, maka pastikan untuk memajang foto makanan yang menjadi signature dish. 

Kamu bisa menggunakan signature dish sebagai inspirasi konten Instagram makanan, karena pasti dapat menumbuhkan rasa penasaran para followers. Signature dish merupakan menu andalan dari setiap restoran, warung, atau rumah makan, sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

Supaya bisa menghasilkan foto yang menggugah selera, pastikan kamu memperhatikan proses pengambilan gambar. Bagi kamu yang tidak memiliki kamera profesional, bisa menggunakan smartphone, karena juga dapat menghasilkan jepretan yang bagus.

2. Konten Masak

Inspirasi konten Instagram makanan berikutnya, yaitu dengan membuat konten masak. Kamu tidak harus selalu mengunggah konten foto-foto makanan dari rumah makan yang pernah kamu coba, supaya tidak terkesan monoton dan membosankan. Selingi feed Instagrammu dengan unggahan video tutorial memasak.

Kamu bisa membuat tutorial makanan yang sedang viral, supaya lebih menarik perhatian dan membangkitkan rasa penasaran. Selain itu, kamu bisa menggunakan resep yang mudah dibuat dan cara masak yang sederhana. Hal ini akan memungkinkan followers untuk mencoba sendiri di rumah.

Supaya viewer yang menyaksikan video tersebut bisa mempraktekkannya, pastikan kamu memberikan deskripsi bahan dan resep yang lengkap. Selain itu, kamu juga harus memberikan step-step memasak yang runtut, sehingga pemula pun bisa mengikutinya.

3. Review Makanan

Membuat review juga bisa menjadi inspirasi konten Instagram makanan, supaya masyarakat bisa mendapat gambaran dari makanan tersebut. Kamu bisa mulai melakukan review makanan dari penampilanya, seperti porsi, bahan-bahan yang digunakan, dan keindahan penyajian.

Selanjutnya, kamu mulai mencoba makanan tersebut dan memberikan detail gambaran rasa dan juga tekstur. Gunakan diksi khusus untuk menggambarkan rasa makanan, supaya orang yang melihat juga bisa membayangkan rasa makanan tersebut.

Cara kamu melakukan review makanan ini dapat memberikan dampak yang sangat besar, karena mereka yang penasaran pasti ingin membeli untuk mencobanya langsung. Kemampuan kamu dalam membuat review juga akan menarik para pengusaha FnB untuk melakukan kerjasama.

4. Konten Behind The Scene 

Inspirasi konten Instagram makanan untuk melengkapi feed-mu, yaitu konten BTS atau Behind The Scene. Kamu juga bisa mengunggah konten BTS ini di Instagram story untuk memancing rasa penasaran para followers-mu.

Contoh konten BTS yang bisa kamu masukkan, antara lain menyiapkan bahan-bahan makanan, proses memasak, membersihkan dapur setelah membuat konten hingga semua selesai. Dengan demikian, followers bisa mengetahui proses panjang yang kamu kerjakan hingga menjadi sebuah konten yang menarik.

Konten behind the scene ini juga bisa menjadi inspirasi para influencers pemula lainnya, bahwa untuk menyajikan konten butuh waktu dan proses yang tidak mudah. 

5. Kolaborasi dengan Influencer Lain

Untuk menaikkan jumlah followers dan views, kamu juga bisa membuat konten kolaborasi dengan influencers lainnya. Mengingat konten yang kamu sajikan lebih fokus pada makanan, maka bisa melakukan kolaborasi dengan influencer dibidang yang sama.

Inspirasi konten Instagram makanan kolaborasi dengan influencer lain bisa meliputi makan bersama, review makanan yang sedang viral, atau memasak bersama. Konten kolaborasi ini akan saling menguntungkan, karena bisa menambah followers masing-masing.

6. Konten Tips Memasak

Selain membuat inspirasi konten Instagram makanan seperti yang sudah disebutkan pada poin-poin di atas, kamu juga bisa membuat konten tips-tips memasak. Konten ini tentu akan sangat bermanfaat untuk mereka yang baru menekuni hobi masak. 

Contoh tips memasak yang bisa kamu bagikan, antara lain cara memasak daging supaya tidak amis, tips masak daging supaya cepat empuk, tips memilih ikan segar, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga: Ide Konten Instagram Bisnis untuk Pemula, Wajib Dicoba!

7. Membuat Challenge 

Membangun kedekatan dengan followers sangat penting, karena dapat meningkatkan loyalitas mereka. Dengan demikian, kamu harus lebih interaktif dengan para followers, seperti merespon komentar mereka dan memberikan like. 

Cara lain untuk membangun kedekatan tersebut, yaitu dengan membuat challenge. Kamu bisa memberikan tantangan kepada followers untuk membuat video masak dari resep yang kamu berikan. Supaya lebih menarik, kamu bisa memberikan penawaran mengunggah konten terbaik di feed Instagrammu dan mendapatkan following back. 

Selain bisa menjadi inspirasi konten Instagram makanan milikmu, konten challenge ini juga dapat menjadi wadah kreatifitas para followers-mu. Bagi pemenang yang terpilih, tentu akan merasa bangga, karena juga bisa menginspirasi orang lain.

8. Testimoni Followers

Setelah membuat konten tutorial memasak, kamu juga bisa meminta testimoni dari mereka yang sudah mencobanya sendiri. Apabila dari testimoni tersebut banyak yang memberikan ulasan positif mengenai resep yang kamu bagikan, maka hal ini juga akan membuat orang lain menjadi penasaran untuk mencobanya.

Unggahan konten testimoni ini juga akan memberikanmu ide, supaya bisa menyajikan resep lainnya dengan bahan sederhana yang mudah didapatkan. Alhasil, mereka yang penasaran bisa dengan mudah mempraktekannya.

9. Giveaway

Inspirasi konten Instagram makanan yang sekaligus dapat meningkatkan engagement, yaitu konten giveaway. Konten berbagi ini umumnya mengharuskan followers untuk berpartisipasi dengan kegiatan yang kamu berikan.

Kamu bisa mengajak followers-mu untuk tag teman-teman mereka dan mengikuti Instagrammu, memberikan kuis, atau challenge lainnya. Pemenang akan mendapatkan hadiah sesuai yang kamu sebutkan. Hadiah tersebut bisa berupa makanan, voucher belanja, makanan gratis, hampers makanan, atau peralatan masak yang sedang viral.

10. Konten Belanja Bahan Masakan

Inspirasi konten Instagram makanan terakhir yang menarik untuk kamu sajikan, yaitu konten belanja bahan makanan. Kamu bisa membuat konten belanja bahan makanan untuk masakan yang akan kamu masak. Gunakan pengambilan video yang menarik saat memilih sayuran dan bahan makanan lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa membuat challenge belanja dengan budget hemat, namun bisa menghasilkan masakan yang lezat. Konten ini sangat menarik, karena bisa menjadi inspirasi untuk ibu rumah tangga atau mahasiswa yang ingin lebih hemat.

Siap Coba Konten Instagram Makanan Di Atas?

Nah, itulah inspirasi konten Instagram makanan yang bisa kamu gunakan untuk meramaikan unggahan Instagram sebagai influencer pemula.

Mulai dari konten menu signature dish, memasak, review makanan, BTS, kolaborasi, tips memasak, challenge, testimoni, giveaway, atau belanja bahan makanan.

Semuanya akan menarik jika kamu mengemasnya dengan tepat.

Selamat mencoba dan semoga sukses!

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password