Ingin Jadi Social Media Manager? Berikut Cara Dan Skill Yang Dibutuhkan!

social media manager adalah

Social media manager adalah salah satu pekerjaan yang sedang populer di era digital marketing seperti saat ini. Popularitasnya membuat banyak orang tertarik untuk menekuni pekerjaan ini. Lalu apa itu social media manager

Apa saja skill social media manager yang dibutuhkan? Selain itu, berapa gaji social media manager? Jika kamu penasaran, simak ulasan berikut ini sampai akhir!

Apa Itu Social Media Manager?

Social media manager (SMM) adalah pengelola akun media sosial dalam suatu perusahaan atau klien perorangan tertentu. Beberapa klien perorangan yang biasanya menggunakan jasa ini antara lain publik figur, selebriti, politikus, pengusaha, musisi, dan lain sebagainya.

Tugas seorang SMM, antara lain melakukan perencanaan, promosi, update aktivitas, dan monitoring akun media sosial. Beberapa platform media sosial yang biasanya mereka gunakan, yaitu Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, YouTube, LinkedIn, dan lain-lain.

Pekerjaan ini terbilang sangat penting, karena SMM merupakan representasi dari tokoh atau perusahaan yang mereka promosikan melalui media sosial. Jadi, SMM yang baik adalah mereka yang mampu merepresentasikan perusahaan atau tokoh pengguna jasa mereka sebaik mungkin.

Skill Social Media Manager

Selain harus memiliki pemahaman tentang media sosial dan bagaimana penggunaannya, SMM juga harus memiliki beberapa skill lain. Skill social media manager akan menentukan bagaimana kualitas mereka dalam melakukan pekerjaannya.

Jika kamu berencana ingin menggeluti pekerjaan ini, berikut ini adalah beberapa skill SMM yang wajib kamu miliki: 

Baca Juga:   Fitur Collaboration Instagram: Cara Menggunakan dan Manfaat.

1. Skill Menggunakan Media Sosial

Seorang SMM tentu harus menguasai media sosial sebagai bidang pekerjaannya. Jika kamu berminat menjadi SMM, kamu harus mahir dalam menggunakan berbagai macam platform media sosial yang ada saat ini. 

Hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan skill penggunaan media sosial kamu, yaitu dengan cara menganalisis karakteristik dari setiap platform media sosial. Selain itu, kamu juga harus memahami bagaimana karakteristik pengguna media sosial dari setiap platform dan jenis postingan yang disukai audiens pada masing-masing platform.

2. Riset yang Mendalam

Sebagai SMM kamu juga harus memiliki kemampuan riset yang mendalam. Seperti yang kamu tahu, setiap platform media sosial memiliki karakteristik pengguna dan postingan masing-masing. Oleh karena itu, kamu harus mampu menentukan konten seperti apa yang akan kamu bagikan pada setiap platform.

Kamu juga harus melakukan riset pada setiap platform dengan cara menganalisis konten seperti apa yang sedang hits dari setiap platform. Selain itu, tentukan target pengguna yang tepat untuk postinganmu. 

Setelah melakukan cara-cara tersebut, maka kamu akan mudah dalam menghasilkan konten yang menarik bagi para pengguna media sosial.

3. Komunikasi Secara Verbal dan Tulisan

Komponen dari sebuah konten media sosial terdiri dari dua instrumen, yaitu komponen visual dan komponen tulisan. Komponen visual dapat berupa foto atau video yang kamu upload sebagai konten utama. Sedangkan tulisan atau caption merupakan komponen tambahan yang menjelaskan konten utama.

Sebagai seorang SMM, kamu harus mampu menarik pengguna media sosial melalui konten yang kamu buat. Jika kamu membuat konten dalam bentuk video, kamu tentu harus memiliki kecakapan dalam menarik perhatian pengguna melalui pembawaan dan gaya bicara kamu. 

Sedangkan jika kamu membuat konten berbentuk tulisan, kamu harus mampu membuat tulisan yang menarik dan membuat pengguna ingin tahu lebih dalam tentang konten yang kamu bagikan. 

Baca Juga:   Cara Menambah Followers Tiktok Cepat Tanpa Aplikasi

4. Pengetahuan Tentang SEO

SEO merupakan sebuah teknik permainan kata yang akan membuat konten kamu berada pada daftar pencarian teratas. Penerapan SEO yang baik akan mampu meningkatkan trafik pada konten yang kamu buat.

Kamu harus mampu menganalisis kata kunci apa yang paling dicari oleh pengguna pada saat ada topik tertentu yang sedang booming. Jika kamu mampu menganalisisnya, kamu akan bisa menghadirkan konten yang membuat pengguna penasaran dan ingin tahu lebih dalam tentang konten yang kamu buat.

5. Selera Desain yang Baik

Seperti yang kamu tahu sebelumnya, komponen utama postingan media sosial biasanya berupa foto atau video. Foto atau video yang menarik biasanya menggunakan tampilan visual yang menarik juga. Inilah pentingnya seorang SMM memiliki selera desain yang bagus.

Jika kamu memiliki selera desain yang bagus, kamu akan mampu menghadirkan konten yang menarik, baik secara visual maupun konteks. Selain itu, tampilan visual yang menarik juga akan membuat pengguna tidak mudah bosan dengan konten yang kamu bagikan.

6. Fleksibel dan Aktual

Sebagai seorang SMM, tentu kamu harus aktif mengikuti perkembangan tren dan topik yang sedang terjadi. Oleh karena itu, penting sekali bagi seorang SMM untuk dapat bersikap fleksibel dan memiliki daya aktualisasi diri yang baik.

Seorang SMM yang fleksibel dan aktual akan mampu menghadirkan konten yang sesuai dengan kondisi saat ini. Maka tidak heran, bila konten kamu akan selalu berada di peringkat teratas pencarian karena topik yang kamu bahas sedang banyak dicari oleh pengguna. 

7. Availabilitas yang Tinggi

Sebagai seorang SMM, kamu akan banyak berkomunikasi dengan para pengguna media sosial. Hal ini menuntut kamu untuk aktif dan tersedia sepanjang waktu untuk menanggapi dan menjawab setiap pertanyaan audiens.

Baca Juga:   Apa Itu Impression dan Pentingnya Dalam Digital Marketing

Seorang SMM yang aktif dan tanggap tentu akan memberikan citra yang baik bagi perusahaan atau tokoh yang akunnya mereka kelola. Sebaliknya, seorang SMM yang lambat dan tidak ramah dalam merespon pertanyaan pengguna akan mengakibatkan citra yang buruk bagi akun yang mereka kelola.

Jika kamu tertarik untuk menjadi SMM, kamu harus memiliki availabilitas yang tinggi dan tingkat keramahan yang baik. Hal ini penting, karena ketika kamu menjadi SMM, secara tidak langsung kamu akan mewakili citra dari akun yang kamu kelola.

Gaji Social Media Manager

Beberapa SMM memiliki gaji yang bervariasi sesuai dengan tanggung jawab dan banyaknya pekerjaan yang mereka lakukan. Menurut beberapa platform job salary, gaji social media manager berada di kisaran antara 2,5 juta hingga 8 juta rupiah.

Beberapa SMM bekerja secara terikat dengan perusahaan atau tokoh tertentu. Namun, beberapa di antara mereka juga menawarkan jasa sebagai SMM secara freelance. Sehingga, pekerjaan SMM ini merupakan pekerjaan yang variatif dan fleksibel.

Tertarik untuk Menjadi Social Media Manager?

Setelah mengetahui apa itu social media manager, apakah kamu tertarik untuk menekuni profesi ini? Seperti yang kamu tahu, bahwa hampir semua perusahaan atau publik figur melakukan branding melalui media sosial. Oleh karena itu, social media manager adalah salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan untuk saat ini.

Gaji social media manager yang ditawarkan juga relatif tinggi tergantung dari pekerjaan yang kamu jalankan. Jika kamu tertarik, kamu bisa meningkatkan dan mengasah skill social media manager kamu mulai dari sekarang dengan cara mengikuti seminar atau belajar secara otodidak.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi mengenai social media influencer, marketing influencer dan lain-lain hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password