Ide Konten TikTok Menarik, Cocok untuk Food Influencer Pemula!

food influencer

Akhir-akhir ini, di platform sosial media TikTok sedang ramai konten-konten dengan tema Food Influencer.

Tren ini memang tidak viral baru-baru ini saja, tapi sejak dulu konten bertema makanan memang selalu menarik bagi para audiens. 

Bukan hanya tentang makanan, namun para Food Influencer TikTok ini juga sering menambahkan unsur kebudayaan, tempat wisata, atau komunitas tertentu yang membuat konten mereka semakin ciamik.

Penasaran kira-kira apa aja sih ide konten yang menarik dengan tema makanan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Ide Konten Menarik untuk Food Influencer

Kalau kamu baru mulai menjadi Food Influencer, tapi bingung ingin membuat konten, mungkin ide konten Tik Tok ini bisa kamu coba sebagai langkah awalmu.

1. Memasak Menu Viral

Hal pertama yang bisa kamu lakukan sebagai ide konten TikTok bertema makanan adalah membuat konten memasak makanan yang sedang tren. Makanan yang sedang viral tentu saja sangat diminati oleh para audiens, karena mereka penasaran tentang cita rasa makanan tersebut.

Kamu bisa menjadikan konten ini sebagai langkah awal untuk menjadi seorang Food Influencer TikTok. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan riset FYP dan mencari tahu makanan apa yang saat ini sedang viral di TikTok.

Setelah melakukan riset FYP dan mengantongi bahan konten makanan yang sedang viral, kamu tinggal eksekusi konten tersebut. 

2. Konten Singkat dan Tajam

Hal kedua yang perlu kamu perhatikan dalam ide konten TikTok untuk Food Influencer adalah kamu harus membuat konten dengan singkat dan tajam. Artinya, dalam mengeksekusi konten, kamu harus memastikan durasi konten kamu singkat dan sesuai pembahasannya.

Baca Juga:   Cara Menggunakan Filter IG Untuk Konten, Gampang Banget!

Selain itu, konten kamu juga harus memiliki daya tarik yang tajam, agar audiens tidak bosan saat menonton konten kamu. Misalnya, kamu bisa memperjelas gimik dan memberi sentuhan mendalam pada konten yang kamu buat.

3. Konten yang Menyenangkan

Dalam pembuatan konten TikTok dengan tema makanan, perlu kamu ingat bahwa isi konten tidak melulu tentang makanan saja. Namun, kamu juga perlu memberikan nuansa yang menyenangkan dalam setiap konten kamu.

Hal ini bertujuan agar audiens tidak hanya mendapat informasi tentang makanan yang kamu sajikan dalam konten saja. Tapi, nuansa menyenangkan dalam konten juga akan membuat penonton merasa terhibur dan akan menantikan konten kamu selanjutnya.

4. Kolaborasikan Konten Food & Travel

Ide konten TikTok untuk Food Influencer selanjutnya adalah kolaborasi antara makanan dan jalan-jalan. Tahukah kamu? Bahwa mayoritas audiens TikTok di Indonesia adalah kalangan dengan rentang usia 17 sampai 30 tahun. 

Selain itu, mayoritas audiens yang didominasi kaum muda ini, sangat menyukai konten bertema travelling, lho. Tentu kamu bisa memanfaatkan ide konten jalan-jalan ini dan menggabungkannya dalam konten makanan. Namun, untuk bisa melakukan travelling, tentu membutuhkan budget tambahan yang mesti kamu persiapkan.

5. Traditional Food

Kalau ide konten yang satu ini untuk pengerjaannya relatif mudah. Kamu hanya perlu mencari tahu makanan tradisional apa yang kira-kira menarik untuk menjadi bahan konten kamu. Setelah mendapatkan bahan konten, maka hal selanjutnya adalah eksekusi konten tersebut.

Namun, perlu kamu ingat juga bahwa membawakan konten dengan tema makanan tradisional ini tidak hanya sebatas tentang makanan saja. Kamu juga perlu memberikan informasi terkait kebudayaan lokal dari daerah asal makanan tersebut. 

6. Makanan khas Hari Raya 

Untuk bahan ide konten Tiktok bagi Food Influencer selanjutnya, kamu bisa mengangkat tema makanan khas hari raya. Seperti yang kamu tahu, di Indonesia dalam setiap perayaan hari raya tertentu pasti identik dengan makanan khas nya. 

Baca Juga:   8 Cara Menjadi Content Creator Sukses, Cocok Untuk Pemula!

Sebagai contoh, kamu bisa membuat konten dengan mengangkat tema makanan khas hari raya Idul Fitri, makanan khas hari raya Natal, dan lain sebagainya. Namun, kekurangan konsep makanan khas hari raya ini adalah “momen”. Jadi, kamu hanya bisa membuat konten makanan khas hari raya pada momen-momen tertentu saja.

7. Tips & Trik Tentang Makanan

Konten dengan tema tips dan trik makanan juga bisa menjadi konsep ide konten yang bisa kamu angkat dalam kanal TikTok kamu. Hal ini bukan tanpa alasan, karena konten tips dan trik terbukti mampu membius audiens dan mendatangkan viewers dengan jumlah yang banyak.

Kamu bisa memberikan tips dan trik memilih bahan makanan, memasak makanan, bahkan kamu juga bisa merekomendasikan tempat makanan yang hits sebagai isi konten. 

8. Konten Mukbang 

Di Korea Selatan dan di berbagai belahan dunia, konten Food Influencer dengan tema Mukbang sangat diminati oleh para audiens. Selain karena unik, Mukbang juga memiliki daya tarik tersendiri dengan ciri khas porsi makan yang sangat banyak.

Mukbang adalah sebuah ide konten yang menampilkan Content Creator atau seseorang yang sedang makan, namun dengan porsi yang tidak biasa, alias sangat banyak. Biasanya, konten mukbang ini akan lebih efektif bila kamu lakukan dengan cara siaran langsung pada kanal TikTok kamu.

9. Konten Unik dan Identik

Selain pembahasan tentang yang makanan yang juga menjadi isi konten, ada hal pendukung lain yang bisa kamu masukan ke dalam konten kamu agar audiens lebih tertarik. Hal tersebut adalah keunikan pada konten kamu, yang membuat kamu punya identitas sendiri, agar audiens bisa mengenal kamu lebih dalam.

Tentunya, audiens akan lebih tertarik jika kamu mempunyai keunikan dalam penyajian konten kamu. Keunikan inilah yang nantinya akan menjadi nilai jual kamu dalam dunia per TikTokan. 

Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak Content Creator, bahwasanya konten tidak hanya tentang isi saja. Namun, perlu ada identitas diri yang kuat dari pembuat konten tersebut, agar audiens mengetahui siapa kamu dan apa yang kamu buat.

Baca Juga:   6 Tools YouTube Gratis yang Harus Digunakan Para YouTuber

10. Eksperimen Makanan 

Sebagai ide konsep konten terakhir dengan tema Food Influencer adalah menyajikan konten makanan yang memiliki keanehan. Maksudnya adalah kamu bisa membuat konten TikTok dengan melakukan eksperimen makanan, agar terdengar makanan tersebut terlihat aneh. 

Selain itu, kamu juga melakukan eksperimen dengan cara membuat resep makanan sendiri berdasarkan riset pengetahuan kamu. Namun, tentunya resep makanan yang kamu buat harus unik dan tentunya lezat, agar para audiens merasa makanan kamu layak untuk dimakan.

Atau mungkin, kamu juga bisa membuat eksperimen makanan dengan bahan-bahan yang lazim digunakan, agar menimbulkan kesan totalitas dalam konten kamu.

Siap Mencoba Ide TikTok untuk Food Influencer?

Itulah pembahasan tentang ide konten TikTok dengan tema Food Influencer.

Apakah kamu tertarik untuk membuat konten bertema makanan?

Kalau kamu tertarik dan ingin mencoba menjadi Content Creator TikTok, kamu harus memulainya dengan konsep konten yang kuat, serta eksekusi yang matang.

Selamat mencoba!


Temukan informasi lainnya mengenai social media influencer, TikTok influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password