6 Ide Bisnis Influencer Indonesia yang Patut Kamu Coba

ide bisnis influencer indonesia

Influencer merupakan orang-orang yang memiliki cukup banyak pengikut dan memiliki pengaruh besar terhadap para pengikutnya. Maka, bukan hal yang mustahil untuk mencoba beberapa ide bisnis sebagai influencer di Indonesia dengan memanfaatkan followers yang kamu miliki.

Beberapa contoh influencer di Indonesia, seperti Blogger, Selebgram, dan juga Youtuber. Biasanya, followers cenderung mengamati dan mengikuti gaya hidup orang yang mereka follow akun media sosialnya. Oleh sebab itu, kamu bisa memasarkan bisnis milikmu secara lebih mudah dengan target pasar yang potensial.

Daftar Ide Bisnis Influencer Indonesia

Berikut ini ada beberapa ide bisnis yang cocok untuk para influencer di Indonesia:

1. Produk Kecantikan

Bagi kamu yang berprofesi sebagai beauty blogger atau beauty vlogger, sangat cocok untuk mencoba berbisnis produk kecantikan. Karena, para pengikut kamu pasti cenderung ingin tau produk makeup atau skincare yang kamu gunakan saat membuat konten.

Ini menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Kamu bisa memasarkan produk kecantikan milik kamu sendiri atau bekerjasama dengan perusahaan produk kecantikan.

Sebagai seorang influencer, kamu sangat diuntungkan dari segi marketing. Karena memiliki banyak followers yang senantiasa memantau akun media sosial kamu setiap harinya. 

Jadi, kamu cukup memposting produk kecantikan di halaman website, akun media sosial, atau channel Youtube milikmu. Tanpa harus mengeluarkan biaya iklan yang besar. Beberapa produk kecantikan yang bisa kamu jual seperti lipstick, bedak, masker, scrub, serum, lulur, eye shadow, dan masih banyak lagi.

2. Pakaian

Model pakaian para influencer umumnya menjadi trendsetter bagi para followersnya. Mereka cenderung mengikuti gaya berpakaian kamu dan selalu tertarik dengan apa yang kamu kenakan.

Baca Juga:   Strategi Digital Marketing Yang Perlu Kamu Coba Saat Ini

Terutama jika pakaian tersebut sesuai dengan selera fashion mereka. Fakta ini bisa kamu manfaatkan sebagai ide bisnis untuk kamu yang berprofesi sebagai influencer Indonesia.

Kamu bisa memproduksi brand pakaian milik kamu sendiri. Mulai dari baju, celana, jaket, gamis, kemeja, rok, pakaian dalam, atau kaos kaki. Pastikan produk pakaian yang kamu jual sesuai dengan karakter followers kamu. Supaya peluang mendapatkan angka penjualan yang tinggi lebih mudah kamu capai.

3. Hijab

Masyarakat Indonesia sebagian besar menganut agama Islam. Sehingga, lebih banyak orang yang menggunakan hijab untuk kebutuhan berpakaian sehari-hari. Jika kamu seorang influencer yang juga memakai hijab, tidak ada salahnya untuk membuka bisnis hijab. 

Terutama bagi kamu yang juga mempunyai banyak pengikut perempuan muslim, suka membuat konten tentang agama, atau fashion muslim. Tentunya sangat cocok untuk menjalankan bisnis yang satu ini.

Selain itu, hijab saat ini juga sangat bervariasi jenis dan bentuknya. Bahkan, kamu juga bisa membuat model hijab sendiri yang berbeda dari model-model hijab sebelumnya.

Baca Juga: Tips Sukses Menjalankan Influencer Marketing untuk Bisnis

Jenis-jenis hijab yang ada di pasaran saat ini mulai dari hijab instan, khimar, ciput, hijab segi empat, dan pashmina. Kamu bisa memulai bisnis hijab dari jenis hijab yang sering kamu kenakan ketika membuat konten. Karena biasanya akan lebih melekat dan menjadi ciri khas kamu. Para followers pun menjadi lebih mudah untuk mengingat brand hijab milikmu.

4. Makanan dan Minuman

Ide bisnis makanan dan minuman tidak pernah ada matinya, bahkan selalu bermunculan kreasi olahan terbaru. Para influencer Indonesia juga banyak yang telah mencoba ide bisnis ini dan meraih kesuksesan.

Bisnis makanan atau minuman memiliki target pasar yang sangat luas, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Kamu tidak perlu khawatir akan kekurangan pembeli. Ide bisnis ini juga sangat cocok bagi kamu yang suka membuat konten tentang makanan atau berwisata kuliner.

Baca Juga:   Kapan Waktu Terbaik Post di Facebook Agar Konten Ramai?

Biasanya orang-orang cenderung selalu penasaran dengan varian makanan atau minuman terbaru. Oleh karena itu, kamu harus menemukan sesuatu yang baru dan berbeda jika ingin membuka bisnis kuliner.

Supaya rasa penasaran followers kamu memiliki tingkatan yang sangat tinggi dan tidak ragu untuk segera memesan. Kamu juga bisa menjual jenis makanan atau minuman yang sedang populer atau favorit banyak orang.

Beberapa ide bisnis makanan atau minuman yang bisa kamu coba, seperti kopi, gorengan, dimsum, aneka olahan pisang, dan lain-lain. Beri kemasan yang menarik agar menjadi nilai tambah untuk para pelanggan kamu.

5. Properti

Memiliki properti berbentuk rumah, tanah, atau apartment merupakan impian sebagian besar orang Indonesia. Namun, cukup sulit menjalankan bisnis ini jika kamu tidak memiliki pengalaman, tidak dikenal banyak orang, atau belum memahami cara memasarkannya.

Sebagai seorang influencer yang mempunyai banyak followers, kepercayaan para pengikut kamu menjadi modal awal untuk memulai bisnis properti. Kamu bisa menjadi perantara jual beli, developer, atau menyewakan properti milikmu.

Menjadi perantara jual beli properti sangat cocok bagi seorang influencer, kamu tidak perlu bersusah payah untuk mencari pembeli. Cukup membuat konten tentang properti yang sedang kamu tawarkan pada akun media sosial milikmu.

Berikutnya para pengikut kamu pasti akan menjalankan promosi mulut ke mulut kepada orang-orang terdekat mereka yang sedang membutuhkan properti. Modal yang kamu keluarkan tidak begitu banyak. Selain itu, lebih hemat waktu dan juga tenaga.

Namun, kamu perlu menguasai tentang detail properti yang sedang kamu tawarkan. Agar saat bertransaksi dengan calon pembeli, kamu bisa membuat mereka semakin yakin untuk membelinya.

6. Online Media

Ide bisnis yang cocok untuk influencer Indonesia yang terakhir adalah bisnis online media. Bisnis yang satu ini pastinya sangat cocok untuk semua influencer yang memang berkecimpung di media digital.

Baca Juga:   Customer Journey: Pengertian, Manfaat, dan Tahapannya

Beberapa bisnis online media yang bisa kamu coba, seperti iklan display, pembuatan konten, dan konten premium. Influencer memang sangat berkaitan erat dengan iklan. Oleh karena itu, banyak perusahaan atau pebisnis yang menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk bisnis mereka.

Iklan display berupa banner berukuran tertentu yang umumnya dipasang pada tampilan halaman website. Kamu bisa menawarkan jasa pemasangan iklan di halaman blog milikmu kepada pemilik bisnis untuk mempromosikan produk mereka.

Selain itu, kamu juga bisa menjalankan bisnis pembuatan konten iklan yang nantinya tayang pada akun media sosial atau channel Youtube kamu. Bisnis yang satu ini pastinya bukan hal baru bagi para influencer.

Sedangkan konten premium maksudnya adalah sebuah konten yang hanya bisa ditonton oleh followers kamu yang bersedia mengeluarkan sejumlah uang. Umumnya bisnis ini untuk channel Youtube. Jadi, video hanya bisa diputar ketika mereka telah melakukan konfirmasi pembayaran.

Apakah Kamu Tertarik Mencoba Ide Bisnis Influencer Indonesia

Nah, itulah 6 ide bisnis yang cocok bagi kamu yang berprofesi sebagai influencer di Indonesia. Semoga bisa membantu kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan modal awal jumlah followers yang banyak. 

Jangan lupa untuk selalu menjaga image kamu, supaya bisnis kamu bisa bertahan lama dan berkembang pesat! Karena, image seorang influencer sangat berpengaruh terhadap bisnisnya.

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, berita influencer, hingga influencer marketing tentunya hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password