Berapa Rata-rata Harga Endorse Influencer di Instagram?

Berapa Rata-rata Harga Endorse Influencer di Instagram

Adanya kemajuan teknologi terutama berkembang pesatnya pemakaian media sosial menjadi lahan basah dari bisnis periklanan atau kini kerap orang sebut dengan endorsement. Adanya berubah zaman, kini munculah para influencer atau orang-orang yang membuat konten dengan pengikut yang banyak. Influencer inilah yang berubah menjadi sosok yang menjadi bintang dari brand tertentu atau menjadi endorse dengan harga yang mahal.

Katanya, hanya dari membuat satu konten iklan saja seorang artis atau selebriti endorse bisa meraup jutaan rupiah tergantung jenis konten yang mereka buat. Namun, berapa harga endorse influencer itu sebenarnya saat ini? Kalau penasaran mengenai hal ini, maka tidak salah memilih artikel ini untuk kamu baca.

Harga Endorse Influencer Segala Konten

Konten yang biasa menjadi tempat endorsement itu bermacam-macam. Pada artikel ini akan dibahas khusus harga dari endorsement di Instagram.

Sebenarnya harga dari influencer  endorse itu tidak ada standar pastinya. Belum ada standarisasi pasti soal tarif yang influencer bisa dapatkan dari sekali endorsement.

Penyebab dari mahalnya seorang artis untuk mengiklankan sebuah produk memiliki banyak faktor. Tentu saja tidak hanya jumlah followersnya saja. Karena saat ini followers bisa saja didapat dari cara-cara curang atau karena kontroversi dari seorang selebgram.

Yang paling penting dalam menentukan harga endorsement dari seorang influencer adalah engagement rate. Engagement rate merupakan penilaian atas persentase jumlah followers yang aktif berinteraksi di medsos. Sebuah iklan harus memperhitungkan hal ini karena sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan iklan.

Dalam dunia komersil, para influencer yang harganya mahal inilah yang akan menjadi ujung tombak. Mereka sebisa mungkin bisa menggiring opini followersnya untuk membeli produk yang mereka iklankan.

Biasanya, para agensi periklanan itu sudah tahu dan memiliki data influencer yang bisa mereka gunakan sekaligus juga rate card dari para selebgramnya. Para pengiklan pun sudah tahu mana selebgram yang sesuai budget dan pasar yang hendak mereka capai dari iklan tersebut.

Tarif dari para selebgram ini biasanya terbagi atas beberapa golongan. Antara lain yaitu golongan Micro I, II, III;  Macro I dan II; Premium I dan II; serta golongan tertinggi yaitu Celebrity.

Berapa tarif masing-masing selebgram tiap golongan tersebut?

Konten Foto IG

Pertama adalah khusus untuk konten foto di feed Instagram. Mengikuti golongan yang ada di atas, maka yang paling murah adalah selebgram Micro, lalu Macro, Premium dan terakhir paling mahal adalah Celebrity.

Untuk selebrgam Micro I yang memiliki views di angka 1.659 maka tarifnya sekitar di bawah Rp 1.500.000. Khusus influencer Micro II yang viewnya di angka 3.651 maka harga endorse di kisaran di atas Rp 1.500.000. Untuk golongan Micro III tarifnya di atas Rp 2.500.000 dengan jumlah viewersnya mencapai 7.277.

Golongan kedua yaitu Macro I dan II masing-masing biasanya memiliki 15.587 dan 35.933 views. Tarif keduanya secara berturut-turut ada pada kisaran Rp 4.500.000 dan Rp 7.200.000.

Premium I dan II yang umumnya memiliki views kisaran 62.029 dan 87.986 memiliki tariff rata-rata yaitu 9.500.000 dan Rp 9.900.000. Yang paling mahal tentu saja adalah Celebrity yang viewersnya mencapai 345.020 harganya cukup tinggi sampai ke angka Rp 16.000.000 untuk sekali postingan foto.

Konten Video IG

Lain dari foto, khusus video instagram harga endorse influencer lebih mahal dua kali lipat biasanya. Untuk Micro I, II, dan III masing-masing sekitar Rp 2.760.000, Rp 4.100.000, dan Rp 5.400.000.

Untuk postingan  video yang Macro I dan II harga endorse influencer tentu saja cukup tinggi. Biasanya ada di kisaran yaitu Rp 7.700.000 dan Rp 12.300.000.

Sedangkan untuk Premium I dan II khusus konten video maka akan berada di kisaran tarif angka Rp 13.100.000 dan Rp 18.900.000. Beda lagi dengan golongan Influencer Celebrity yang mencapai harga Rp 27.000.000.

Harga Endorse Konten Influencer di Stories IG

Jika kamu bandingkan antara foto dan video ada jarak yang cukup lebar. Khusus konten stories di Instagram ternyata harganya lebih murah dari kedua konten sebelumnya.

Khusus golongan Micro I, II dan III harga influencer endorse berada di angka Rp 900.000, Rp 1.200.000, dan Rp 1.500.000.  Pada golongan selanjutnya yaitu Macro I dan II masing-masing harga endorse sekitar Rp 2.200.000 dan Rp 4.000.000.

Premium I dan II untuk instastory tarifnya ada di kisaran Rp 4.600.000 dan Rp 4.700.000. Sedangkan pada golongan tertinggi yaitu Celebrity mencapai harganya sektar Rp 8.000.00 untuk para influencer.

Berminat Menjadi Influencer Endorse Dengan Harga Selangit?

Begitulah kurang lebih harga endorse influencer. Seperti yang tadi telah dikatakan kalau harga tersebut sebenarnya tidak bisa menjadi patokan pasti. Jika kamu berminat untuk menjadi seorang influencer dengan tarif yang tinggi maka semakin kreatiflah membuat konten hingga menarik followers.

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, marketing influencer, social media influencer, dan lainnya hanya di influencer101.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password