8 Ide Konten Kuliner Instagram Untuk Bisnis: Kamu Wajib Tahu!

ide konten kuliner instagram

Media sosial merupakan platform yang bermanfaat bagi banyak sektor kehidupan. Seperti untuk melakukan promosi bisnis, terutama bisnis kuliner. Namun belum banyak pebisnis yang tahu cara mengoptimalkan media sosial untuk promosi. Nah, kamu harus tahu ide konten kuliner instagram untuk menaikkan engagement.

Engagement yang tinggi akan bermanfaat untuk menambah pengikut di instagram. Selain itu, konten juga dapat membantu mencari calon pelanggan baru. Maka dari itu, kamu harus mengoptimalkan ide-ide apa saja yang harus kamu unggah di media sosial Instagram.


8 Ide Konten Kuliner Instagram

Berikut adalah contoh dan rekomendasi ide konten kuliner instagram untuk menaikkan engagement. Simak ide-idenya berikut ini!

1. Memajang Ide Konten Signature Dish

Signature dish merupakan makanan atau minuman yang menunjukkan ciri khas seorang chef maupun sebuah brand. Dalam berbisnis, kamu akan memerlukan signature dish, terutama untuk mempromosikan produk. Namun yang menjadi masalah adalah tidak banyak orang tahu cara mengambil foto yang bagus.

Ketika kamu ingin mencari perhatian calon pelanggan agar tertarik dengan produk yang kamu jual, maka kamu harus menyajikan foto terbaik. Apabila kamu tidak tahu caranya, kamu dapat menggunakan jasa foto branding khusus untuk signature dish. Menggunakan jasa mereka mungkin memang tidak murah, namun worthy

Sebelum waktu pengambilan foto dimulai, pastikan kamu telah membuat hidangan terbaik. Terutama dari visualnya, sebab hal pertama yang ide konten kuliner instagram pertama kali sajikan adalah visualisasi. 

Oleh karena itu, masak hidangan terbaikmu dan pastikan foto yang kamu ambil dapat menggugah hati calon pelanggan.  

2. Memperbarui Menu dan Menjadikannya Konten 

Ide konten kuliner instagram ada banyak macamnya, namun tidak semua pengguna media sosial satu ini melakukan pembaharuan. Biasanya mereka menyepelekan menu baru dan tidak mengunggahnya ke instagram. Padahal mengunggah menu baru dapat menarik perhatian pelanggan. Terutama pelanggan yang loyal. 

Baca Juga:   Apa itu Instagram Influencer dan Manfaatnya untuk Bisnis?

Inovasi dalam dunia kuliner tidak pernah berhenti. Semakin bertambahnya tahun, akan semakin banyak ide-ide untuk kuliner. Entah tambahan topping, entah varian rasa baru, dll. Ketika kamu melakukan inovasi kuliner pada menu yang kamu jual, lakukan juga inovasi pada pembaharuan ide konten kuliner instagram milikmu. 

Pastikan untuk mengambil signature dish dari menu terbaru dan jadikan foto tersebut sebagai konten. Tidak perlu takut untuk memenuhi feed, justru semakin banyak feed maka semakin pasti pula pelanggan tahu bahwa akun milikmu nyata. Sebab apabila tidak ada pembaharuan, maka bisa disimpulkan bahwa toko tutup.   

3. Mengunggah Meme atau Konten Komedi di Instagram 

Ide konten kuliner instagram tidak harus berarti kamu hanya boleh mengunggah konten yang berisi kuliner saja. Namun ada baiknya apabila kamu melakukan inovasi lain seperti mengunggah meme atau konten komedi di akun milikmu.

Tidak perlu berpikir keras sebab konten komedi atau meme baru selalu ada setiap hari. Biasanya konten tersebut muncul dari kejadian sehari-hari maupun dari film dan series yang tayang. Kamu dapat memanfaatkan meme tersebut untuk menarik perhatian pelanggan. 

Cukup ubah beberapa kata dan sambungkan kalimatnya dengan produk yang kamu jual. Bisa juga kamu menyambungkan meme yang ada dengan brand milikmu. Tidak perlu mencari kata-kata yang lain sebab meme biasanya sudah berisi kalimat atau kata yang mencerminkan konten itu sendiri. 

4. Mengadakan Giveaway Untuk Pengikut Setia

Konten selanjutnya yang tidak boleh luput dari media sosial untuk bisnis kuliner adalah giveaway, terutama untuk pengikut dan pelanggan setia. Sebagai pebisnis, kamu pasti menginginkan pelanggan untuk tetap membeli produk yang kamu jual dan menjadi pelanggan yang loyal. 

Untuk mendapat pelanggan loyal, kamu dapat mencoba ide konten kuliner instagram dengan cara mengadakan giveaway. Event ini bisa kamu laksanakan di hari-hari tertentu. Seperti ketika ada event tanggal kembar, event hari besar, hingga event ulang tahun brand milikmu sendiri.

Melakukan giveaway dapat membuat pelanggan tertarik dan berakhir selalu memantau media sosial milikmu. Tidak perlu khawatir dengan jumlah ataupun hadiah yang kamu berikan. Sebab pelanggan setia dan loyal pasti akan terus mendukung dan membeli produk, asalkan pelayananmu sudah benar dan ramah. 

Baca Juga:   Bahaya Beli Followers di IG Bagi Engagement Follower Kamu!

5. Mengunggah Konten Untuk Paid Promote 

Paid promote merupakan sebuah kerjasama yang dapat kamu lakukan dengan orang-orang terkenal seperti influencer. Di media sosial Instagram, orang berpengaruh dikenal dengan nama selebgram atau selebriti dan instagram. 

Menggunakan jasa selebgram untuk melakukan paid promote bisa kamu jadikan referensi. Namun sebelumnya, pastikan untuk memeriksa apakah mereka bisa mempromosikan produk yang kamu jual. Perhatikan juga apakah testimoni mereka asli dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Melakukan riset akan sangat bermanfaat sebab tidak semua selebgram dapat melakukan paid promote dengan baik. Nyatanya, ide konten kuliner instagram harus berkaitan dengan kenyataan. Terutama dalam hal testimoni. 

Oleh karena itu, carilah selebgram yang worthy dan bertanggungjawab atas testimoni paid promote yang mereka lakukan. Perhatikan pula jumlah pengikut agar dapat menambah engagement dari akun instagram milikmu. 

6. Repost Foto Milik Pelanggan

Berbisnis adalah salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dengan cara melakukan keahlian dan menjual produk. Selain itu, ada satu hal yang tidak boleh luput. Ia adalah pelayanan yang ramah dan baik kepada calon pelanggan maupun pelanggan yang sudah pernah membeli produk yang kamu jual.

Sayangnya, tidak semua pebisnis menyadari pentingnya pelayanan ini. Dalam menambah engagement melalui media sosial instagram, ada satu ide konten kuliner instagram yang bisa selalu kamu lakukan. Ia adalah mengunggah ulang atau repost foto milik pelanggan.

Biasanya, setelah membeli produk, pelanggan akan mengunggah instagram story dan memberikan testimoninya di sana. Kamu dapat memanfaatkan konten mereka untuk kamu unggah ulang sekaligus memberikan apresiasi dan rasa terimakasih kepada pelanggan.

Semakin kamu memperhatikan pelanggan, semakin pelanggan akan merasa bahwa pelayanan yang kamu berikan ramah dan memuaskan. Sebab tidak semua brand melakukan hal ini, padahal mengunggah ulang story tidak membutuhkan waktu banyak. Jangan lupa untuk mengunggah ulang foto milik pelanggan, ya!

7. Membuat Konten Khusus Testimoni Produk 

Ide konten kuliner instagram yang ketujuh masih menunjukkan pelayanan kepada pelanggan. Ia adalah membuat konten khusus testimoni produk yang kamu jual. Instagram memiliki banyak fitur yang dapat kamu manfaatkan untuk membuat konten yang ini. 

Baca Juga:   8 Cara Kreatif Posting Carousel Instagram, Mana yang Ingin Kamu Coba?

Beberapa fitur tersebut termasuk reels dan feed. Apabila kamu ingin menggunakan reels, kumpulkan dahulu beberapa testimoni untuk dijadikan satu video. Video tersebut dapat berisi kumpulan testimoni para pelanggan, sehingga ia dapat menarik kepercayaan calon pelanggan untuk membeli produk milikmu.

Apabila kamu ingin menggunakan feed, maka desainlah postingan kumpulan testimoni pelanggan menjadi satu yang padu. Jangan lupa untuk membuat caption yang menunjukkan rasa terimakasih dan ajakan kepada calon pelanggan untuk membeli. Cara ini akan efektif untuk menarik pelanggan apabila dilakukan teratur.  

8. Mengunggah Konten Kuis Untuk Instagram

Pelayanan terakhir yang dapat membuat brand milikmu lebih dekat dengan para pengikut dan pelanggan adalah dengan membuat konten kuis. Biasanya, pengikut dan pelanggan akan memantau brand-brand favorit dalam jangka waktu yang sama. Mereka ingin tahu apakah ada produk baru atau giveaway yang dapat mereka ikuti.

Konten kuis dapat kamu bedakan menjadi tiga bagian, seperti QnA, polling, dan giveaway kuis tertentu. QnA berisi questions and answers dimana para pelanggan dapat bertanya tentang produk ataupun brand yang masih belum mereka mengerti. Nah, kamu dapat memberikan pelayanan ramah dengan menjawab pertanyaan itu. 

Ide konten kuliner instagram ini bisa membuat kamu dan pelanggan menjadi lebih dekat. Kamu juga bisa menggunakan video untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan. 

Konten kuis akan sangat ramai dan banyak yang menyukai sebab disinilah keramahan suatu brand dapat terlihat. Memberikan informasi terkait produk dan brand dengan cara yang unik bisa membuat pelanggan menetap dan selalu penasaran akan produk yang kamu jual.

Yuk, Optimalkan Ide Konten Kuliner Instagram Milikmu!

Menggunakan media sosial instagram sebagai tempat promosi akan sangat efektif apabila kamu menggunakan ide dan konten yang efektif pula. Jangan lupa untuk selalu memberikan pelayanan terbaik sehingga pelanggan akan tetap percaya dengan produk yang kamu jual. Yuk, optimalkan media sosial instagram bisnismu!


Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, marketing influencer, hingga social media influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password