Ide Konten YouTube untuk Introvert yang Simpel dan Bermanfaat!

ide konten youtube untuk introvert

Ide konten YouTube untuk introvert agaknya akan membantu kamu yang mau mencoba hal baru.

Terlebih untuk para kreator introvert yang enggan berbicara banyak maupun bertemu dengan banyak orang.

Yuk, simak ide konten YouTube untuk introvert coba di sini!

Ide Konten YouTube untuk Introvert, Apa Saja?

Membuat konten harus berdasarkan rencana yang matang.

Para content creator perlu mengetahui apa yang menjadi minat audiens.

Nah, ada beberapa ide konten yang simpel dan punya banyak peminat.

Kamu pun tidak perlu menampilkan wajahmu dan hanya perlu merencanakan storytelling-mu dengan baik saja. 

1. Vlog Daily Life

Audiens YouTube ternyata menggemari cerita keseharian seseorang. Oleh karena itu, tidak sedikit juga pembuat konten yang memilih niche satu ini. Jadi, kamu harus berpikir kreatif bagaimana caranya agar daily life kamu bisa berbeda dan menarik daripada yang lain. 

Pastikan bahwa kamu sudah menentukan keunikan seperti apa di kehidupan sehari-harimu yang bisa menarik perhatian audiens. Sebagai contoh, channel bernama Dianxi Xiaoge menunjukkan kehidupan seorang wanita bersama keluarganya di Yunnan, salah satu provinsi di Cina. 

Disini kamu bisa melihat dia memperkenalkan suasana, situasi, serta aktivitasnya setiap hari di desa. Mulai dari memasak sampai kehidupannya yang dekat dengan alam yang asri. 

2. Video Tutorial

Ide konten YouTube untuk introvert yang simpel selanjutnya adalah video tutorial. Warga YouTube juga selalu mencari konten-konten yang memberitahu dan mengajari sesuatu yang mereka butuhkan. 

Namun, kamu harus memfokuskan niche ini, seperti video tutorial pembuatan syal rajutan, makeup yang natural untuk ke kantor, dan sebagainya. Sebagai contoh, channel bernama Zonouji memilih dunia tari untuk menjadi fokus dari video-videonya. Lebih tepatnya adalah tarian shuffle

Tarian ini pernah menjadi populer dan Zonouji pun melihat peluang disini. Pembuat konten dari Amerika Serikat ini sering memberikan tutorial bagaimana melakukan shuffle dengan benar beserta variasinya. 

3. Walkthrough Game

Ide ini mungkin terdengar remeh tapi ternyata banyak peminatnya. Terkadang, audiens tidak mempunyai waktu banyak ataupun perlengkapan yang mendukung untuk bermain game

Jadi, mereka lebih memilih menonton permainan komputer, playstation, dan sebagainya. Namun, niche ini juga banyak saingannya, jadi pastikan kamu memiliki topik yang terfokus.

Sebagai contoh, YouTube channel bernama IGP sering sekali membagikan waktu dia bermain permainan horror di PC, seperti Phasmophobia dan Poppy Playtime. Kamu pun terkadang bisa melihat bagaimana dia berinteraksi dengan teman-temannya saat sedang bermain.  

4. Review Produk

Review produk merupakan salah satu ide konten YouTube untuk introvert yang cukup terkenal. Audiens sering ingin mengetahui rasa, bentuk, cara penggunaan, serta kualitas dari sesuatu melalui seseorang. Jadi, mereka bisa membayangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengeluarkan biaya. 

Namun, jenis konten yang mengulas sesuatu seperti sudah banyak sekali dibuat. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menentukan terlebih dahulu fokusmu, supaya bisa mendapatkan audiens dengan lebih efektif. Contohnya adalah channel Kamar Film yang membuat konten review yang mengangkat film atau series. 

5. Animasi

Jika kamu bisa menciptakan animasi, itu bisa dijadikan konten juga. Selain bisa menunjukkan kemampuanmu, kamu tidak perlu memasang wajahmu di video. Mungkin kamu bisa dubbing animasi saja, supaya lebih menarik. Kalau kamu bingung ingin membuat apa, kamu bisa melihat-lihat content creators sebagai referensi. 

Sebagai contoh, channel bernama Chris Hallbeck yang membuat animasi stickman. Bukan hanya sekedar itu, pembuat konten ini menciptakan plot yang menarik dan relatable ke audiens, seperti saat bekerja, menonton televisi, dan bersama pacar. Dia pun dubbing animasinya dengan suaranya. 

Baca juga: Deretan Ide Konten YouTube Anak, Dukung Si Kecil Berkreasi!

6. Edukasi atau Pembelajaran Tertentu

Dunia edukasi cukup luas dan selalu berkembang. Ide konten YouTube ini sangat cocok untuk untuk introvert. Kamu bisa memberikan pembelajaran menarik dan updated kepada audiens. Jika ingin mengganti visual-nya, kamu bisa menggunakan animasi ataupun kompilasi gambar-gambar tertentu. 

Ted-Ed adalah salah satu channel yang bergantung pada dubbing sekaligus animasi dan tulisan. Isinya beragam, kamu bisa menemukan pengetahuan sejarah, informasi unik tentang dunia, bahkan topik-topik yang memicu pemikiran filosofis. Kamu bisa menjadikan channel terkenal ini jadi referensimu.

7. Memasak

Kamu gemar memasak? Hobi ini bisa kamu jadikan sebuah konten. Kamu hanya perlu merekam bahan-bahan masakan, serta bagaimana tanganmu memproses semuanya menjadi sebuah hidangan. Kamu bahkan bisa membagikan trik tertentu ataupun alternatif bahan, supaya audiens menjadi lebih tertarik. 

Salah satu channel memasak yang cukup unik adalah Nino’s Home. Si pembuat konten menutup wajahnya dengan menggunakan topeng beruang. Dia juga hanya merekam tangannya di proses memasak sekaligus juga memamerkan koleksi peralatan masaknya yang lucu. 

Dia pun juga menambahkan subtitle unik untuk berkomunikasi dengan audiensnya. Channel ini bisa dijadikan referensi untuk membuat ide yang berbeda dan unik. 

8. Menggambar

Menggambar mungkin terdengar seperti topik yang hanya disukai kalangan tertentu. Namun, ternyata banyak audiens yang menghibur diri dengan melihat proses pembuatan gambar. Kamu pun tidak harus menunjukkan wajahmu. Ide konten YouTube yang sangat ramah untuk introvert, bukan?

Salah satu yang cukup terkenal adalah Devon Rodriguez. Channel ini cukup unik, karena pembuat konten sering sekali bepergian dengan menggunakan kereta di Amerika Serikat. Dia pun memutuskan untuk menggambar orang asing yang duduk di depannya dengan apik dan menunjukkan hasilnya ke orang tersebut. 

9. Life Hack

Jika kamu menjadi audiens, bukankah kamu akan terkagum-kagum ketika menemukan solusi dari permasalah kehidupan sehari-hari? Ternyata banyak orang yang selalu mencari kemudahan, supaya aktivitas mereka lebih nyaman. 

Bahkan, kamu bisa memberikan solusi dari permasalahan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya dan mungkin audiens sendiri belum sadar akan hal itu. Kamu tidak perlu menunjukkan wajahmu dan hanya merekam proses life hack tersebut saja. 

Channel yang cukup terkenal dengan niche ini adalah 5-Minute Décor. Disini kamu bisa mempelajari banyak hal, mulai dari mendekorasi kamar anak dengan budget minim sampai bagaimana cara untuk tidur dengan benar dan pulas. 

10. Experiment

Ternyata konten eksperimen juga mempunyai banyak peminat. Pasalnya, konten ini sering menunjukkan hal yang baru kepada audiens, termasuk experimen science. Seperti konten memasak, kamu hanya perlu menunjukkan tanganmu yang memproses eksperimen. 

Agar dapat memperjelas proses eksperimen, kamu juga bisa menambahkan subtitle di setiap videomu. Fun Science adalah salah satu channel yang fokus terhadap beragam eksperimen. Di sini kamu bisa melihat proses eksperimen yang paling mudah hingga optical illusion, lho!

Ide Konten YouTube untuk Introvert Mana yang Paling Menarik?

Itulah beberapa ide konten YouTube yang cocok untuk introvert.

Apapun kepribadiannya, semua orang bisa menjadi seorang Youtuber, termasuk introvert yang mungkin kesulitan untuk berbicara di depan kamera atau banyak orang.

Apapun pilihanmu, melakukan riset dan menentukan fokus dari idemu adalah hal paling utama. Sebab, kamu perlu menemukan keunikanmu, agar audiens lebih tertarik menonton konten kamu.

Namun, proses menuju sukses pasti akan memakan waktu.

Karena itu, jangan menyerah dan teruslah berusaha!

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password