Ide Konten Fashion Menarik untuk Online Shop di Instagram

ide konten fashion

Bagaimana cara menemukan ide konten fashion yang menarik untuk online shop di Instagram? Hal ini pastinya menjadi sebuah pertanyaan besar bagi para perintis bisnis online shop fashion.

Bisnis online shop fashion memanglah menggiurkan. Bisnis ini bisa dikatakan cukup simpel dan fleksibel, namun bisa memberikan keuntungan yang cukup besar. Selain itu, target customer untuk produk-produk fashion pun tidak akan pernah habis. Mengingat kebutuhan masyarakat akan sandang pun semakin tinggi.

Namun, jika kamu tidak memiliki strategi konten untuk online shop, pastinya kamu akan kesulitan juga dalam memasarkan produk fashion milikmu.

Penasaran seperti apa ide konten fashion yang menarik untuk online shop Instagram?

Simak ulasannya berikut ini!

Kebutuhan Fashion di Masyarakat

Bukan hanya sekedar kebutuhan pokok, fashion juga menjadi salah satu cara untuk membentuk impresi yang baik di mata orang lain. Tidak sedikit orang yang saling berlomba untuk bisa menjadi orang paling fashionable.

Selain itu, faktor sosial media juga sangat mempengaruhi pesatnya permintaan akan produk fashion. Semua orang berlomba-lomba untuk menampilkan dirinya dalam versi terbaik serta dengan pakaian yang bagus.

Ide Konten Fashion untuk Instagram

Agar online shop fashion kamu bisa laris manis, tentunya membutuhkan ide konten fashion yang menarik. Hal ini penting untuk menarik minat orang-orang agar orang membeli produk kamu. Bagaimana caranya? Simak ide konten untuk bisnis online shop fashion berikut ini:

Baca Juga:   Cara Menjadwalkan Postingan Instagram Anti Ribet. Yuk, Simak!

1. Konten Tutorial Mix n Match

Salah satu ide konten fashion terbaik untuk online shop Instagram adalah konten tutorial fashion. Jika ditelusuri, ada banyak sekali masalah yang sering dijumpai orang-orang ketika berhubungan dengan fashion.

Beberapa contoh masalah yang sering dijumpai seperti bagaimana mengakali pakaian yang kebesaran atau bagaimana cara memanfaatkan pakaian yang ada, namun tetap terlihat trendi.

Di sinilah kamu bisa membagikan konten tutorial yang bisa membantu customer. Kamu bisa buat konten seperti tutorial mengakali celana yang kebesaran atau tutorial menggunakan belt atau sabuk agar terlihat rapi dan trendi.

2. Konten Informasi Tentang Bahan Pakaian

Banyak orang mungkin hanya mengetahui beberapa jenis kain, seperti katun atau sutra. Karena kain ini banyak sekali digunakan sebagai bahan pakaian, khususnya pakaian yang sering digunakan oleh orang-orang di negara tropis seperti Indonesia.

Faktanya, ada banyak sekali jenis kain yang dipakai di seluruh dunia. Membuat konten informasi tentang bahan pakaian bisa menjadi ide konten fashion yang menarik dan out of the box.

Konten seperti ini akan membantu customer kamu yang membeli pakaian secara online. Sehingga, mereka dapat membayangkan jenis bahan kain dari pakaian yang akan mereka beli hanya dengan membaca deskripsi saja.

3. Konten Testimoni

Testimoni adalah konten yang sangat penting untuk dibuat bagi seorang pebisnis online shop. Melalui konten ini, kamu bisa membangun kepercayaan konsumen atas produk yang kamu jual.

Biasanya, beberapa online shop membuat konten testimoni di Instastory.  Namun, kamu juga bisa membuat konten testimoni dengan melakukan repost pada konten yang diunggah customer ketika menggunakan produk yang kamu jual. Jangan lupa minta izin terlebih dahulu sebelum melakukan repost dari akun Instagram.

4. Inspirasi Outfit

Ide konten fashion untuk online shop yang bisa kamu buat selanjutnya adalah inspirasi outfit. Kamu bisa buat konten seperti “inspirasi outfit untuk kondangan” atau konten lain yang serupa.  

Baca Juga:   5 Instagram Metrics untuk Mengukur Performa Akunmu

Konten-konten seperti ini bukan saja menarik, tetapi juga dapat membantu orang lain yang kebingungan ketika memilih outfit untuk berbagai acara.

Kamu juga bisa buat konten inspirasi outfit untuk berbagai bentuk tubuh. Misalnya, kamu bisa buat inspirasi outfit untuk tubuh berisi agar terlihat lebih ramping. Belakangan, konten seperti ini banyak disukai seiring dengan kampanye #BodyPositivity yang banyak digaungkan di seluruh dunia.

5. Bagikan Informasi Tentang Cara Membuat Produk

Kalau kamu punya online shop fashion yang kamu buat sendiri produknya, maka konten tentang bagaimana cara kamu membuat produk bisa jadi ide konten yang menarik. Beberapa customer memang tertarik untuk tahu bagaimana proses pembuatan produk, mulai dari bahan baku sampai siap pakai.

Beberapa produk fashion yang dibuat dengan tangan (handmade) seperti tas anyaman atau topi rajut, serta kerumitan pembuatan produk tersebut bisa membuat konsumen lebih menghargai produk buatanmu.

Kamu juga bisa membuat konten tentang bagaimana produk kamu dikemas serta dikirimkan dengan aman hingga ke tangan konsumen. Tunjukkan bahwa kamu melayani konsumen dengan setulus hati serta mengedepankan kualitas. 

Agar konsumen merasa diistimewakan dan terus melakukan pemesanan kembali (repeat order).

6. Bukat Konten Seru Seputar Tim Dibalik Bisnismu

Membagikan informasi tentang tim yang bekerja denganmu tentu bisa menarik kepercayaan konsumen. Apabila kamu punya bisnis yang sudah cukup besar dengan tim yang solid, tentu mereka akan mempercayakan kebutuhan fashion mereka pada bisnismu.

Buatlah konten yang sesuai dengan karakter serta target audiens. Jika kamu menargetkan customer milenial, maka konten seru-seruan di kantor mungkin bisa jadi pilihan. Kalau target pasarmu adalah wanita karir usia 25- 35 tahun, maka kamu bisa buat konten pengenalan karyawan yang lebih elegan.

Baca Juga:   Cara Mendapatkan Uang Dari Live TikTok dengan Mudah

7. Selipkan Komedi

Menambahkan komedi pada materi promosi bisa jadi ide konten fashion yang baik, supaya bisnis kamu tidak terlihat monoton ataupun membosankan. Terlebih jika kamu menargetkan konsumen asal Indonesia, konten-konten komedi seperti ini bisa kamu coba.

Tidak sedikit brand fashion maupun brand lainnya berhasil mendapatkan awareness dan penjualan yang tinggi karena membuat konten komedi. Namun, jangan lupa untuk menyesuaikan juga konten ini dengan target customer kamu.

8. Bagikan Fakta Menarik tentang Brand atau Produk Kamu

Ide konten fashion untuk online shop selanjutnya adalah konten terkait fakta menarik dari brand kamu. Misalnya, brand kamu pernah digunakan oleh artis terkenal untuk syuting film atau sinetron.

Ide konten fashion ini tidak hanya menarik dan mampu meningkatkan brand awareness, tetapi juga bisa membuat customer kamu lebih mengenal produk yang selama ini mereka gunakan. Mulai dari membagikan fakta menarik ini, kamu bisa membangun koneksi yang baik antara produk kamu dengan customer.

9. Sertakan Konten Giveaway

Konten giveaway memang tidak pernah gagal untuk menarik konsumen serta memperoleh brand awareness. Meskipun dalam konten ini kita akan membutuhkan budget yang cukup besar, namun hasilnya cukup signifikan.

Oleh karena itu, konten seperti ini lebih cocok digunakan untuk kamu yang masih baru merintis bisnis dan membutuhkan brand awareness yang cukup besar.

Siap Membuat Konten Fashion Sendiri?

Itulah beberapa ide konten fashion Instagram yang bisa kamu buat sendiri dengan mudah. Konten-konten tersebut tidak hanya cocok untuk kamu yang sudah punya bisnis besar, tetapi juga kamu yang baru merintis bisnis online shop fashion sendiri.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, Instagram influencer dan sebagainya hanya di influencer101

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password