10 Ide Konten Otomotif Menarik untuk Influencer Pemula Coba

ide konten otomotif

Saat ini, semakin banyak ide konten otomotif yang bermunculan.

Hal tersebut dapat bermanfaat untuk orang-orang, karena terhibur, bahkan teredukasi, dan bermanfaat untuk usaha sendiri, jika kamu memiliki dealer atau bengkel. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui apa saja ide konten untuk kamu yang ingin jadi influencer.

10 Rekomendasi Ide Konten Otomotif yang Bisa Kamu Coba

Berikut ini ada 10 ide konten otomotif untuk mewarnai channel Youtube atau media sosial kamu:

1. Vlog Touring

Selain senang memodifikasi kendaraannya, anak otomotif menikmati sekali ketika touring. Inilah sebabnya mengapa penggemar otomotif juga cukup tertarik dengan konten touring.

Jika ide konten otomotif ini hendak kamu lakukan, kamu bisa membuat video perjalanan yang menarik dan khas. Misalnya, menjelajahi lokasi yang kurang dikenal atau menawarkan saran tentang navigasi jalan yang berbeda saat bepergian.

Pilih media dokumentasi yang baik, seperti kamera yang dapat merekam video HD 4K, untuk hasil vlog yang lebih stabil. Selain itu, jika kontennya bagus, kamu mungkin dapat menarik pelanggan setia yang akan rela menunggu untuk konten vlog touring terbaru.

2. Mengulas Perlengkapan Motor

Orang yang mengendarai sepeda motor selalu ingin tampil gaya saat mengendarai motor kesayangannya. Mereka terus-menerus mencari informasi terbaru tentang berbagai peralatan yang dapat meningkatkan perjalanan mereka karena hal tersebut.

Jika ide konten otomotif ini kamu terapkan, potensi jumlah penayangannya cukup besar dan bahkan tidak menutup kemungkinan untuk mendatangkan lebih banyak subscriber.

Selain review motor baru, kelebihan dan kekurangannya, kamu bisa mengulas beberapa perlengkapan motor yang jarang dibahas, tapi mungkin banyak dicari. Misalnya, manfaat knalpot untuk sepeda motor dengan modifikasi, lampu LED, dan pakaian seperti helm, jaket, dan sarung tangan.

3. Konten Otomotif Seputar Mobil

Di sektor otomotif, berbicara tentang mobil hampir menjadi hal yang wajib. Topik kendaraan sendiri menuai banyak perdebatan, mulai dari membahas mobil balap dan modifikasi hingga membahas review berbagai jenis mobil, produk suku cadang, kursus mengemudi, dan mesinnya.

Kamu dapat memulai ide konten otomotif ini dengan artikel yang mencakup latar belakang, deskripsi, dan spesifikasi. Lalu, unggah di web atau media sosial, agar setiap konten bisa terlihat secara utuh di setiap platform oleh orang-orang. Untuk semakin menarik, kamu juga dapat membuatnya dengan format video dan upload  di Youtube.

4. Konten Ulasan Tentang Mesin Otomotif

Otomotif dan fungsi mesin adalah satu kesatuan yang terkait satu sama lain. Industri otomotif juga termasuk mesin itu sendiri, seperti mesin pesawat dan mesin kapal. Jika kamu memahami dasar-dasar teknik mesin, agak mudah untuk membahas mesin sebagai ide konten otomotif, karena cara kerja semua mesin otomotif hampir sama.

Ide untuk konten ini cukup meyakinkan, terutama jika kamu sudah familiar dengan dasar-dasar mesin. Untuk kontennya, kamu dapat menggunakan berbagai aplikasi, seperti AutoCAD atau software 3D.

5. Karyawan Otomotif yang Sedang Melakukan Pekerjaanya

Setiap orang memiliki cerita, baik itu dalam penjualan, servis, suku cadang, bahkan departemen akuntansi dan detailer atau porter. Jika kamu adalah seorang karyawan, kamu dapat melakukan dokumentasi ketika kamu sedang memperbaiki atau melakukan pekerjaan otomotif.

Ide konten otomotif ini juga dapat kamu lakukan, jika kamu memiliki bengkel. Kamu dapat melakukan perbaikan dan menjelaskan hal terkait perbaikan kendaraan untuk orang-orang. Hal tersebut juga dapat meyakinkan pelanggan, bahwa kamu atau karyawan adalah orang yang profesional.

6. Saran untuk Membeli Mobil

Pelanggan ingin pertanyaan mereka dijawab, apakah itu dalam posting tertulis (ditulis oleh kamu atau orang lain) atau video. Hal ini akan memupuk hubungan dan membangun kredibilitas, yang dapat menumbuhkan kepercayaan diri.

Mulailah dengan FAQ pelanggan dan buat ide konten otomotif kamu. Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan yang menarik perhatian pelanggan:

  • Pertanyaan untuk ditanyakan saat membeli mobil
  • Kapan waktu terbaik untuk membeli mobil?
  • Anjuran dan larangan memperdagangkan mobil kamu
  • Cara membeli mobil dengan uang yang pas-pasan
  • Membayar cicilan vs melunasi mobil, mana yang lebih baik?
  • Haruskah saya menukar mobil saya atau menjualnya secara pribadi?
  • Ciri-ciri inti dari dealer yang dapat dipercaya

Di atas adalah contoh dari pembahasan tentang pembelian mobil yang bisa kamu jadikan ide konten di website dan platform media sosial kamu.

7. Behind The Scene

Ide konten otomotif ini mungkin dapat kamu lakukan, jika kamu adalah seorang pemilik dealer.  Dengan menampilkan konten behind the scene dealer kamu, maka akan membantu mengurangi beberapa kecemasan orang-orang terkait dengan pembelian mobil dari dealer.

Kamu dapat melakukan konten lain, seperti memperlihatkan pelayanan kepada para pelanggan yang datang ke dealer kamu. Berikan mereka ruang untuk bercerita tentang latar belakang mereka pergi ke dealer saat hendak membeli kendaraan di sana. 

Namun, jangan lupa untuk meminta izin untuk aktivitas mereka direkam di dalam kamera.

8. Tanya Jawab Seputar Otomotif

Kamu dapat menggunakan fitur live di YouTube atau media sosial untuk membuat konten otomotif tanya jawab. Tanya jawab yang dapat kamu lakukan, tentu seputar otomotif, seperti memilih suku cadang sepeda motor yang berkualitas.

Selain itu, ada ide lain yang dapat kamu lakukan pada pembuatan konten otomotif ini. Misalnya, kamu dapat membuka pertanyaan di bagian komentar dan kemudian menjawabnya di video berikutnya.

Pecinta otomotif biasanya tertarik dengan barang-barang yang berkaitan dengan suku cadang sepeda motor, seperti suku cadang modifikasi warna, velg racing, dan knalpot racing.

9. How-To Video atau Tutorial

Tutorial sangat populer di YouTube, karena banyak yang mencari dan sering di-share oleh pengguna. Oleh karena itu, mengapa tidak membuat video tutorial kamu sendiri sebagai ide konten otomotif?

Berikut adalah beberapa ide yang dapat kamu lakukan dalam video tutorial:

  • Cara mengganti ban.
  • Cara mengetahui kapan saatnya mengganti oli mesin.
  • Bagaimana mempersiapkan mobil ketika akan bepergian jauh?
  • Cara mengganti wiper kaca depan.

10. Kegiatan Komunitas Otomotif

Melakukan kegiatan bersama komunitas motor selain touring adalah konten lain yang selalu ditunggu automotive lovers. Misalnya, bagaimana mengisi akhir pekan dengan komunitas sepeda motor, yang bisa diterapkan untuk kegiatan sosial dan bukan sekadar jalan-jalan.

Peristiwa semacam itu secara tak terduga menarik perhatian dan memotivasi komunitas biker lainnya untuk terlibat dalam berbagai kegiatan-kegiatan yang positif.

Ide Konten Otomotif Mana yang Akan Kamu Coba?

Itulah 10 ide konten otomotif yang dapat menjadi referensi kamu dalam membuat konten di Youtube atau media sosial lainnya.

Pada dasarnya, konten tersebut hanya sebuah gambaran, karena keunikan hanya ada pada bagaimana kamu menjalankan konten tersebut.

Namun, faktor yang paling penting adalah kamu sudah memiliki pemahaman dasar tentang otomotif dan bukan tidak mungkin untuk mempelajarinya sendiri.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, marketing influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password