Apakah Fitur Swipe Up Instagram Masih Efektif Saat Ini?

Fitur Swipe Up Instagram

Sejak tanggal 30 Agustus 2021, pihak Meta selaku perusahaan yang mengelola platform sosial media ini resmi menghapus fitur swipe up Instagram. Padahal sebelumnya, fitur ini sangat membantu pengguna Instagram khususnya Content Creator untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu. 

Namun tenang dulu, Instagram menghapus fitur tersebut bukan tanpa solusi. Mungkin kamu bingung kenapa fitur swipe up Instagram tidak ada sekarang? Jawabannya adalah karena fitur tersebut telah dihapus dan berubah menjadi fitur stiker yang terhubung dengan link.

Kira-kira apa sih fitur swipe up instagram? Lalu, apa kegunaannya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Fitur Swipe Up Instagram?

Fitur Swipe Up Instagram adalah sebuah fitur yang terdapat pada insta story yang berfungsi menghubungkan story IG ke sebuah link pada website. Caranya kerjanya dengan mengusap story IG ke atas, kemudian akan terhubung ke website tertentu.

Instagram saat menjadi platform sosial media yang terbukti paling diminati oleh seluruh pengguna dari semua lapisan masyarakat. Sejak awal rilis, Instagram selalu melakukan inovasi terhadap fitur-fiturnya mulai dari fitur Effect, Centang Biru, Reels, termasuk juga fitur swipe up.

Biasanya, penggunaan fitur usap ini adalah untuk keperluan bisnis. Jadi, para Content Creator atau akun-akun Instagram yang bersifat bisnis, memanfaatkan fitur ini untuk menghubungkan Instagram mereka ke website produk. 

Tujuannya adalah, agar para audiens bisa langsung beralih ke situs website atau landing page produk dan mempermudah audiens yang mau membeli produk tersebut. Namun, untuk menikmati fitur ini ada syarat tertentu, lho.

Cara Penggunaan Fitur Swipe Up Instagram

Untuk bisa menikmati fitur yang satu ini, Instagram mempunyai syarat khusus bagi pengguna dan tidak semua akun bisa menjalankan fitur ini. Syarat tersebut antara lain:

  • Akun kamu adalah akun yang bersifat bisnis profil.
  • Followers harus melebihi angka 10.000.
Baca Juga:   Cara Membuat Video Shorts YouTube untuk Pemula

Itu dia cara untuk mendapatkan fitur swipe up Instagram. Namun, ada cara lain lagi yang bisa kamu lakukan untuk dapat menjalankan fitur ini di akun Instagram kamu. Caranya adalah dengan membuat akun Instagram kamu menjadi akun yang terverified. 

Artinya, akun kamu resmi secara hukum dan benar bahwa akun tersebut adalah milik kamu. Namun, untuk bisa mendapatkan akun Instagram Verified ini relatif sangatlah sulit. Mungkin, ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa Instagram akhirnya menghapus fitur ini.

Selain itu, ada banyak pertimbangan yang membuat kenapa fitur swipe up instagram tidak ada pada saat ini. Bukan hanya sebatas pada faktor cara fitur swipe up instagram yang sulit. Namun, penggunaan fitur usap ke atas ini yang hanya bisa digunakan oleh akun tertentu saja.

Terlepas dari itu, Instagram akhirnya menghapus fitur ini dan menggantinya dengan fitur stiker link.

Stiker Link Pengganti Swipe Up

Stiker Link adalah sebuah fitur baru dalam menu insta story dan feed yang berbentuk stiker dengan format gif. Selain itu, stiker ini juga memiliki fungsi untuk menghubungkan akun Instagram ke tautan eksternal dan internal.

Keunggulan Stiker Link Instagram

Setelah penghapusan fitur usap ke atas di Instagram pada 30 Agustus 2021, Instagram menghadirkan fitur stiker link

Biasanya, para pelaku usaha bisnis yang menggunakan platform sosial media ini sebagai wadah promosi, menggunakan fitur swipe up sebagai penghubung antara tautan produk dan IG story. Namun, hal ini terkesan kuno dan kurang efektif. Selain itu, fitur usap ke atas juga hanya terbatas penggunaannya pada IG story saja.

Berbeda dengan fitur swipe up Instagram, fitur stiker link ini memiliki tampilan yang lebih menarik, karena dikemas dalam bentuk gambar. Selain itu, penggunaan fitur ini juga tidak hanya tersedia untuk Instastory saja, namun kamu bisa menggunakan fitur juga dalam menu feed di Instagram.

Cara Penggunaan Fitur Stiker Link Instagram

Pada dasarnya, cara menggunakan fitur stiker link ini hampir sama dengan cara penggunaan fitur swipe up Instagram. Kedua fitur ini sama-sama memiliki fungsi menghubungkan link produk dan landing page produk tertentu ke dalam akun Instagram. 

Namun, pada fitur stiker ini terdapat perbedaan pada cara menghubungkan link tautan produk.

Jika fitur swipe up penggunaannya pada audiens adalah dengan cara mengusap ke atas konten IG story, setelah itu akun kamu akan secara otomatis beralih ke sebuah landing page. Namun, untuk fitur stiker link penggunaannya bagi audiens adalah dengan cara mengklik stiker link yang ada pada konten IG story.

Baca Juga:   Cara Menambahkan Subtitle Video YouTube Dengan Mudah

Setelah mengklik stiker tersebut, nanti akan muncul tampilan yang menampilkan sebuah tautan eksternal. Kamu perlu klik sekali lagi pada tautan eksternal tersebut, barulah Instagram kamu akan beralih ke landing page tautan yang kamu klik sebelumnya.

Fungsi Fitur Swipe Up & Stiker Link

Tentu kamu penasaran, kira-kira apa sih kegunaan serta fungsi dari fitur usap ke atas dan stiker link instagram? Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang fungsi masing-masing fitur tersebut:

1. Tautan Eksternal Penghubung Akun IG 

Fungsi utama dari penggunaan fitur ini adalah sebagai penghubung antara akun Instagram dengan tautan link eksternal sebuah website. Website tersebut bisa berbentuk full website, landing page, platform sosial media lain, bahkan platform toko online. 

2. Sebagai Media Promosi Online

Pada umumnya, pengguna fitur swipe up Instagram atau fitur stiker link Instagram adalah para Content Creator dan akun-akun Instagram yang bersifat bisnis. Dengan fitur ini, mereka memanfaatkannya sebagai bagian dari kampanye marketing untuk menaikan brand awareness produk. 

Selain itu, fitur ini juga dimanfaatkan oleh akun Instagram bisnis dan Content Creator sebagai media komunikasi dengan para audiens, agar terjalin kedekatan antara keduanya.

3. Keperluan Story dan Feed 

Fungsi terakhir dari fitur ini adalah untuk mempercantik tampilan story dan feed Instagram. Bagi pengguna Instagram, pembuatan story dan feed adalah sebuah rutinitas harian yang menjadi gaya hidup. Banyak momen-momen yang terekam dan tersimpan rapi pada arsip story dan feed.

Dengan fitur ini, tentu para pengguna Instagram bisa mempercantik tampilan IG story, karena stiker link tampil dengan gambar yang sangat menarik. 

Perbedaan Fitur Swipe Up & Stiker Link Instagram

Dari segi fungsi dan cara penggunaannya, baik fitur usap ke atas dan stiker link memiliki fungsi serta manfaat yang sama. Namun, terdapat dua perbedaan utama dari fitur instagram ini. Berikut penjelasannya:

1. Pengguna

Pada fitur swipe up Instagram, hanya akun dengan jumlah followers lebih dari 10.000 dengan jenis akun bisnis yang bisa menggunakan fitur usap ke atas ini. Sedangkan untuk fitur stiker link, seluruh pengguna Instagram dengan jenis akun apapun dan dengan jumlah followers berapapun bisa menggunakannya.

2. Menu Penggunaan

Perbedaan kedua dari fitur menarik di Instagram ini adalah letak menu penggunaannya. Pada fitur usap ke atas, kamu hanya bisa menggunakannya dalam bentuk konten IG story saja.

Baca Juga:   12 Aplikasi Edit Foto Selebgram Gratis dan Mudah, Hasilnya Aesthetic!

Sedangkan untuk fitur stiker link, kamu bisa menggunakannya dalam semua jenis konten Instagram. Baik konten, IG story, feed IG, reels IG, bahkan pada konten gambar dengan bentuk tulisan. Jadi, kamu bisa menghubungkan konten kamu dengan tautan eksternal yang terhubung dengan website atau landing page tertentu. 

Lebih Efektif Mana Fitur Stiker Link & Swipe Up?

Baik fitur swipe up Instagram dan fitur stiker link, keduanya memiliki fungsi yang sama. Namun, jika kamu bertanya mana yang lebih efektif penggunaannya dari kedua fitur tersebut?. 

Jawabannya tentu saja fitur stiker link lebih efektif. Mengapa demikian? Karena fitur stiker link ini lebih fleksibel dan lebih mudah penggunaannya jika dibandingkan dengan fitur usap ke atas. 

Selain itu, pada fitur stiker link bagi semua jenis akun Instagram dengan jumlah followers berapapun dapat menggunakan fitur ini dengan mudah dan gak pake ribet.

Apakah Kamu Masih Tertarik Menggunakan Fitur Swipe Up?

Sekian pembahasan lengkap tentang fitur swipe up Instagram. Semoga artikel ini bisa menjelaskan kepada kamu yang bertanya kemana perginya fitur usap ke atas pada menu Instagram ini.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa Instagram menghapus fitur usap ke atas karena penggunaannya yang dinilai terlalu rumit. Sehingga, munculah fitur stiker link sebagai bentuk pemutakhiran dari fitur swipe up.


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, Instagram influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password