Ide Konten TikTok Bisnis yang Wajib Kamu Coba Sebagai Pebisnis

ide konten tiktok bisnis

TikTok adalah salah satu aplikasi video yang sedang menjadi tren di Indonesia. Bahkan kini sudah banyak brand bisnis yang mulai menggunakan aplikasi TikTok sebagai bagian dari digital marketing. Oleh karena itu, sangat penting bagi pebisnis untuk mengetahui ide konten TikTok bisnis.

Dengan mengetahui ide-ide konten yang pemilik banyak peminatnya, maka kamu akan lebih mudah dalam melakukan promosi ataupun mengenalkan produk terbaru dari brand bisnis yang sedang kamu jalani. Saat ini ada lebih dari 10 juta pengguna di Indonesia yang aktif menggunakan TikTok.

Jadi, tidak heran jika TikTok dapat menjadi platform yang krusial dan sangat menjanjikan bagi para pemilik bisnis di Indonesia. Konten video yang kamu unggah di TikTok dapat meningkatkan brand awareness yang tentunya secara langsung akan meningkatkan penjualan dan meningkatkan citra bisnis.


15 Ide Konten TikTok Bisnis yang Wajib Dicoba

Nah, untuk kamu yang ingin mencoba platform TikTok sebagai media marketing, tetapi masih bingung konten apa saja yang cocok, berikut adalah penjelasan 15 ide konten TikTok bisnis yang bisa kamu coba.

1. Content Challenge

Ide konten TikTok bisnis yang pertama adalah content challenge. Salah satu ide konten ini dianggap cepat viral karena banyak pengguna TikTok yang tertarik dengan konten tantangan khusus. Kamu bisa melakukan promosi bisnis dengan cara softselling melalui konten challenge tersebit.

2. Kolaborasi dengan Influencer TikTok

Kamu juga bisa mengajak influencer TikTok untuk bekerja sama dalam mempromosikan produk. Saat ini sudah banyak influencer yang bisa kamu ajak kerja sama. Namun, pastikan jika influencer yang kamu pilih memiliki niche yang sesuai dengan brand produk yang akan kamu promosikan.

Baca Juga:   Mengenal Apa Itu Social Media Officer dan Tugasnya

Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang pebisnis untuk melakukan analisis terhadap influencer beserta audiensnya demi memastikan apakah mereka cocok dengan citra brand bisnis kamu atau tidak. Dengan begitu, maka kamu bisa lebih menyesuaikan dengan target pasar.

3. Product Launching

Ide konten video yang satu ini sangat cocok untuk kamu implementasikan apabila sedang melakukan promosi produk baru. Konten video ini bisa kamu buat mulai dari sebelum rilis, saat perilisan, hingga setelah rilis. Cara ini terbukti dapat membantu meningkatkan brand awareness karena calon pelanggan sudah mengetahui produk yang kamu jual.

Berikan video singkat yang berisi gambaran produk dengan menunjukkan keunggulan atau performa produknya. Supaya terlihat lebih menarik, kamu tidak perlu ragu untuk menyisipkan latar belakang atau inspirasi dari pembuatan produk tersebut.

4. Catalog

Jika dulu katalog produk hanya bisa kamu lihat dalam sebuah poster atau lembaran buku, maka di era digital seperti sekarang ini kamu bisa menjadikan platform sosial media, seperti TikTok sebagai media untuk membagikan katalog produk kepada para audiens. Tentunya katalog tersebut harus dikenam dengan konten yang menarik.

5. Workspace Tour

Kamu juga bisa mengajak audiens untuk mengenal tempat produksi agar dapat mengenal bisnis yang kamu jalani. Workspace tour bisa menjadi ide konten TikTok bisnis yang cocok untuk mengenalnya usaha kamu, khususnya jika kamu baru memulai bisnis tersebut.

6. Behind The Scene

Kini audiens tidak hanya tertarik dengan konten yang menawarkan suatu produk, tetapi juga hal-hal yang terjadi di balik produk tersebut. Jadi, tidak ada salahnya untuk kamu membuat konten video behind the scene agar audiens lebih mengenal brand bisnis dan produk yang kamu tawarkan.

7. Packaging dan Shipping

Bagi beberapa orang, konten video packaging dan shipping terlihat sangat menarik. Apalagi jika kamu berhasil mengemasnya menjadi sebuah video yang unik dan entertaining. Kamu bisa menunjukkan bagaimana proses packaging produk yang nantinya akan dikirim oleh jasa pengiriman paket.

Baca Juga:   Berapa Rata-rata Harga Endorse Influencer di Instagram?

8. Tutorial

Ide konten tutorial sangat cocok bagi para pemilik bisnis fashion dan kecantikan. Hal ini karena akan ada banyak tren baru yang berkembang dan tentu saja bisa menjadi inspirasi kamu dalam membuat konten. Sebagai contoh konten tutorial mix and match hijab fashion yang pastinya akan menarik perhatian audiens.

Video tutorial bisa menjadi peluang besar bagi bisnismu untuk memperlihatkan kepada audiens terkait keunggulan dan keunikan produk baru yang kamu tawarkan kepada calon pelanggan. Nah, apakah kamu tertarik membuat konten serupa?

9. Educational

Ide konten TikTok bisnis tidak melulu harus seputar promosi produk atau video menghibur lainnya, tetapi kamu juga bisa memberikan konten-konten edukatif dengan cara yang menyenangkan sehingga audiens akan tertarik menontonnya hingga selesai. Kini sudah banyak contoh konten video edukasi yang fun dan mudah dimengerti.

10. Company Profile

Cerita tentang kesuksesan sebuah bisnis memang selalu berhasil menarik audiens. Ide konten yang satu ini bisa kamu coba agar audiens lebih mengenal profil bisnismu. Namun, pastikan kamu mengemasnya dengan konten yang menarik dan tidak membosankan, ya.

11. Success Story

Selain konten company profile, kamu juga bisa membuat konten mengenai kisah sukses dari pemilik bisnis dan bagaimana hal tersebut dapat memotivasi orang lain, khususnya bagi anak-anak muda yang tertarik dalam dunia bisnis. Tentunya akan ada banyak orang yang menyukai cerita penuh inspirasi dan motivasi seperti ini.

Orang lain yang sedang mencoba membangun bisnisnya sendiri akan semakin semangat dalam meraih kesuksesannya. Tidak hanya itu, cerita inspiratif juga dapat meningkatkan branding produk karena pelanggan lebih mudah mengingat brand kamu.

12. Day in My Life

Tidak dapat dipungkiri jika kini banyak orang yang seringkali merasa penasaran dengan rutinitas orang lain. Hal inilah yang membuat banyak orang membuat konten day in my life untuk membagikan aktivitas kesehariannya. Nah, konten seperti ini juga bisa kamu aplikasikan sebagai pemilik atau karyawan suatu bisnis.

Baca Juga:   Apa itu Tiktok Shop? Inilah Cara Membuat Tiktok Shop!

13. Meet The Team

Melibatkan audiens agar lebih mengenal bisnis dan produk adalah salah satu langkah awal untuk meningkatkan citra bisnis. Maka dari itu, kamu tidak perlu ragu untuk membuat konten meet the team dengan mengenalkan divisi apa saja yang terlibat dalam proses produksi.

Selain itu, konten seperti ini juga menjadi bukti apresiasi perusahaan kepada karyawan. Dengan begitu, reputasi bisnis kamu akan lebih positif, baik dari sisi karyawan maupun dari sisi dari audiens.

14. Testimonial

Ide konten TikTok bisnis berupa video testimonial memang sering dilakukan oleh para pemilik bisnis. Hal ini bertujuan agar calon pelanggan memiliki kepercayaan terhadap brand kamu sehingga tidak ragu untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan. Jadi, jangan lupa mengumpulkan testimoni pelanggan, ya.

15. Announcement dan Promotional

TikTok memiliki fitur yang bisa membantumu dalam memberikan announcement tersebut dengan tampilan yang sederhana, namun tetap menarik. Kamu bisa melakukan perubahan alamat website, update produk terbaru, hingga membuat postingan baru pada akun TikTok bisnis kamu.

Ide konten TikTok bisnis yang tidak kalah penting adalah promosi. TikTok bisa menjadi media promosi yang cocok untuk bisnis kamu karena bisa langsung menyasar target pasar. Selain itu, calon pelanggan juga dapat lebih mudah mengenal produk yang sedang kamu promosikan.

Nah, itulah 15 ide konten TikTok bisnis yang bisa kamu terapkan. Menurut kamu sendiri, kira-kira mana ide konten yang palin efektif dan relevan untuk dilakukan sekarang ini?


Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, marketing influencer, hingga social media influencer tentunya hanya di influencer101.id.

Baca juga: 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password