Ide Konten Tahun Baru untuk Dicoba, Bisa Dongkrak Engagement!

 Pergantian tahun baru tinggal menghitung hari. Tentunya, ini adalah kesempatan besar untuk mendongkrak engagement. Karena itu, kamu pasti membutuhkan ide konten tahun baru yang bisa kamu terapkan dalam bisnis. Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan ini begitu saja. 

Karena, semua bisnis akan berlomba-lomba untuk mendapatkan perhatian masyarakat. Jika kamu tidak ikut bersaing, engagement bisnis pada media sosial milikmu bisa mengalami penurunan yang signifikan. Yuk, pelajari beberapa ide berikut ini dan terapkan metode yang paling sesuai dengan bisnis milikmu!


Daftar Isi

10 Ide Konten Tahun Baru

Ada banyak cara mendapatkan perhatian masyarakat melalui konten digital. Karena itu, kamu harus kreatif akan dengan apa yang kamu buat mencolok dan menarik. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Hitung Mundur

Ide konten tahun baru pertama adalah hitung mundur. Meski ini adalah unggahan yang terbilang konservatif, kamu masih tetap dapat menggunakannya. Hanya saja, kamu perlu menambahkan ide kreatif agar lebih spesial.

Misalnya, kamu tidak hanya menampilkan angka hitung mundur pada konten. Isilah unggahan dengan informasi yang bermanfaat bagi target pasar pada setiap hitungan mundur.

Contohnya, pada hitungan mundur pertama kamu mengingatkan tentang rencana liburan pergantian tahun. Pada hitungan kedua, kamu bisa membuat konten mengenai pengingat untuk membeli tiket transportasi atau penginapan.

2. Meme tentang Resolusi

Ide konten berikutnya sebenarnya serupa dengan ide sebelumnya, yaitu merupakan konten wajib tahunan berupa resolusi. Resolusi adalah topik yang akan selalu muncul pada akhir dan awal tahun baru.

Lantas, bagaimana menyiasatinya agar topik ini tetap terasa segar? Kamu dapat membuatnya menjadi meme. Meme adalah gambar yang memparodikan sesuatu. Belakangan ini masyarakat menyukai metode penyampaian pesan yang ringan tetapi mengena seperti ini. 

Oleh karena itu, kamu dapat menerapkannya. Sebaiknya, kamu mencari meme yang sedang viral beberapa waktu belakangan. Kemudian, kamu dapat melakukan  modifikasi sesuai dengan topik tahun baru dan jenis bisnis atau tujuan media sosial yang kamu jalankan.

3. Before VS After

Ide konten tahun baru selanjutnya adalah Before VS After. Pada konten semacam ini kamu dapat langsung mengaitkannya dengan bisnis yang kamu jalankan. Tentu saja, dengan menyematkan perhitungan waktu berupa pergantian tahun.

Misalnya, bisnis yang kamu kelola adalah produksi dan penjualan minuman sehat. Maka kamu dapat menonjolkan tanda-tanda manfaat dari produk berdasarkan testimoni konsumen. Misalnya, seperti apa kondisi before pada tahun 2022, lalu kondisi after yang menjadi target untuk 2023.

Kamu dapat menunjukkan perbedaan yang signifikan untuk semakin menarik minat para konsumen. Sehingga, konten tahun baru dapat sekaligus menjadi metode marketing yang manjur.

4. Selenggarakan Kontes

Selanjutnya, menyelenggarakan kontes juga bisa ide konten awal tahun yang menarik dan layak kamu coba. Pada konten semacam ini, kamu dapat mengaitkan topik tahun baru dengan bisnis.

Sebagai contoh, bisnis yang kamu jalankan di media sosial adalah produksi dan penjualan pakaian anak. Maka, kamu dapat membuat kontes foto anak dengan tema “Tahun Baru, Baju Baru”. Jangan lupa juga untuk menyiapkan hadiah yang menarik bagi pada pemenang kontes agar semakin banyak orang tertarik mengikutinya.

5. Peluncuran Produk Baru dan Giveaway

Tahun baru juga rasanya waktu yang tepat untuk meluncurkan produk baru. Keuntungannya, target pasar akan lebih mudah mengingat bahwa ada produk baru pada kesempatan yang spesial ini.

Kamu dapat menerapkan ide konten tahun baru ini dengan cara membagikan kado tahun baru bagi para pelanggan setia melalui giveaway. Minta para pengikut media sosial untuk membagikan unggahanpromosi sebagai syaratnya.

Melalui cara semacam ini, kamu tidak sekedar membuat konten yang menarik. Namun, juga sekaligus menjadi strategi marketing yang baik untuk melibatkan para pengikut atau audiens.

6. Ajukan Pertanyaan

Momen tahun baru juga dikenal sebagai momen untuk introspeksi dan memperbaiki diri. Jadi, ada baiknya juga untuk mengajukan pertanyaan kepada para pengikut media sosial tentang produk atau layanan.

Misalnya, meminta masukkan atau tanyakan tentang produk favorit mereka dan apa alasannya mereka menyukai produk tersebut. Jika kamu menanyakan hal semacam ini pada story Instagram, kamu dapat membuat konten khusus dari jawaban pada audiens nantinya.

Jadi, pada malam pergantian tahun baru, kamu dapat memuat konten dengan tema new year commitment atau product of the year. Menarik, bukan?

7. Tips Liburan

Tips tentang liburan adalah ide konten tahun baru yang tidak akan pernah terlewatkan begitu saja. Kali ini kamu dapat membuatnya lebih spesifik. Misalnya, tips menata koper agar semua barang dapat masuk dengan rapi dan mudah ditemukan. 

Ide lain adalah tips mendapatkan souvenir oleh-oleh dengan harga yang terjangkau. Dinamisnya kehidupan masyarakat membuat unggahan semacam ini akan selalu baru. Karena, akan selalu ada trend yang berbeda tiap tahunnya.

8. Laporan Bisnis

Pernah membayangkan mengunggah laporan bisnis di media sosial? Tahun baru adalah kesempatan terbaik untuk melakukannya. Meskipun demikian, laporan bisnis yang dimaksud bukan tabel-tabel keuangan maupun perhitungan pencapaian.

Kamu perlu membuat laporan bisnis yang menarik secara visual. Misalnya, kamu bisa menampilkan produk terlaris selama tahun 2022. Buat konten tentang gambar produk dan angka jumlah penjualan sepanjang tahun.

Selain itu, kamu juga dapat membuatnya lebih spesifik. Misalnya, kota-kota tertentu yang menjadi juara dalam hal konsumsi produk milik bisnis kamu.

9. Live Event

Ide konten tahun baru berikutnya adalah menyelenggarakan live event. Dalam hal ini kamu dapat bekerjasama dengan influencer tertentu. Ide lain adalah melibatkan brand ambassador.

Misalnya, kamu dapat mengadakan acara bincang-bincang dengan giveaway. Selain itu, acara live diskon besar-besaran akhir tahun juga pasti sangat menarik. Bagaimana, apakah kamu akan mempertimbangkan acara semacam ini?

10. Review Setahun Terakhir

Ide yang terakhir adalah review bisnis dalam setahun terakhir. Konten semacam ini adalah konten baik dan tidak hanya akan mendongkrak engagement sesaat. Namun, juga dapat meningkatkan keterikatan emosi konsumen.

Bentuk review bisa menampilkan produk apa saja yang telah meluncur selama setahun terakhir. Lalu, apa saja momen penting yang sudah terjadi dalam setahun terakhir. Ini akan membuat para pelanggan mengingat dan mengenang kembali. Inspirasi satu ini pasti bisa mendongkrak engagement di kesempatan spesial.


Ide Konten Tahun Baru Mana yang Ingin Kamu Terapkan?

Kamu memang dapat menerapkan berbagai macam ide kreatif dalam membuat konten tahun baru. Namun, kamu juga perlu mengingat bahwa tidak semua ide mungkin sesuai dengan bidang bisnis yang kamu jalankan. Misalnya, konten giveaway untuk bisnis jasa dan produk pasti berbeda.

Oleh karena itu, menyesuaikan ide dengan bidang bisnis juga sangat penting kamu lakukan. Karena, dengan penyesuaian kamu dapat mencapai beberapa langkah sekaligus. Seperti tercapainya target pembuatan konten, meningkatkan engagement, serta menjalankan strategi marketing. Selamat mencoba!

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password