Ide Konten YouTube Shorts Menarik, Cocok untuk Creator Pemula!

ide konten youtube shorts

Saat ini, ide konten YouTube shorts menjadi hal yang sangat dicari oleh banyak content creator pemula dalam pembuatan konten video pendek. Hal ini bukan tanpa alasan, YouTube yang kini mempunyai fitur video pendek yang membuat banyak audiens memburu konten video singkat untuk sekadar menghibur diri.

Selain itu, video pendek juga dinilai lebih menghibur dan tidak membosankan. Bahkan, di berbagai platform media sosial, video dengan durasi singkat seperti di FYP TikTok, Reels Instagram, dan Facebook, jadi sarana promosi untuk branding produk. Penasaran apa saja ide unik untuk video berdurasi singkat ini? Yuk simak!

Ide Konten YouTube Shorts untuk Menarik Banyak Viewers

Langsung saja, ini dia beberapa konsep pembuatan video pendek di kanal YouTube, yang bisa membuat channel kamu kebanjiran viewers.

Berikut ulasannya.

1. Ikuti Tren yang Sedang Viral

Pertama, yang dapat kamu lakukan untuk ide konten YouTube shorts adalah dengan mengikuti tren terbaru yang saat ini sedang viral. Setiap hari di berbagai media sosial pasti sering bermunculan konten viral dengan tren terbaru yang tayang di beranda pencarian media sosial di berbagai platform. 

Kamu bisa mengadaptasi konsep tersebut, lalu menerapkannya dalam video durasi pendek di channel YouTube kamu. 

Sebagai step awal, kamu bisa scroll di halaman pencarian kemudian melakukan riset terhadap bahan konten yang saat ini sedang tren. Selain itu, kamu juga dapat membuat konten viral dengan gaya kamu sendiri, lho. Contohnya membuat challenge, dance tertentu, atau hashtag yang menarik agar viewers tertarik. 

Namun, perlu kamu ingat, YouTube adalah media untuk mengembangkan hal-hal baru yang unik. Jadi, kamu tidak perlu takut untuk menjadi sesuatu yang unik dan berbeda. Jika itu hal yang positif serta tidak merugikan orang lain, lakukan saja dengan percaya diri tinggi dan buat semaksimal mungkin. 

2. Video Tutorial

Video tutorial merupakan ide konten YouTube shorts yang isinya adalah cara atau step by step melakukan suatu aktivitas atau pemakaian produk tertentu yang sifatnya memberi informasi. Banyak ide-ide unik untuk pembuatan video tutorial. Terlebih lagi, audiens lebih menyukai informasi dengan konsep video.

Namun, ada beberapa unsur yang perlu kamu perhatikan jika ingin membuat video tutorial dengan durasi singkat ini. Kamu harus mempertimbangkan durasi video dan mengeksekusi konten secara terperinci dengan durasi singkat tersebut. Hal ini karena durasi konten video shorts di YouTube yang hanya 30 sampai 60 detik saja. 

Jadi, kamu wajib merangkum isi konten video pendek kamu ini dengan durasi yang relatif singkat dengan isi yang padat. Selain itu, konten tersebut juga harus jelas dan berisi poin penting atau informasi detail mengenai penjelasan step by step yang akan kamu buat. 

3. Quotes Video

Ide konten YouTube shorts selanjutnya yang bisa membuat channel YouTube kamu kebanjiran viewers adalah konten quotes video. Pada dasarnya, pembuatan konten quotes video ini sangatlah mudah, lho. Kamu hanya perlu membuat video dengan durasi singkat, dan isi kontennya hanya berupa tulisan kata-kata quotes.

Banyak kata-kata keren dengan bahasa yang indah seperti kalimat motivasi, islami, syair, lirik lagu, kutipan film, dan lain sebagainya. Kamu bisa memasukkan unsur kata-kata mutiara tersebut sebagai isi konten. 

Selain itu, kamu juga bisa membuat kalimat dengan gaya bahasa kamu sendiri, lho. Tentu saja hal ini menjadi sangat menarik. Terlebih lagi, para viewers sangat menyukai kalimat-kalimat motivasi hanya untuk sekadar membangkitkan kembali semangat mereka. 

Selain itu, quotes video ini juga bisa menjadi sarana kamu mengekspresikan diri dan perasaan kamu dalam bentuk tulisan video.

4. Konten Komedi

Unsur komedi saat ini menjadi salah satu ide konten YouTube shorts yang disukai oleh banyak viewers di YouTube. Komedi ringan dengan sentuhan absurd sebagai bahan candaan cenderung disukai oleh viewers karena sifatnya yang menghibur. 

Menurut sebuah riset, terdapat sekitar 68% pemirsa YouTube yang menyukai konten video baik itu berdurasi pendek, maupun panjang yang memiliki konsep komedi di dalam isi kontennya. 

Cara pembuatannya memang sedikit unik. Kamu harus bisa menyajikan humor secara singkat dan tepat sasaran. Namun, jika kamu sudah menguasai konsep komedi yang pas dengan selera masyarakat, tentunya channel YouTube kamu akan kebanjiran viewers.

Sebagai langkah awal, kamu perlu mengobservasi bahan komedi sebagai konsep inti di isi konten. Setelah itu, kamu tinggal menulis script dan menyesuaikan konsep komedi tersebut dengan durasi 30 sampai 60 detik. 

5. Konten Inspirasi Fashion 

Para penggemar tren terkini dan gaya busana atau fashion enthusiast seringkali menjadikan ide konten YouTube shorts sebagai referensi untuk membuat ide-ide fashion yang unik dan menarik. 

Mulai dari konten inspirasi fashion OOTD atau busana sehari-hari, konten before and after, bahkan konten mix and match menjadi konten YouTube shorts yang biasa mereka sajikan. Selain itu, konten jenis ini mempunyai banyak viewers karena menjadi referensi bagi para audiens dalam pemilihan gaya busana trendi dan stylish

Kamu bisa mencoba untuk membuat konten jenis ini dengan menerapkan ide fashion kamu sendiri. Selain itu, untuk model busana kamu juga bisa menjadi model dalam video fashion tersebut. 

Namun, biasanya para fashion enthusiast ini melakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan konsep berbusana tertentu. 

Banyak jenis fashion yang bisa kamu kembangkan seperti casual, gaya busana kekinian, hingga style fashion klasik era 80-an bisa kamu jadikan sebagai konsep konten video ini. 

6. Konten Religi

Selanjutnya, ide konten YouTube shorts yang bisa membuat kamu kebanjiran viewers adalah jenis konten religi. Jenis konten ini adalah konten sejuta umat karena pastinya sangat menarik dan membawa pesan serta informasi langsung ke hati audiens. 

Selain itu, dengan membuat konten dengan jenis video religi ini, kamu sama saja telah menyebarkan kebaikan kepada para audiens. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Terlebih lagi, di tengah kesibukan kerja pastinya para audiens sedikit haus akan siraman rohani dalam bentuk video pendek.

Cara membuat konten religi ini juga sangat mudah. Kamu bisa membuat quotes tentang ayat-ayat dalam kitab suci, dan kalimat-kalimat lainnya yang berisi informasi agama. Selain itu, kamu juga bisa membuat potongan cuplikan video dari beberapa tokoh agama sebagai bahan kontennya.

7. Musik Cover

Kalau untuk ide konten YouTube shorts yang satu ini, kamu wajib memiliki bakat dan passion dalam dunia musik. Nah, jika kamu sudah mempunyai kualifikasi tersebut, mungkin kamu bisa menjajal konten musik cover dalam bentuk lagu maupun instrumen musik. 

Selain kamu harus punya bakat di bidang musik, kamu juga harus memiliki gaya musik yang unik, out of the box, dan beda. Sebagai contoh, kamu mungkin bisa mengcover sebuah lagu internasional menjadi genre lagu dangdut, ataupun sebaliknya. 

Pada intinya, kamu wajib bisa tampil unik dan berbeda. Namun, kamu juga jangan hanya bermodal bakat musik dan cover lagu saja. Selain itu, kamu juga harus mempunyai sebuah nilai jual dan ciri khas khusus dari setiap video cover yang akan kamu bawakan. 

Bukan hanya itu, musik cover juga dapat menjadi media bagi kamu untuk dapat berekspresi serta menyalurkan bakat musik yang terpendam, lho. Hal ini tentu saja bisa menjadi kepuasan dan apresiasi tersendiri bagi seorang pecinta musik. 

8. Dance Cover

Sama hal nya dengan musik cover, dance cover juga bisa menjadi salah satu ide konten YouTube shorts. Namun pastinya jika ingin membuat konten dance cover ini, kamu harus mempunyai passion di bidang seni tari. Bahkan, di media sosial banyak dari para influencer dan content creator yang menjadi terkenal berkat hobi dance ini.

Untuk konsep pembuatan dance cover, kamu bisa membuat cover untuk tarian tradisional, korea dance, break dance, dan lain sejenisnya. Bahkan, ide konten dance cover juga terbukti sangat efektif bukan hanya untuk branding personal saja. Kamu bisa membuat dance cover juga untuk keperluan branding produk, lho.

Banyak dari brand produk ternama yang memanfaatkan dance cover dan jenis konten tarian ini sebagai media promosi produk atau sebagai media branding bisnis.

Sebagai informasi tambahan, saat ini untuk jenis dance cover yang sedang tren adalah dance cover untuk jenis musik Kpop. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat semakin menjamurnya para Kpopers di Indonesia bahkan dunia yang tentu saja sangat tertarik dengan konten video dance cover dari para idolanya.

9. Review

Konten review adalah penyampaian pendapat secara jujur tentang hal tertentu yang lazim dan berisi informasi terkait produk maupun benda tertentu. Kamu bisa menggunakan tema review seperti produk, film, buku, tempat wisata, musik, dan masih banyak lagi. 

Contohnya, kamu bisa membuat sebuah review singkat terkait tempat wisata yang sedang populer di kalangan anak muda di daerah asal kamu. Selain itu, kamu juga harus menjelaskan review tersebut dengan jujur dan secara detail mengenai apa saja yang kamu dapatkan di tempat wisata tersebut. 

Kamu juga bisa melakukannya dengan pemilihan gaya bahasa, ekspresi, dan gestur yang unik. Hal ini berguna sebagai nilai jual dan ciri khas yang kamu tawarkan dari ide konten YouTube shorts ini.

10. Sports

Jenis konten olahraga juga bisa kamu pilih untuk keperluan konten YouTube shorts. Ide konten ini juga sangat mudah proses pembuatannya dan pastinya memiliki manfaat yang banyak bagi diri sendiri dan para audiens yang menontonnya. 

Biasanya, para sport influencer membuat konten olahraga dengan cara melakukan aktivitas dan latihan kebugaran yang sedang mereka jalani. Kamu mungkin bisa mencoba konten olahraga ini dengan melakukan aktivitas olahraga ringan dan memberikan informasi terkait gerakan olahraga yang baik dan benar.

Namun, tentu saja kamu harus menguasai teknik olahraga tertentu untuk mencegah penyampaian informasi yang salah kepada penonton. Selain itu, agar mempunyai nilai tambah, kamu juga harus mempunyai keunikan tersendiri dalam setiap ide konten YouTube shorts yang kamu buat tersebut.

Tertarik Membuat Konten YouTube Shorts?

Itu dia beberapa ide konten YouTube shorts yang bisa menjadi referensi bagi kamu para content creator yang sedang membangun sebuah channel YouTube. 

Terlepas dari ide konten tersebut, sebuah konten akan menjadi trending jika memiliki kualitas yang baik. Selain itu, kamu juga harus menjadi diri sendiri dalam proses pembuatan konten di media sosial manapun.

Jadi, jangan pernah takut untuk menjadi berbeda, ya!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, YouTube influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password