Ide Konten Youtube Edukasi, Cocok untuk Pemula!

ide konten youtube edukasi

Bagi pemula, memilih ide konten YouTube edukasi yang tepat sangat penting untuk kamu lakukan agar channel mu bisa sukses.

Jika kamu sedang bingung memilih ide konten YouTube apa yang tepat untuk channelmu, kamu bisa simak beberapa rekomendasi ide konten YouTube edukasi beserta tips sukses jadi YouTuber berikut ini!

Ide Konten YouTube Edukasi yang Menarik untuk Pemula

Inilah beberapa ide konten menarik untuk mengisi akun YouTube milikmu:

1. Konten Edukasi tentang Beasiswa

Sasaran konten tentang beasiswa biasanya adalah lulusan MA/SMA/SMK atau mahasiswa. Konten beasiswa ini bisa kamu isi dengan informasi resmi pendaftaran beasiswa, tips mendapat beasiswa, cara membuat essay untuk beasiswa, hingga informasi penting lainnya terkait beasiswa.

Kamu harus terus update perkembangan beasiswa, misalnya beasiswa LPDP, Djarum, atau beasiswa luar negeri dari berbagai jenjang pendidikan S1 hingga S3.

2.  Isi Konten Sesuai Bidang Keilmuan Kamu

Kamu juga bisa menggunakan ide konten YouTube edukasi yang membahas tentang keilmuan yang kamu kuasai. Misalnya saja kamu menguasai matematika, kamu bisa membuat konten yang berisi tentang cara cepat mengerjakan soal matematika atau tips dan trik menguasai soal matematika.

Buatlah konten yang segar dan menarik agar penonton tidak jenuh dan suntuk saat mendengarkan penjelasanmu. Jika sasaranmu adalah anak-anak sekolah TK atau SD, gunakan sedikit animasi agar anak-anak mudah memahami dan betah saat menyimak konten yang kamu buat.

3. Konten Praktikum atau Tutorial

Ide konten YouTube edukasi selanjutnya adalah konten tutorial dan praktikum. Jika kamu punya keahlian dalam bidang tertentu yang bersifat praktik, maka itu bisa kamu jadikan ide konten yang menarik.

Saat ini YouTube menjadi tujuan masyarakat untuk belajar secara praktis saat mengalami kesulitan mempraktikkan sesuatu. Maka dari itu, kamu bisa mengunggah konten tentang praktik atau tutorial tentang bagaimana cara melakukan dan mengoperasikan.

Misalnya, untuk ranah ilmu komputer bisa membuat tutorial mengoperasikan Microsoft Office (Word, Excel, dll), mengedit gambar menggunakan Canva, menggunakan TikTok, dan lain sebagainya.

4. Konten yang Relevan dengan Kebutuhan dan Keinginan Penonton

Kamu juga bisa membuat konten dari permintaan penontonmu. Misalnya saja tentang trik dan tips penyusunan karya tulis ilmiah. Kamu juga bisa membahas tentang bahasan yang paling banyak dicari oleh mahasiswa yakni skripsi. 

Kamu bisa membantu mereka melalui konten cara membuat judul skripsi, teknik analisis data, metode penelitian, atau bisa juga tips lancar menghadapi ujian seminar proposal dan ujian skripsi. 

Materi-materi seperti itu akan sangat membantu followersmu yang kebingungan menghadapi ujian kelulusan, tentunya dengan cara mudah dan praktis. 

5. Parenting dan Pernikahan

Selain anak-anak muda, kamu bisa membuat konten yang menyasar pada orang dewasa seperti orang tua.

Zaman sekarang, YouTube sering digunakan sebagai media untuk membagikan ilmu tentang parenting dan pernikahan. Banyak orang terutama orang tua muda yang penasaran dan sedang belajar memahami tentang anak-anak. 

Atas dasar kebutuhan tersebut, kamu bisa membuat konten parenting dengan mengundang pakar parenting seperti psikolog atau konselor anak untuk menjadi pembicara. Konseplah seperti podcast yang santai dan menyenangkan, namun isi kontennya tetap berkualitas.

6. Konten Kecantikan dan Perawatan Wajah

Anak-anak muda sangat menyukai jenis konten make up and beauty serta per-skincare-an. Kamu bisa sekali membuat konten edukasi tentang perawatan wajah, review produk, atau tips memilih produk skincare yang aman.

Konten-konten seperti ini juga bisa kamu isi dengan tutorial make up untuk menghadiri acara resmi (untuk kuliah, wisuda, ke kantor, dll) atau non-formal.

Tips Sukses Menjadi Kreator YouTube Edukasi bagi Pemula

Setelah pembahasan ide konten Youtube edukasi, ada baiknya kamu juga harus tahu bagaimana langkah awal menjadi YouTuber sukses yang menghasilkan konten-konten edukatif berkualitas. 

Berikut ini tips menjadi YouTuber edukasi yang sukses dengan viewers banyak:

1. Tentukan Siapa Target Penonton Kamu

Langkah pertama ini merupakan hal penting yang harus kamu lakukan, agar video yang kamu unggah tepat sasaran dan semakin mengundang banyak viewers

Tentukan siapa target yang akan kamu sasar. Selanjutnya, kenali dan pahami karakter penontonmu, berapa rentang usianya, dan jenis kelamin target penontonmu.

Menentukan dan mengenali target penonton juga nantinya akan mempermudah kamu dalam merancang konten video di YouTube supaya tepat sasaran. Semakin kamu mengenali penontonmu, kamu akan semakin mudah merancang strategi untuk mempromosikan kontenmu. 

2. Buatlah Nama Channel YouTube yang Menarik

Setelah menentukan target penonton, langkah selanjutnya adalah membuat nama channel yang menarik. Nama channel ini nantinya berfungsi sebagai identitas akun YouTube yang kamu miliki. 

Buatlah nama menarik sesuai dengan konten yang akan kamu unggah agar channel-mu mudah ditemukan dan lebih dikenal banyak orang. Kamu bisa menggunakan nama aslimu sendiri atau nama lain sesuai dengan kreatifitasmu sebagai content creator

3. Buat Format Video yang Kreatif dan Menarik

Format video yang kreatif dan berbeda dengan channel lain akan membuat ide konten YouTube edukasi kamu terlihat hidup dan punya ciri khas tersendiri. Buatlah format video secara konsisten agar kamu dapat pengakuan dari para penonton. 

Cara ini tentu juga bisa meningkatkan personal branding channel YouTube milikmu. Jadi, akan ada banyak orang yang mulai mengenal konten-kontenmu dan jumlah viewers-nya pun akan semakin meningkat.

4. Utamakan Riset dan Penggunaan Data yang Valid

Nah, karena ini adalah konten edukasi di mana berisi tentang hal-hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, maka kamu perlu melakukan banyak riset. Hal ini supaya kamu mendapatkan data yang valid untuk bahan kontenmu.

Penggunaan data yang valid dan referensi yang dapat dipertanggungjawabkan  akan membuat kontenmu lebih berkualitas dan tidak asal-asalan. Konten yang edukatif sangat membutuhkan data-data valid agar tidak menyesatkan siapapun yang menontonnya.

Kamu bisa mencari data-data valid tersebut dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, situs website resmi, dan lain sebagainya. 

5. Buatlah Konten Berseri

Konten video berseri-seri akan membuat penonton penasaran akan kelanjutan pembahasan video yang kamu unggah. Tentu dengan cara ini akan membuat penonton semakin sering berkunjung ke channel YouTubemu untuk menonton kelanjutan video yang membuat mereka penasaran.

6. Unggah Video Secara Konsisten

Salah satu kunci utama kesuksesan menjadi content creator adalah ketekunan dan konsisten dalam berkarya. Unggahlah video dengan konsisten misalnya 2 atau 3 hari sekali atau seminggu sekali agar penontonmu tidak menunggu terlalu lama dan memudahkan kamu untuk menjadi YouTuber profesional.

7. Tampung Permintaan dan Ide dari Subscriber

Pada kolom komentar biasanya para penonton tidak hanya mengomentari postingan yang kamu unggah. Terkadang mereka juga memberikan ide yang bagus untuk perkembangan kontenmu.

Coba sesekali tampung ide konten YouTube edukasi dari penonton, lalu pertimbangkan dengan matang untuk perbaikan dan kemajuan kontenmu.

Siap Mengeksekusi Ide Konten YouTube Edukasi?

Kembangkan materi sekreatif mungkin dan tetap konsisten mengedukasi banyak orang lewat konten.

Jangan lupa terus promosikan channel YouTube-mu di berbagai akun media sosial agar jumlah viewers semakin bertambah. 

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya tentang social media influencer, YouTube influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password