Hashtag Adalah Strategi Terbaik Meningkatkan Branding, Berikut Tipsnya!

Hashtag adalah

Kamu mungkin telah familiar dengan hashtag atau tagar yang sering muncul dalam media sosial manapun, seperti twitter, facebook dan instagram. Penggunaannya yang kerap netizen terapkan juga semakin membuat simbol tagar ini semakin menjadi tren. Namun, tahukah kamu bahwa hashtag adalah salah satu strategi bisnis yang juga dapat menarik banyak manfaat?

Kehadiran tagar memang bukan tanpa alasan, simbol ini memiliki sejumlah keuntungan lebih dari sekedar mengumpulkan tagar yang serupa. Sebelum mengenal cara kerja sebuah tagar dalam instagram, melalui artikel ini akan mengulas lebih dalam tentang apa itu hashtag.


Apa Itu Hashtag?

Hashtag adalah keyword yang penulisannya menggunakan tanda tagar atau pagar (#) yang ada di keyboard. Sebuah kata kunci yang tertulis dengan hashtag cenderung tanpa spasi supaya dapat terkait dalam tagar yang sama.

Singkatnya penulisan tagar  ini sama seperti saat kamu menuliskan alamat link yang tidak menggunakan spasi, sebab ketika ada jeda spasi kata tersebut tidak dapat menjadi hyperlink. Menuliskan sebuah tagar juga dapat merupakan kombinasi huruf, angka, dan simbol.

Juga tidak ada aturan khusus untuk penulisan huruf besar atau kecilnya, sebab besar kecilnya huruf dalam rangkaian hastag tidak begitu mempengaruhi pengelompokan kata yang terkait. Pada beberapa platform media sosial kata yang menggunakan simbol pagar ini akan berwarna biru layaknya sebuah hyperlink.


Cara Kerja Hashtag

Penggunaan dan penulisan kurang lebih sama pada semua platform media sosial, dan juga laman lain seperti pada platform berbasis website. Hanya saja, yang membedakan adalah fitur dan cara kerja dalam media sosial tersebut.

Secara umum cara kerja tagar ini mirip-mirip misalnya, sebuah postingan dalam laman website dengan hashtag #GoGreen maka akan terkait dengan semua post yang menuliskan tagar tersebut. 

Inilah yang disebut pengelompokan kata, sehingga user atau pengguna dapat dengan mudah melihat postingan mana saja yang menggunakan tagar  tersebut.

1. Cara Kerja Hashtag di Twitter

Hashtag pada Twitter adalah sekumpulan percakapan dengan tagar yang terkelompok sesuai tagar tersebut. Apabila kamu adalah pengguna Twitter, mungkin sudah familiar dengan penggunaan tagar pada media berlogo burung biru ini.

Setiap pengguna dapat membuat tweet berupa percakapan atau media seperti gambar dan video, dengan menyisipkan tagar  sesuai konten. Jika kamu mengklik tagar dalam tweet tersebut, kamu akan melihat sejumlah kelompok tweet dengan  tagar  serupa.

Kamu dapat melihat tweet seluruh pengguna meskipun tidak terhubung dengan mereka di dalam kontak Twitter. Selain itu ada cara untuk melihat tagar tertentu dengan mengetikkannya di kolom pencarian Twitter dengan menuliskan tagarnya juga.

Dalam kolom pencarian Twitter, pengguna juga dapat melihat apa saja konten yang sedang trending dengan sistem tagar. Dalam tab trending akan muncul sejumlah hashtag teratas yang sedang trending, misalnya #HUTRI.

Kolom trending ini juga dapat kamu atur berdasarkan wilayahnya, misal Indonesia. Maka artinya pada hashtag tersebut adalah yang paling banyak di tuliskan dalam tweet di wilayah Indonesia. Lantas apa yang membedakan tagar dalam Twitter dengan media sosial lain?

  • Pengelompokan Tagar pada Twitter

Pada Twitter, sebuah pengelompokan hashtag ini masih dapat terbagi menjadi kelompok yang lebih kecil lagi yakni dengan pengelompokkan berdasarkan pengguna, waktu,  trending serta media.

Baca Juga:   Manfaat Menjadi Influencer Yang Perlu Kamu Ketahui

Top, merupakan pengelompokkan tagar Twitter yang sedang trending. Maka tidak heran apabila tagar yang berada di kolom Top ini biasanya memiliki jumlah likes, comment dan retweet yang banyak.

Latest, hashtag dalam kolom ini adalah kumpulan percakapan terbaru yang terdapat tagar serupa. Berbanding terbalik dengan Top, pada umumnya tweet dengan tagar dalam kolom ini memiliki jumlah likes, comment dan retweet yang sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali.

People, merupakan pengelompokan orang-orang dengan nama profil atau akun serupa. Pada umumnya, ketika yang kamu telusuri adalah tagarnya maka kemungkinan di kolom ini tidak akan muncul nama orang kecuali jika ada pengguna dengan nama profil dengan tagar.

Photos, hashtag  yang akan muncul pada kolom ini adalah yang menyertakan foto. Biasanya tweet dengan foto juga sering menuliskan hashtag sebagai captionnya. Contohnya sebuah tweet yang melampirkan foto kembang api dengan caption #HappyNewYear2022.

Video, kolom ini mirip dengan kolom photos yang mana merupakan kolom yang mengelompokkan tweet dengan tagar yang sama beserta video atau GIF.

Di Twitter, penggunaan simbol pagar ini masih sangat populer hingga kini. Banyaknya pengguna yang memakai tagar pada setiap tweetnya pun membuat trending Twitter sering kali berubah dalam hitungan menit.

2. Cara Kerja Hashtag di Instagram

Secara garis besar penggunaan tagar di instagram hampir sama dengan penggunaannya di Twitter. Di dalam instagram, tagar biasanya ditulis pada kolom caption di bawah foto atau video unggahan. Hashtag yang tertera pada sebuah kiriman instagram adalah sebuah kelompok kiriman instagram yang menggunakan  tagar yang sama.

Saat ini mungkin sudah ada banyak dari kita yang begitu familiar dengan penggunaan tagar ini di instagram.  Penggunaannya juga masih amat sering terlihat oleh banyak pengguna instagram.

Layaknya di Twitter, tagar instagram juga dapat kamu telusuri melalui kolom pencarian instagram. Untuk mencarinya kamu dapat menuliskan menggunakan simbol tagar langsung seperti #GoGreen atau menuliskan GoGreen saja namun memilih kolom khusus tagar.

Sehingga kiriman yang muncul adalah semua kiriman dari seluruh pengguna yang menuliskan hashtag tersebut di berbagai postingan instagram. Kelompok postingan ini pun dapat terdiri dari foto, video, reels, IG TV dan juga story.

  • Pengelompokan Tagar pada Instagram

Dalam pengelompokan instagram pencarian tagar juga masih terbagi lagi menjadi kelompok yang lebih kecil berdasarkan waktu, trending dan juga jenis kiriman.

Populer, dalam kolom ini hashtag yang muncul adalah  kelompok kiriman instagram yang sedang trending atau pun sedang populer dan banyak mendapatkan respon. Biasanya juga merupakan campuran baik kiriman foto, kiriman video, IG TV dan juga Reels.

Terbaru, dalam kolom ini sesuai namanya merupakan postingan instagram dengan tagar sama yang muncul berdasarkan unggahan paling anyar.

Reels, merupakan kumpulan kelompok kiriman instagram berupa Reels yang memiliki tagar sama.

Dengan menggunakan tagar seperti ini pengguna dapat melihat berbagai kiriman instagram dengan mudah meskipun tidak mengikuti atau tidak saling terhubung. 

Kemudahan penggunaan tagar dan adanya sistem pengelompokan ini juga bermanfaat bagi pengguna yang mencari peluang bisnis, atau yang mengaktifkan instagram bisnis.


Manfaat Hashtag

Jika kamu pengguna sosial media, maka penting untuk mengetahui juga manfaat hashtag untuk pribadi maupun untuk berbisnis. Berikut sejumlah keuntungan dengan menggunakan tagar pada social media post kamu.

Baca Juga:   Cara Menjadi Influencer Sukses untuk Pemula di Era Modern

1. Meningkatkan Engagement

Pengguna sosial media, seperti instagram bisnis mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya engagement. Salah satu manfaat hashtag adalah untuk meningkatkan engagement kiriman instagram kamu supaya dapat menjangkau orang lain dengan sebanyak-banyaknya.

Apabila sebuah postingan di Twitter tanpa menggunakan tagar kemungkinan tweet kamu hanya akan terjangkau oleh pengguna yang telah mengikuti kamu, atau yang terhubung secara sistem inner circle. Maksudnya tweet dari circle pengguna sekitar atau tweet yang mirip-mirip dengan yang biasa kamu sukai.

Begitu juga dengan instagram sebuah kiriman instagram hanya akan terlihat atau terjangkau oleh pengguna yang terhubung secara following atau follower saja. Akan tetapi dengan adanya tagar pada sebuah kiriman instagram atau Twitter, akan menjangkau lebih banyak pengguna sebab adanya pengelompokan kata pada tagar yang serupa tadi.

Selain itu adanya hashtag ini juga membuat engagement dengan pengikut di sosial media kamu juga semakin tinggi, maka tidak heran apabila dengan membubuhkan agar postingan kamu dapat menjadi jauh lebih banyak likes, comment dan retweet,

2. Memudahkan Pencarian Konten Serupa

Kegunaan hashtag selanjutnya adalah supaya pengguna lebih mudah mencari konten yang sama dengan adanya penambahan tagar tersebut. Pengelompokan konten serupa ini sangat membantu para pengguna, utamanya untuk berbisnis. Untuk menilik konten serupa dengan kiriman brand bisnis mereka.

3. Membantu Branding

Dengan adanya hashtag, maka akan ada pengelompokan konten serupa. Apabila konten serupa ini merupakan konten bisnis atau sebuah brand maka pengguna lain yang sedang mencari konten serupa dapat menemukan brand lain dengan mudah.

Oleh karena itu, penggunaan hashtag ini adalah sebuah cara yang dapat meningkatkan visibilitas brand kamu sebab membantu branding dengan jangkauan yang lebih besar lagi. 

Maka tidak heran apabila ada banyak brand yang sering mencantumkan tagar pada setiap post sosial media mereka. Ini juga berlaku bagi sosial media lain seperti Facebook, Linkedin, Pinterest dan lainnya.

4. Memudahkan Branding Lintas Media

Sangat memungkinkan apabila sebuah tagar dapat mewujudkan branding yang begitu luas bahkan hingga lintas media sosial lainnya. Saat ini ada banyak media sosial yang saling bekerjasama untuk tetap terhubung dan supaya tetap aktif di platform manapun.

Sebagai contoh Facebook bekerjasama dengan instagram untuk saling terhubung, sehingga apapun yang di post pada instagram dapat terkirim di Facebook juga dan sebaliknya. Maka sangat mungkin bagi sebuah hashtag untuk menjangkau media sosial lainnya dan memiliki pengelompokan serupa disana.


Cara Mengoptimalkan Hashtag di Instagram

Ingin mengoptimalkan si simbol pagar ini di instagram supaya dapat memiliki jangkauan yang luas dan respon yang tinggi pada setiap kiriman instagram kamu? maka ada beberapa tips yang wajib kamu pelajari supaya kiriman instagram mendapatkan banyak likes serta comment.

1. Gunakan Hashtag yang Relevan

Pemilihan hashtag adalah suatu hal yang penting untuk menentukan apakah hashtag ini nantinya akan menjangkau pengguna dengan baik atau tidak. Sehingga pemilihan kata yang akan kamu berikan tagar juga perlu relevan dengan identitas brand dan konten yang kamu unggah.

Menggunakan tagar yang populer juga baik, akan tetapi harus yang sesuai dengan brand atau konten kamu. Sebab, jika tagar tidak relevan akan membuat konten terasa tidak believable dan tagar tersebut hanya sekedar memenuhi kebutuhan caption yang tidak efektif.

Misalnya kamu yang memiliki brand kopi ingin mengunggah konten secangkir espresso dengan background sunset, dan menggunakan tagar #indi. Maka tampaknya tagar tersebut kurang relevan, sebaiknya menggunakan tagar yang lebih relevan seperti #ngopisore, #coffeetime, #expresso.

Baca Juga:   Berikut Media Sosial yang Sering Digunakan Influencer

2. Gunakan Hashtag Secukupnya

Pada satu kiriman instagram memang menyediakan space maksimal menggunakan 30 hashtag, tapi akan lebih baik jika tidak memakai tagar terlalu banyak. Sebab algoritma instagram akan membaca mana saja kiriman tanpa caption, dengan caption terlalu sedikit atau terlalu banyak.

Inilah yang nantinya akan mempengaruhi jangkauan post kamu terhadap pengguna lain. Apabila penulisan tagar terlalu banyak maka sistem instagram akan membaca bahwa konten tersebut berlebihan dan spam.

Sehingga kemungkinan tidak akan muncul pada sekian persen pengguna instagram bahkan ketika mereka sudah terhubung. Begitu juga sebaliknya, sehingga menggunakan tagar sebaiknya seperlunya saja. Pilihlah tagar yang sesuai dan yang paling relevan dengan pengguna lain juga.

3. Mengikuti Tren

Penting juga untuk memilih tagar yang sedang hangat dan tren di antara para pengguna. Penggunaan hashtag yang populer di kalangan pengguna masa kini adalah sebuah strategi yang akan membantu konten yang kamu unggah menjadi ramai pengunjung.

Pengguna secara random cenderung akan mencari tagar yang sedang tren daripada tagar yang tidak populer, kecuali pada pengguna tertentu yang memang sedang mencari kelompok tagar yang mereka inginkan.

Tapi jangan lupa dengan brand bisnis kamu, sehingga meskipun pemilihan tagar sudah populer namun juga harus sesuai dengan brand dan konten yang kamu post.

4. Melakukan Hashtag Analytics

Melakukan analisis hashtag adalah step penting yang perlu kamu perhatikan apabila ingin penggunaan tagar tersebut semakin optimal. Kamu perlu memilah-milah tagar mana saja yang berhasil mendapatkan jangkauan dan respon yang sesuai pada kiriman instagram kamu sebelumnya.

Analisis ini berfungsi untuk mengecek mana tagar yang efektif dan mana saja yang tidak dan perlu kamu ganti. Efektif atau tidaknya ini melihat dari tingginya jangkauan dan yang banyak pengguna lain cari.

Kamu dapat melihatnya dari insight instagram bisnis untuk mengecek kiriman mana saja yang mendapatkan respon yang banyak. Respon ini bukan selalu tentang jumlah likes, dan komentar saja. Tapi juga dari kunjungan ke postingan dan profil setelah kamu menggunakan tagar tersebut.

Bahkan ketika kamu menambahkan tagar pada story, kamu perlu menganalisa juga berapa banyak orang yang meninggalkan story tersebut setelah adanya tagar, berapa banyak orang yang kembali melihat story setelah adanya tagar.

Analisa tagar ini juga dapat kamu lihat pada brand pesaing. Tagar mana saja pada kiriman instagram mereka yang selalu mendapatkan respon terbanyak oleh pengguna, dan mana saja yang sering mereka gunakan.

Pada jangka yang panjang, sebaiknya kamu juga melakukan penggantian hashtag secara berkala supaya pada caption, kiriman kamu tidak tampak monoton. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi generator hashtag gratis yang tersedia di internet apabila tidak memiliki ide untuk pemilihan tagar.


Sudah Tahu Cara Kerja Hashtag Supaya Optimal?

Penggunaan hashtag ini adalah strategi yang ampuh dan kerap pengguna lakukan supaya postingan sosial media mereka mendapatkan jangkauan dan respon yang tinggi. Bagi para pemilik brand juga sering menggunakan tagar supaya membantu branding bisnis mereka dan mendapatkan kunjungan yang banyak terhadap brand tersebut.

Setelah memahami cara kerja sebuah hashtag pada media sosial, kini kamu dapat memilah-milah, kira-kira tagar mana yang perlu kamu bubuhkan dan mana yang tidak perlu dalam setiap postingan instagram nantinya. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat sampai bertemu lagi pada artikel selanjutnya!


Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, berita influencer, hingga influencer marketing tentunya hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password