Inspirasi Bio Instagram yang Menarik untuk Personal Branding

inspirasi bio instagram

Membuat bio Instagram yang menarik merupakan hal penting bagi para influencer social media. Terlebih jika kamu pemula, merepresentasikan diri adalah kunci keberhasilan. Faktanya, pengguna media sosial Instagram akan mengikuti sebuah akun di Instagram bila profil seseorang tersebut terkesan keren. Maka dari itu, pastinya kamu membutuhkan inspirasi bio Instagram yang menarik bukan?

Agar jumlah followers kamu meningkat. Entah untuk personal branding maupun untuk hal lain. Tentunya memiliki followers media sosial dengan jumlah yang banyak adalah sebuah kepuasan tersendiri. 

Inspirasi Bio Instagram Aesthetic untuk Menarik Followers

Langsung saja, kalau kamu ingin followers kamu bertambah dan profil IG kamu juga jadi keren dan aesthetic. Berikut ini 10 inspirasi bio Instagram yang keren dan menarik:

1. Foto Profil

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan dalam membuat bio Instagram yang aesthetic adalah foto profil. Foto profil merupakan sebuah gambaran awal yang menjadi penilaian pengguna media sosial ketika hendak mengikuti sebuah akun IG. 

Jadi, jika kamu menggunakan foto profil yang biasa saja, tentu hal ini akan mengurangi ketertarikan audiens untuk mengklik tombol follows. Selain itu, foto profil juga merupakan identitas diri yang mempengaruhi branding profil media sosial kamu.

Maka dari itu, jangan lupa gunakan foto profil secara konsisten dan terhubung dengan seluruh media sosial. Agar identitas profil kamu mudah dikenali oleh audiens di seluruh media sosial yang kamu kelola. Berikut ini tips membuat foto profil yang menarik berdasarkan jenis akun IG kamu:

  • Untuk akun personal, usahakan kamu menggunakan foto profil dengan kualitas dan resolusi foto yang tinggi. Hal ini akan menjadi daya tarik yang kuat bagi audiens untuk mengikuti akun kamu.
  • Jika kamu menggunakan akun Instagram bisnis untuk branding, kamu harus menggunakan foto profil yang menunjukan logo atau identitas brand kamu. Jangan lupa, pemilihan logo harus dilakukan secara mendalam, agar foto profil kamu bisa menunjukkan karakteristik akun IG kamu.

2. Gunakan Username yang Menarik

Dalam menentukan ID pengguna Instagram, kamu perlu menggunakan nama dan ID pengguna yang menarik. Selain itu, ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan agar nama dan ID pengguna kamu muncul di kolom pencarian IG, berikut penjelasannya:

  • Singkat dan Jelas

Gunakan pemilihan ID pengguna yang singkat dan jelas. Agar akun kamu mudah untuk diingat oleh para audiens. Jadi, ketika mencari profil kamu, para audiens dengan mudah mengingat nama akun IG kamu.

Selain itu, dalam pemilihan ID pengguna, kamu juga perlu memasukkan unsur brand kamu, agar jelas bahwa akun tersebut adalah identitas bisnis kamu.

  • Pilih Username yang Mudah Diketik
Baca Juga:   9 Alat YouTuber yang Wajib Kamu Miliki Sebagai Pemula

Selain singkat, ID pengguna yang kamu gunakan harus memiliki unsur mudah saat audiens mengetiknya. Hal ini bertujuan agar profil kamu mudah ditemukan,terutama saat ada interaksi dalam bentuk komentar, direct message, atau mention post.

  • Gunakan Kata Kunci untuk Branding

Pertimbangan terakhir dari pemilihan nama adalah kamu juga bisa memasukan kata kunci terkait apa yang ditawarkan akun kamu. Misalnya, jika akun kamu adalah brand baju gamis, kamu bisa menambahkan kata “gamis” pada nama akun kamu. 

3. Gunakan Font yang Sesuai

Hal ketiga yang menjadi pertimbangan inspirasi bio Instagram agar dapat menarik followers adalah pemilihan nama akun. Berbeda dengan username, nama akun ini adalah identitas utama akun Instagram yang akan tampil dalam profil. 

Kamu harus tetap menggunakan nama asli untuk personal branding, tapi perlu kamu ingat, pemilihan font juga sangat berpengaruh dalam hal ini. Dengan menggunakan font yang sesuai dan aesthetic, nama akun IG kamu tentu akan terlihat lebih menarik dan profesional.

Hindari penggunaan font yang sulit terbaca oleh para audiens. Karena jika kamu menggunakan font yang unik, terkadang tulisan yang dihasilkan sulit untuk terbaca. Tentunya hal ini akan mempengaruhi para audiens untuk mengklik tombol follow untuk akun kamu.

Sebagai tambahan, kamu juga harus menghindari penggunaan nama akun dengan jumlah kata yang terlalu padat. Karena jika kata yang tampil dalam nama bio Instagram kamu terlalu padat, maka bukannya aesthetic yang tampil, malah terkesan alay dan kampungan.

4. Berikan Gambaran Karakter 

Bagi sebagian orang, kolom bio Instagram mungkin adalah hal yang biasa saja dan tidak menarik. Akan tetapi, pada kenyataannya, bio IG adalah sebuah gambaran karakter dari si pemilik akun. Selain itu, hal ini juga akan membentuk identitas profil, agar jelas bahwa akun tersebut memiliki antusiasme dalam bidang tertentu.

Kamu bisa menggunakan berbagai jenis gaya bahasa untuk proses penulisannya. Baik itu gaya bahasa formal maupun gaya bahasa yang santai. Untuk personal branding, ada baiknya kamu menentukan isi bio sesuai dengan keseharian kamu. Kamu bisa memasukan pekerjaan kamu dalam bio tersebut sebagai nilai jual.

Selain itu, kamu juga bisa mengisi kolom biodata IG kamu dengan kata-kata yang aesthetic. Berbagai macam kata aesthetic yang bisa kamu gunakan, seperti quotes tertentu, lirik lagu, kata-kata bijak, ataupun kreasi kamu sendiri. Kamu juga bisa mengisi kolom ini dengan bahasa asing, agar menjadi nilai tambah akun milikmu.

Dan yang terakhir, untuk inspirasi bio Instagram, kamu bisa isi kolom biodata dengan jenis bisnis atau usaha. Namun, ini hanya berlaku jika akun kamu adalah akun pribadi yang terhubung dengan bisnis atau usaha kamu. Hal ini tentunya bisa menjadi bagian dari promosi terhadap usaha kamu juga.

Baca Juga:   10 Youtuber Terkaya di Indonesia Tahun 2022, Favoritmu Salah Satunya?

5. Sertakan Kontak Detail

Jika kamu adalah seorang yang memiliki jumlah followers dengan skala besar, kamu bisa memasukan kontak detail kamu pada profil. Hal ini merupakan inspirasi bio Instagram yang juga bisa menjadi wadah promosi terhadap brand, atau hal lain yang membutuhkan respon audiens dalam jumlah banyak.

Penambahan kontak detail pada biodata profil bisa dalam bentuk apapun, seperti, email, kontak Whatsapp, dan kontak LinkedIn. Atau, jika kamu adalah seorang pebisnis online, kamu juga bisa memberikan tautan link bisnis online kamu untuk memudahkan audiens saat ingin membeli produk kamu.

Tapi, perlu kamu ingat bahwa penyertaan kontak detail pada profil Instagram berpotensi mengakibatkan spam pada kontak tertentu, terutama Whatsapp. Jadi, usahakan jangan menggunakan kontak pribadi sebagai informasi untuk menghindari spam chat atau panggilan, terutama pada platform Whatsapp.

6. Manfaatkan Fitur Emoji Pada Bio

Fitur emoji yang tersedia di Instagram juga bisa kamu gunakan sebagai tambahan inspirasi bio Instagram yang keren dan menarik. Penambahan fitur emoji ini pada umumnya hanya sekedar tambahan hiasan saja untuk mempercantik bio profil IG. 

Tapi, penambahan emoji ternyata terbukti mempunyai nilai aesthetic tersendiri yang bisa menarik para audiens, lho. Seperti menggunakan emoji-emoji unik, atau emoji yang bisa menentukan identitas diri dari profil IG kamu. 

Biasanya, para selebgram menggunakan emoji berupa bendera negara sebagai bentuk identitas kewarganegaraannya. Atau, kamu juga bisa menggunakan emoji bergambar dolar untuk menunjukan identitas akun bisnis. Kamu juga bisa menggunakan emoji baju untuk identitas bisnis fashion dan masih banyak lagi.

7. Lokasi Akun

Mungkin hal ini terdengar sederhana, tapi ternyata penambahan lokasi ternyata bisa menjadi daya tarik agar audiens mengikuti akun Instagram kamu. Selain itu, lokasi ini juga bisa menjadi salah satu identitas yang menunjukan suku bangsa serta ras budaya khas daerah asal kamu. 

Tanpa kamu sadari, inspirasi bio Instagram aesthetic dengan menyertakan lokasi dalam profil juga merupakan suatu bentuk upaya promosi terhadap kebudayaan lokal. Hal ini terbukti efektif, terutama bagi kamu yang sangat mencintai kebudayaan lokal khas daerah asal kamu.

Tak hanya itu, para Influencer dan Content Creator juga menambahkan lokasi mereka pada profil Instagram. Hal ini untuk memudahkan para agensi digital atau endorsement produk saat mencari brand ambassador di wilayah tertentu.

8. Tambahkan Hobi dan Hal Pribadi

Hobi dan hal-hal pribadi yang ada dalam diri kamu juga bisa kamu masukan dalam inspirasi bio Instagram aesthetic. Karena bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk para audiens demi mengetahui seperti apa gambaran dirimu. 

Sebagai contoh, kamu bisa memasukan hobi kamu, seperti membaca, gamers, mendaki gunung, dan lain sebagainya. Atau, opsi lain penambahan hal pribadi yang bisa kamu masukan dalam profil akun IG kamu adalah zodiac, profesi, atau bahkan pasangan kamu.

Selain itu, penambahan hobi dalam profil biodata juga bermanfaat bagi kamu untuk menemukan orang-orang di media sosial yang mempunyai minat yang sama. Dari sini, kamu bisa membuat komunitas, menjalin silaturahmi, atau bahkan menemukan pasangan hidup dari sosial media.

Baca Juga:   Tips Membuat Konten Menarik di Linkedin, Semakin Berkualitas!

9. Sertakan Komunitas yang Kamu Ikuti dalam Bio

Tak hanya kontak detail, lokasi dan juga hobi serta data pribadi saja yang bisa kamu masukkan dalam profil kamu. Komunitas yang kamu ikuti juga bisa menjadi salah satu inspirasi bio Instagram aesthetic, lho. Kamu bisa menulisnya dengan singkat, dan memberi tag pada akun komunitas yang kamu ikuti tersebut.

Hal ini juga bermanfaat sebagai bagian dari branding terhadap komunitas yang kamu ikuti tersebut. Selain itu, dengan adanya informasi komunitas pada bio profil IG juga menjadi suatu nilai jual yang menarik para audiens

Audiens akan berpikir bahwa kamu adalah seorang yang aktif, memiliki banyak teman, dan juga menunjukan kalau diri kamu seorang yang antusias. Bahkan, beberapa perusahaan sering menanyakan profil IG pada sesi lamaran kerja dan tentunya akan menjadi nilai plus jika kamu mengikuti sebuah komunitas.

10. Pastikan Feed Kamu Konsisten

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk membuat inspirasi bio Instagram yang menarik adalah kamu harus memastikan feed profil Instagram kamu konsisten. Unggahan konten yang kamu upload ke dalam feed kamu juga harus memiliki warna tertentu agar terlihat aesthetic.

Dengan isi feed yang konsisten, akan membuat para audiens berpikir kalau akun kamu dikelola dengan sangat baik. Hal ini juga berguna untuk branding pada jenis akun Instagram bisnis. 

Karena, jika feed konten terisi dengan konsisten dari segala aspek, maka tentunya akan tercipta brand awareness yang menarik ketika audiens mengunjungi profil.

Yuk, Segera Buat Bio Instagram yang Menarik!

Sekian pembahasan tentang cara membuat inspirasi bio Instagram yang menarik agar mendapat banyak audiens. Pada intinya, profil yang menarik memang bisa membuat audiens tertarik. Tapi, isi konten tetap harus menjadi prioritas utama dalam personal branding.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, Instagram influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password